Indonesia Punya Nasi Goreng, Jepang Punya Omurice

6 months ago

Omurice.

Setiap negara dan kebudayaan punya sajian khas makanan dan minuman sendiri-sendiri.

Tapi tidak jarang dua atau lebih bangsa punya jenis makanan atau minuman yang persis atau mirip satu dengan lainnya, namun tidak 100% sama. Keanekaragaman makanan dan minuman antar kebudayaan/kultur ini menarik, karena seakan-akan menunjukkan kalau dunia ini dulu adalah sebuah kepingan tanah raksasa yang kemudian pecah berserakan di atas lautan.

Ada banyak jenis makanan/masakan yang mirip antara satu negara dengan negara lainnya. Misalnya antara Tamales (dari negara-negara Amerika Selatan seperti Guatemala) dengan Kue Lepat Pisang (populer dari Indonesia).

Tamales berbungkus daun pisang khas Amerika Selatan. Sumber gambar: thespruce.com

Tamales berbungkus daun pisang khas Amerika Selatan. Sumber gambar: thespruce.com

Kue Lepat yang lembut enak. Sumber gambar: samsulaili-catatankehidupan.blogspot.com

Kue Lepat yang lembut enak. Sumber gambar: samsulaili-catatankehidupan.blogspot.com

Sama-sama dibungkus daun pisang, Tamales dan Kue Lepat Pisang mempunyai tampilan dan rasa yang mungkin sama enaknya. Saya belum pernah makan Tamales (seperti yang teman saya orang Hispanic sarankan) tapi dari deskripsi yang saya terima, kue itu pasti sama lezatnya dengan Kue Lepat Pisang/Nagasari yang sudah pasti pernah saya makan, hehehe.

Untuk makanan “berat”, kita bisa lihat antara Nasi Goreng (populer di Indonesia dan banyak negara Asia Tenggara lainnya) dengan Omurice (yang lahir di Jepang).

Nasi Goreng. Rasanya 100% mustahil kalau ada bro sis yang belum pernah makan Nasi Goreng! Karena menu ini, menurut saya, sudah masuk kategori “God-tier”. Selalu ada di mana-mana dan dalam kelas apa saja. Mulai kaki lima hingga hotel bintang 5.

Nasi Goreng adalah masakan nasi dengan minyak, bumbu, kecap, topping telur/daging serta disajikan hangat-hangat. Masakan ini juga relatif mudah untuk dibeli di warung makanan jika bro sis sedang males banget untuk memasaknya sendiri.

Hidangan Nasi Goreng Telur Mata Sapi. Sumber gambar: packagetravel.online

Hidangan Nasi Goreng Telur Mata Sapi. Sumber gambar: packagetravel.online

Itu untuk Nasi Goreng. Gimana dengan Omurice?

Omurice. Kata ini adalah sebuah penggabungan dari dua kata (hal yang sering dilakukan oleh orang Jepang), yaitu “Omelette” dan “Rice”. Omelette, atau Omu jika disingkat dalam dialek Jepang, merupakan sebutan untuk telur dadar goreng. Sementara kata Rice jelas mewakili kata beras/nasi.

Omelette Rice, disebut oleh Jepang dengan kata singkat ‘Omurice/Omuraisu’.

Omurice berbalut omelette yang sedap. Sumber gambar: Love Your Life

Omurice berbalut omelette yang sedap. Sumber gambar: Love Your Life

Sejarah Omurice dimulai di Jepang. Awalnya dikenal sebagai menu di restoran wilayah Ginza Tokyo, Jepang yang mengkhususkan diri di menu Western cuisine. Omurice dengan cepat berhasil mengambil hati (dan memuaskan perut) orang Jepang yang terbiasa dengan olahan beras/nasi sebagai makanan pokok.

Seperti apa sih, sebuah Omurice yang ‘standard’? Apakah sama dengan Nasi Goreng yang sudah lama populer di kawasan Asia Tenggara?

Ya dan tidak. Nasi di Omurice memang sama-sama digoreng dalam wajan/frying pan seperti Nasi Goreng. Nasinya biasa ditambahkan daging (baik itu ayam, sapi, pork/babi, ataupun ikan), sedikit sayuran, serta saus (bisa berupa saus tomat/ketchup, demi-glace sauce atau saus kaldu kental kecoklatan dari daging sapi muda).

