Hey Jude, Lagu Cinta Lain Maknanya

3 months ago
The Beatles on The Abbey Road (sumber: Bussiness Insider)  

Salah satu fungsi seni adalah untuk membuat penikmatnya merasakan terhubung, merasa relatable, merasa seni itu berbicara tentang dirinya sendiri. Begitu juga dengan musik. Bahkan, ada lagu-lagu yang sebenarnya bukan lagu cinta, tapi akhirnya dibuat menjadi lagu cinta agar penikmatnya merasakan terhubung.

Karena cinta universal; semua orang merasakan cinta. Walaupun ada juga yang merasakan cinta namun tak berbalas, penulis misalnya.

Anyway. 

Konsep yang tadi penulis sebutkan ada pada lagu-lagu berikut.

1. Hey Jude – The Beatles

Julian dan Paul McCartney (sumber: The Inquistr)

Julian dan Paul McCartney (Sumber: The Inquistr)

Hey Jude, don’t make it bad

Take a sad song and make it better

Remember to let her into your heart

Then you can start to make it better 

Sekilas, lirik tersebut bercerita tentang seseorang bernama Jude, yang sedang patah hati karena seorang wanita. Tapi sebenarnya lagu ini berjudul Hey Jules, dan dibuat oleh Paul McCartney untuk Julian Lennon, anak John Lennon.

Julian Lennon harus merasakan perceraian orang tuanya, John Lennon dan Cynthia Lennon, disaat dirinya baru saja berusia lima tahun. Paul McCartney, yang masa kecilnya pun harus merasakan kehilangan ibunya yang meninggal karena penyakit, akhirnya membuat lagu ini untuk Julian.

Julian sendiri lebih dekat kepada Paul McCartney dibandingkan ayahnya sendiri. Bahkan menganggap Paul McCartney sebagai ayah keduanya. Itu dikarenakan ayahnya sering mengatakan bahwa Julian hanyalah anak yang lahir dengan tidak disengaja karena dirinya sedang mabuk dan menjalani cinta satu malam bersama Cynthia yang akhirnya berujung pernikahan.

Dalam lagu ini, Paul McCartney menyuruh Julian Lennon untuk tidak menahan kesedihannya, melainkan lebih baik mendengarkan lagu sedih dan membuat perasaannya menjadi lebih baik dengan itu.

Julian Lennon dan Cynthia, ibunya. (Sumber: Something Else!)

Julian Lennon dan Cynthia, ibunya. (Sumber: Something Else!)

2. Terbangun Sendiri – NOAH

 Band NOAH (Sumber: Esplanade) 

Band NOAH (Sumber: Esplanade)

Aku tak ingin terbangun, terbangun sendiri

Aku tak ingin terjaga, terjaga tanpamu

Kurangi, kurangi lukaku

Temani sepiku

Lirik diatas bercerita tentang seseorang yang merasa ditinggalkan seseorang yang menjadi teman tidurnya–seperti seorang suami yang saat bangun menemukan bahwa istrinya tidak lagi disampingnya.

Bahkan banyak juga yang mengganggap lagu ini sebenarnya bermakna negatif dan “mesum” karena konotasi lagu ini yang seolah-olah mesum dan banyak yang mengira lagu ini ditujukan untuk Luna Maya yang putus hubungan dengan Ariel setelah kasus mereka.

Tapi dibalik itu, rupanya lagu ini  adalah lagu yang sangat religius bagi Ariel. Lagu ini ia buat berdasarkan pengalamannya saat di penjara, namun bukan untuk Luna Maya.

Ariel NOAH saat di penjara (sumber: Beritasatu) 

Ariel NOAH saat di penjara (sumber: Beritasatu)

Seperti diketahui, Ariel, saat NOAH masih bernama Peterpan, pernah dipenjara selama beberapa tahun sebelum bebas di tahun 2012 dikarenakan kasus video porno yang juga melibatkan Luna Maya dan Cut Tari.

Saat dipenjara, Ariel berada dalam keadaan bahwa dia benar-benar merasa sendiri hingga di satu titik dimana dia merasa benar-benar butuh dan tidak ingin kehilangan Tuhannya, ia tak ingin terjaga tanpa-Nya.

3. Lapang Dada – Sheila On 7

Sheila on 7 (sumber: Prambors) 

Sheila on 7 (Sumber: Prambors)

Kau harus bisa 

Bisa berlapang dada 

Kau harus bisa

Bisa ambil hikmahnya

Karena semua

Semua tak lagi sama

Walau kau tahu dia pun merasakannya

Sebagaimana juga ditujukan dalam video klipnya, lagu ini berbicara tentang mantan kekasih yang tak lagi bersama. Video klipnya pun bercerita tentang mantan kekasih yang menikah bersama orang lain. Namun, sebenarnya, lagu ini ditujukan Eros Candra untuk ayahnya.

Eros Sheila on 7 (Sumber: Pinterest)

Eros Sheila on 7 (Sumber: Pinterest)

Dalam sebuah acara musik, Eros mengatakan bahwa ia mempunyai hubungan yang buruk dengan ayahnya, dan saat ia ingin memperbaiki semuanya, ayahnya justru meninggal. Ia sering merasakan penyesalan karena hal itu, hingga akhirnya ia tuangkan dalam lagu ini, bahwa ia harus berlapang dada dan mengambil hikmah atas semuanya.

***

Kayaknya masih banyak deh, lagu-lagu cinta yang lain maknanya seperti lagu diatas yang bisa kita telusuri. Bagaimana menurutmu?

About Author

Muhammad Al Fatih Hadi

Muhammad Al Fatih Hadi

Mempunyai dua nama panggung yaitu Nocturne dan Buluidung. Book nerd, movie freak. Sedang merantau ke Al-Ain, Uni Emirat Arab, entah sebagai pelajar atau sebagai TKI. Jika tertarik menghubunginya, bisa lewat akun instagramnya @Fatihnokturnal14. Jika tidak tertarik, ya sudah.

Comments

Most
Popular

Sumber: pinterest.com

Para Atlet Pyeongchang Winter Olympic yang Mencuri Perhatian Netizen

Perlombaan Winter Olympic di Pyeongchang tahun kini gak hanya ramai dibicarakan di Korea Selatan aja. Dijamin para atl.. more

Kakek-kakek Tapi Robot? Inuyashiki Live Action Segera Tayang di Indonesia!

Seorang kakek dan anak muda tersambar petir. Keduanya menjadi robot. Namun sang kakek menjadi pembela kebenaran, dan si .. more

Jalanan yang bersih dan tertata. (Sumber: fecielo)

Ternyata Inilah Alasan Mengapa Orang Jepang Sangat Menjaga Kebersihan!

Kalau jalan-jalan ke Jepang, kita bisa dengan mudah menemukan tempat pemandian air panas untuk umum maupun private. Temp.. more

Sumber: static.srcdn.com & counter-currents.com

Pesan Moral Sutradara Zootopia dan Suicide Squad di Malam Oscars 2017

Tiap tahun, gelaran Oscars selalu punya kejutan yang spektakuler. Tahun ini apa ya?.. more

Patung Black Panther Di Korea Selatan Dirusak Orang Mabuk!

Marvel menyumbangkan dua patung Black Panther untuk kota Busan. Belum lama berdiri, dua-duanya dirusak orang mabuk!.. more