Ingin Tahu Tentang Kehidupan Para NEET Dan Hikikomori? Simak Berbagai Anime Di Daftar Ini!

6 months ago
Sumber: myanimelist.net

Apa yang bro sis pikirkan ketika mendengar istilah NEET? Ada yang menganggap NEET adalah seseorang yang hanya leyeh-leyeh di rumahnya sepanjang hari dan hanya menunggu panggilan kerja yang sebenarnya tidak akan pernah datang untuknya. Ada pula yang mengartikan NEET sebagai seseorang yang menghabiskan waktu di kamar dan memperdalam hobi anehnya.

Tidak ada yang salah dari kedua pendapat itu. NEET itu sendiri adalah singkatan dari Not in Employment, Education, and Training. Apabila diartikan ke Bahasa Indonesia, istilah NEET berarti pengangguran, karena tidak memiliki kegiatan yang berkontribusi terhadap perekonomian keluarganya.

Bagaimana dengan hikikomori? Istilah ini berasal dari Jepang dan menjadi bagian dari NEET itu sendiri. Hikikomori adalah orang yang menghindari atau bahkan menolak kontak sosial dengan orang-orang di sekitarnya sehingga kehidupan sosialnya terbengkalai. Biasanya orang seperti ini lebih suka mengurung diri di kamarnya dan menghabiskan waktu untuk mendalami hobi-hobinya seperti menonton film, membaca komik, dan hobi lain yang bisa dilakukan dalam kamar.

Namun apakah bro sis yakin bisa hidup menyendiri dalam kamar tanpa kontak sosial dengan orang lain sama sekali? Jika bro sis belum bisa membayangkannya, beberapa anime ini bisa menjadi referensi tentang kehidupan seorang NEET dan hikikomori.

Kono Subarashii Sekai no Shukufuku wo!

KonoSuba Season 2 (Sumber: myanimelist.net)

KonoSuba Season 2 (Sumber: myanimelist.net)

Kematian Kazuma Satou yang terkesan konyol membawanya ke hadapan seorang dewi bernama Aqua. Dewi yang cantik tapi menjengkelkan itu memberikan 2 pilihan kepada NEET di depannya itu, yaitu dibawa ke surga atau menjalani hidup dengan setting dunia game. Kazuma pun memilih untuk menjalani hidup baru, dia boleh memilih untuk membawa satu benda ke dunia itu. Aqua pun dia pilih untuk menemaninya berpetualang, meskipun akhirnya dia menyesal habis-habisan karena Aqua ternyata tak berguna. Kazuma pun mencari cara supaya dia bisa kembali menjalani kehidupannya sebagai NEET.

Walaupun bercerita tentang dunia lain dalam game, karakter Kazuma sebagai seorang NEET terasa sangat kental apalagi jika dilihat ambisinya untuk mengulang kehidupan sebelumnya. Karena kali ini dia harus bergantung pada dirinya sendiri, dia mencari cara agar hidup bergelimang harta dan bisa menghabiskan waktunya dengan bermalas-malasan sepanjang hari.

Denpa Kyoushi

Sumber: myanimelist.net

Sumber: myanimelist.net

Anime yang ditayangkan tahun 2015 ini menceritakan tentang Junichirou Kagami, seorang ahli fisika yang tulisan-tulisannya sering terbit di jurnal akademis sekolahnya. Namun setelah lulus kuliah, dia menjadi hikikomori dan menghabiskan hari-harinya dengan menonton anime, mengoleksi action figure, membaca manga, dan jua berselancar di dunia maya. Berkat campur tangan adik perempuannya, Kagami akhirnya bekerja sebagai guru pengganti di SMA almamaternya.

Junichiro Kagami menunjukkan indikasi hikikomori dengan cara mengurung diri di kamarnya, meskipun hanya sebagai karakterisasi dirinya. Anime ini mengajarkan salah satu cara untuk mencegah seseorang menjadi hikikomori.

Rozen Maiden

Sakurada Jun adalah anak yang meminimalisir kontak sosial dengan orang-orang sekitarnya karena mendapat trauma psikologis selagi di sekolah. Kehidupannya mulai berubah ketika dia mengalami kejadian aneh yang mengakibatkan dirinya bertemu boneka antik bernama Shinku, yang hidup dan menganggap kalau Jun adalah pemiliknya. Dari berbagai rangkaian peristiwa yang dialami mereka, Jun akhirnya belajar untuk kembali bersosialisasi sembari melindungi Shinku dari musuh-musuhnya.

Sumber: myanimelist.net

Sumber: myanimelist.net

Meskipun bergenre fantasi, namun anime yang cukup lawas ini menggambarkan kisah seorang yang masih terlalu muda untuk menjadi hikikomori, karena biasanya hikikomori dialami oleh minimal anak SMA. Pasti efek traumatis yang ada sedemikian hebat sehingga bisa membuat anak seusia Jun bisa memutuskan untuk menjauh dari kehidupan sekitarnya.

