Ingin Mainkan Harvest Moon di Smartphone? Sekarang Udah Bisa!

10 months ago
Thumbnail artikel Harvest Master: Farm Sim

Bro sis, siapa ya yang nggak suka dengan game Harvest Moon (牧場物語 Bokujō Monogatari)? Game yang berasal dari Jepang keluaran Super Nintendo ini, berhasil membuat banyak orang ketagihan dan kangen untuk memainkannya. Bahkan kalau  bro sis bukan penggemar dari game ini, minimal pasti pernah mendengar soal game ini.

Game simulasi kehidupan pedesaan ini, mengasah kemampuan pemain untuk mengelola ladang pertanian dan mengurus pertenakan, selain itu pemain juga dapat bersosialisasi dengan penduduk sekitar,  mencari pasangan dan menikah dengannya.

Begitu populernya game tersebut, para developer game berhasil mengeluarkan berbagai macam versi Harvest Moon yang dapat dimainkan oleh pemain dalam konsol game. Nah, namun sayangnya Harvest Moon versi asli yang gratis belum tersedia di smartphone. Tapi, jangan khawatir karena banyak developer mengeluarkan game yang mirip dengan Harvest Moon.

Salah satunya yang akan di review dalam artikel ini adalah Harvest Master: Farm Sim keluaran RhinoGearz yang dapat dimainkan oleh bro sis secara gratis di playstore dan app store. Ada juga versi fullnya jika bro sis ingin men-unlock beberapa karakter yang dapat dijadikan pasangan bro sis, serta mendapat beberapa fitur tambahan. Bro sis bisa beli versi fullnya dengan harga 10.000 rupiah saja kok. Lalu, seperti apa Harvest Master: Farm Sim ini?

Sumber: Harvest Master Sim

Sumber: Harvest Master Sim

Dimulai dari kisah ketika paman karakter utama (pemain) meninggal dunia dan meninggalkan ladang pertaniannya serta sejumlah hutang kepada karakter utama untuk mengelolanya. Nah, niatnya karakter utama untuk menjual ladang pertanian tersebut, tapi akhirnya berubah pikiran untuk menjadi seorang petani. Dengan keputusan ini, karakter utama, yaitu bro sis yang memainkan game tersebut harus bekerja untuk melunasi hutang yang ditinggal oleh Sang paman. Jika tidak, maka bo sis akan kehilangan ladang pertanian tersebut!

Harvest Master: Farm Sim

Harvest Master: Farm Sim

Serunya, awal mulai game bro sis dapat memilih untuk menjadi karakter perempuan atau laki-laki, serta dapat memberi respon kepada penduduk.

Harvest Master: Farm Sim

Harvest Master: Farm Sim

Seperti game Harvest Moon, Harvest Master juga memiliki empat musim. Pemain harus bekerja untuk melunasi hutang dari pamannya. Tapi, hati-hati jangan kerja sampai kemalaman dan harus jaga stamina hati yang ada, kalau tidak pemain bisa pingsan dan mengakhiri hari dengan istirahat di rumah lho. Akibatnya hati (stamina) bro sis menjadi warna putih di beberapa hari ke depan dan harus banyak-banyak mengomsumsi makanan, karena energi yang dikeluarkan menjadi dua kali lipat lebih besar daripada biasanya.

Hati (stamina) dipojok kiri jadi warna putih, karena tidak menjaga stamina

Hati (stamina) dipojok kiri jadi warna putih, karena tidak menjaga stamina

Selain itu, pemain juga harus mengurus perternakan yang ada. Sampai saat ini, hewan yang dapat diurus adalah sapi, domba, dan ayam.

Pemain juga dapat menanam tanaman, memancing ikan dan menambang bahan mineral untuk memberinya kepada karakter dalam game, menjualnya, maupun digunakan untuk men-upgrade peralatan.

Pemain juga dapat bersosialisasi dengan karakter-karakter yang ada dalam game. Serta, mencari pasangan untuk menikah. Dalam Harvest Master, bro sis harus memberi hadiah kepada karakter yang disukai dan berbincang dengannya setiap hari untuk merubah warna hati karakter. Setiap kali warna hati berubah, ada scene yang terjadi, entah itu kisah dari karakter-karakter atau pun scene bro sis kencan dengan karakter. Sampai pada akhirnya, jika warna hati telah berubah menjadi warna pink, bro sis dapat melamar atau menunggu dilamar oleh karakter kesayangan.

Full Version (Sumber: Google Play)

Full Version (Sumber: Google Play)

Tidak hanya itu, bro sis juga dapat mengikuti festival-festival menarik yang diadakan pada tanggal-tanggal tertentu, seperti lomba mancing ikan, lomba tanaman, couple day dan lain sebagainya. Wah, seru ya!

Sumber: Google Play

Sumber: Google Play

Nah, penulis benar-benar addicted banget sama game yang satu ini, karena itu penulis rekomendasi kepada bro sis. Mungkin buat bro sis ada yang masih ragu sama keseruan game ini, coba simak dulu trailernya. Jika tertarik bro sis bisa segera download ya!

About Author

Tivanny Claranita

Tivanny Claranita

"Nothing ever lasts forever, so enjoy your life!"

Comments

Most
Popular

PAKOBAN X CIAYO Comics

Hi bro sis! Selama ini kan CIAYO Comics suka mampir ke event-event di Jakarta aja. Nah, kali ini CIAYO Comics jalan-jala.. more

Source 1: engadget.com

Sarahah: Platform Untuk Secret Admirer?

Kalau kamu penasaran kenapa ada banyak orang yang mengambil screenshot dari sebuah aplikasi bernama ‘Sarahah’, harus.. more

00-intellectual-property-d

Belum Mengerti Tentang Intellectual Property? Itu Tandanya Kamu Harus Kenalan Lebih Dekat!

Kalau kamu masih belum mengerti konsep "intellectual property," maka artikel ini cocok banget buat kamu. Harus baca!.. more

cloverlines

Komik Cloverlines Akan Go International Lewat Kickstarter!

Cloverlines, komik Indonesia karangan Wednesday Ash, asteriesling dan nachocobana akan terbit secara internasional lewat.. more

Sumber: nyblueprint.com

Call Me By Your Name: Kisah Cinta yang Dinodai Setetes Tinta Abu-Abu

Diadaptasi dari novel Ande Aciman dengan judul yang sama, “Call Me by Your Name”, berhasil menciptakan ruang-ruang a.. more