Ingin Move on dari Idol 3 Dimensi? Coba beralih ke Idol 2 Dimensi ini

6 days ago
Sumber: myanimelist.net

Kepopuleran idol di dunia nyata atau yang biasa disebut dengan Idol 3 dimensi membuat perubahan budaya di industri musik. Namun, ada pula sisi gelap yang menyelimuti. Ada kasus bunuh diri yang dilakukan oleh beberapa artis dan penyanyi top dunia akibat tekanan baik dari manajemen, fans, ataupun gangguan mental dari dalam diri pribadi.

Ada juga skandal percintaan yang dilakukan beberapa anggota grup Idol. Buat yang gak tahu, jadi idol itu tidak semudah jadi artis biasa. Tidak boleh ada kehidupan asmara yang berpotensi merusak popularitas mereka, sehingga bisa ‘lulus’ secara tidak terhormat ataupun mendapat sanksi tegas dari manajemen.

Bagi penggemar setia, skandal percintaan dianggap salah satu bentuk pengkhianatan yang dilakukan oleh idol terhadap fans yang sudah mendukung dengan loyal sepanjang karirnya. Gak sedikit pula fans yang pensiun dari dunia idol karena tak ingin mengulang sakit hati. Namun jika masih belum bisa move on dan ingin terus memiliki idola, ada baiknya bro sis beralih ke dunia idol 2 dimensi. Berikut ini ada beberapa anime tentang Idol yang mampu mengalihkan bro sis ke dalam dunia idol 2 dimensi.

1. Aikatsu!

Poster Aikatsu! (Sumber: myanimelist.net)

Poster Aikatsu! (Sumber: myanimelist.net)

Akademi Starlight adalah tanah suci bagi tempat latihan untuk menjadi seorang Idol. Aoi Kiriya percaya, dengan masuk ke akademi itu, dia bisa menggapai impiannya untuk menjadi idol papan atas. Bersama temannya, Hoshimiya Ichigo, Aoi masuk ke dalam akademi Starlight demi mengikuti jejak idolanya, Mizuki Kanzaki.

Begitu memasuki akademi Starlight, Aoi mendapat banyak pelajaran. Supaya para Idol bisa bertahan di jalur industri, mereka tak hanya bermodalkan talenta dan latihan keras, namun persahabatan antar idol juga harus terjalin demi membangun koneksi yang baik.

Anime ini pernah ditayangkan di salah satu televisi swasta di Indonesia pada 2011 silam, dengan JKT48 yang mengisi lagu pembukanya. Dengan musik dan koreografi seperti dunia Idol yang bro sis pernah lihat dalam dunia nyata, anime ini sukses mengadaptasi kehidupan pribadi Idol dengan masalah sehari-hari yang tidak bisa dibilang sederhana.

2. Love Live! School Idol Project

Dengan jumlah siswa baru yang terus menurun dari tahun ke tahun, SMA Otonokizaka terancam ditutup setelah kelulusan siswa kelas satu saat ini. Honoka Kousaka, siswi kelas 2, tidak ingin sekolahnya tutup begitu saja. Melihat popularitas grup idol sekolah bernama A-RISE, Honoka membuat grup idol di sekolahnya, bersama dua orang temannya bernama Umi Sonoda dan Kotori Minami. Mereka bertiga membuat grup idol bernama µ’s(baca:muse) untuk meningkatkan popularitas sekolahnya.

Poster Live Live! (Sumber: myanimelist.net)

Poster Live Live! (Sumber: myanimelist.net)

Berbagai kendala dihadapi, mulai dari ketua OSIS yang menentang mereka, kesulitan mencari anggota baru sampai mempromosikan grup dalam kompetisi grup idol sekolah seantero Jepang. Kemenangan harus diraih demi menyelamatkan SMA Otonokizaka dari penutupan.

Keunggulan anime ini terletak pada tujuan pembuatan grup Idol itu sendiri, yaitu untuk menyelamatkan sekolah dari penutupan. Selain itu, seragam yang menarik dan lagu khas Idol membantu popularitas Love Live hingga tetap digemari sampai saat ini.

3. Uta no Prince-sama

Uta no Prince-sama (Sumber: myanimelist.net )

Uta no Prince-sama (Sumber: myanimelist.net )

Seorang komposer lagu dari pinggiran kota bernama Haruka Nanami, memiliki impian menulis lagu untuk Hayato Ichinose, idolanya. Demi mewujudkan cita-cita tersebut, dia  masuk ke akademi Saotome, sekolah kejuruan yang terfokus di bidang seni. Akademi itu rupanya dihuni talenta-talenta berbakat di bidangnya. Haruka pun harus bekerja sangat keras demi mewujudkan cita-citanya.

