Ingin Coba Main Pokémon? Kamu Harus Mulai dari Game Ini!

12 months ago
Pokemon Game

Franchise Pokémon sudah mendunia sejak tahun 1998, baik dalam bentuk video game, anime, trading card game, maupun komik. Indonesia pun tidak luput dengan euforia Pokémon. Di akhir abad 20, kita dikenalkan oleh Pikachu dan kawan-kawan melalui anime yang ditayangkan oleh salah satu stasiun TV swasta saat itu. VCD anime-nya pun mulai menjamur di toko-toko VCD pinggiran. Trading card-nya dijual di sekolah-sekolah. Namun saat itu banyak anak-anak di Indonesia yang tidak tahu bahwa Pokémon memiliki titik awal sebagai sebuah video game. No! Bukan Pokémon GO, tapi Pokémon Red and Green (Red and Blue di luar Jepang) untuk Nintendo Gameboy.

Anak-anak di Indonesia saat itu mungkin agak asing dengan Gameboy (saat itu presensi video game handheld Nintendo  masih dianggap obscure), apalagi kedua game Pokémon tersebut. Seiring berjalannya waktu dan semakin mudahnya informasi untuk didapatkan, kita mulai terekspos dengan status Pokémon sebagai serial video game RPG yang terus mengeluarkan edisi terbarunya. Saat ini serial video game Pokémon sudah mencakup hampir 30 game yang termasuk main series, dan berpuluh-puluh game yang termasuk spin-off. Belakangan bahkan Pokémon mulai terkenal lagi sejak Pokémon GO, dan hype terhadap game-game terbarunya sudah mulai tinggi kembali.

Pasangan game yang memulai segalanya  (Sumber: Nintendo & Game Freak)

Pasangan game yang memulai segalanya (Sumber: Nintendo & Game Freak)

Setelah merasakan fenomena Pokémon selama lebih dari 15 tahun di sekeliling kita, mungkin bro sis penasaran, sebenarnya apa sih yang membuat Pokémon disukai para gamer? Dari orang tua maupun muda, lelaki atau wanita, kasual maupun garis keras. Hal ini pastinya bikin penasaran, dan membuat kita ingin mencoba memainkan game-nya untuk merasakan sendiri. Ada yang bingung harus mulai memainkan dari yang mana? Cek aja di sini.

1. Pokémon FireRed dan LeafGreen

Bro sis mungkin gak terlalu ngerti dengan seluk-beluk Pokémon, tapi pastinya tahu dong sama Pikachu, Bulbasaur, atau Charizard? Pokémon FireRed dan LeafGreen adalah game yang cocok. Sebenarnya Pokémon-Pokémon klasik yang kita tahu sejak dulu itu berasal dari Pokémon Red and Blue, namun sepasang game tersebut memiliki gameplay yang relatif buruk dan gak seimbang. Fitur-fitur dasarnya juga telah dianggap “basi”. Apalagi kalau bro sis terbiasa dengan fitur-fitur game modern seperti grafik yang bagus dan alur gameplay yang cepat, dapat dipastikan bakal cepat bosan dengan Red and Blue.

FireRed dan LeafGreen sendiri merupakan versi remake dari Red and Blue, dengan grafik yang diperbagus dan fitur-fitur tambahan yang menarik dan gak bikin kamu cepat bosan. Di FireRed dan LeafGreen, bro sis akan bertemu Pokémon-Pokémon yang sudah gak asing, apalagi jika pernah menonton anime-nya waktu kecil atau pernah terkena euforia Pokémon GO.

FireRed dan LeafGreen dapat dimainkan melalui Gameboy Advance, tapi mungkin agak sulit kalau ingin memainkannya menggunakan game original dan tanpa bantuan emulator, karena kaset gamenya sendiri sudah terhitung langka.

 

Charmander vs. Squirtle di FireRed  (Sumber: Nintendo & Game Freak)

Charmander vs. Squirtle di FireRed. (Sumber: Nintendo & Game Freak)

2. Pokémon Black and White

Pokémon Black and White mungkin dapat disebut sebagai anti Red and Blue, soalnya di game ini semuanya serba baru. Kalian gak akan lagi menemukan Pokémon-Pokémon lama yang dikenal selama perjalanan kamu sebagai trainer Pokémon. Alur cerita dari Pokémon Black and White relatif berat dan filosofis, gak seperti cerita Pokémon pada umumnya.

Bro sis gak akan bertemu dengan Brock, Misty, atau Gary dari anime. Disini, kita wajib memainkan Black and White kalau ingin tahu bagaimana jika Pokémon melakukan sesuatu yang ambisius dan mengajak para fansnya untuk memulai petualangan yang benar-benar baru dan fresh.

Pokémon Black and White bisa dimainkan di Nintendo DS atau 3DS. Kalau sempet, bro sis bisa melanjutkan petualangan di Black and White dengan memainkan sekuelnya, Pokémon Black 2 dan White 2. Ceritanya gak kalah menarik dan enaknya, kita akan mendapatkan point of view yang berbeda dari game sebelumnya. Sama seperti pendahulunya, Pokémon Black 2 dan White 2 juga dapat dimainkan di Nintendo DS atau 3DS.

