Ini Dia Film Terbaik 2018 Dari Berbagai Jenis Genre!

7 months ago
00 film terbaik 2018

Tahun 2018 sebentar lagi akan berlalu. Di penghujung tahun seperti ini ada baiknya kita mengingat kembali tentang film apa saja yang telah menghiasi hari-hari kita tahun ini, dan mana film-film yang berkesan serta menyiskan sesuatu yang menarik untuk dikenang. Merekap film terbaik 2018 selama setahun memang bukan hal mudah, apalagi tahun ini merupakan tahun yang cukup sibuk dengan suguhan film-film berkualitas, meski ada juga beberapa film yang cukup mengecewakan padahal awalnya diunggulkan.

Agar mempermudah merekap film terbaik 2018 yang terlalu banyak, maka saya akan mencoba menggolongkannya dalam beberapa katagori berdasarkan genre film, penasaran film apa saja yang dimaksud, berikut list lengkapnya;

NB: urutan film ini dibuat tidak berdasarkan peringkat, namun yang masuk ke dalam list merupakan film pilihan yang dianggap bagus dan wajib tonton.

Daftar Film Terbaik 2018 Berdasarkan Genre

1. Superhero Movie

Sumber: IMdb

Sumber: IMdb

Tahun 2018 memang menjadi tahun yang sangat mengembirakan untuk jenis film satu ini. Terutama untuk Marvel Studio yang berhasil mengambil pasar dengan judul-judul andalan mereka.

Dibuka dengan Black Panther yang sukses keluar dari ‘pakem’ film-film Marvel sebelumnya; menghadirkan suasana lebih gelap, lebih serius, dengan unsur politik kental yang banyak mendapat review positif dari para kritikus. Wajar saja jika akhirnya film ini masuk nominasi Golden Globe sebagai film terbaik.

Kemegahan Marvel kembali hadir lewat Avenger: Infinity War. Semesta Marvel yang luas berhasil dikemas dalam satu film megah. Tidak hanya menghadirkan aksi luar biasa tapi juga emosi serta pemikiran mendalam tentang masa depan dunia yang lebih baik. Thanos pun berhasil menjadi ikon penjahat paling dikagumi, tak heran jika banyak yang penasaran dengan film lanjutannya di tahun 2019 nanti yang bertajuk Endgame.

Berikutnya ada Deadpool 2 yang super kasar, super lucu, super ironis, dan super barhasil menjadi film dengan rating R yang cukup lama merajai Box Office. Penuh parodi, berani, dan ke**rat.

Dan terakhir dari Marvel ada Ant-Man and the Wasp, memang yang satu ini tidak sebesar film lainnya, tapi menjadi sangat penting karena semua orang butuh jawaban dari beberapa pertanyaan yang muncul di Avengers: Infinity War. Film ini kembali membawa suasana Marvel yang khas dengan lelucon segar dan aksi menghibur.

Marvel memang menjadi raja film superhero tahun ini, tapi hal itu tidak membuat DC berkecil hati, sebab mereka punya Aquaman dengan pesona Josan Momoa di detik-detik terakhir. Walau tak mampu menyaingi apa yang marvel miliki tahun ini, tapi Aquaman tetap menjadi film yang ditunggu. Semoga saja Aquaman berhasil menyuguhkan hal bagus untuk DC ya. (Untuk Aquaman belum bisa memberi penilaian sebab belum tayang di bioskop).

2. Horror Movie

Sumber: IMdb

Sumber: IMdb

Genre satu ini memang selalu berhasil meraup banyak penonton, bahkan tahun ini ada beberapa film Indonesia yang sangat menarik dan masuk ke dalam list wajib tonton. Penasaran?

Mari kita lupakan Insidious: The Last Key yang sangat mengecewakan. Kita langsung saja membahas soal film A Quiet Place. Ini adalah kejutan paling menyenangkan di genre horror, selain berhasil membuat penonton membisu dan menahan nafas, film ini juga berhasil membuat John Krasinski yang komedian menjadi ahli horror cerdas.

