Hunter X Hunter & Berserk: Dua Manga Yang Selalu Hiatus

12 months ago
Hunter X Hunter by Yoshihiro Togashi. Sumber gambar: animationmagazine.net

Di kalangan penggemar shonen manga, setidaknya ada dua judul yang sangat terkenal & populer tidak saja karena memang seru dan keren tapi juga karena manga tersebut “sangat lambat sekali progressnya hingga sering sekali hiatus”.

Kedua manga shonen tersebut adalah “Hunter X Hunter” dan “Berserk” dari mangaka Yoshihiro Togashi serta Kentaro Miura.

Berserk by Kentaro Miura. Sumber gambar: reddit.com

Berserk by Kentaro Miura. Sumber gambar: reddit.com

Hunter X Hunter mulai dimuat secara bersambung di majalah manga populer Jepang “Weekly Shonen Jump” sejak Maret 1998. Togashi-sensei sendiri sebelumnya terkenal lewat serial manga/anime Yuyu Hakusho (yang juga merupakan favorit saya pribadi) sebelum mengerjakan Hunter X Hunter ini. Kisah Hunter X Hunter sendiri berupa petualangan anak laki-laki bernama Gon Freecss. Gon yang tadinya mengira kalau ayahnya sudah meninggal mendapatkan informasi kalau ternyata pria itu masih hidup dan merupakan seorang “Hunter” yang terkenal sedunia.

Hunter merupakan sebuah profesi elit di dunia Hunter X Hunter. Hunter dengan lisensi resmi diperbolehkan melakukan perburuan harta karun, penjelajahan/eksplorasi daerah-daerah yang belum ter-petakan/uncharted, hingga memburu orang-orang yang bermasalah dengan hukum yang ada. Dalam perjalanan untuk bertemu ayahnya tersebut, Gon melewati berbagai rintangan dan halangan seperti ujian menjadi Hunter berlisensi dan berbagai bahaya lain. Gon juga akan bertemu dan bersahabat (serta tak jarang berkonflik) dengan berbagai orang, baik sesama Hunter maupun tidak.

Hunter X Hunter arc “Hunter Exam/Ujian Menjadi Hunter”. Sumber gambar: hunterxhunter.wikia.com

Hunter X Hunter arc “Hunter Exam/Ujian Menjadi Hunter”. Sumber gambar: hunterxhunter.wikia.com

Sementara manga Berserk juga tak kalah seru. Kisah petualangan Guts di era ‘ficitional medieval’ ini terkenal akan grafisnya yang detail namun tidak cocok untuk konsumsi anak-anak karena mengandung unsur kekerasan dan seksual yang tinggi. Plot dari manga/anime Berserk berfokus pada Guts, seorang mercenary pengelana, dan kelompok mercenaries bernama “Band of Hawk” dengan pimpinan tokoh kharismatik Griffith.

*Mercenary = tentara bayaran.

Tema yang terlihat dari Berserk seringkali terlihat ‘dark and questionable’ dengan adanya sekte keagamaan serta beragam ‘demonic beings’ yang menyerupai perwakilan makhluk-makhluk menyeramkan dalam mitologi kebudayaan manusia.

Guts dan Dragon Slayer besar di kedua genggamannya. Sumber gambar: berserk.wikia.com

Guts dan Dragon Slayer besar di kedua genggamannya. Sumber gambar: berserk.wikia.com

Secara tema dan nuansa, Hunter X Hunter dengan Berserk punya sedikit persamaan maupun perbedaan.

Seperti misalnya karakter-karakter menarik dengan latar belakang yang berbeda-beda di kedua manga ini. Killua Zoldyck dari Hunter X Hunter misalnya, yang digambarkan sebagai anak usia muda dan berasal dari keluarga assassin terkemuka.

Killua Zoldyck. Assassin muda yang mencari jati diri sendiri terlepas dari nama besar keluarga. Sumber gambar: youtube.com

Killua Zoldyck. Assassin muda yang mencari jati diri sendiri terlepas dari nama besar keluarga. Sumber gambar: youtube.com

Sementara di serial Berserk, karakter Guts digambarkan sebagai seorang loner. Penyendiri. Dan menggunakan sebilah pedang besar “Dragon Slayer” khas senjata era Abad Pertengahan. Hal ini juga ditunjukkan dari latar belakang cerita yang menggambarkan kelompok tentara bayaran / mercenaries dan “Perang Seratus Tahun”, sebuah sejarah terkenal dari daratan Eropa tahun 1337 s/d 1453 yang digambarkan secara fiksi oleh Miura-sensei dengan latar belakang bernama “Midland”.

Kelompok mercenaries (fiktif) dari era Perang Seratus Tahun di Eropa, “Band of the Hawk”. Sumber gambar: mithicalentertainment.com

Kelompok mercenaries (fiktif) dari era Perang Seratus Tahun di Eropa, “Band of the Hawk”. Sumber gambar: mithicalentertainment.com

Manga Hunter X Hunter dan Berserk sudah berjalan cukup lama.

