Ikuti Petualangan Horor dan Misterius Para Pemburu Hantu Remaja di Serial Novel Ini

9 months ago
Sumber: Penguin Random House

Salah satu serial novel yang patut kalian ikuti itu adalah Lockwood and Co. karangan Jonathan Stroud. Lockwood and Co. adalah serial novel kedua Jonathan, setelah Bartimaeus Sequence yang sebelumnya juga sudah disukai di seluruh dunia. Seri ini mengikuti petualangan Anthony Lockwood dan teman-teman agensi penumpas hantunya membasmi hantu di kota London.

Ada total lima buku, masing-masing memiliki judul The Streaming Staircase, The Whisperer Skull, The Hollow Boy, The Creeping Shadow, dan The Empty Grave. Kelimanya bercerita mengenai kasus besar yang dihadapi Lockwood and Co. dan nantinya akan melambungkan nama mereka. Lockwood and Co. sendiri dilabeli publik internasional sebagai perpaduan Ghost Busters dan Sherlock Holmes.

Pengarang Lockwood and Co. (Sumber: Youtube Random House Children's Publishers UK.)

Pengarang Lockwood and Co. (Sumber: Youtube Random House Children’s Publishers UK.)

Walaupun berjudul Lockwood and Co, tapi tokoh utama dan narator di kisah ini adalah Lucy Carlyle. Lucy adalah seorang gadis dari desa yang berniat menjadi agen penumpas hantu untuk membantu perekonomian keluarganya. Setelah ditolak berkali-kali oleh agensi besar, ia diterima menjadi agen di agensi pimpinan Lockwood –yang sebenarnya hanya merupakan agensi kecil.

Dunia Lockwood adalah semesta altenatif dimana di kota London. Wabah hantu telah menyerang selama 50 tahun. Hantu-hantu yang muncul ini bisa melukai bahkan mengakibatkan kematian orang-orang hidup dengan hanya menyentuhnya. Agensi penumpas hantu pun dibentuk. Berisikan agen-agen remaja yang masih memiliki kepekaan akan kehadiran hantu —kemampuan yang sudah tidak dimiliki oleh orang dewasa. Didukung oleh bakat dan spesialisasi masing-masing agen dalam merasakan fenomena supranatural seperti daya sentuh, daya lihat, dan daya dengar, upaya penumpasan hantu terdengar tidak terlalu mustahil.

Ilustrasi Anthony Lockwood di Cover Rilisan UK (Sumber: Geektown)

Ilustrasi Anthony Lockwood di Cover Rilisan UK (Sumber: Geektown)

Ilmu pengetahuan pun juga dikembangkan untuk melawan teror-teror hantu yang sebagian besar diwarisi dari pengetahuan Tom Rotwell dan Marissa Fittes sebagai perintis agensi pembasmi hantu. Hasil penelitian Marissa, Fittes Manual for Ghost-hunters bahkan menjadi panduan prosedur wajib bagi para pemburu hantu. Pengetahuan itu pun dimanfaatkan untuk melindungi permukiman ataupun pertarungan melawan hantu, seperti pemanfaatan aliran air (hantu dipercaya tidak mampu menyeberanginya), bubuk garam, lavender, suar magnesium, dan besi.

Pada prakteknya, agen-agen membawa pedang rapier sebagai senjata dan rantai sebagai pembatas tempat pijakan di area yang banyak hantu. Oh iya, untuk membasmi hantu (mengirim hantu ke alamnya sendiri) yang paling baik adalah menemukan dan memusnahkan sumber dari keterikatan sang hantu dengan dunia manusia, bisa berupa benda atau lokasi.

Usaha mencampur adukkan realita dan fantasi inilah yang menurut penulis menjadi nilai lebih seri ini, dunia rekaannya sangat tergambarkan dengan jelas.

Fanart Anggota Agensi Lockwood and Co. (Sumber: Twitter @fff_mee)

Fanart Anggota Agensi Lockwood and Co. (Sumber: Twitter @fff_mee)

Lockwood and Co. selain merupakan agensi kecil, juga merupakan agensi yang paling sembarangan. Di saat umumnya agensi pembasmi hantu mengikuti peraturan-peraturan yang sudah ditetapkan pemerintah Inggris—dalam hal ini Departemen Riset dan Kendali Cenayang (DEPRAC), Lockwood and Co tidak. Salah satunya dan yang paling sering diomeli pemerintah adalah tidak adanya penyelia (seorang pembasmi hantu senior sebagai pengawas dan sosok berpengalaman) di agensi Lockwood yang dianggap hanya akan mengganggu kinerja karena mereka sudah hilang kepekaan supranaturalnya. Di awal serial, Lockwood and Co. hanya beranggotakan Anthony Lockwood yang sangat karismatik, George Cubbins yang hobi riset, dan Lucy yang baru bergabung.