Bagi bro sis penggemar cowok-cowok ganteng, pasti sangat tertarik untuk menonton anime ini. Dari segi cerita, anime ini mengambil sisi seorang yang bekerja di balik layar supaya idol yang didukungnya bisa bersinar di atas panggung dengan lagu ciptaannya. Mereka pun harus siap mengorbankan kehidupan pribadinya demi menggapai cita-citanya.

4. AKB0048

Setelah perang besar yang berkecamuk di awal abad 21, ekosistem planet bumi hancur dan para penduduk yang tersisa pindah ke planet lain yang dianggap lebih layak dihuni manusia. Namun, pemerintahan baru yang terbentuk di planet baru melarang musik dan menyatakan kalau musik adalah salah satu sumber kejahatan yang terjadi.

AKB0048 (Sumber: myanimelist.net)

AKB0048 (Sumber: myanimelist.net)

Berasal dari anggota AKB48 yang tersisa, grup idol AKB0048 pun terbentuk. Mereka memiliki misi untuk membawa kembali musik ke dalam tatanan hidup manusia meskipun mereka tahu kalau kegiatan mereka dianggap ilegal di banyak planet. Mereka memulai petualangannya dengan menggelar konser musik sebanyak-banyaknya di planet yang mereka singgahi.

AKB48 versi 2 dimensi. Mungkin itu yang berada di benak produser ketika memutuskan untuk mengadaptasi manga AKB0048 menjadi bentuk anime. Mengusung genre fantasi, anime ini layak dijadikan tontonan bagi bro sis penggemar AKB48 yang ingin move on ke dunia Idol 2 dimensi.

5. The iDOLM@STER

The iDOLM@STER (Sumber: myanimelist.net)

The iDOLM@STER (Sumber: myanimelist.net)

Studio produksi 765 memanajeri 13 talenta unik sebagai idol dan perlahan mendaki jalur idol profesional hingga ke kancah nasional. Kerja keras bermandikan keringat dan air mata memenuhi perjalanan mereka semua. Ketika popularitas mereka bertambah, kebersamaan mereka mulai berkurang seiring kurangnya waktu bersama-sama, yang akhirnya justru bisa mengancam mereka semua. Keseimbangan hubungan antara pekerjaan dan kebersamaan harus tercapai, atau mereka yang akan hancur karena keegoisan yang timbul dari benak masing-masing anggotanya.

Ide tipikal tentang idol yang meniti karir di jalur industri diimbangi dengan jalan cerita yang tak selamanya manis. Idol harus terlihat ceria di mata fans meski memiliki masalah personal yang sedemikian rumit. Jika bro sis ingin melihat drama yang menyelubungi kehidupan Idol, anime ini bisa masukkan ke dalam daftar tontonan kalian.

6. Wake Up, Girls!

Wake Up, Girls (Sumber: myanimelist.net)

Wake Up, Girls (Sumber: myanimelist.net)

Pada natal 2013, sebuah grup Idol bernama Wake Up, Girls! menggelar konser debut dengan jumlah penonton yang tidak banyak. Setelah konser, manajer grup membawa kabur uang hasil konser sehingga membuat rumah produksinya menanggung hutang yang cukup besar dan terancam bangkrut. Mereka pun bertaruh dengan berusaha membangkitkan kembali Wake Up, Girls!

Anime ini menjadi salah satu dari sedikit anime yang menggambarkan versi realistis dari suatu grup Idol. Wake Up, Girls! pun menjadi Idol di dunia nyata. Terakhir, mereka berkolaborasi dengan May’n dan membentuk unit bernama Wake Up, May’n! pada tahun 2017 dan mengisi lagu pembuka pada anime Isekai Shokudou. Kalau bro sis ingin menontonnya, direkomendasikan untuk menonton versi movie terlebih dahulu sebelum menonton serialnya.

7. Skip Beat!

Bercerita tentang gadis berusia 16 tahun bernama Kyouko Mogami yang pindah ke Tokyo bersama Shoutarou Fuwa, teman masa kecilnya. Kyouko mendedikasikan seluruh waktunya demi mewujudkan impian Shou menjadi seorang Idol. Kyouko yang polos bekerja tiap hari, tetapi suatu hari dia menyadari kalau Shou hanya menganggapnya sebagai pelayan.

