Inktober 2017 Sepi? Ini Kata Para Artist

2 years ago
Inktober

Bulan Oktober telah usai. Selain merayakan hari Sumpah Pemuda dan Halloween, buat para penggambar (artist) pasti tau sama Inktober. Yap, Inktober adalah kegiatan di mana para penggambar di seluruh dunia menantang dirinya sendiri untuk membuat karya menggunakan media tinta selama satu bulan.

Pastinya menjadi tantangan tersendiri buat mereka untuk memenuhi target selama satu bulan. Pasalnya dalam Inktober, kita harus meng-upload gambar setiap hari. Duh, sulit ya.

Instagram: @inktober

Instagram: @inktober

Sudah diadakan sejak tahun 2009, kegiatan yang digagas oleh Jake Parker ini telah diikuti oleh ratusan bahkan ribuan ilustrator dari berbagai negara. Eh, tapi kabarnya Inktober 2017 sepi, loh. Kok bisa? Beneran gak sih? Ini dia kata para artist.

Instagram: @altifirmansyah

Instagram: @altifirmansyah

Teh Alti Firmansyah, ilustrator Marvel Comics, mengaku kalau selama 2 tahun terakhir melewatkan event Inktober karena jadwal kerja yang enggak memungkinkan. Di samping itu, untuk menemukan tema yang asik setiap harinya sangatlah tidak mudah. Menurut pemilik akun @altifirmansyah ini, butuh kreativitas yang tinggi. Secara gambar Teh Alti emang bagus banget.

Instagram: @arioanin

Instagram: @arioanin

Lain Alti, lain juga Ario. Pria yang dikenal dengan nama Ario Anindito ini, mengaku tidak mengikuti Inktober karena jadwalnya yang padat. Tapi tentu saja, namanya juga artist, comic artist Marvel ini memperhatikan bahwa tahun ini Inktober memang terlihat sepi. Kalau kata Mas Ario sih, mungkin karena orang-orang pada sibuk bekerja. Bro sis yang penasaran liat gambarnya, langsung aja cek Instagramnya @arioanin.

Ada juga Orinthia Lee, penulis novel, editor, serta translator ini emang hobi menggambar. Cek aja Instagramnya @kumomiku. Tahun ini dia mengaku bisa rutin menggambar, meski terpaksa bolong 1 hari karena memang ada kesibukan yang nggak bisa ditinggal. Berhasil membuat gambar 30 dari 31 hari, menurut wanita yang biasa dipanggil Yuki ini, rasanya luar biasa, sih. Dia sendiri kurang mengetahui sepi atau tidaknya event Inktober kali ini.

Instagram: @kumomiku

Instagram: @kumomiku

Kendala mood menjadi permasalahan bagi Yuki. Menurutnya, menggambar itu kadang butuh mood. Beberapa kali dia sempat gak mood, tapi karena udah janji sama diri sendiri buat berkomitmen, akhirnya dia tetap memaksakan untuk menggambar.

Kalau Nan Nan, beda lagi. Dia sudah lama tidak mengikuti Inktober. Menurutnya, Inktober memang berat untuk dijalani. Apalagi selama 30 hari berturut-turut tanpa bolong, karena banyak kegiatan lain dan mood gambar yang suka datang dan pergi kayak gebetan. Hahaha. Comic artist James & Martha ini mengaku tidak sempat ikut karena terhalang pekerjaan.

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Sama seperti Nan Nan, comic artist dari The Other Side, Ingo mengungkapkan banyak yang tidak sempat mengikuti Inktober karena terkendala sama pekerjaan. Ingo sendiri hanya berhasil mengikuti 10 hari pertama. Susahnya mencari waktu luang untuk menggambar juga menjadi kendalanya.

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Maklum, yang ikut Inktober kan biasanya bukan cuma professional artist, tapi juga yang pekerjaan utamanya bukan menggambar, alias hanya hobi menggambar. Tapi emang, terkadang yang namanya kreativitas bukan hanya butuh mood, tapi juga komitmen. Kalau bro sis udah ilang komitmen, sebaiknya langsung “paksa” diri. Karena terkadang hal itu lebih ampuh daripada apapun. Pastinya kasih rewards buat diri sendiri kalau sudah berhasil menyelesaikannya.

Yah walaupun terbilang sepi di Indonesia, event Inktober ini sangat ampuh buat teman-teman yang lagi membangun kreativitas. Karena kita bisa “memaksa” diri kita untuk berkreasi lebih. Mau gak mau, otak kita akan bekerja lebih keras dan akhirnya lebih banyak ide yang dapat dihasilkan.

About Author

Chika

Chika

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

royal rendezvous

Royal Rendezvous: Ribetnya Mengurus Pangeran Kerajaan

Ann yang cuma pelayan harus menjaga tiga pangeran kerajaan yang bersekolah di sekolah umum! Baca kelanjutannya di Royal .. more

00-d-ponimu-5-anime

5 Anime Hit Ini Akan Segera Hadir di Ponimu Indonesia!

Ponimu Indonesia akan hadirkan 5 anime baru: Girls und Panzer, Tari Tari, Canaan, Polyphonica Crimson S, serta dua film .. more

10 Game PS1 ini Bikin Kangen Berat!

Masih ingat dengan masa kecil saat bro sis asyik main Playstation? 10 game PS1 ini dijamin bisa mengobati rasa-rasa nost.. more

Kumpulan Komik Jutaan Dolar (cbr.com)

Komik Jutaan Dolar? Inilah 10 Komik Termahal di Dunia!

Percaya atau tidak hobi mengomik benar-benar bisa mendatangkan penghasilan jutaan dollar!.. more

Sumber: IndieWire

The Shape of Water Menang Best Picture, Apakah Pihak Academy Awards Memang Telah Memberikan Keputusan Yang Tepat?

Film drama fantasi arahan sutradara Guillermo Del Toro (Hellboy) ini, diumumkan sebagai pemenang Best Picture A.K.A Film.. more