Tapi Hereditary tidak mau kalah dari A Quiet Pkace. Tampil mengerikan secara mental, dan menakut-nakuti dengan cara yang sangat berbeda. Saya rasa Hereditary merupakan film horror dengan pengaruh pisikologi terbaik tahun ini.

Sedangkan Dari Netflix sendiri Annihilation menjadi film dengan nuansa horror paling bagus walau sebelumnya dipandang sebelah mata dan agak bermasalah secara teknis dalam hal distribusinya. Katanya film ini terlalu pintar untuk mampu dikonsumsi para penonton.

Aneh jika saya tidak memasukan film indonesia apabila membahas film horror. Ya, horror Indonesia sedang mengalami banyak perbaikan, dan dua film yang saya sebutkan berikut adalah dua film dengan kualitas terbaik sejauh ini; Kafir dan Sebelum Iblis Menjemput. Identitas kedua film ini sangatlah kuat, sebut saja Kafir  dengan nuansa detektif dan misteri yang terjaga hingga akhir, sedangkan Sebelum Iblis Menjemput berhasil mengeksplor rasa nyeri penonton lewat adegan menyiksa yang brutal.

3. Action, Crime, Mystery, Thriller

Sumber: IMdb

Sumber: IMdb

Mengapa saya gabung beberapa genre dalam list ini, sebab biasanya genre-genre ini saling terkait satu sama lainnya. Saya rasa ini adalah bagian paling berat sebab ada banyak film terbaik 2018 yang harus saya sortir dan memilih mana yang paling bagus, tapi semoga saja kalian setuju dengan 7 pilihan terbaik ini.

Sicario: Day of the Soldado kembali mengukuhkan nama Josh Brolin dan Benicio Del Toro menjadi bapak-bapak paling keren, paling sadis yang sangat karismatik. Kali ini tampil dengan aksi yang lebih besar tanpa menghilangkan muatan cerita yang sangat berbobot.

Dari perbatasan Amerika kita menuju perang bintang paling populer, Solo: A Star Wars Story. Memang spin-off Star Wars satu ini tidak bisa dikatakan luar biasa, hanya saja cukup menarik ditonton untuk mengetahui seberapa bermasalahnya kehidupan Han Solo semasa muda.

Nama-nama populer adalah ujung tombak yang akan membuat banyak orang penasaran dengan film Bad Times at the El Royale. Mungkin ada beberapa orang yang akan salah kaprah dengan film ini. Walau alurnya bergerak cukup lambat di awal, tapi berbagai event menarik yang menjadi menu utama film ini berhasil menghadirkan kejutan yang bagus, hanya saja kalian harus sangat bersabar ketika menontonnya.

Jika tak bisa bersabar atas Bad Times at the El Royale, saya rasa A Simpel Favor akan sangat cocok untuk kalian. Sebab film ini tahu apa hal menyegarkan yang penonton butuhkan sejak menit pertama film dimulai. Salah satu black comedy yang ringan dan menyenangkan untuk ditonton.

Di genre ini film Indonesia juga jadi perhatian, ini cukup menyenangkan ketika akhirnya Netflix melirik film dalam negri. The Night Comes for Us, walau dari segi cerita film ini biasa saja, tapi aksi dan koreo bela dirinya sungguh luar biasa. Sadis, menegangkan, dan berhis darah.

Kisah pencarian orang hilang sudah menjadi tema sangat biasa untuk film thriller namun Searching dikemas dengan gimik yang menarik, canggih, dan punya amunisi keren di luar pikiran banyak orang. Tampil berbeda membuat film ini punya nilai tersendiri.

BlacKkKlansman adalah film paling menarik di list ini. Cerita yang berbobot, lucu, serta sensitif ini menyuarakan hal paling gelap yang dulu pernah terjadi di Amerika. Konflik tiga kubu antara ras kulit putih, kulit hitam dan Yahudi dikemas begitu apik, hal ini membuat BlacKkKlansman menjadi pionir terkuat di ajang Golden Globe tahun ini untuk nominasi film terbaik.