Skip Beat! (Sumber: myanimelist.net)

Skip Beat! (Sumber: myanimelist.net)

Kyouko, yang patah hati, memutuskan untuk terjun ke dalam industri Idol itu sendiri. Tantangannya pun berbeda dengan kehidupan biasanya, karena dia bertemu dengan berbagai jenis orang yang bisa membuatnya terlempar dari zona nyamannya.

Skip Beat merupakan adaptasi dari manga shoujo best-seller, menceritakan perjuangan seorang wanita muda yang bekerja keras dan menggenggam masa depan di tangannya sendiri. Meskipun visualisasinya cukup sederhana, anime ini sangat layak ditonton bagi bro sis yang menginginkan versi realistis dalam kehidupan seorang Idol.

8. Macross Frontier

Pada tahun 2059, pilot mecha muda bernama Saotome Alto dan beberapa temannya mempersiapkan performa latar dari diva galaksi bernama Sheryl Nome, yang datang ke Macross Frontier untuk mengadakan konser. Namun ketika konser diadakan, muncul spesies alien biomekanikal yang disebut Vajra dan menyerang Macross Frontier. Seisi kota porak poranda akibat serangan itu.

Macross Frontier (Sumber: myanimelist.net)

Macross Frontier (Sumber: myanimelist.net)

Ranka Lee, seorang remaja pelayan restoran tak sempat pergi ke tempat evakuasi dan diserang oleh Vajra, namun diselamatkan oleh Alto yang menjadi pilot mecha dadakan karena pilot aslinya telah tewas. Alto pun diangkat menjadi pilot mecha dan membantu Strategic Military Service dalam menjaga keamanan di Macross Frontier, juga mengawal Sheryl Nome yang menunda kepergiannya untuk melanjutkan konsernya ke planet lain.

Bicara tentang Idol, mungkin bro sis agak bingung mengapa Macross masuk ke dalam daftar anime Idol. Namun jika dilihat dari awal, Macross menggunakan suara Idol sebagai kekuatan bagi para pilot mecha demi menghancurkan musuh-musuh yang menyerang. Macross juga berhasil mencetak Idol-idol baru di industri musik Jepang.

Kalau Macross Zero sebagai pionirnya, Macross Frontier merupakan wujud kesuksesan Macross di masa anime modern, yang turut melambungkan nama May’n dan Megumi Nakajima sebagai penyanyi anime berbakat. Lagu Lion pun masuk 10 besar soundtrack lagu anime paling populer yang dinyanyikan di tempat-tempat karaoke Jepang hingga saat ini.

~

Dari beberapa anime di atas, satu kesimpulan dapat ditarik. Idol 2 dimensi tidak memiliki skandal percintaan layaknya idol 3 dimensi, sehingga meminimalisir ditinggal fans setianya. Meskipun ada pula yang menggambarkan hubungan cinta seperti dalam Macross Frontier, tetapi gak mengurangi apalagi mengganggu fans untuk tetap mencintai karakter Idol 2 dimensi. Jadi gimana? Sudah siap move on?

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

(Sumber: cinemacafe.net)

Kalau kamu Pecinta Kucing, Kamu Harus Baca Artikel Ini

Kalau kamu suka dengan kucing, pasti bakal suka juga deh sama game mobile Neko Atsume. Sudah pernah dengar? Sebelumnya,.. more

Hobi Otaku Bisa Hasilkan Pendapatan Jutaan Rupiah, Begini Caranya!

Terkadang hobi itu bukan merupakan hal yang mudah, loh. Walaupun begitu, selama Kamu senang-senang aja dengan pengeluara.. more

(kebuncerita.blogspot.co.id)

5 Urban Legend Terseram di Pulau Jawa

Berbicara mengenai dunia mistis ataupun klenik, sudah tentu Indonesia termasuk negara yang amat sangat kental mempercaya.. more

Sumber: medium.com

J-WORLD Tokyo, Indoor Theme Park Yang Wajib Di Kunjungi Oleh Para Penggemar Anime

Buat bro sis para penggemar anime maupun manga di Jepang, mending buruan nabung buat ke Jepang! Karena di sana terdapat .. more

Sumber gambar: youtube.com

Belum Bisa Move On dari The Last Jedi? Yuk Cobain Game-Game Star Wars Keren Ini!

Berikut game-game Star Wars keren yang bisa bro sis mainkan... more