High Score Girl, Anime yang Mengulik Video Game Era 90an

2 months ago
00-d-high-score-girl

Era ‘90an merupakan era penting di industri video game dunia. Terutama di area video game arcade.

Berbagai sejarah diciptakan di era ini. Seperti misalnya kelahiran video game fighting game terpopuler sejagat “Street Fighter II”. Atau console game “PlayStation” yang awalnya merupakan kerjasama manis antar dua perusahaan raksasa, Sony dan Nintendo, sebelum berseteru dan pisah jalan.

Video game di era ‘90an juga bisa dibilang merupakan era terakhir dominasi ‘High Score’ di sebuah video game.

Baca Juga: Speedrunners, Komunitas Gamer yang Menamatkan Game Secara Kilat

high score girl street fighter

“Leo” adalah penguasa game ini. Sumber: GameFabrique

Sejak era awal kelahiran video game, pemain diberikan sebuah peluang untuk mencatatkan nama/inisial mereka ke dalam daftar nama yang ada di video game tersebut jika mereka mencapai satu ‘prestasi’ di dalam game.

Prestasi yang dimaksud adalah nilai tertinggi yang bisa mereka hasilkan.

Konsep ini sudah lama berjalan dan bahkan sebenarnya belum benar-benar mati karena masih dapat ditemui di beberapa video game modern; baik arcade maupun rumahan. Namun kelahiran ‘gue adalah pemegang nilai tertinggi’ di video game memang terjadi di video game arcade di era kejayaannya. Yaitu tahun ‘90an.

Manga/anime High Score Girl mengulik hal ini sebagai bagian dari plot cerita.

high score girl karakter

Karakter-karakter di High Score Girl. Sumber: MangaPark

Gadis Pemburu High Score = High Score Girl

High Score Girl bermula dari manga karangan Rensuke Oshikiri dimana dia mengerjakan storyline serta ilustrasi sekaligus. Mengambil setting tahun 1991, manga ini menceritakan tentang Haruo Yaguchi. Haruo adalah tipikal anak lelaki kebanyakan. Tidak keren, tidak populer, tidak jago olahraga, dan bahkan tidak punya kecerdasan akademik yang bisa dibanggakan.

Satu-satunya hal yang menonjol dari Haruo adalah kehebatannya bermain video game arcade seperti Street Fighter II. Dia menguasai arcade dengan skill bermainnya yang luar biasa dan tidak dapat dikalahkan siapapun.

Hingga munculnya Akira Ono.

Akira Ono adalah anak perempuan yang punya semua hal berkebalikan dari Haruo. Kaya raya, terkenal, cerdas, pintar akademik, multi talenta, dan ajaibnya juga memiliki skill bermain video game yang bahkan lebih tinggi dari Haruo. Akira berada dalam lingkup kehidupan yang ketat dan kaku sehingga sesekali dia menyelinap keluar rumah melepas stress dengan bermain video game di arcade center.

Tempat dimana Haruo jadi penguasa.

Kekalahan Haruo saat bertanding melawan Akira menciptakan sebuah kondisi rivalitas antara kedua jenius yang berbeda kelas sosialnya ini. Dan dari situlah cerita manga High Score Girl dimulai.

high score girl haruo akira

Haruo dan Akira. Sumber: AMH Magz

Manga High Score Girl punya sangat banyak referensi video game yang terjadi di era ‘90an. Dan kadang hal ini sialnya menjadi masalah yang tidak perlu terjadi.

Pada tanggal 5 Agustus 2014, kantor publisher manga High Score Girl, Square Enix, digerebek oleh Kepolisian Distrik Osaka Jepang karena tuntutan pelanggaran hak cipta dari SNK dimana mereka meng-klaim lebih dari 100 IP mereka digunakan manga High Score Girl tanpa ijin.

Sebuah langkah bodoh menurut saya. Karena SNK saat itu lebih butuh publisitas positif  karena nama mereka tidak lagi populer seperti Capcom, pemilik IP Street Fighter II, yang juga ada di manga High Score Girl.

high score girl fatal fury

Game SNK “Fatal Fury 2” di manga High Score Girl. Sumber: imgur

Tapi sepertinya sudah terjadi settlement atau kesepakatan di antara para pemilik IP yang muncul di manga High Score Girl sehingga kasusnya ditutup. Hal itu ditegaskan dengan pengumuman di bulan Agustus 2015 atau setahun pasca penggerebekan kantor Square Enix di Osaka, Jepang.

Manga High Score Girl diterbitkan secara bersambung di majalah manga Monthly Big Gangan mulai 2010 hingga Januari 2019. Versi tankobon/buku terbit sebanyak 10 volume dan di-publish oleh perusahaan Square Enix.

Fans manga sudah lama meminta agar manga ini dibuatkan animenya, dan keinginan mereka terpenuhi di tahun 2018.

high score girl haruo

Haruo. Sumber: Manga.Tokyo

high score girl akira

Akira. Sumber: Manga.Tokyo

high score girl koharu

Koharu. Sumber: Manga.Tokyo

Anime High Score Girl dikerjakan oleh team J.C.Staff yang sudah teruji kemampuannya. Penggemar anime hampir pasti tahu nama ini. Mereka ada dibalik kesuksesan anime seperti “Kaicho wa Maid-sama” dan “Shokugeki no Souma”. Kini mereka siap menghibur penggemar anime dengan adaptasi manga High Score Girl di bulan Juli 2018.

Tanpa perlu dipertegas lagi, fans video game arcade era ‘90an harus nonton anime ini. Selain untuk bernostalgia masa-masa keemasan video game arcade, anime ini bisa jadi gambaran untuk mereka yang tidak pernah merasakan bermain video game dengan sekeping koin dan melawan seseorang bermain video game di ruangan yang sama.

Sesuatu yang mulai menghilang di era bermain online multiplayer seperti sekarang ini.

high score girl

Fans video game arcade era ‘90an wajib nonton! Sumber: TheFandomPost

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: CIAYO Comics/ Bhurloka

Bhurloka: Mengungkap Keberadaan Roh Jahat (Nirjiva) di Bali

Menyambut Halloween yang akan tiba sebentar lagi, memang pas waktunya buat ngebahas segala sesuatu yang bersifat horor a.. more

00-d-rediscover-fun

Rediscover: Fun

Pembukaan CIAYO Comics Challenge Vol. 3 tinggal menghitung hari. Sebelum submit komik kamu, jangan lupa saksikan animasi.. more

00-d-tamatin-entertainment

Wawancara Dengan Developer Game Indonesia Tamatin Entertainment

Tamatin Entertainment adalah salah satu studio game lokal yang aktif merilis game dalam beberapa tahun terakhir ini. Yuk.. more

(Twitter @ccsakura_info)

Tingkah Kero-chan yang Bikin Susah Move On dari Anime Cardcaptor Sakura

Fans Cardcaptor Sakura pasti masih inget sama Kero. Dalam artikel kali ini, CIAYO Blog bakal ngebahas tingkah-tingkah Ke.. more

COPi Bandung Hadirkan Parade One Piece di Setiap Event Jejepangan

Bro sis yang demen sama cosplay, pernah denger COPi Bandung belum? CIAYO Blog sempet ketemu sama salah satu komunitas co.. more