Dan untuk film super action yang tidak mengecewakan tahun ini hadir lewat aksi Tom Cruise. Siapa sangka Mission: Impossible – Fallout bisa tetap menyenangkan untuk ditonton walau banyak yang mengira bahwa film ini pasti akan menjemukan karena sudah memasuki bagian ke-6.

4. Animation & Video Game Movie

Sumber: IMdb

Sumber: IMdb

Wes Anderson lagi-lagi mencuri perhatian lewat film animasi terbarunya; Isle of Dogs. Dengan gaya khas Anderson, stop motion, Isle of Dogs berhasil membuktikan bahwa cerita yang sangat berat dan sensitif sekali pun bisa jadi menyenangkan ketika dikemas dalam format animasi yang tepat.

Semesta pop-culture diborong Steven Spielberg lewat Ready Player One. Inilah masa depan video game, inilah sindiran paling mengena untuk para gamer di seluruh dunia. Bahkan baru kali ini kita bisa melihat Gundam beraksi bersama Chucky.

Beriutnya ada Incredibles 2 yang setelah bertahun-tahun tak lagi terdengar kabarnya, kembali hadir menghibur kita. Berhasil menyaingi film terdahulunya, kali ini para keluarga super ini mendapatkan personil baru yang super keren, Baby Jack. Apa kalian menghitung ada berapa banyak kemampuan Baby Jack?

Kembali ke dunia video game, kali ini berasal dari game retro, Ralph Breaks the Internet mencoba keluar dari mesin arcade menuju dunia internet yang super luas. Punya cerita yang hangat dan emosional, Ralph Breaks the Internet berhasil menyampaikan pesan-pesan mendalam baik kepada anak-anak atau pun orang dewasa yang menontonnya. Sebuah film keluarga yang sangat direkomendasikan.

Sulit untuk meninggalkan Spider-Man: Into the Spider-Verse yang menjadi film animasi paling ditunggu di bulan Desember. Kualitas animasi dan garis besar ceritanya menyiratkan bahwa film ini akan jadi film yang keren wajib tonton. Tidak salah jika akhirnya judul satu ini dimasukkan ke dalam list ini. Yeah, semoga saja tidak mengecewakan.

5. Drama, Romance

Sumber: IMdb

Sumber: IMdb

Mungkin Crazy Rich Asians adalah salah satu film dengan tema asia yang sangat sukses baik di Hollywood atau pun Asia tahun ini. Cerita yang segar, detil yang bagus mengenai budaya, menjadikan film ini terasa baru bagi para penikmat film di luar sana. Sedangkan di Asia sendiri apa yang terjadi dalam Crazy Rich Asians sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Pada nyatanya demikianlah gaya orang kaya khas Asia.

Untuk tema rumah tangga ada tiga film yang sangat menarik tahun ini: Tully, The Escape, dan Puzzle. Ketiga film ini mengambil sudut pandang ibu rumah tangga yang mengalami krisis kejenuhan. Keinginan untuk bebas, dan rindu akan dunia di masa muda. Ketiganya punya nuansa tersendiri; mulai dari Tully yang memperlihatkan obsesi dengan cara berani, The Escape yang menjadikan perasaan terkunci sebagai senjata simpati, dan Puzzel malah menjadikan sebuah permainan sebagai pelarian yang berujung pada keegoisan semata.

Kisah keterpurukan juga hadir lewat film Leave No Trace, Ben Foster tampil meyakinkan sebagai seorang ayah yang depresi. Peroses penyembuhan diri dan penemuan kembali jati diri menjadi perjalanan yang mengharukan. Satu dari sekian banyak film yang akan membuat kalian tak mampu menahan air mata.

Apa yang kalian pikirkan ketika membaca judul film We the Animals? Yang jelas ini bukan film tentang bintang, melainkan kisah keluarga yang hidup dilingkungan keras  dengna masalah kompleks. Film dengan banyak metafora ini berhasil memperlihatkan proses tubuh beberapa orang bocah dalam sebuah keluarga yang sulit. Kadang hidup memang keras, dan kita sebagai manusia juga sama kerasnya terhadap hidup itu sendiri.

