iPhone X, Simbol Kegagalan Inovasi Apple?

2 months ago

Siapa sih yang gak mau punya gadget bagus? Apalagi buat handphone, soalnya jaman sekarang kan apa-apa dilakukan pake handphone. Kalau ngomongin soal handphone, pasti gak jauh sama brand terkenal yang lagi digandrungi, “iPhone”. Kayaknya kalau selfie di kaca, gak lengkap kalau gak kelihatan bentuk dan logonya. Iyalah, iPhone bukan sekedar handphone, tapi juga prestige. Kalau udah pegang handphone rasanya kayak pegang pacar yang cakepnya minta ampun.

Hari ini, Apple merilis tiga produk sekaligus dalam sebuah acara yang digelar di Steve Jobs Theater, Cupertino, Amerika Serikat. Yap, dalam peringatan 10 dekadenya, iPhone meluncurkan iPhone 8, iPhone 8 plus dan iPhone X (dibaca: ten) secara bersamaan. Hal yang sangat jarang untuk brand sekelas iPhone. Biasanya iPhone itu lebih dikenal dengan mengeluarkan inovasi secara berkala, yaitu berbentuk penyempurnaan dari produk sebelumnya. Nah, kalau kayak gini kira-kira gimana ya? Pembeli mungkin jadi bingung mau milih yang mana.

iPhone X. Sumber: i1.mirror.co.uk/

iPhone X. Sumber: i1.mirror.co.uk/

Hal yang paling mencolok dari ketiganya adalah dari segi tampilan. iPhone 8 dan 8 plus gak memiliki perbedaan bentuk yang signifikan dari iPhone 7. Sementara iPhone X tampil dengan layar memenuhi tampilan muka dan menghilangkan tombol Home. Perbedaan harga pastinya juga mempengaruhi. Bayangin aja 1 buah iPhone X dibandrol mulai dari US$ 999, sementara iPhone 8 Plus hanya US$799, dan iPhone 8 US$ 699.

Oh iya, acara peluncuran seri terbaru iPhone ini, untuk pertama kalinya dihelat di Steve Jobs Theater yang terletak di kawasan Apple Park Campus. Keren ya! Tapi ternyata ada drama yang terjadi menjelang hari peluncuran loh bro sis.

Steve Jobs Theater. Sumber: static4.businessinsider.com

Steve Jobs Theater. Sumber: static4.businessinsider.com

Menurut sumber, pada Agustus lalu Apple masih kelimpungan mencari tempat peluncuran. Pasalnya, Steve Jobs Theatre waktu itu belum benar-benar rampung, meski Apple Park Campus sudah mulai ditempati para pegawai sejak April 2017 lalu. Tercatat dalam dokumen City of Cupertino, Apple telah mengajukan izin pemakaian Steve Jobs Theatre sejak 8 Agustus 2017. Izin ini diajukan agar petugas daerah setempat bisa menginspeksi dan menentukan apakah tempat yang belum rampung tersebut sudah layak untuk perhelatan atau belum.

Tapi hampir sebulan pengajuan dilayangkan, petugas setempat malah baru menandatangani izin pada 1 September 2017. Padahal, Apple sudah menyebar undangan sejak 31 Agustus 2017. Waduh, bikin deg-degan aja ya. Untungnya izin itu dikeluarkan, kalau enggak? Gak tau deh apa yang akan terjadi. Mungkin Apple harus merevisi undangan? Atau malah jadi ada penundaan acara.

Tapi dibalik itu semua, sepertinya iPhone gak benar-benar mengeluarkan yang terbaru untuk iPhone X. Pasalnya handphone yang disebut-sebut bakal jadi “killer phone” ini malah dianggap biasa aja. Soalnya sudah ada Samsung S8 yang keluar sebelumnya. Spesifikasi yang ditawarkan sama iPhone memang gak terlalu wah bro sis. Bahkan hampir sama dengan Samsung S8 Edge. Seperti apa sih? Yuk, kita bandingkan.