Nah… Yang menjadi ‘signature appearance’ dari Omurice adalah adanya telur dadar tipis berupa lembaran yang menutupi (bahkan membungkus) nasi tadi sehingga nasi tersebut tidak lagi terlihat saat dihidangkan hangat-hangat.

Dibalik gulungan omelette itu ada nasi goreng hangat yang sedap. Sumber gambar: norecipes.com

Di balik gulungan omelette itu ada nasi goreng hangat yang sedap. Sumber gambar: norecipes.com

Seperti halnya Nasi Goreng yang populer di Asia Tenggara, Omurice merupakan menu yang populer di Jepang selain Nasi Kare sebagai hidangan yang bisa dikonsumsi kapan saja. Anak-anak menyukai Omurice sebagaimana orang dewasa juga menggemari ‘nasi goreng daging dibungkus telur dadar’ ini.

Omurice berbentuk karakter Kuma/beruang. Gak tega makannya yah… Sumber gambar: pinterest.com

Omurice berbentuk karakter Kuma/beruang. Gak tega makannya yah… Sumber gambar: pinterest.com

Tak hanya di Jepang, Omurice juga populer di negara lain seperti Korea dan negara-negara Asia. Di Indonesia sendiri terdapat banyak food stall yang menjual Omurice dengan berbagai ciri khas/modifikasi, namun tetap mengusung tampilan tradisional dari Omurice itu sendiri. Yaitu Nasi Goreng yang terbungkus dalam balutan telur dadar omelette.

Salah satu resto di Jakarta yang menjual menu Omurice. Sumber gambar: thehungrydoctor.net

Salah satu resto di Jakarta yang menjual menu Omurice. Sumber gambar: thehungrydoctor.net

Soal rasa, apakah Nasi Goreng kalah jika dibandingkan dengan Omurice?

Ini tentu saja pertanyaan sulit karena persoalan selera. Trust me; saya tahu ada orang yang tidak suka Nasi Goreng (mengejutkan!). Yang berarti tentu saja akan ada orang yang tidak suka dengan Omurice.

Saya sendiri menganggap kedua hidangan ini sama-sama enak. Maklum perut orang Indonesia, bro sis, wajib masuk nasi, hehehe. Namun saya bisa katakan kalau Nasi Goreng punya tekstur bumbu yang lebih kuat daripada Omurice, yang berpengaruh pada aroma keharuman dan rasa di lidah. Hal ini bisa dikarenakan karena masakan Indonesia memang kuat di bagian rempah-rempah. Tidak seperti Jepang.

Jadi makan apa hari ini, bro sis? Nasi Goreng atau Omurice? Enakan yang mana sih, buat bro sis? Komennya ditunggu ya.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber: fr.ign.com

Lagi Cari Tema Komik yang Asik? Cobain Deh Tema Komik Anti-Mainstream ini!

Kalau kamu merasa bingung dan mumet pikirannya saat menentukan tema yang akan di pakai, cobain deh bikin komik dengan me.. more

Kisah rakyat Norwegia yang banyak di-adaptasi pop culture. Sumber gambar: youtube.com

Mitologi Ragnarok: Mulai Dari Komik Marvel Hingga Game Online RPG Korea

Mendengar kata “Ragnarok” belakangan ini mungkin akan membuat bro sis langsung teringat dengan film “Thor: Ragnaro.. more

Sumber: ablwang.com

Randoseru: Tas Punggung Anak SD Jepang Yang Ikonik

Kalau bro sis sering nonton anime yang ada karakter anak SD di dalamnya, besar kemungkinan kalau bro sis pernah melihat .. more

HOTARU ITB: CIAYO Comics Datang Lagi ke Bandung!

Setelah mendatangi Bandung minggu lalu, CIAYO Comics akan balik lagi ke Bandung buat menghadiri HOTARU 6!.. more

Rikka, Love, Chunibyo & Other Delusions – Take On Me. Sumber: rightstuffanime

Pasangan Chunibyo Bertemu Dalam Anime Love, Chunibyo & Other Delusions – Take on Me

Berjudul Love, Chunibyo & Other Delusions – Take On Me, film ini akan rilis pada tanggal 6 Januari 2018. Film ini meru.. more