Inilah Hal Yang Wajib Dipatuhi Oleh Orang Jepang dan Korea Saat Bekerja

1 year ago
Sumber: japantimes

Di Jepang, orang yang bekerja di kantor, biasanya punya budaya untuk makan malam bersama. Wajar memang. Tapi dalam makan bersama itu biasanya mereka juga menyiapkan alkohol untuk diminum bersama sambil bercakap-cakap dengan teman kerja. Saking seringnya dilakukan, bahkan bisa dibilang, kebisaan untuk siap meminum alkohol dengan teman kerja adalah salah satu keharusan ketika melamar kerja loh!

Bagi masyarakat Jepang, alkohol bisa membantu untuk membuka suatu hubungan pertemanan. Di mana orang bisa lebih jujur dan tidak kaku atau canggung dengan satu sama lain meskipun ketika waktu bekerja, mereka dituntut untuk profesional. Hal ini juga ada dalam budaya Tiongkok dan Korea. Budaya minum alkohol dengan teman kerja di Jepang disebut sebagai Nomikai.

sumber: pinterest.com

sumber: pinterest.com

Dalam sebuah acara Nomikai, orang yang mengadakan acara atau yang mengundang orang-orang, biasanya memberikan pidato singkat atau greetings. Setelah itu, manager atau ketua dari kantor akan dipersilahkan untuk memberikan sambutan untuk karyawannya sekaligus kata-kata penyemangat. Setelah itu baru para pekerja makan bersama diikuti dengan minum sake atau alkohol.

Dalam budaya Jepang dan Korea, senior adalah segalanya. Untuk itu, sangat gak sopan kalau menolak ajakan atasan untuk acara makan dan minum bersama. Kalau di Korea, biasanya karyawan yang masih muda melanjutkan acara minum-minum ini dengan berkumpul di karaoke dengan teman-teman yang lainnya. Karena itulah ikatan atau hubungan sesama karyawan akan lebih dekat karena mereka bisa have fun bersama di luar jam kerja.

sumber: pinterest.com

sumber: pinterest.com

Ketika bekerja dengan orang lain, pasti banyak kemungkinan untuk terjadinya konflik terutama karena perbedaan tujuan dan pendapat. Acara makan dan minum alkohol bersama ini bertujuan agar pegawai bisa berkumpul dan mengeluarkan perasaan dan pikirannya masing-masing tanpa harus merasa sakit hati. Dari pada dipendam dan malah mengganggu jalannya pekerjaan, mereka lebih memilih untuk berdiskusi secara intim di luar kantor.

Banyak orang yang gak sejalan dengan budaya ini. Mereka merasa bahwa hal ini akan sangat beresiko untuk terlihat buruk ketika selesai minum bersama lalu malah mabuk. Tapi tujuan dari minum bersama ini bukan hanya untuk mabuk-mabukan kok! Melainkan untuk merasa lebih relax. Selain itu juga untuk membangun rasa percaya antara satu sama lain.

sumber: boredpanda.com

sumber: boredpanda.com

Budaya ini tentu saja juga membawa beberapa efek buruk. Contohnya adalah di malam hari, kita bisa dengan mudah menemukan orang mabuk di jalan. Hal ini tentu berbahaya. Terutama bagi orang yang mabuk dan pulang sendirian tanpa ditemani siapapun. Kita juga bisa dengan mudah menemukan orang yang passed out dan tidur di tengah jalan karena kehilangan kesadaran. Beberapa entertainer di Korea bahkan sering sekali terkena masalah karena menyetir setelah minum alkohol dan kendaraan mereka menabrak fasilitas umum. Tapi tetap saja budaya minum bersama ini masih ada sampai sekarang di Jepang dan Korea.

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

chips heroes uprising imga southeast asia

CHIPS: Heroes Uprising Dinominasikan Dalam IMGA Southeast Asia!

CHIPS: Heroes Uprising menerima nominasi dalam ajang IMGA Southeast Asia! Dukung game Indonesia di penghargaan mobile ga.. more

Dance Dance Revolution

Mengenal Game Dance Dance Revolution yang Akan Segera Di-Filmkan!

Kalau kamu anak 80an, pasti sempat menikmati era keemasan video game di akhir ‘90an dan awal-awal 2000an kemarin, cont.. more

Sumber gambar: Inverse

Kolaborasi Unik DC Comics: Injustice vs He-Man and the Masters of the Universe

Komik Injustice vs He-Man and the Masters of the Universe mulai terbit 18 Juli 2018. Sudah tahu kisahnya?.. more

Komikus Indonesia Kembali Meraih Penghargaan Silent Manga Audition 8!

Untuk kesekian kalinya komikus Indonesia berhasil meraih penghargaan dalam kompetisi komik internasional Silent Manga A.. more