Net-Juu No Susume

Anime musim gugur 2017 ini berkisah tentang seorang wanita pekerja kantoran bernama Morioka Moriko yang keluar dari pekerjaannya karena merasa tak cocok dengan kehidupan sosialnya. Dia pun menemukan kehidupannya yang baru dalam dunia game online.

Perkenalannya dengan Lilly, salah satu karakter dalam game online, membuatnya merasa semakin betah berlama-lama di depan komputer dan mengabaikan dunia nyata. Padahal, ada beberapa pria yang sepertinya tertarik padanya, mulai dari pegawai minimarket, pekerja kantoran yang berambut pirang, hingga salah seorang kenalannya sewaktu masih bekerja di kantor.

Salah satu adegan dalam Net-juu no Susume (Sumber: www.crunchyroll.com)

Salah satu adegan dalam Net-juu no Susume (Sumber: www.crunchyroll.com)

Mengambil karakter utama seorang wanita mantan pekerja kantoran, anime ini cukup menggambarkan realita wanita NEET yang hidup di dalam game online. Tak hanya pria, wanita pun bisa loh menjadi seorang NEET!

BTOOOM!

Ryouta Sakamoto hanya memiliki satu kesuksesan yaitu pemain game online BTOOOM! peringkat terbaik yang berasal dari Jepang sekaligus masuk peringkat 10 besar dunia. Namun hidupnya berubah drastis ketika dia siuman. Ryouta tiba-tiba sudah berada di suatu pulau terpencil. Tanpa ingatan mengenai kepergiannya ke pulau itu, dia tersadar kalau saat itu dia sedang memainkan BTOOOM! secara nyata. Kemampuannya sebagai salah seorang pemain terbaik dunia pun dipertaruhkan ketika dia harus memainkannya dengan mempertaruhkan nyawanya sendiri.

BTOOOM! (Sumber: myanimelist.net)

BTOOOM! (Sumber: myanimelist.net)

Anime yang riis di tahun 2012 ini cukup menggambarkan karakter hikikomori: pengangguran, jomblo, dan hidup dengan orang tuanya. Gak ada kontribusi yang dia lakukan terhadap keluarganya kecuali menghabiskan stok makanan. Meskipun orangtuanya berusaha mencarikannya pekerjaan, namun dia selalu menolak karena merasa pekerjaan itu tak cocok dengan dirinya.

Kamisama no Memochou

Narumi Fujishima adalah seorang siswa SMA biasa yang perlahan menjauh dari kehidupan sosialnya. Namun hidupnya berubah ketika berkenalan dengan Alice, seorang NEET yang memiliki kemampuan hacking yang luar biasa. Dibantu oleh beberapa temannya, Alice membangun kantor detektif dan menamakan dirinya sebagai seorang detektif NEET. Narumi pun bergabung dan menjadi salah seorang asistennya dan membantu Alice menyelesaikan berbagai kasus aneh.

Kamisama no Memochou (Sumber: myanimelist.net)

Kamisama no Memochou (Sumber: myanimelist.net)

Ide cerita anime ini lebih terfokus pada seorang NEET yang mendirikan usahanya sendiri supaya tak terlalu terlihat kalau dia sebenarnya seorang hikikomori. Meskipun agak aneh karena membuat kantor detektif yang mengharuskan dirinya menjalin kontak sosial dengan orang lain, anime ini cukup menarik untuk ditonton karena dapat membuat penonton penasaran dengan cara Alice memecahkan berbagai misteri yang diajukan kliennya.

EroManga-Sensei

Demi menjaga adik tirinya yang menjadi seorang hikikomori dan merawat peninggalan orang tuanya yang tewas karena kecelakaan, Masamune mencoba bekerja dengan menjadi penulis light novel sembari bersekolah. Kerjasamanya dengan illustrator berbakat, EroManga-Sensei, membuat novelnya cukup laris di pasaran dan mampu menghidupi dirinya dan Sagiri. Namun, meskipun telah 3 tahun menjalin kerjasama, Masamune tidak pernah sekalipun bertemu dengan EroManga-Sensei. Ketika EroManga-Sensei sedang live-streaming, Masamune kemudian mengetahui identitas asli EroManga-Sensei yang ternyata adalah adiknya sendiri.

Izumi Sagiri di EroManga-Sensei (Sumber: www.crunchyroll.com)

Izumi Sagiri di EroManga-Sensei (Sumber: www.crunchyroll.com)

Mengambil sudut pandang dari orang yang mengurus anggota keluarganya yang menjadi seorang hikikomori, bro sis akan disajikan dengan berbagai macam kesulitan ketika berkomunikasi dengan seorang hikikomori. Dikemas dengan unsur komedi ala kehidupan sehari-hari, anime ini layak untuk disaksikan.

Artikel tentang EroManga-Sensei juga pernah ditulis sebelumnya dengan judul EroManga-Sensei: Karakter Imouto yang Langsung Menghipnotis Para Penontonnya.

