Indonesia Comic Con 2017: Event Yang Tidak Hanya Soal Komik (Seperti Namanya)

7 months ago
Indonesia Comic Com 2017

Indonesia Comic Con kembali digelar!

Mendengar kata “Comic Con”, tentu yang kebayang oleh bro sis adalah sebuah “comic convention / pertemuan para pecinta komik” bukan?

Walau tidak salah, namun pendapat tersebut juga tidak 100% tepat. Karena berbeda dengan “Comiket” alias Comic Market yang populer sebagai sarana penjualan komik/manga doujin oleh para doujinshi di Jepang, sebuah Comic Con tidak melulu hanya berkutat di seputar komik. Karena itulah acara Indonesia Comic Con 2017 mengusung tagline “Toys, Games, And Comics”.

Acara besar pop culture dunia ini akan digelar selama dua hari. Kalau bro sis mau tiket gratis, ikuti tips ini. Karena ini bukan pertama kalinya digelar di Indonesia, maka Indonesia Comic Con 2017 sepertinya juga akan mendapatkan atensi tinggi dari penggemar pop culture. Tidak hanya dari penggemar komik, yang menjadi nafas utama event skala internasional ini. Namun juga dari penggemar mainan, TV show, film, cosplay dan tak lupa pula video game kelas dunia.

Indonesia Comic Con 2017 akan mengawinkan yang terbaik dari Japan Pop Culture dengan Western Pop Culture dalam satu convention seru.

Selain tentu saja akan menampilkan komikus kelas dunia (karena hey, ini adalah ‘konvensi komik’ lho), bro sis yang suka baca komik pasti akan sangat senang. Acara ini juga dikonfirmasi akan menampilkan sederetan produk serta tokoh pop culture yang sudah dinanti-nantikan kehadirannya di Indonesia.

Jika di ICC 2016 kemarin Indonesia kedatangan komikus “My Little Pony”, Andy Price, serta “Transformers: More Than Meets The Eye” Alex Milne, maka Indonesia Comic Con 2017 akan menghadirkan komikus yang tidak kalah populer dengan karya-karyanya. Dia adalah Yanick Paquette, yang populer dengan Wonder Woman, Superman, Wolverine dan masih banyak lagi.

Yanick Paquette(Sumber: dccomicsnews.com)

Yanick Paquette(Sumber: dccomicsnews.com)

Ada pula ilustrator komik Amerika asal Bandung Indonesia, Alti Firmansyah, yang populer mengerjakan ilustrasi komik mini seri Marvel “Star Lord & Kitty Pryde”. Alti mulai berkarir di Marvel sejak 2015 setelah bertemu seorang editor Marvel, C.B. Cebulski, di sebuah convention di tahun 2014.

Alti, ilustrator Marvel yang berasal dari Indonesia. (Sumber: indonesiacomiccon.com)

Alti, ilustrator Marvel yang berasal dari Indonesia. (Sumber: indonesiacomiccon.com)

ICC 2016 kedatangan sang legenda Kamen Rider Ichigo alias Takeshi Hongo yang diperankan oleh Hiroshi Fujioka. Bagaimana dengan ICC 2017 nanti?

Hiroshi Fujioka yang masih sehat enerjik. (Sumber: hangoutindo.com)

Hiroshi Fujioka yang masih sehat enerjik. (Sumber: hangoutindo.com)

The Green Ranger Tommy Oliver yang diperankan oleh Jason David Frank sudah dikonfimasi akan hadir dan menyapa penggemar Power Ranger klasik era 90an. Boleh dibilang kehadiran Frank ini menunjukkan popularitasnya sebagai Power Ranger masih belum hilang dari jagat pop culture dunia hingga hari ini.

Tommy Oliver bakal datang ke Indonesia. Sumber gambar: indonesiacomiccon.com

Tommy Oliver bakal datang ke Indonesia. Sumber gambar: indonesiacomiccon.com

Konvensi pop culture mana yang digelar tanpa kehadiran cosplayer? Jawabannya adalah “tidak ada”. Karena cosplay dan cosplayer merupakan elemen penting dalam sebuah konvensi / event pop culture di belahan bumi manapun. Mulai dari pameran game seperti Tokyo Game Show, hingga pasar komik seperti Comiket.

Indonesia Comic Con 2017 akan menghadirkan deretan cosplayer; baik yang berupa “individu yang bersenang-senang” maupun “professional cosplayer yang tampil meramaikan event”.

Dari sederet nama-nama cosplayer pro yang akan meramaikan Indonesia Comic Con 2017, terdapat nama Angie. Cosplayer ini cukup terkenal di media sosial seperti Facebook. Kehadirannya tentu akan menambah semarak acara ini sebagai event pop culture besar.

Angie0_0 juga akan jadi juri di lomba cosplay ICC 2017. (Sumber: facebook.com/Angie7099)

Angie0_0 juga akan jadi juri di lomba cosplay ICC 2017. (Sumber: facebook.com/Angie7099)

Ada pula gelaran berbagai musisi yang akan meramaikan, seperti misalnya REDSHiFT. Grup produser Vocaloid ini mulai dikenal sejak 2010 dan konsisten di jalur musik yang digandrungi anak muda jaman now. Hehehe. Performance mereka menjadi salah satu yang wajib dilihat nanti di Indonesia Comic Con 2017.

REDSHiFT (Sumber: indonesiacomiccon.com)

REDSHiFT (Sumber: indonesiacomiccon.com)

“Comic Con” sudah menjadi sebuah merk dagang event ‘gado-gado’ yang melibatkan tak hanya elemen komik, namun semua hal yang berhubungan dengan pop culture dunia. Mungkin pemilihan nama “Comic Con” dimaksudkan sebagai penghormatan akan posisi komik dalam pop culture dunia? Karena komik, jika dibandingkan dengan medium lain yang digelar dalam konvensi pop culture, merupakan medium tertua yang diciptakan. Gimana bro sis? Tertarik untuk datang?

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: Kerrang

Selain Paramore, Musisi-Musisi ini juga Pernah Batal Konser di Indonesia loh!

Lumayan banyak juga musisi-musisi top dunia yang pernah membatalkan konsernya di Indonesia karena alasan tertentu... more

Bitcoin (Sumber: bitcoin.org)

Semua yang Harus Kamu Ketahui Mengenai Bitcoin

Mungkin Anda pernah membaca, terlihat atau mendengar mengenai Bitcoin, dan bertanya-tanya “Apa sih sebenarnya bitcoin .. more

Game Yakuza Dimainkan Yakuza Betulan?!

Apa kata yakuza betulan tentang game Yakuza (Ryu ga Gotoku) buatan SEGA? Reaksi dan jawaban mereka cukup mengejutkan!.. more

Komikus Indonesia Kembali Meraih Penghargaan Silent Manga Audition 8!

Untuk kesekian kalinya komikus Indonesia berhasil meraih penghargaan dalam kompetisi komik internasional Silent Manga A.. more

(hips.hearstapps.com)

Annabelle: Creation, Menyuguhkan Hal-Hal Ngeri Sekaligus Bikin Gemas

Bagi penyuka film horor, Annabelle pasti menjadi salah satu dari list film yang wajib ditonton. Tiga tahun setelah kesuk.. more