Hobi Otaku Bisa Hasilkan Pendapatan Jutaan Rupiah, Begini Caranya!

7 months ago

Terkadang hobi itu bukan merupakan hal yang mudah, loh. Selain memerlukan waktu, kadang juga membutuhkan biaya. Misalkan Kamu seorang penggemar dari idol group, pasti Kamu akan berusaha untuk mengoleksi album maupun official goods artis tersebut. Sama halnya kalau Kamu suka dengan anime dan manga. Kamu mungkin akan menghabiskan uangmu dengan membeli komik atau merchandise dari karakter anime yang disukai. Walaupun begitu, selama Kamu senang-senang aja dengan pengeluaran demi sebuah hobi, sah-sah aja kok. Tapi apakah ada cara supaya tetap bisa menyalurkan hobi sebagai otaku sekaligus dapat uang? Ada dong! Baca artikel ini untuk tahu gimana caranya.

Membuat review anime atau komik

Kalau kamu suka menonton anime, baik streaming ataupun dari DVD, kamu bisa mencoba untuk menulis review-nya. Ada banyak website yang bersedia untuk membayar tulisanmu, selama tulisan dari review itu sesuai dengan aturan yang diberikan dan menarik untuk dibaca. Tips ini cocok untuk Kamu yang selalu update tentang anime maupun komik terbaru yang baru rilis, dan juga suka menulis. Selain membuat artikel, Kamu bisa juga melakukan review dengan menceritakan pendapatmu tentang komik atau anime dengan video, lalu diunggah di Youtube.

Membuat review game sambil nge-vlog

Sumber: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

Membuat video sambil memainkan sebuah game. Semakin banyak penonton atau subscriber yang Kamu punya, kemungkinan besar Kamu bakal dapat sponsor dalam video yang dibuat nantinya. Bisa lihat sendiri kan contohnya, seperti Youtuber asal UK PewDiePie yang giat me-review game horror dan action. Kalau Kamu bisa bahasa Jepang, sekalian aja buat tutorial game dari Negeri Jepang yang masih belum memiliki terjemahan dalam bahasa Indonesia atau Inggris.

Menjual goods dari karakter maskot yang kamu buat

Sumber: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

Ada banyak jasa percetakan yang bisa membantumu untuk membuat goods sendiri. Kamu bisa membuat pin, kipas, kaos, pajangan, dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan karakter yang Kamu buat. Setelah itu jual goods tadi via online dan memasarkannya di komunitas otaku. Bisa mendesain baju? Coba buat juga kostum cosplay yang bisa disewakan nantinya atau dijual ke cosplayer yang berminat.

Mengikuti lomba cosplay

Sumber: japanbullet.com

Sumber: japanbullet.com

Biasanya lomba cosplay ini berhadiah jutaan rupiah, loh! Cari tahu tentang kompetisi cosplay di acara pop culture, festival kebudayaan Jepang, maupun event di beberapa universitas. Perluas koneksi dengan mengikuti sebuah komunitas cosplay, jadi kamu gak ketinggalan kalau ada informasi tentang perlombaannya.

Mulai membuat komik sendiri

Sumber: japanbullet.com

Sumber: japanbullet.com

Buat kamu yang gak cuma hobi membaca komik, tapi juga memiliki hobi menggambar, kenapa nggak membuat komik sendiri aja? Banyak orang maupun platform yang akan menerima skill menggambarmu kok. Kesempatan untuk mem-publish komik bisa Kamu baca di artikel Sekarang Kamu Juga Berkesempatan Jadi Author Official CIAYO Comics!

Kalau kehabisan ide tentang jalan cerita komikmu, coba kolaborasi dengan penulis cerita yang Kamu suka. Gak perlu langsung membuat satu buku. Tapi mulai dengan menggambar beberapa script pendek. Siapa tau akan di-publish atau bahkan dibuat series-nya karena banyak yang suka dengan komik buatanmu.

Selain senang dengan apa yang Kamu lakukan, bisa mendatangkan uang juga kan? Bisa sering-sering beli DVD yang Blue-ray juga deh. Hehe.

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

COCO: “You Won This Round, Disney!” [NO SPOILERS]

Anyway, this movie is A.W.E.S.O.M.E!.. more

Sumber: youtube

Dragon Ball Super Eps. 126 – Pengorbanan Android 17 dan Masa Lalu Jiren

Masa lalu Jiren membuatnya sangat terobsesi terhadap kekuatan yang besar... more

sumber: store.playstation.com

Review Iconoclasts: Game Platform Retro yang Akan Membuat Kita Lupa Waktu

Game platform dengan visual 16 bit memang terdengar ketinggalan zaman di era game 3D yang semakin generik dan menjamur d.. more

00 d salah paham editor

Meluruskan Kesalahpahaman Kreator Zaman Now Terhadap Pekerjaan Editor

Pekerjaan editor sering kali disalahpahami dan disepelekan, bahkan oleh kreator yang dinaungi editor sendiri. Padahal tu.. more

Sumber: Eeyant

Selamat Memperingati Hari Game Nasional! Ada yang Masih Ingat Dengan Game-Game Ini?

Dalam rangka hari game nasional, mari kita telaah lebih dalam mengenai sejarah perkembangan game online di Indonesia. Si.. more