In a Heartbeat: Animasi Bertema LGBT Yang Mencuri Perhatian Sosial Media

12 months ago
00 heartbeat desktop

Pada bulan November 2016, Esteban Bravo dan Beth David, mahasiswa di Ringling College of Art and Design, Meluncurkan karyanya di Kickstarter dengan tujuan mencari dana untuk proyek thesis mereka. Film animasi pendek 3D berjudul In a Heartbeat ini bercerita tentang seorang anak muda yang diancam oleh imajinasi hatinya, untuk mengungkapkan perasaannya kepada teman sekelas pria yang disukainya. Hanya dalam 3 jam, dana proyek mereka pun terkumpul. Pada akhirnya, mereka berhasil mengumpulkan dana 5 kali lebih banyak dari target mereka.

01 in a heartbeat

Sumber: Animation World Network

Awal cerita animasi In A Heartbeat ini terfokus pada cerita laki-laki dan perempuan. Tapi saat Bravo dan David bergabung dalam project ini, mereka memutuskan untuk mengambil jalur yang berbeda.

“Kami rasa ini akan lebih memberikan kesan personal yang mendalam jika kita membuatnya menjadi cerita yang menyukai sesama gender,” ujar David. “Setelah melakukannya, cerita itu pun berkembang dengan sendirinya. Itu terlihat lebih jujur dan asli untuk kami berdua. Itu merupakan hal yang kami harap kami miliki saat kami masih kecil.”

02 heartbeat

Sumber: Animation World Network

Sejak diposting di Youtube pada akhir bulan Juli 2017, In A Heartbeat sudah berhasil ditonton oleh lebih dari 33juta kali. Reaksi penontonnya pun menakjubkan, mereka mengatakan bahwa film Bravo dan David ini fenomenal.

In A Hearbeat adalah keberhasilan yang tidak disangka, satu setengah tahun mengembangkan dan memproduksi film ini sungguh memperlihatkan bagaimana Bravo dan David dengan rendah hati mengatakan bahwa banyak kendala yang terjadi. “Banyak elemen di dalam pipeline animasi ini yang sebenarnya agak sulit dan tidak berjalan sesuai yang kita harapkan,” ujar David. “Ada satu bulan penuh dimana kelihatannya kami tidak mengalami kemajuan yang berarti, karena kami mengalami kegagalan berkali-kali dalam mengerjakan hal teknis seperti membuat rambut, rumput dan daun.”

04 heartbeat

Sumber: Animation World Network

Skoring musik adalah poin yang krusial untuk para kreator. Bekerja sama dengan komposer Arturo Caldelus, mereka berusaha untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang mereka inginkan. “Kita menghabiskan banyak (penghasilan dari Kickstarter) untuk menemui komposer kami di LA saat dia melakukan recording tersebut,” kata David. “Kami pergi ke sana saat dia sedang menginstruksikan para anggota orkestra untuk soundtrack, itu momen yang sungguh luar biasa.”

03 heartbeat

Esteban Bravo dan Beth David. Sumber: Animation World Network

Sejak lulus dari Ringling pada tahun 2017, baik Bravo dan David sekarang aktif bekerja di Blue Sky Studios, tapi mereka berkata bahwa mereka belum siap meninggalkan Sherwin dan Jonathan. Pasangan ini memiliki rencana menciptakan sekuel untuk diikutkan pada ajang penghargaan film, dan mungkin mulai mengembangkan konsep untuk film layar lebar.

Secara pribadi saya menyukai tema ini. Kenapa? Karena tema ini tak sebatas memfokuskan ceritanya ke hubungan sesama jenis, tapi ke perasaan yang tulus dan juga murni dari seorang anak kecil/remaja yang ingin menyampaikan perasaannya ke orang yang ia sukai.

05 heartbeat

Sumber: Animation World Network

Yang tak kalah mengagumkannya, Bravo dan David berhasil memberikan bumbu baru dalam ranah dunia animasi dengan adanya In a Heartbeat. Menurutku mereka berdua adalah pasangan yang cerdas dan kreatif. Semoga kedepannya akan banyak bermunculan talenta talenta baru seperti mereka.

About Author

Afdhal Gamalsyah

Afdhal Gamalsyah

-

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: Marvel Comics

Thor Odinson Akan Kembali Jadi “God of Thunder” di Komik Terbaru Marvel

Thor adalah IP lama dari Marvel Comics. Mayoritas orang mungkin baru mengenal karakter ini dari film “Thor” (2011) y.. more

Movie Marathon: Diantara Aksi Penghematan dan Sungguhan Movie Maniacs

Pernah gak kalian memikirkan lagi makna sesungguhnya dari kegiatan movie marathon ini? Spesifiknya, apakah kegiatan ini .. more

Sumber: apkpure.com

Game Fighting Skullgirls untuk Mobile Masih sama Serunya Seperti Versi Konsolnya

Ada cukup banyak game konsol yang akhirnya dirilis ke perangkat mobile demi mendapatkan jumlah pemain yang lebih banyak... more

The Kasuaris – Episode 6: Si Cantik Vivi Kasuari

Hello, I’d like to introduce myself to you guys and gals, my name is Vivi Kasuari... more

Inilah 10 Pemenang Oneshot CIAYO Comics Challenge Vol. 3! Ada Jagoanmu?

Bulan Desember sudah datang! Ini dia pengumuman 10 pemenang CIAYO Comics Challenge Vol. 3 kategori Oneshot. Kira - kira .. more