No Game, No Life

Dua kakak beradik yaitu Sora dan Shiro menjadi seorang NEET dan bermain game online dengan username “Kuuhaku”. Mereka pun berhasil menjadi legenda dengan menduduki peringkat teratas di tiap game yang dimainkan. Suatu ketika, mereka mendapat tantangan bermain catur. Shiro yang ahli strategi mengalahkan sosok misterius itu. Namun mereka mendapat kejutan lain: terlempar ke dunia lain yang segala sesuatunya diputuskan melalui sebuah game!

No Game, No Life (Sumber: myanimelist.net)

No Game, No Life (Sumber: myanimelist.net)

Anime yang diangkat dari light novel berjudul sama ini membuat bro sis bisa menyadari kalau dunia nyata tidak seindah yang dibayangkan, hingga kakak beradik itu lebih suka hidup di dunia maya. Perjuangan mereka memenangkan segala permainan di dunia itu pun patut diacungi jempol, walaupun motif mereka hanya satu, yaitu kembali ke kamar mereka dan menjalani hidup seperti sediakala.

Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai

Jinta Yadomi menjadi hikikomori sampai suatu ketika Meiko Honma, atau yang biasa dipanggil Menma, muncul di hadapannya. Padahal seharusnya Menma sudah tewas beberapa tahun lalu. Jinta tentu saja tidak ingin dianggap kalau dia hanya berhalusinasi. Akhirnya Jinta mulai mengumpulkan teman-teman lamanya yang berpisah setelah kecelakan yang dialami Menma.

Anohana (Sumber: myanimelist.net)

Anohana (Sumber: myanimelist.net)

Trauma karena kematian Menma yang menjadi penyebab mengapa Jinta menjadi seorang hikikomori di usia muda. Anime yang lebih popular dengan nama Anohana ini sangat realistis dalam menggambarkan kehidupan hikikomori sehari-harinya. Ingat, siapkan tisu ketika menonton karena jalan ceritanya sangat menyentuh, apalagi jika bro sis menonton versi LiveActionnya.

NHK ni Youkoso!

Seorang NEET bernama Tatsuhiro Satou sudah menjadi hikikomori selama 4 tahun, tepat ketika dia masuk ke sebuah perguruan tinggi. Satou, yang mempercayai teori konspirasi, menganggap kalau ada organisasi jahat bernama NHK yang bertanggung jawab dalam menyebarkan budaya hikikomori ke penjuru dunia.

Ketika Satou bertemu dengan sesosok wanita bernama Misaki Nakahara, dia mulai berusaha keluar dari apartemennya dan mencoba mencari pekerjaan. Dia juga berusaha memperbaiki rasa paranoidnya terhadap sosialisasi dengan manusia.

Welcome to the NHK (Sumber: myanimelist.net)

Welcome to the NHK (Sumber: myanimelist.net)

Tidak ada yang meragukan kalau anime ini paling layak menggambarkan kehidupan seorang hikikomori. Anime dengan nama lain Welcome to the NHK ini hanya bercerita tentang kehidupan seorang hikikomori dan kesehariannya yang membosankan sehingga diliputi kecemasan berlebih hingga bahkan membuat teori konspirasi versi dirinya sendiri. Perjuangan Satou untuk lepas dari kehidupan hikikomori juga membuat anime yang tayang pada 2006 ini mendapat nilai tambah.

Di era media sosial seperti sekarang ini, orang yang sebenarnya antisosial pun bisa tetap bersosialisasi tanpa harus bertemu secara langsung. Tapi antisosial saja belum cukup untuk membuat seseorang menjadi NEET atau bahkan hikikomori. Banyak faktor lain yang mendukung, seperti kecemasan berlebih hingga trauma mendalam terhadap kehidupan sosial yang tak selamanya baik.

Namun tak selamanya seorang NEET ataupun hikikomori selalu dipandang negatif. Mengambil contoh dari anime EroManga-Sensei, seorang hikikomori pun bisa produktif menghasilkan karya intelektual. Bro sis yang memiliki keahlian menggambar bisa membuat komik untuk diajukan ke CIAYO Comics. Suka menulis? Tertarik dengan pop culture? Bisa juga loh menulis artikel di CIAYO Blog. Bagi para NEET dan hikikomori, ayo produktif dan hasilkan karya!

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

brightside.me

Komik Strip Lucu 2017, Kesukaan Kamu Yang Mana?

Perkembangan Komik di Indonesia semakin pesat. Perkembangan komik ini juga didukung oleh munculnya komik strip di berbag.. more

COCO: “You Won This Round, Disney!” [NO SPOILERS]

Anyway, this movie is A.W.E.S.O.M.E!.. more

Sumber: wired.com

Menilik Absurdity Selera Komedi Orang Jepang

Banyak orang berpendapat kalau Jepang punya selera humor yang unik dan berbeda sekali dengan komedi di negara lain. Agak.. more

00-m-john-wick-3

John Wick 3 Tampilkan Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman!

Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman dipastikan akan memburu kepala Keanu Reeves demi hadiah 14 juta Dolar, dalam film Joh.. more

UBL Manga Fest: Seminar Internasional Manga Pertama di Indonesia

Dunia kreatif memang tak akan pernah bisa redup dan tak akan pernah selesai dibicarakan. Kali ini Universitas Budi Luhur.. more