Inktober 2017 Sepi? Ini Kata Para Artist

6 months ago
Inktober

Bulan Oktober telah usai. Selain merayakan hari Sumpah Pemuda dan Halloween, buat para penggambar (artist) pasti tau sama Inktober. Yap, Inktober adalah kegiatan di mana para penggambar di seluruh dunia menantang dirinya sendiri untuk membuat karya menggunakan media tinta selama satu bulan.

Pastinya menjadi tantangan tersendiri buat mereka untuk memenuhi target selama satu bulan. Pasalnya dalam Inktober, kita harus meng-upload gambar setiap hari. Duh, sulit ya.

Instagram: @inktober

Instagram: @inktober

Sudah diadakan sejak tahun 2009, kegiatan yang digagas oleh Jake Parker ini telah diikuti oleh ratusan bahkan ribuan ilustrator dari berbagai negara. Eh, tapi kabarnya Inktober 2017 sepi, loh. Kok bisa? Beneran gak sih? Ini dia kata para artist.

Instagram: @altifirmansyah

Instagram: @altifirmansyah

Teh Alti Firmansyah, ilustrator Marvel Comics, mengaku kalau selama 2 tahun terakhir melewatkan event Inktober karena jadwal kerja yang enggak memungkinkan. Di samping itu, untuk menemukan tema yang asik setiap harinya sangatlah tidak mudah. Menurut pemilik akun @altifirmansyah ini, butuh kreativitas yang tinggi. Secara gambar Teh Alti emang bagus banget.

Instagram: @arioanin

Instagram: @arioanin

Lain Alti, lain juga Ario. Pria yang dikenal dengan nama Ario Anindito ini, mengaku tidak mengikuti Inktober karena jadwalnya yang padat. Tapi tentu saja, namanya juga artist, comic artist Marvel ini memperhatikan bahwa tahun ini Inktober memang terlihat sepi. Kalau kata Mas Ario sih, mungkin karena orang-orang pada sibuk bekerja. Bro sis yang penasaran liat gambarnya, langsung aja cek Instagramnya @arioanin.

Ada juga Orinthia Lee, penulis novel, editor, serta translator ini emang hobi menggambar. Cek aja Instagramnya @kumomiku. Tahun ini dia mengaku bisa rutin menggambar, meski terpaksa bolong 1 hari karena memang ada kesibukan yang nggak bisa ditinggal. Berhasil membuat gambar 30 dari 31 hari, menurut wanita yang biasa dipanggil Yuki ini, rasanya luar biasa, sih. Dia sendiri kurang mengetahui sepi atau tidaknya event Inktober kali ini.

Instagram: @kumomiku

Instagram: @kumomiku

Kendala mood menjadi permasalahan bagi Yuki. Menurutnya, menggambar itu kadang butuh mood. Beberapa kali dia sempat gak mood, tapi karena udah janji sama diri sendiri buat berkomitmen, akhirnya dia tetap memaksakan untuk menggambar.

Kalau Nan Nan, beda lagi. Dia sudah lama tidak mengikuti Inktober. Menurutnya, Inktober memang berat untuk dijalani. Apalagi selama 30 hari berturut-turut tanpa bolong, karena banyak kegiatan lain dan mood gambar yang suka datang dan pergi kayak gebetan. Hahaha. Comic artist James & Martha ini mengaku tidak sempat ikut karena terhalang pekerjaan.

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Sama seperti Nan Nan, comic artist dari The Other Side, Ingo mengungkapkan banyak yang tidak sempat mengikuti Inktober karena terkendala sama pekerjaan. Ingo sendiri hanya berhasil mengikuti 10 hari pertama. Susahnya mencari waktu luang untuk menggambar juga menjadi kendalanya.

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Maklum, yang ikut Inktober kan biasanya bukan cuma professional artist, tapi juga yang pekerjaan utamanya bukan menggambar, alias hanya hobi menggambar. Tapi emang, terkadang yang namanya kreativitas bukan hanya butuh mood, tapi juga komitmen. Kalau bro sis udah ilang komitmen, sebaiknya langsung “paksa” diri. Karena terkadang hal itu lebih ampuh daripada apapun. Pastinya kasih rewards buat diri sendiri kalau sudah berhasil menyelesaikannya.

Yah walaupun terbilang sepi di Indonesia, event Inktober ini sangat ampuh buat teman-teman yang lagi membangun kreativitas. Karena kita bisa “memaksa” diri kita untuk berkreasi lebih. Mau gak mau, otak kita akan bekerja lebih keras dan akhirnya lebih banyak ide yang dapat dihasilkan.

About Author

Chika

Chika

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: cnet.com

GoPro Hampir Bangkrut? From Zero to “Hero” and Back to Zero Again

Jika 5-10 tahun lalu seseorang mengatakan “GoPro akan segera bangkut!” maka orang tersebut mungkin akan ditertawakan.. more

header alex desktop

Who Killed Captain Alex – Bukti Kalau Film Asyik Bisa Dibuat Dengan Dana Terbatas

Who Killed Captain Alex dibuat dengan budget kurang dari 3 juta Rupiah di Uganda. Meski kualitasnya di bawah rata-rata, .. more

Jadwal resmi Tokyo Game Show 2017. Sumber gambar: expo.nikkeibp.co.jp

Game-Game Yang Ditunggu Di Tokyo Game Show 2017

Untuk TGS 2017 ini, ada beberapa judul game yang diprediksi akan hadir menampakkan diri mereka. Beberapa dari mereka ada.. more

Festival Mesin Waktu

Naik Mesin Waktu Bersama Generasi 90an

Bro sis yang ngaku generasi 90an, gimana rasanya kalau diajak nostalgia ke jaman dulu nih? Masih ingat gak kira-kira keb.. more

Your Name/Kimi No Na Wa, anime populer asal Jepang. Sumber: japantimes.co.jp

Your Name/Kimi No Na Wa Akan Dibuatkan Live Action-nya Oleh Hollywood! Bad News or Good News?

Ada kabar baru bagi penggemar dari film anime populer Jepang yang berjudul “Your Name”. Film “Kimi no Na wa” ata.. more