Lockwood punya kemampuan daya lihat yang tinggi, George cenderung tidak mencolok, dan Lucy memiliki daya dengar yang rupanya jauh melampaui kemampuan daya dengar orang lain, dimana pada satu titik memberinya kemampuan berkomunikasi dengan hantu (konon sebelumnya hanya Marissa Fittes lah yang mampu).

Cover-cover Lockwood and Co. edisi berbagai belahan dunia (Sumber: Twitter Jonathan Stroud)

Cover-cover Lockwood and Co. edisi berbagai belahan dunia (Sumber: Twitter Jonathan Stroud)

Jangan dikira isi novel ini hanya akan membuat pembaca bergidik ketakutan. Interaksi karakter-karakter anggota Lockwood and Co. sangat lucu dan sering membuat penulis tertawa serta terasa saling melengkapi satu sama lain. Sumber utama kelucuan di serial ini tentu saja adalah George yang gemar sarkas dan mengganggu momen-momen penting di saat yang paling tidak tepat—dan tidak peka tentu saja.

Dibalik sikap optimisnya, Lockwood juga terlihat menyembunyikan banyak hal sehingga membuat pembaca penasaran. Petualangan-petualangan yang dialami Lockwood menyenangkan dan selalu memiliki twist yang tidak diduga (mencengangkan terutama di akhir buku ke-4). Konflik yang hadir pun benar-benar realistis untuk ukuran dunia kita jika terkena wabah hantu, dimana banyak manusia-manusia yang mencoba mencari keuntungan dari kemunculan hantu-hantu ini seperti pemburu barang mistis, pebisnis, dan bahkan agensi pemburu hantu sendiri. Misteri munculnya wabah hantu juga masih misterius dan rupanya merupakan sebuah konspirasi besar yang melibatkan orang-orang tidak terduga.

Cover-cover Lockwood and Co. Edisi Indonesia (Sumber: Portal PNFI)

Cover-cover Lockwood and Co. Edisi Indonesia (Sumber: Portal PNFI)

Di Indonesia sendiri empat dari lima buku ini sudah diterjemahkan (yang kelima sedang diterjemahkan!) dan kualitas terjemahannya sangat bagus walau masih terdapat beberapa typo. Kabarnya juga, hak IP Lockwood and Co sudah dibeli untuk segera dibuat menjadi serial tv. Kira-kira akan seperti apa, ya? Tertarik untuk membaca?

About Author

Ega Abdi Satrio

Ega Abdi Satrio

Tipikal laki-laki yang bisa berjam-jam di depan layar laptop yang biasa Anda temui. Setia menggemari AC Milan dan One Piece.

Comments

Most
Popular

Anime Horror

Anime – Anime Horror Ini Pasti Diingat Anak 90an

Buat anak 90an, ngaku deh di banding hapalin pelajaran, pasti kalian lebih hapal dengan jadwal anime yang tayang di tivi.. more

Yu Yu Hakusho Rilis Anime Baru dan Blu-ray Collection

Merayakan ulang tahunnya ke 25, Yu Yu Hakusho akan merilis anime baru dalam format OVA, dan koleksi anime lawanya dalam .. more

joker desktop

The Joker: Simbol Harapan Bagi Para Kriminil Kota Gotham

Semenjak ditampilkan perdana di Batman #1 hampir 80 tahun yang lalu, sosok yang terinspirasi dari karakter Gwynplaine di.. more

Sumber: TheVerge

The Lord of the Rings TV Show Akan Jadi TV Show Termahal Di Dunia?

The Lord of the Rings digadang-gadang akan menjadi serial TV paling mahal! Apakah akan sekeren filmnya?.. more

00-d-persona

Fakta Unik Perjalanan Game Persona, Dulu dan Sekarang

Persona 5 sudah berusia 10 tahun. Mari kita kilas balik bagaimana seri Persona bisa tercipta untuk pertama kalinya... more