Indonesia Writers Festival 2019: Ajang Kumpul Penulis Lintas Karir

1 week ago
Indonesia Writers Festival 2019 merupakan tempat berkumpulnya para penulis dari berbagai bidang karir untuk sharing ilmu dan pengalaman.

Bekerja menjadi penulis tidak hanya melulu menjadi seorang novelis. Ada banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan kemampuan menulis. Menulis naskah film contohnya, atau menulis puisi, lirik lagu, artikel, konten media sosial, dan masih banyak lagi. Indonesia Writers Festival 2019 bertujuan untuk mengumpulkan para penulis lintas karir tersebut dalam sebuah wadah untuk saling sharing ilmu dan pengalaman.

Indonesia Writers Festival 2019. Sumber: IDN Media
Indonesia Writers Festival 2019. Sumber: IDN Media

Diadakan selama dua hari di tanggal 6-7 September 2019 di Universitas Multimedia Nusantara, Indonesia Writers Festival menjadi sarana bagi para penulis untuk bertemu dan saling bertukar ilmu. Acara ini menghadirkan berbagai pembicara dari berbagai bidang karir yang tentu saja berhubungan dengan kegiatan tulis menulis. Aktivitas terdiri dari talkshow, kelas workshop, hingga screening film.

Indonesia Writers Festival 2019 dibuka oleh CEO dan Founder IDN Media Winston Utomo, Editor in Chief IDN Times Uni Lubis, Wakil Rektor II UMN Ir. Andrey Andoko M.Sc, Bupati Kabupaten Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, serta Mentri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Sambutan dari Mentri Rudiantara. Sumber: CIAYO Pictures
Sambutan dari Mentri Rudiantara. Sumber: CIAYO Pictures

“Kegiatan ini menjadi sarana bagi generasi milenial untuk belajar menulis dengan adab karena di media sosial kini mudah dijumpai bahasa yang kurang sopan, membenci satu sama lain dan menyebarkan hoaks,” ujar Ahmed Zaki iskandar.

“Sejujurnya saya itu tidak handal menulis. Oleh karena itu, saya punya suatu apresiasi sendiri kepada penulis, karena saya anggap mempunyai kemampuan luar biasa dan unik. Karena menulis itu tidaklah mudah, memerlukan kinjerja dua sisi otak kanan dan kiri yang bisa bekerja sama atau sinkron, karena kreativitas atau imajinasi dan realisasi serta praktik terkadang tidak jarang susah untuk bekerja selaras,” sambung Rudiantara.

Segmen talkshow bersama Uni Lubis, Najwa Shihab, dan Ayu Utami. Sumber: CIAYO Pictures
Segmen talkshow bersama Uni Lubis, Najwa Shihab, dan Ayu Utami. Sumber: CIAYO Pictures

Mengusung tema Empowering Through Writing, Indonesia Writers Festival 2019 menghadirkan berbagai segmen-segmen acara yang diikuti para peserta dengan antusias. Segmen-segmen ini dihadiri dan dibawakan oleh narasumber terkenal.

Sebut saja ada jurnalis veteran dan founder Narasi Najwa Shihab, novelis Ayu Utami, author Generasi 90-an Marchella FP, Wikipediawan Ivan Lanin, author Filosofi Teras Henry Manampiring, co-founder Storial Brilliant Yotenega, Managing Director Gramedia Pustaka Utama Andi Tarigan, travel writer Windi Ariestanty dan Trinity, News Director Kompas TV Rosiana Silalahi, Mentri Luar Negeri Retno Marsudi, Wali Kota Bogor Bima Arya, penulis skenario Jenny Jusuf, penulis skenario rangkap sutradara Gina S. Noer, aktor Reza Rahardian, novelis dan musisi Dewi Lestari, produser film Sheila Timothy, dan masih banyak lagi.

Peluncuran Duniaku.com. Sumber: CIAYO Pictures
Peluncuran Duniaku.com. Sumber: CIAYO Pictures

Indonesia Writers Festival 2019 jadi tempat peluncuran Duniaku.com, unit bisnis baru IDN Media yang bergerak di bidang pop culture untuk golongan milenial. “Dengan mengintegrasikan Duniaku.com dalam IDN Media, kami mengharapkan Duniaku.com dapat mencapai visinya: untuk memberikan pengaruh positif bagi masyarakaakili suara penikmat geek culture di Indonesia,” kata Winston Utomo.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber: Susilawatift08.blogspot.co.id

Gak Hanya Manusia, Hewan-Hewan di Kartun Ini Juga Bisa Jadi Sahabat, Loh!

Kalau di film-film biasanya diceritakan persahabatan antara manusia atau manusia dan robot. Tapi gimana dengan manusia d.. more

Sumber: www.hdwallpapers.in

Red Sparrow: Bahkan Jason Matthews Pun Tak Mampu Mengawal Naskah Ini Untuk Jadi Baik

“Red Sparrow” bercerita tentang perempuan bernama Dominika. Seorang ballerina yang punya kesempatan untuk bersinar d.. more

(Sumber: tumblr)

Stalker/Sasaeng Fans: Kisah Horror Para Idol

Gemerlap dunia hiburan memang gak segalanya indah. Di balik kesuksesan yang diraih, tetap ada sesuatu yang harus dikorba.. more

Ratusan insan kreatif dari berbagai bidang pop culture berkumpul dalam perhelatan Comic Frontier 13 pada 7-8 September 2019.

Comic Frontier 13 Hadirkan Para Insan Kreatif Muda Indonesia

Ratusan insan kreatif dari berbagai bidang pop culture berkumpul dalam perhelatan Comic Frontier 13 pada 7-8 September 2.. more

chit-chat-FAIRY-DEMON-&-DECOCO-desktop

Fairydemon & Decoco: Author Rika dan My Heart My Soul Bicara Soal Komik Slice of Life

Fairydemon dan Decoco, author komik Rika si Preman Sekolah dan My Heart My Soul bicara soal tema dan inspirasi dari komi.. more