Siapkan Album Kedua, ikkubaru Rilis Single Let It Swing

2 months ago
00-d-ikkubaru-let-it-swing

Malang melintang di skena musik indie Indonesia dan sukses di Jepang tidak membuat band city pop asal kota Bandung, ikkubaru terlena. Kuartet beranggotakan Muhammad Iqbal (vokal, keyboard dan gitar), Rizki Firdausahlan (vokal dan gitar), Muhammad Fauzi Rahman (bas) dan Banon Gilang (drum) ini baru saja merilis single terbaru mereka, Let It Swing untuk menyambut perubahan baru mereka.

Let It Swing menjadi penanda kembalinya ikkubaru merilis materi musik baru setelah tahun 2017 lalu meluncurkan single Skyline dalam bahasa Jepang. Rilisnya Let It Swing ini juga menjadi awal mula dari penggarapan album kedua ikkubaru setelah tahun 2014 lalu mengorbitkan album Amusement Park. Album kedua ini rencananya akan segera hadir di akhir tahun 2018 ini.

Lagu ini mengangkat tema tentang mimpi dan mengikat bersamaan dengan pahit manis-nya lika-liku perjalanan kehidupan. “Lika-liku perjalanan kehidupan adalah suatu hal yang wajar. Berada di atas dan di saat yang lain kita berada di bawah, merupakan bagian dari putaran roda kehidupan itu sendiri,” ungkap sang frontman ikkubaru, Muhammad Iqbal. “Bukankah dulu kita pernah menangis lalu tersenyum, kalau sekarang harus ada air mata dan ketika jalan, hidup dirundung gelap, yakinlah esok mentari masih kan bersinar.”

Baca Juga: Pop Indonesia dan Jepang Bersatu Di ikkubaru Showcase Debut

Sumber: ikkubaru

Sumber: ikkubaru

Menurut Iqbal, Let It Swing menandai perubahan gaya musik ikkubaru yang mencoba lepas dari pengaruh kuat musik city pop yang erat terasa di album Amusement Park. “Sekarang kami lebih mengemasnya secara variatif (kolase) dan bersifat kontemplatif. Banyak pula mawas dirinya, dan hal ini kemudian mengarah kepada pendewasaan diri dari masing-masing personel, baik secara musikal maupun hal-hal diluar musikal.”

Proses pengerjaan lagu Let It Swing melibatkan musisi-musisi lain, seperti Wishnu Maul (Salamander Big Band) dan Aldi Nugraha yang memainkan bagian terompet, serta Alif Rizky yang me-mix lagunya. Proses mastering dikerjakan sendiri oleh Iqbal di studio pribadinya serta Reds Studio Bandung.

ikkubaru let it swing

Sumber: ikkubaru

Jika didengarkan, lagu Let It Swing terkesan berbeda dengan lagu ikkubaru yang sebelumnya. Jika biasanya warna musik ikkubaru dicitrakan lewat permainan synth yang menarik dan enerjik, Let It Swing mengambil pendekatan yang lebih akustik dan kalem. Nuansa swing-nya lebih terasa, dan sedikit banyak dipengaruhi musik sophisti-pop. Meski demikian, progresi melodi dan mood yang disajikan masih terasa khas ikkubaru.

Iqbal mengaku, perubahan gaya musik ikkubaru bukan tanpa resiko. Meski demikian, ia sudah memiliki formula yang mampu memuaskan fans lama dan pendengar baru. “Kami rasa, benang merah karya-karya ikkubaru itu ada di melodi, bukan di sub genre-nya. Oleh karenanya kami berusaha memaksimalkan hal itu dalam proses penciptaan,” terang Iqbal. “Kami mengedepankan pembuatan melodi yang kuat dan khas tanpa harus khawatir akan dibawa kemana hasil akhir kemasan musikal-nya nanti.”

ikkubaru let it swing

Sumber: ikkubaru

Video klip Let It Swing diproduksi oleh production house Nokku Nokku, dengan Prama Yodha duduk di kursi sutradara. Yodha menuturkan, video klip tersebut menceritakan perjalanan pulang kampung seorang perempuan yang diperankan oleh Sarah Ashby. “Pengembangan visual yang dilakukan adalah dengan melihat perspektif lain dari isi lagu ‘Let It Swing’. Saya menangkap suasana ‘Summer Day’ yang kental, dan menurut saya lagu ini juga cocok sebagai teman perjalanan,” ujar Yodha.

Penasaran dengan lagu dan video klip Let It Swing? Simak videonya di bawah ini!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00-d-ingress-anime

Game AR Ingress Akan Merambah Dunia Anime

Niantic mengumumkan anime Ingress, diadaptasi dari game ikonik mereka. Ceritanya disadur dari update Ingress Prime?.. more

Mary and The Witch's Flower (Sumber: youtube.com)

Anime Bergaya Ghibli: Mary and The Witch’s Flower

Anime Mary and The Witch’s Flower merupakan anime pertama produksi Studio Ponoc. Namun, yang menjadi perbincangan dari.. more

00-d-buka-bersama-ciayo-corp

Buka Bersama CIAYO Corp, Menjalin Silaturahmi Dengan Komikus Indonesia

Acara buka bersama CIAYO Corp. diadakan tanggal 7 Juni lalu mempertemukan para pegawai CIAYO Corp. dengan komikus dan pa.. more

00-d-film-bumi-manusia

Bumi Manusia Difilmkan, Iqbaal Ramadhan Dapat Peran Utama!

Novel legendaris Pramoedya Ananta Toer, diangkat ke dalam film oleh Hanung Bramantyo. Film Bumi Manusia menampilkan Iqba.. more

[Drama Indonesia Comic Con 2017] Dilema Event Pop Culture: Dengan Tiket Masuk Berbayar Atau Gratisan?

Beberapa waktu lalu sempat terjadi “drama” di media sosial seputar bermasalahnya akses masuk gratis untuk cosplayer .. more