  • Crazy Rich Asians
  • Tully
  • The Escape
  • Puzzle
  • Leave No Trace
  • We the Animals

6. Musical

Sumber: IMdb

Sumber: IMdb

Saya sengaja memisahkan genre ini dari drama walau sebenarnya genre ini kebanyakan bagian dari drama romantis juga. Ada tiga film menarik ber-genre musikal yang  banyak menyita perhatian penonton. Mulai dari kualitas cerita, pendalaman karakter, hingga pada perasaan yang dibawa oleh lagu-lagu dalam film itu walau sudah beberapa minggu berlalu.

A Star Is Born meyakinkan penonton bahwa kehadiran Lady Gaga dalam film ini benar-benar luar biasa kuat. Siapa sangka Bradley Cooper bisa diimbangi oleh Lady Gaga dalam hal berakting. Lagu yang tepat, kisah sederhana menyayat hati, walau ujung-ujungnya menyisakan keironisan yang menusuk.

Jika ditanya film apa yang menjadi saingan terberat A Star Is Born, maka Bohemian Rhapsody adalah jawabannya. Saya lebih suka menyebut bahwa film ini tentang Freddie Mercury daripada Queen’s walau nyatanya Freedie adalah semesta dari Queen’s itu sendiri. Urusan musik tak perlu diragukan lagi, dan Rami Malek juga sangat berhasil memerankan karakter Freddie Mercury yang unik serta penuh pesona.

Dua film musikal di atas memang sangat luar biasa, bahkan jika Hearts Beat Loud coba menyangi keduanya tentu tidak akan mampu. Namun Hearts Beat Loud punya nilainya tersendiri. Kisah kedekatan seorang ayah dan anak ini menjadi tontonan yang santai dengan pilihan musik indie yang ringan.


Mungkin demikian pilihan film terbaik 2018, semoga saja di tahun 2019 ada banyak film bagus dan tidak mengecewakan ya. Bagaimana menurut kalian, mana yang jadi favorit kalian? Atau kalian punya list lain? Jangan lupa tuliskan tanggapan kalian di kolom komentar!

About Author

Loganue Saputra Jr.

Loganue Saputra Jr.

Alfian Noor atau yang memiliki nama pena Loganue Saputra Jr. penulis novel Bersamamu dalam Batas Waktu (2014), selain suka menulis fiksi, ia juga memiliki hobi bermain video game, melukis, serta menonton film. Saat ini tinggal di Samarinda Kalimantan Timur dan aktif di Instagram @alpiannoor

Comments

Most
Popular

00-d-FateGrand-Order-Fes-2018

Meriahnya Fate/Grand Order Fes 2018 3rd Anniversary

Fate/Grand Order Fes 2018 membawa berbagai update baru untuk gamenya, seperti servant baru Scathatch=Skadi yang sangat k.. more

00 film maret d

Film-Film di Bulan Maret Ini Bakal Menarik Perhatian Para Gamer!

Di bulan Maret ini ada banyak deretan film yang harus kamu simak. Sebagian diantaranya judul wajib buat para gamer!.. more

sumber: www.tripwiremagazine.co.uk

Film Unsane, Ketika Film Psychology Thriller Dibuat Menggunakan Kamera iPhone7 Plus

Gimana jadinya kalau handphone digunakan untuk membuat sebuah film? Mungkin Unsane bisa menjadi jawabannya... more

Kolaborasi Square Enix dan Marvel Avengers (thenextweb.com)

Square Enix dan Marvel Akan Berkolaborasi Membuat Game

Kabarnya Square Enix, produsen game Jepang, dan Marvel, produsen komik dan film Amerika, akan berkolaborasi untuk membua.. more

Doujin ero Naruto. Sumber gambar: stikyfinkaz-003.deviantart.com

Trend Doujin Ero Dari Manga Yang Bukan Ero

Trend doujin bernuansa erotis dari manga yang bukan erotis semakin tahun terlihat semakin marak tanpa ada tanda-tanda ak.. more