1. Ukuran

Sumber: cdn.newsapi.com.au

Sumber: cdn.newsapi.com.au

 Iphone X sendiri memiki ukuran 5.8 inchi atau sekitar 14.73 cm tidak berbeda jauh dengan Samsung S8 Edge yang memiki ukuran 5.7 inchi sekitar 14.48 cm. Sama – sama mudah untuk dibawa kemana – mana.

2. Jenis Layar

Sumber: i2.mirror.co.uk

Sumber: i2.mirror.co.uk

Iphone X sendiri memakai teknologi yang sedang ramai dipasaran untuk layarnya, yaitu OLED (Organic Light Emitting Diode) dan kelahirannya dianggap sebagai sebuah fenomena dalam dunia industri smartphone. Keunggulannya terletak pada reproduksi warna yang mendekati natural, responsif saat digunakan sebagai layar sentuh berikut tingkat kecerahan serta viewing angles yang jauh melampaui layar tipe lain.

Sedangkan Samsung S8 Edge menggunakan layar Super AMOLED yaitu penyempurnaan dari OLED. Pada teknologi layar ini Samsung menempatkan sensor yang terintegrasi pada layar itu sendiri sehingga layar Super AMOLED gak lagi memerlukan tambahan lapisan. Konsekuesi positif dari lapisan layar yang berkurang tersebut maka gambar yang dihasilkan oleh layar Super AMOLED ini tampak lebih hidup dibandingkan layar sentuh lainnya yang lebih tebal.

Sumber: www.whatsinweb.com

Sumber: www.whatsinweb.com

Resolusi layar dari Samsung S8 Edge ialah 2160 x 3840 pixels sedangkan iPhone X yaitu Full HD (1080 x 1920 pixels). Namun sepertinya iPhone X satu langkah lebih maju, karena tampil dengan layar memenuhi tampilan muka dan menghilangkan tombol Home. Gak ada lagi TouchID, pemindai sidik jari untuk autorisasi iPhone. Sebagai gantinya, Apple memasukkan FaceID.

3. Face ID

Perkenalan Face ID yang sempat gagal (www.heart.co.uk)

Perkenalan Face ID yang sempat gagal (www.heart.co.uk)

Karena iPhone menghilangkan tombol Home-nya, mereka memberi fitur baru yaitu Face ID. Face ID ini memudahkan kita untuk membuka kunci handphone dengan cara memindai wajah kita. Eh tapi lucunya, pada saat peluncuran iPhone X, tim iPhone melakukan demo di panggung, dan fitur Face ID sempat gagal mengenali wajah pengguna.

Oh iya, FaceID ini gak sepenuhnya baru untuk smartphone loh, soalnya Samsung Galaxy S8 memiliki fitur serupa dan bahkan pemindai iris, tapi ini memang kali pertama Apple memanfaatkan sesuatu seperti ini.

4. Kamera

Sumber: media.idownloadblog.com

Sumber: media.idownloadblog.com

Untuk urusan kamera, iPhone X menggunakan kamera depan 7 MP dan kamera belakang sedikit ditingkatkan dari model sebelumnya menjadi 13 MP. Eh tapi jangan salah, Samsung S8 Edge memiliki kamera depan 8 MP dan kamera belakang 16 MP. Wah, canggih ya. Gak perlu lagi deh pake efek – efek kamera.

5. Waterproof

Sumber: 3g.co.uk

Sumber: 3g.co.uk

Ya, iPhone X tahan air alias waterproof hingga 1 meter atau sekitar 3 kaki. IPhone X diberi rated IP67, artinya tahan debu dan tahan air saat terendam pada kedalaman 1 meter atau kurang. Seperti kebanyakan perangkat lainnya, iPhone ini dinilai berdasarkan ketahanan debu dan air mereka dengan menggunakan Kode IP, juga dikenal sebagai Ingress Protection Rating atau International Protection Rating. Perangkat yang diberi nilai pada skala ini diberi skor 0-6 untuk tahan debu dan 0-8 untuk ketahanan air.