Hunter X Hunter sudah berjalan lebih dari 19 tahun, dengan jumlah chapter hanya 360 chapter (atau 34 tankobon/buku) per bulan Juni 2017 ini.

Sementara manga Berserk dimulai dalam bentuk prototype di tahun 1988 sebelum mulai di serialisasi tahun 1990, berarti sudah beredar lebih dari 27 tahun lamanya di pasaran. Berserk mulai terbit secara acak dan tidak teratur sejak 2006 hingga sekarang, menghasilkan hanya sebanyak 350 chapter saja dalam format 39 volume tankobon alias buku komik cetak dalam kurun waktu tadi.

Mengapa kedua manga yang boleh dibilang sukses ini lambat proses produksinya jika dibandingkan dengan produk ‘turunan’ dari manga-nya itu sendiri? Karena anime maupun video game Hunter X Hunter serta Berserk boleh dibilang cukup banyak diproduksi.

Bahkan Berserk baru-baru ini memiliki versi videogame “Warriors” style dari Koei Tecmo (yang terkenal dengan game-game ‘Warriors’ mereka seperti Dynasty Warriors ataupun Samurai Warriors).

Game terbaru Berserk untuk PS4 & PC. Sumber gambar: m.online-station.net

Game terbaru Berserk untuk PS4 & PC. Sumber gambar: m.online-station.net

Well, dalam kasus Hunter X Hunter, sudah menjadi pengetahuan umum kalau mangaka-nya sering berada dalam kondisi kesehatan yang tidak baik. Yoshihiro Togashi, beristrikan mangaka populer lainnya Naoko Takeuchi (pencipta shojo manga terkenal ‘Sailormoon’), sering hiatus dari pembuatan manga Hunter X Hunter dikarenakan kondisi kesehatannya yang tidak stabil.

Suami istri mangaka kelas atas. Naoko Takeuchi & Yoshihiro Togashi, sumber gambar: aminoapps.com

Suami istri mangaka kelas atas. Naoko Takeuchi & Yoshihiro Togashi, sumber gambar: aminoapps.com

Sementara Kentaro Miura, sebagai mangaka serial Berserk, sering melakukan hiatus saat menggambar Berserk namun tidak pernah diumumkan mengapa beliau melakukan hal itu.

Beberapa teori muncul untuk mengungkap hal ini.

Misalnya kondisi kesehatan Miura-sensei yang mirip dengan Yoshihiro Togashi namun tidak terpublikasi. Atau Miura-sensei yang sedang bingung bagaimana meneruskan kisah di Berserk ini sehingga dia butuh waktu lebih lama untuk mengerjakan chapter selanjutnya. Sampai teori ngawur dimana disebutkan kalau Yoshihiro Togashi dan Kentaro Miura itu sebenarnya orang yang sama (ini sih asli ngawur ya bro sis….)

Foto Kentaro Miura-sensei sangat sedikit beredar online. Sumber gambar: wikipedia.org

Foto Kentaro Miura-sensei sangat sedikit beredar online. Sumber gambar: wikipedia.org

Karena mangaka adalah penggerak utama sebuah manga, maka tidak ada yang bisa dilakukan oleh para fans Hunter X Hunter maupun Berserk selain sabar menunggu chapter selanjutnya dari mangaka masing-masing judul itu.

Kecuali mereka memutuskan untuk menghentikan manga yang sedang dikerjakan (seperti Tite Kubo lakukan untuk manga Bleach, yang walaupun populer tapi mengalami degradasi seperti yang pernah saya tulis di https://blog.ciayo.com/news/bleach-shonen-manga-populer-yang-tidak-bertahan-lama/ ), Tapi sepertinya itu bukan rute yang dipilih baik oleh mangaka Hunter X Hunter maupun Berserk serta publisher mereka. Setidaknya untuk saat ini.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

CNN

Budaya Menggunakan Handphone di Jepang

Ngomong-ngomong tentang smartphone, kamu tahu nggak tentang budaya menggunakan handphone di Jepang? Kalau kamu pergi ke .. more

Manga Koi wa Ameagari no You ni Siap Dinikmati dalam Bentuk Serial dan Film Live-Action

Versi Live-Action dari Koi wa Ameagari no You ni dirilis dalam dua tipe: serial dan film. .. more

Yasmine Putri

Yasmine Putri: Be Flexible but Always Stay Professional

Rubrik Chit Chat kali ini menghadirkan salah satu artist profesional dalam negeri yaitu Yasmine Putri. .. more

Sumber : Steamcommunity.com

10 Game Pilihan Dibawah 100 Ribu Rupiah Selama Steam Winter Sale!!

Setiap akhir tahun, Steam sebagai digital game distributor terbesar selalu memberikan diskon besar-besaran pada hampir s.. more

Sumber gambar: Inverse

Kolaborasi Unik DC Comics: Injustice vs He-Man and the Masters of the Universe

Komik Injustice vs He-Man and the Masters of the Universe mulai terbit 18 Juli 2018. Sudah tahu kisahnya?.. more