Inktober, Berkarya Lewat Gambar

11 months ago
Poster Inktober (mrjakeparker.com)

Waktu kecil kalau disuruh gambar kita sudah terdoktrin  dengan menggambar gunung, matahari beserta sawahnya. Tapi semakin beranjak dewasa, kita sadar kalau gambar gak sekadar itu-itu saja. Pastinya semakin beragam karya yang kita tuangkan. Gak hanya menggambar, kita juga sekarang bisa memamerkan karya yang kita buat di media sosial. Semakin banyak yang menyukai, semakin membuat kita semangat dalam berkarya ya.

Nah, di media sosial Instagram sendiri sedang ramai dengan Inktober. Sebenarnya Inktober ini bukanlah hal yang baru, bro sis. Buat yang belum tahu, Inktober adalah kegiatan di mana para penggambar (artist) di seluruh dunia menantang dirinya sendiri untuk membuat karya menggunakan media tinta selama satu bulan. Media tintanya bisa dari bolpen, spidol, kuas, dan sebagainya. Enggak ada aturan khusus soal kuantitas sih, tapi yang pasti harus ada komitmen untuk menggambar dengan jadwal yang tetap.

Kegiatan seru ini digagas oleh seorang seniman bernama Jake Parker. Tenang bro sis, doi bukan saudaranya si manusia laba-laba kok. Jake Parker ini ialah seorang ilustrator yang sudah banyak malang melintang di berbagai film animasi laris bioskop, seperti Ice Age dan Rio.

Jake Parker (en.wikipedia.org)

Jake Parker (en.wikipedia.org)

Jake Parker yang juga dikenal sebagai Agen 44 juga merupakan salah satu Co-Founder dan kontributor situs pendidikan ilustrasi, Society of Visual Storytelling. Dia memulai perusahaan ini pada tahun 2013 sebagai rangkaian kelas online langsung, dan sekarang juga menawarkan untuk datang secara rutin ke kelas rekamannya. Keren banget ya, bro sis.

Singkat cerita, misi di balik kegiatan Inktober ini sebenarnya sangat sederhana. Jake Parker ingin ada wadah untuk para ilustrator, komikus, seniman atau siapapun untuk mengasah kemampuan menggambar secara rutin agar ada peningkatan dalam berkarya. Dia menginisiasi Inktober untuk meningkatkan skill-nya dan membangun kebiasan menggambar yang tentu saja bermanfaat bagi yang menjalani profesi keartisan seperti Jake.

Karya Jake Parker dalam InkTober dari tahun ke tahun (mrjakeparker.com)

Karya Jake Parker dalam InkTober dari tahun ke tahun (mrjakeparker.com)

Intinya sih Inktober adalah acara di mana kebiasaan positif bernama menggambar  harus dirayakan dengan tantangan untuk bersenang-senang. Salut deh buat Jake dan apresiasinya untuk para artist. Secara gak langsung, Jake memacu para artist untuk semakin kreatif dalam berkarya ya, bro sis.

Inktober ini sudah diadakan sejak tahun 2009 dan sampai saat ini acara Inktober telah diikuti oleh ratusan bahkan ribuan ilustrator dari berbagai negara. Buat bro sis yang penasaran sama Jake Parker, bisa langsung kunjungi lamannya di mrjakeparker.com.

Laman Jake Parker (Sumber: mrjakeparker.com)

Laman Jake Parker (Sumber: mrjakeparker.com)

Gak sulit kok untuk ikutan Inktober ini. Bro sis cuma perlu pulpen/pena, kertas, niat dan komitmen. (Iya, komitmen.) Lalu ada syarat-syarat lainnya, seperti:

  • Buat gambar berbasis tinta (boleh menggunakan pensil sebagai base awal)
  • Posting online ke media sosial yang kamu punya.
  • Beri hashtag #inktober dan #inktober2017
  • Ulangi keesokan harinya sampai akhir Oktober

*Catatan: Bro sis bisa melakukannya setiap hari, atau ngelakuin half-marathon dan posting setiap hari, atau hanya melakukan 5K dan posting seminggu sekali. Apa pun yang kalian pilih, yang terpenting konsisten aja dengan itu. Karena Inktober adalah tentang tumbuh dan berkembang dan membentuk kebiasaan positif, jadi semakin bro sis konsisten semakin baik. Sekalian belajar gitu, buat membangun hubungan yang konsisten, hihihi.

Oh iya, selain itu ada tema-tema khusus loh setiap harinya. Bro sis yang bingung mau buat apa, mungkin bisa ikutin petunjuk yang satu ini.

(Sumber: mrjakeparker.com)

(Sumber: mrjakeparker.com)

Inktober sendiri sudah mempunyai media sosial resmi seperti Instagram: @inktober. Gak hanya itu, tahun ini juga ada Instagram khususnya yaitu, @inktober2017. Di Indonesia, Inktober juga punya akun sendiri. Namanya @inktober.id. Bisa banget kalau bro sis mau kepoin karya-karya yang ada di sini.

(Instagram: @inktober.id)

(Instagram: @inktober.id)

(Instagram: @inktober)

(Instagram: @inktober)

Jadi gimana bro sis? Sudah siap menantang diri kamu untuk ikutan Inktober ini? Jangan sampai nyesel, ya.

About Author

Chika

Chika

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

00-d-marvel-studios

Marvel Studios Tak Menggelar Panel di SDCC 2018 – Kenapa?

Marvel Studios absen dari San Diego Comic Con 2018 dengan tidak membuka panel rutin mereka. Ada apa gerangan?.. more

(from : instagram @komiksoekirman)

Soekirman Recehan : Komik Seorang Tukang Parkir yang Super Gaul

Kalau kalian aktif di media sosial, pasti kalian tahu banget sama salah satu komik strip paling lucu ini, yaitu Soekirma.. more

Keluarga Naruto (pinterest.com)

Inilah Alasan Kenapa Naruto Tidak Menikah Dengan Sakura

Pada ending manga "Naruto", Naruto menikah dengan Hinata. Tapi kenapa Naruto tidak menikah dengan Sakura yang lebih akra.. more

Art yang tipikal khas game simulasi kencan Jepang. Sumber gambar: noelworks.net

Single? Yuk Main Game Simulasi Kencan Buatan Anak Sekolah Jepang!

Game Dating Sim ini memang biasanya ditujukan untuk pangsa pasar gamer cowok yang mungkin mengalami kesulitan mencari pa.. more

Sumber: thesun.co.uk

Kontroversi Film IT: Apakah Merusak Citra Badut?

Baru-baru ini diperilisan film IT, ratusan pekerja badut memenuhi jalanan di Kanada, mereka menganggap bahwa berkaitan d.. more