HBO Asia Kenalkan Miss Sherlock – Seperti Sherlock BBC Tapi Karakternya Perempuan!

2 years ago
thunb-1

Sejak pertama kali diluncurkan, serial Sherlock produksi BBC telah menarik banyak simpati penontonnya. Gimana nggak bro sis, karena Benedict Cumberbatch dan Martin Freeman berhasil menyajikan kisah detektif Sherlock Holmes dan kolega setianya Dr. John Watson, dalam setting London modern yang tak lepas dari perkembangan teknologi terkini. Selain itu, bromance antara Holmes dan Watson juga mampu menarik minat penonton wanita karena chemistry unik mereka.

sherlock bbc

Sherlock dan Watson, masing-masing diperankan jebolan MCU Benedict Cumberbatch dan Martin Freeman. (Sumber: Digital Spy)

Sherlock versi BBC kini memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Jepang pun bukan pengecualian, dimana bahkan ada adaptasi manga resmi yang diterbitkan. Mangaka Jay menyadur kisah-kisah Sherlock yang ditulis oleh Steven Moffat dan Mark Gatiss, episode per episode. Sudah ada tiga jilid manga Sherlock yang rilis, yakni A Study in Pink, The Blind Banker, dan The Great Game. Ketiganya pun sudah bisa bro sis temukan di toko buku favorit.

sherlock bbc manga

3 judul manga Sherlock yang sudah diterbitkan. (Sumber: KAORI Nusantara)

Tak cukup dengan manga Sherlock tersebut, kali ini bakal ada satu lagi adaptasi Sherlock baru di Jepang. Kali ini formatnya menjadi sebuah serial drama yang diproduksi HBO Asia dan Hulu Japan. Premis utamanya tidak jauh berbeda, meskipun ternyata ada sebuah twist menarik. “Apa jadinya jika Sherlock Holmes dan Dr. John Watson berada di Jepang masa kini? Dan apa jadinya jika mereka berdua adalah perempuan?”

miss sherlock poster

Poster Miss Sherlock. (Sumber: Hulu)

Tak salah jika bro sis memikirkan Miss Sherlock, judul drama Jepang ini, sebagai drama yang menampilkan karakter Sherlock Holmes tercantik saat ini. Kanjiya Shihori bermain sebagai Dr. Tachibana Wato, seorang dokter relawan yang baru pulang dari tugasnya di Suriah. Sementara itu, Takeuchi Yuko berperan sebagai Sara Shelly Futaba alias Miss Sherlock, konsultan investigasi polisi yang senantiasa dilibatkan dalam beberapa kasus aneh dan menyulitkan.

miss sherlock ss1

Antusias menerima hibah kasus aneh. (Sumber: Twitter)

Kedua sosok yang kontras bagaikan air dan api ini kelak akan bersilang jalan dan bekerja sama menuntaskan kasus-kasus yang tidak bisa ditangani sendirian oleh polisi. Dengan kemampuan deduksi brilian Miss Sherlock dan analisa mendalam Wato, tak ada kasus yang tak terselesaikan.

miss sherlock ss2

Semakin aneh dan rumit kasusnya, semakin giranglah sang Miss Sherlock. (Sumber: Twitter)

Selain penunjukkan aktris Takeuchi Yuko dan Kanjiya Shihori yang tampil dalam Miss Sherlock, belum ada info lain tentang siapa staf yang menukanginya. Meski demikian, dipastikan bahwa Miss Sherlock bakalan menjadi serial HBO Originals pertama yang diproduksi HBO Asia. HBO Asia akan menayangkan Miss Sherlock sepanjang 8 episode mulai bulan April 2018 di 20 negara secara bersamaan. Indonesia pun jadi salah satu negara yang kebagian jatah tayang Miss Sherlock.

Dilansir dari Pikiran Rakyat, baik Takeuchi dan Kanjiya menghadiri konferensi pers yang bertepatan dengan perayaan 25 tahun HBO Asia di Singapura, tanggal 30 November lalu. Kepada pers, Takeuchi mengaku mempelajari berbagai macam adaptasi novel Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle. “Saya menyukai kisah Sherlock Holmes terutama yang dimainkan Benedict Cumberbatch, tapi selama shooting Miss Sherlock saya berhenti menontonnya agar tidak terpengaruh,” tutur Takeuchi.

Bagi Takeuchi, memainkan sebuah kisah populer dunia menjadi sebuah tantangan berat. Apalagi karena dalam Miss Sherlock ada perbedaan nuansa dan kultur yang kontras. “Saya dan Shihori mungkin tidak akan bisa memuaskan banyak orang, terutama penggemar Sherlock Holmes. Akan tetapi, kami berusaha yang terbaik,” lanjutnya.

kanjiya shiori takeuchi yuko

Kiri ke kanan, Kanjiya Shiori dan Takeuchi Yuko. (Sumber: HBO Asia)

Sementara itu, Kanjiya memilih untuk bersikap optimistis menghidupkan tokoh Sherlock dan Watson dalam versi perempuan Jepang. Ia dan Takeuchi pernah terlibat dalam proyek film pendek 10 tahun yang lalu. Meski sudah cukup lama, membangun chemistry tidak sesulit dahulu. “Pada Miss Sherlock kami banyak menghafal dialog panjang bersama. Saya dan Yuko juga bersama-sama membangun karakter Sherlock Holmes dan Dr. John Watson dalam wujud dua perempuan,” aku Kanjiya.

Direktur representatif dan presiden Hulu Japan Holdings, Oho Hiroyuki, mengaku percaya diri dengan konten yang ditawarkan Miss Sherlock. Menurutnya, Miss Sherlock merepresentasikan karakter perempuan Jepang yang semakin kuat dan independen. “Jika dibandingkan dengan kisah Sherlock Holmes yang lain, perbedaannya tentu dari karakter perempuan. Selain itu, setting ceritanya yang berlatar belakang di Tokyo, Jepang. Kami berharap Miss Sherlock bisa disukai pemirsa,” harap Hiroyuki.

Nah, bro sis sendiri tertarik dengan penampilan baru Sherlock dan Watson ini? Jangan lupa catat waktu tayangnya, yaitu di bulan April 2018. Sambil menunggu, coba deh tonton trailer Miss Sherlock di atas!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Interview Sweta Kartika: Membumi, Untuk Karya Komik Mendunia

Sweta Kartika adalah seorang komikus lulusan S2 FSRD ITB. Ia mulai menggeluti dunia komik sejak SD, dan selalu memasukka.. more

sumber: www.actucine.com

A Quiet Place, Sebuah Paku Tak Pernah Seseram Ini

“A Quiet Place” film pembuka bulan April yang penuh dengan kengerian. .. more

Melinie: Cheers! (CIAYO Pictures)

Melinnie Angela Memberi Warna Pada Chammyland

Meski udah suka bikin komik dari kecil, Melinnie Angela belum pernah menggeluti dunia komik secara profesional. Chammyla.. more

QuirkByte

Sama-Sama DC, Tapi Kenapa Arrow-verse Jauh Lebih Dipuja Ketimbang DCEU?

Walaupun dunia sinematik DC dan ranah serial TV DC, Arrowverse, sama-sama properti DC, namun kenyataannya, Arrowverse le.. more

00-tips-event-d

Mau Pergi Ke Event Pop Culture? 10 Tips Berikut Ini Harus Kamu Ikuti!

Dengan semakin ramainya event pop culture di Indonesia, ada berbagai hal yang harus diperhatikan. Ini dia 10 tips event .. more