Saat ini, satu-satunya smartphone dengan IP68 dan masih paling bagus adalah Samsung Galaxy S7 dan S8. Tetapi Apple berusaha mengejar ketinggalan dengan Samsung dan merilis IP68 pada iPhone. Baru-baru ini, Apple mengajukan paten di Taiwan untuk iPhone dengan rating IP68. Kira – kira bakal lebih tahan yang mana ya?

6. Processor & Operating System

Sumber: nerdist.com

Sumber: nerdist.com

Dalam hal processor, iPhone menggunakan chipset A11 Bionic buatan Apple. Katanya sih sejauh ini merupakan chipset mobile tercepat Apple dengan RAM 4 GB dan hanya tersedia dalam 64 GB dan 256 GB (internal memory). Disisi lain Samsung Galaxy S8 Edge memiliki chipset octa core (Qualcomm Snapdragon 830 MSM8998) dengan RAM 6GB dan 2 pilihan internal memory 64 GB dan 128 GB.

Samsung S8 Edge masih menggunakan Android v7.0 (Nougat) sedangkan iPhone X menggunakan teknologi barunya, iOS v11. Tapi kalau dibandingkan lagi, Samsung S8 Edge ini kan android, which is lebih banyak aplikasi yang bisa kita punya dan bisa di download cuma – cuma  dari play store. Sedangkan iPhone? Bro sis pasti tau lah ya.

Fitur Face ID (www.cnbc.com)

Fitur Face ID (www.cnbc.com)

Psst, iPhone baru saja menyediakan wireless charger pada model iPhone 8, 8 plus dan X. Sedangkan Samsung, sudah lama mengeluarkan sejak model Galaxy S7. Hem…ketinggalan atau gimana nih?

Yang pasti, iPhone sukses bikin bingung masyarakat. Mau beli iPhone 8 nanggung karena hampir sama aja dengan iPhone 7. Mau beli iPhone X, jatohnya gak terlalu worth it karena gak sesuai spesifikasi. Menurut bro sis apakah ini jadi kegagalan inovasi Apple ya? Kira-kira, bro sis tertarik untuk membeli yang mana nih?

About Author

Chika21

Chika21

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

Andreas Paskalis: Di Balik Komik Sapi Terbang yang Absurd

Bro sis ada yang pernah tahu sapi terbang? Pengen tahu kira-kira terinspirasi dari mana author-nya saat membuat judul Fl.. more

Is Yuniarto, Alti Firmansyah, Ario Anindito di Meet and Greet Anime Matsuri 2017 (CIAYO Pictures)

Komikus Marvel, DC Comics, dan Garudayana Hadir di Anime Matsuri 2017

Dari ketiga komikus ini, ada yang udah lama ngerjain project nya Marvel, DC Comics, dan bahkan menghadirkan kembali kisa.. more

Sumber: natalie.mu

Biblia Koshodou no Jiken Techou/Biblia Used Bookstore Casebook Akan Hadir Dalam Versi Live Action Movie!

Kabar gembira buat para penggemar novel Biblia Koshodou no Jiken Techou/Biblia Used Bookstore Casebook! Rencananya, live.. more

Kerja Magang Bukannya Disuruh Fotokopi Malah Disuruh Ngomik, Enak Banget!

Karena ada kok tempat kerja yang nerima anak magang dan ngajarin mereka cara kerja profesional. Wah, di mana tuh? Nih ki.. more

Sumber: clairelichtenstein.com

Film Pendek Penuh Makna, The Employment Sukses ‘Menampar’ Batin Para Pekerja

Sebuah film pendek berjudul El Empleo (The Employment) ini mengisahkan tentang seorang pria dalam perjalanannya menuju k.. more