Injustice: Saat Superman Kehilangan Akal Sehat Dan Menjadi Diktator

9 months ago
Ketidak adilan. Para Dewa Di Sekitar Kita. Sumber gambar: thegeekiary.com

Siapa yang tidak kenal karakter komik DC Comics fenomenal seperti Superman?

Superman di versi film “Man of Steel”. Sumber gambar: hollywoodreporter.com

Superman di versi film “Man of Steel”. Sumber gambar: hollywoodreporter.com

Karakter komik ikonik ini sudah berumur. Diciptakan oleh dua pelajar SMA dari Cleveland, Ohio Amerika Serikat bernama Jerry Siegel (penulis) dan Joe Shuster (penggambar), Superman lahir tahun 1933, dijual ke DC Comics tahun 1938, dan debut dalam bentuk buku komik Action Comics #1 di tahun yang sama. Kalau dalam hitungan umur manusia, karakter Superman sudah uzur banget. Sudah aki-aki hehehe.

Superman adalah sebuah perwujudan harapan. Karakter ini kuat bagaikan dewa. Dulu saat diciptakan Superman hanya “lebih cepat dari peluru, lebih kuat dari lokomotif kereta api, mampu melompat lebih tinggi dari gedung dalam sekali lompatan”.

Lebih cepat dari peluru! Sumber gambar: babblingsaboutdccomics2.wordpress.com

Lebih cepat dari peluru! Sumber gambar: babblingsaboutdccomics2.wordpress.com

Seiring waktu, Superman memiliki kemampuan lebih hebat seperti terbang, punya kekuatan super-kuat-banget, kebal dari semua serangan fisik (kecuali serangan magis/sihir/supernatural), kecepatan super, kemampuan x-ray serta serangan laser panas dari bola mata, pendengaran super sensitif hingga kemampuan nafas yang mampu menghembuskan udara super dingin hingga membekukan.

Dalam bahasa singkatnya, Superman emang super. Super banget.

Adegan ini di reka ulang di film Justice League. Sumber gambar: pinterest.com

Adegan ini di reka ulang di film Justice League. Sumber gambar: pinterest.com

Tapi dari mana semua kemampuan super itu dia dapat?

Dari matahari planet Bumi. Superman (nama asli pemberian orang tua kandungnya adalah Kal-El, sementara nama dari orang tua angkatnya adalah Clark Kent) berasal dari planet Krypton, dan sel di tubuhnya punya reaksi pada pancaran sinar matahari kuning yang diterima planet Bumi. Reaksi tersebut menjadikannya punya kemampuan fisik yang jauh melebihi apa yang dimiliki manusia biasa di planet Bumi. Kemampuan super yang menjadikan dirinya semacam “dewa”.

Dengan kekuatan super yang dia miliki, Kal-El alias Clark Kent alias Superman bisa saja menjadi salah satu dari dua hal. Yaitu menjadi pelindung atau penghancur. Hal yang wajar jika seseorang memiliki kekuatan sebesar itu. Dan syukurlah dia memilih menjadi “one of the good guys” di antara karakter-karakter dengan kekuatan ekstra lainnya. Bersama dengan mereka, Superman membentuk koalisi berisikan orang-orang extraordinary dengan tujuan melindungi Bumi dan isinya.

Koalisi ini dinamakan “Justice League”. Liga Keadilan. Selain Superman, ada pula Wonder Woman, The Flash, Batman, Raja Atlantis Aquaman, dan masih banyak lagi individu-individu lain yang kita sebut sebagai pahlawan. Superheroes.

Terkuat sehingga memimpin. Sumber gambar: denofgeek.us

Terkuat sehingga memimpin. Sumber gambar: denofgeek.us

Tapi sekuat apapun Superman, dia tetap “takluk” pada cinta.

Lois Lane, wartawati Daily Planet rekan kerja Superman saat sedang dalam “mode rakyat sipil”, adalah sosok yang mampu menaklukkan pria berkekuatan dewa itu. Mereka menikah dan Lois sedang mengandung putra mereka, saat terjadi sebuah event yang akan memicu storyline “Injustice” di DC Comics Universe.

The Joker, musuh bebuyutan Batman, menipu Superman hingga dia secara tidak sengaja membunuh Lois dan anak yang sedang dikandungnya.

Tak hanya itu, The Joker juga berhasil membuat Superman tertipu hingga mengakibatkan meledaknya bom yang menghancurkan Metropolis.

Superman membunuh istri dan anaknya yang belum lahir secara tidak sengaja. Sumber gambar: kotaku.com

Superman membunuh istri dan anaknya yang belum lahir secara tidak sengaja. Sumber gambar: kotaku.com

Dua kejadian tersebut menghancurkan tidak saja kota Metropolis dan keluarga kecilnya, tapi juga jiwa Superman. Akal sehatnya. Hingga emosi kemarahan menguasai Superman.

