Ini Dia 5 Fitur Canggih di Android 8.0 Oreo

1 year ago
(media.idownloadblog.com)

Penantian panjang pecinta Android mengenai apa nama Android 8.0 yang kerap juga dipanggil Android O terjawab sudah. Pada Senin, 21 Agustus 2017, bertepatan dengan terjadinya Gerhana Matahari Total di wilayah Amerika Serikat, Google akhirnya resmi mengumumkan nama Android 8.0 menjadi Android 8.0 Oreo. Alasan Google memilih nama Oreo karena ingin nama itu lebih mudah dikenal banyak orang. Walaupun sebenarnya nama tersebut sudah tak lagi mengejutkan, mengingat sebelumnya nama Andorid Oreo kerap muncul di pemberitaan media global.

Tak hanya Oreo saja yang menjadi kandidat nama Android 8.0. Beberapa laporan ada yang mengatakan jika kemungkinan nama Android 8.0 bisa menjadi “Oatmeal Cookie”, “Orange Julius”, “Orange Sherbert”, bahkan “Octopus”. Namun dari semua itu, biskuit manis Oreo-lah yang akhirnya dipilih oleh Google.

(i2.wp.com)

(i2.wp.com)

Selain mengumumkan nama Android 8.0 Oreo, Google juga menyediakan sistem operasi Android generasi terbaru di Android Open Source Project (AOSP). Meski belum siap untuk bergulir secara OTA (over-the-air), namun Google sesumbar bahwa Android 8.0 Oreo telah memasuki tahap pengujian untuk beberapa perangkat yang kompatibel, termasuk Nexus 5P, Nexus 6P, Pixel, dan Pixel XL. Perangkat Android utama milik Google seperti Nexus dan Pixel (pengganti Nexus) memang dirancang khusus agar bisa langsung mendapatkan pembaruan OS versi terbaru. Sementara vendor pihak ketiga seperti Samsung, Nokia, Sony, Huawei, dan lain-lain dijadwalkan bakal mendapatkan OS tersebut pada akhir tahun 2017.

(cdn.androidbeat.com)

(cdn.androidbeat.com)

Lalu fitur keren dan canggih apa saja sih yang dibawa Android 8.0 Oreo ini?

1.Picture in Picture

(i2.wp.com)

(i2.wp.com)

Keunggulan pertama Andoid Oreo ini adalah kemampuan multitasking yang lebih baik dengan fitur picture-in-picture. Kamu dapat melakukan video call sambil tetap dapat menonton video di Chrome pada layar yang sama. Contohnya ketika sedang menonton video di Youtube dan ada panggilan masuk, Kamu cukup tekan tombol Home saat video diputar, dengan sendirinya video tersebut akan menjadi gambar yang lebih kecil dan berpindah ke pojok layar.

2. Daya Tahan Baterai Lebih Lama

(9to5google.com)

(9to5google.com)

Keunggulan kedua Android Oreo ini ada pada daya tahan baterai yang lebih tahan lama. Android Oreo sekarang menerapkan batas aplikasi yang dapat diakses di waktu yang sama. Seperti pengaturan baterai dibuat lebih terperinci dengan menampilkan statistik pemakaian baterai yang semakin detail. Saat melihat statistik penggunaan aplikasi, di situ juga mencakup informasi seberapa banyak baterai yang terkuras. Entah itu karena penggunaan aktif atau aktivitas aplikasi di latar belakang.

3. Sistem Keamanan Baru

Yang ketiga adalah kemampuan proteksi yang lebih canggih dengan Google Play Protect yang juga berpengaruh pada aplikasi Find my Device. Peningkatan proteksi itu juga akan ditunjang dengan kemampuan untuk mendeteksi aplikasi maupun website yang berbahaya. Dengan Google Play Protect, pengguna dapat memilih mana aplikasi yang aman dan mana aplikasi yang tidak aman dengan melihat tanda “aman” yang ada di PlayStore. Perlindungan ini memberikan status keamanan di awal dan selama dalam pengaturan, serta mengendalikan pemasangan aplikasi secara lebih ketat.

4. Desain Emoji Semakin Lucu

(cdn.androidbeat.com)

(cdn.androidbeat.com)

Keempat, Google telah mendesain ulang emoji untuk Android Oreo, yang mana terlihat lebih cartoonish dibanding emoji yang ada pada Android sebelumnya. Terbukti dengan banyaknya gambar emoji yg lebih lucu dan ekspresif menggambarkan perasaan seseorang yang membuat tulisan chat semakin seru.

5. Autofill Password

Lalu keunggulan terakhir yakni adanya  sistem autofill password. Sejumlah orang kerap lupa dengan password mereka, baik password pada email, keamanan handphone, facebook, twitter, instagram, dan sebagainya. Dengan adanya Android Oreo ini, aplikasi-aplikasi tersebut bisa mendaftar sebagai penyedia autofill dengan sistem yang dapat mempermudah pengguna untuk login. Setelah pengguna memilih penyedia autofill di pengaturan bahasa dan input, Android akan meminta rincian login dari aplikasi tersebut, kapan pun dibutuhkan. Selain itu sistem tersebut juga dapat memverifikasi dengan pemindai sidik jari atau metode unlock yang aman sebelum memuat data akun.

Nah sudah tahu banyak kan macam-macam fitur keren dan canggih di Android 8.0 Oreo ini. Yang jelas OS terbaru ini menjanjikan optimisasi sistem yang dapat memberikan peningkatan performa hingga 2x lipat dari generasi sebelumnya.

About Author

Patricia Trisnawati

Patricia Trisnawati

Wanita berdarah Jawa ini sejak di bangku kuliah sudah aktif di dunia broadcasting. Baik menjadi penyiar radio di kampus, dan menjadi reporter radio lokal di Jogja. Pernah pula bekerja aktif sebagai reporter, penulis naskah, dan voice over artist di salah satu media televisi swasta ternama. Motto hidupnya adalah "Kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil yang didapat."

Comments

Most
Popular

00-d-persona

Fakta Unik Perjalanan Game Persona, Dulu dan Sekarang

Persona 5 sudah berusia 10 tahun. Mari kita kilas balik bagaimana seri Persona bisa tercipta untuk pertama kalinya... more

Komik Lieur-Bolon

Sagus: “Komik Lieur Terinspirasi dari Pengalaman Saya Waktu Kecil”

Kalau di suruh nostalgia masa kecil, bro sis milih pas zaman apa? Kali ini Chika dari CIAYO Blog berhasil ngobrol sama a.. more

Interview Sweta Kartika: Membumi, Untuk Karya Komik Mendunia

Sweta Kartika adalah seorang komikus lulusan S2 FSRD ITB. Ia mulai menggeluti dunia komik sejak SD, dan selalu memasukka.. more

Sumber: Kotaku.com

Speedrunners, Komunitas Gamer yang Menamatkan Game Secara Kilat

Pernah gak kamu berpikir saat memainkan sebuah game dan ingin menyelesaikan game tersebut dengan cepat tanpa memikirkan .. more

Sumber: Razer (https://www.razerzone.com)

Razer Akan Memproduksi Gaming Gear Overwatch Bertema D.Va

Baru-baru ini Razer mengumumkan produk baru mereka, yaitu set gaming gear bertema Overwatch. Set yang mereka keluarkan k.. more