Inktober, Berkarya Lewat Gambar

1 year ago
Poster Inktober (mrjakeparker.com)

Waktu kecil kalau disuruh gambar kita sudah terdoktrin  dengan menggambar gunung, matahari beserta sawahnya. Tapi semakin beranjak dewasa, kita sadar kalau gambar gak sekadar itu-itu saja. Pastinya semakin beragam karya yang kita tuangkan. Gak hanya menggambar, kita juga sekarang bisa memamerkan karya yang kita buat di media sosial. Semakin banyak yang menyukai, semakin membuat kita semangat dalam berkarya ya.

Nah, di media sosial Instagram sendiri sedang ramai dengan Inktober. Sebenarnya Inktober ini bukanlah hal yang baru, bro sis. Buat yang belum tahu, Inktober adalah kegiatan di mana para penggambar (artist) di seluruh dunia menantang dirinya sendiri untuk membuat karya menggunakan media tinta selama satu bulan. Media tintanya bisa dari bolpen, spidol, kuas, dan sebagainya. Enggak ada aturan khusus soal kuantitas sih, tapi yang pasti harus ada komitmen untuk menggambar dengan jadwal yang tetap.

Kegiatan seru ini digagas oleh seorang seniman bernama Jake Parker. Tenang bro sis, doi bukan saudaranya si manusia laba-laba kok. Jake Parker ini ialah seorang ilustrator yang sudah banyak malang melintang di berbagai film animasi laris bioskop, seperti Ice Age dan Rio.

Jake Parker (en.wikipedia.org)

Jake Parker (en.wikipedia.org)

Jake Parker yang juga dikenal sebagai Agen 44 juga merupakan salah satu Co-Founder dan kontributor situs pendidikan ilustrasi, Society of Visual Storytelling. Dia memulai perusahaan ini pada tahun 2013 sebagai rangkaian kelas online langsung, dan sekarang juga menawarkan untuk datang secara rutin ke kelas rekamannya. Keren banget ya, bro sis.

Singkat cerita, misi di balik kegiatan Inktober ini sebenarnya sangat sederhana. Jake Parker ingin ada wadah untuk para ilustrator, komikus, seniman atau siapapun untuk mengasah kemampuan menggambar secara rutin agar ada peningkatan dalam berkarya. Dia menginisiasi Inktober untuk meningkatkan skill-nya dan membangun kebiasan menggambar yang tentu saja bermanfaat bagi yang menjalani profesi keartisan seperti Jake.

Karya Jake Parker dalam InkTober dari tahun ke tahun (mrjakeparker.com)

Karya Jake Parker dalam InkTober dari tahun ke tahun (mrjakeparker.com)

Intinya sih Inktober adalah acara di mana kebiasaan positif bernama menggambar  harus dirayakan dengan tantangan untuk bersenang-senang. Salut deh buat Jake dan apresiasinya untuk para artist. Secara gak langsung, Jake memacu para artist untuk semakin kreatif dalam berkarya ya, bro sis.

Inktober ini sudah diadakan sejak tahun 2009 dan sampai saat ini acara Inktober telah diikuti oleh ratusan bahkan ribuan ilustrator dari berbagai negara. Buat bro sis yang penasaran sama Jake Parker, bisa langsung kunjungi lamannya di mrjakeparker.com.

Laman Jake Parker (Sumber: mrjakeparker.com)

Laman Jake Parker (Sumber: mrjakeparker.com)

Gak sulit kok untuk ikutan Inktober ini. Bro sis cuma perlu pulpen/pena, kertas, niat dan komitmen. (Iya, komitmen.) Lalu ada syarat-syarat lainnya, seperti:

  • Buat gambar berbasis tinta (boleh menggunakan pensil sebagai base awal)
  • Posting online ke media sosial yang kamu punya.
  • Beri hashtag #inktober dan #inktober2017
  • Ulangi keesokan harinya sampai akhir Oktober

*Catatan: Bro sis bisa melakukannya setiap hari, atau ngelakuin half-marathon dan posting setiap hari, atau hanya melakukan 5K dan posting seminggu sekali. Apa pun yang kalian pilih, yang terpenting konsisten aja dengan itu. Karena Inktober adalah tentang tumbuh dan berkembang dan membentuk kebiasaan positif, jadi semakin bro sis konsisten semakin baik. Sekalian belajar gitu, buat membangun hubungan yang konsisten, hihihi.

Oh iya, selain itu ada tema-tema khusus loh setiap harinya. Bro sis yang bingung mau buat apa, mungkin bisa ikutin petunjuk yang satu ini.

(Sumber: mrjakeparker.com)

(Sumber: mrjakeparker.com)

Inktober sendiri sudah mempunyai media sosial resmi seperti Instagram: @inktober. Gak hanya itu, tahun ini juga ada Instagram khususnya yaitu, @inktober2017. Di Indonesia, Inktober juga punya akun sendiri. Namanya @inktober.id. Bisa banget kalau bro sis mau kepoin karya-karya yang ada di sini.

(Instagram: @inktober.id)

(Instagram: @inktober.id)

(Instagram: @inktober)

(Instagram: @inktober)

Jadi gimana bro sis? Sudah siap menantang diri kamu untuk ikutan Inktober ini? Jangan sampai nyesel, ya.

About Author

Chika

Chika

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

Sonic Mania. Game Sonic terbaru dari Sega. Sumber gambar: youtube.com

Sonic Mania: Game Fan-made Yang Disetujui Oleh Sega

Dan dalam kasus langka, game Sonic buatan fans Sega juga ada beredar dengan supervisi dan marketing mechanism langsung d.. more

00-d-senjata-mitologi-paling-berbahaya

Ngeri! Inilah Senjata Mitologi Paling Berbahaya!

Meski zaman sudah modern, senjata mitologi paling berbahaya ini konon mampu mengalahkan pasukan militer terkuat!.. more

Maruko thumb

[Terbaru] Momoko Sakura, Komikus Chibi Maruko-chan Meninggal Dunia

Berita duka kembali datang dari dunia perkomikkan. Komikus serial Chibi Maruko-chan, Momoko Sakura meninggal dunia akiba.. more

SM

Jonghyun SHINee Meninggal: Sebuah Pesan Untuk Fandom K-Pop

Malam hari, 18 Desember, menjadi berita yang menggemparkan seisi komunitas K-Pop dan juga dunia musik Korea. Jonghyun, s.. more

Sumber: netdna-cdn

[Review] The Post, Skandal Perang Vietnam yang Membungkam Kebebasan Jurnalistik

Nah, melihat kesamaan yang ada tersebut, apakah di penghargaan 90th Academy Awards tanggal 4 Maret 2018 mendatang, film .. more