Si… siapa mereka!? Pokémon yang muncul di Pokémon Black dan White. (Sumber: Nintendo & Game Freak)

Si… siapa mereka!? Pokémon yang muncul di Pokémon Black dan White. (Sumber: Nintendo & Game Freak)

3. Pokémon Sun dan Moon (Ultra Sun dan Ultra Moon)

Pokémon Sun dan Moon adalah sepasang game yang relatif baru di main series Pokémon. Di game ini telah banyak perkembangan-perkembangan yang terlihat. Dimulai dari beralihnya grafik game secara keseluruhan menjadi 3D (transisi yang dimulai sejak Pokémon X dan Y), fitur-fitur tambahan baik yang bersifat besar (Mega Evolution, Z-Move, interaksi dengan Pokémon secara langsung) maupun kecil (manajemen Pokémon, bantuan-bantuan untuk training, fitur online), serta desain-desain Pokémon yang baru.

Meskipun tedapat beberapa kekurangan seperti framerate yang tidak stabil dan hilangnya fitur-fitur yang ada di game sebelumnya, game ini tetap layak untuk dimainkan apalagi jika ingin merasakan up-to-date dalam dunia Pokémon. Pokémon Sun dan Moon dapat di mainkan di Nintendo 3DS.

Sebenarnya ada game yang lebih baru dari Sun dan Moon, yaitu Ultra Sun dan Ultra Moon, namun perbedaannya terhadap Sun dan Moon cenderung minimal dan tidak terlalu berpengaruh jika kita baru memasuki dunia game Pokémon.

Bagi penulis sendiri Pokémon Sun dan Moon masih merupakan game yang menimbulkan kesan yang lebih baik dibandingkan Ultra Sun dan Ultra Moon, tapi bro sis dapat memilih salah satu dari kedua pasang game tersebut.

 

Firemeong mengeluarkan Z-Move di Pokémon Sun dan Moon. (Sumber: Nintendo & Game Freak)

Firemeong mengeluarkan Z-Move di Pokémon Sun dan Moon. (Sumber: Nintendo & Game Freak)

4. Bonus: Pokémon HeartGold dan SoulSilver

Pokémon HeartGold dan SoulSilver dapat dikatakan sebagai sebuah masterpiece serial game Pokémon. Sepasang game ini mewakili bagaimana sebuah game Pokémon seharusnya dikembangkan. Setting yang sangat luas (dua region dalam satu game!), pilihan Pokémon yang bervariasi namun tidak terlalu banyak, cerita yang simple namun memiliki charm yang unik, dan gameplay yang menantang namun tidak terlalu punishing.

Game inilah yang menurut para fans sebagai the game. Black dan White, meskipun memiliki kualitas cerita dan konsep yang lebih inovatif dan fresh, masih tidak disukai oleh banyak fans karena sedikit melenceng dari konvensi-konvensi Pokémon biasanya.

Mengapa ditempatkan di bagian bonus? Karena sebagian dari charm Pokémon HeartGold dan SoulSilver (HGSS) tidak dapat dirasakan jika tidak memainkan Red dan Blue/FireRed dan LeafGreen terlebih dahulu, karena HGSS merupakan sekuel dari game-game tersebut. Jadi HGSS agak kurang cocok untuk dimainkan sebagai game pertama bagi para pemula. Oh iya, Pokémon HeartGold dan SoulSilver ada di Nintendo DS atau 3DS, loh! Namun kaset original-nya kebetulan cukup langka untuk dicari.

‘The game’, Pokémon HeartGold dan SoulSilver. (Sumber: Nintendo & Game Freak)

‘The game’, Pokémon HeartGold dan SoulSilver. (Sumber: Nintendo & Game Freak)

Jadi, dari rekomendasi di atas, game apa yang lebih cocok untuk bro sis? Penulis sendiri memulai karirnya sebagai trainer Pokémon melalui Red dan Blue saat masih SD, sebelum FireRed dan LeafGreen keluar. Semoga rekomendasi di atas tepat untuk bro sis dan dapat menjadi titik awal kalian sebagai the very best like no one ever was.

About Author

Fajar

Fajar

Collector and semi-casual/semi-hardcore gamer. Collects everything Pokémon, Nendoroids (particularly Hatsune Miku-related), some PVC figures, and video game consoles. Likes to hang out at video game stores and board game cafes being unproductive as heck.

Comments

Most
Popular

thumb-keberagamanhollywood

Kampanye Keberagaman Hollywood yang Semakin Rancu

Keberagaman bukan lagi hal aneh di dunia ini. Tapi bagaimana kalau justru salah satu publisher komik Amerika terkenal DC.. more

Heboh Langit Berpetir di Instagram Marcelino, Ini Penjelasannya

Lama vakum dari layar kaca, aktor berbadan tegap Marcelino Lefrandt tetap berkiprah di dunia hiburan. Namun, kini ia leb.. more

From : akibanation.com

5 Voice Actors Paling Terkenal di Jepang

Para aktor suara disebut 'Seiyuu' dalam bahasa Jepang. Ayok berkenalan lebih dekat dengan 5 voice actors terkenal di Jep.. more

Pesta internal Sony dan rekan-rekan. Sumber gambar: gameaxis.com

Pemenang PlayStation Awards 2017 Baru Saja Diumumkan

Bagian terlucu tahun ini untuk PlayStation Awards mungkin adalah saat Microsoft berhasil mendapatkan PlayStation Award u.. more

00-d-don't-hug-me

Don’t Hug Me I’m Scared Season 2, Serial Disturbing Menghebohkan Yang Akan Muncul di TV?

Serial disturbing YouTube, Don’t Hug Me I’m Scared, baru saja mengeluarkan teaser. Kira-kira apa saja yang bisa dike.. more