Tanpa ampun Superman membunuh The Joker, dan kemudian men-deklarasikan sebuah rezim dimana dia menjadi “Kanselir Tertinggi”. One Earth Regime diciptakan Superman dengan tujuan agar tidak ada lagi kejahatan. Untuk mencapai tujuan itu, semua penjahat dan kejahatan akan dihancurkan. Tanpa ampun. Seperti yang Superman tunjukkan saat mengeksekusi Joker.

Bahkan Batman pun kaget saat itu. Sumber gambar: injustice.wikia.com

Bahkan Batman pun kaget saat itu. Sumber gambar: injustice.wikia.com

Batman tidak setuju dengan metode ekstrim Superman ini, sehingga mereka berselisih dan mengakibatkan terjadinya dua kubu.

Beberapa superheroes memilih ikut dalam One Earth Regime Superman. Sementara yang tidak setuju akan cara Superman berada di belakang Batman. Hal ini pula yang menyebabkan bubarnya Justice League dan dimulainya perseteruan antar superheroes di storyline Justice League.

Rezim Superman. Sumber gambar: pinterest.com

Rezim Superman. Sumber gambar: pinterest.com

Injustice dimulai dari game NetherRealm Studios berjudul “Injustice: Gods Among Us” tahun 2013 dan diikuti oleh penerbitan komiknya yang fokus pada kisah prequel sebelum event di dalam game. NetherRealm Studios sendiri sudah terkenal dengan game Mortal Kombat mereka. NetherRealm meminimalisir aspek kekerasan (seperti Fatality khas Mortal Kombat yang tidak ada di game ini) dan mengedepankan aspek over-the-top action ala komik superheroes.

Screenshot game Injustice: Gods Among Us. Sumber gambar: youtube.com

Screenshot game Injustice: Gods Among Us. Sumber gambar: youtube.com

Storyline Injustice menunjukkan jika seseorang punya kekuatan/kekuasaan absolut, dia akan cenderung mengarah menuju diktator. Hal ini tidak hanya di cerita komik, tapi juga sering kita lihat di kehidupan nyata. Politikus misalnya. Atau Kepala Negara. Superman yang punya kekuatan dewa tentu saja mudah untuk menjadi diktator. Tapi itu terjadi karena rasa kehilangan yang dia alami akibat ulah The Joker. Kalau Lois dan anaknya tidak terbunuh rasanya mustahil Superman akan berubah, dari seorang superhero yang dicintai menjadi sosok diktator dengan kekuatan dan kekuasaan yang ditakuti.

Sekarang tinggal menunggu apakah storyline Injustice akan diangkat menjadi film DCEU atau tidak. Kalau bro sis nonton Batman v Superman, terlihat sosok Superman yang mirip banget seperti karakter dia di storyline Injustice. Superman yang emosional, penuh kemarahan, dan menakutkan. Semua karena dia kehilangan cinta.

Adegan ini menimbulkan banyak spekulasi. Sumber gambar: youtube.com

Adegan ini menimbulkan banyak spekulasi. Sumber gambar: youtube.com

Bro sis setuju dengan cara Superman yang menciptakan keamanan dengan rasa takut? Atau mendukung Batman, yang menolak cara Superman tersebut? Bisa komen di bawah ya, bro sis.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Faza Meonk & Walikota Seoul, Park Won Soon (pionicon.com/blog)

Faza Meonk, Duta Pariwisata Kehormatan Seoul

Kalo yang udah follow Instagramnya, pasti tahu dong timeline nya kemaren-kemaren. Faza main ke Korea!.. more

Comiket 92 (jurnalotaku.com)

“Comiket 92”, Ajang Bertemunya Para Cosplayer Jepang

Bro sis suka melihat Cosplayer? Atau malah suka Cosplay? Nah, mungkin bro sis bakal tertarik sama acara satu ini. Comic.. more

Sumber: grunge

10 Film yang Sering Dianggap Sebagai Film Terkutuk, Faktanya Bikin Merinding!

Siapa yang mengira kalau memerankan sosok pahlawan super pembela kebenaran, justru malah menjadi petaka bagi seluruh akt.. more

Sumber: clairelichtenstein.com

Film Pendek Penuh Makna, The Employment Sukses ‘Menampar’ Batin Para Pekerja

Sebuah film pendek berjudul El Empleo (The Employment) ini mengisahkan tentang seorang pria dalam perjalanannya menuju k.. more

Dua raksasa industri komik superheroes Amerika. Sumber gambar: medium.com

DC Comics VS Marvel Comics: Dua Tetangga Yang Jarang Akur

Kemiripan dan persamaan yang terjadi dalam komik-komik DC Comics vs Marvel Comics membentuk kubu-kubu fans garis keras y.. more