Is Yuniarto Hadiahkan Wayang Avengers Kepada Kru Infinity War!

8 months ago

Is Yuniarto lebih dari sekedar komikus biasa. Ia tidak hanya menciptakan komik fantasi yang menakjubkan, namun juga memiliki nilai-nilai kearifan lokal yang kuat. Hal ini bisa kamu lihat sendiri dalam salah satu judul komiknya yang paling populer, Garudayana, yang kini bisa kamu baca online di CIAYO Comics.

wayang avengers garudayana

Sumber: CIAYO Comics

Baca Juga: Garudayana: Kisah Perwayangan Dalam Kemasan Unik Dan Segar

Namun, apakah kamu juga tahu jika Is juga senang mendalami dunia perwayangan? Di sela-sela kesibukannya membuat komik, Is juga menyempatkan diri membuat artwork wayang yang ternyata diselipi unsur pop culture modern!

Seperti apa bentuknya? Ternyata Is membuat tokoh wayang yang terinspirasi dari karakter superhero modern. Sosok Iron Man dan Captain America yang ditampilkan dalam anatomi dan estetika khas wayang kulit terasa sangat segar dan unik.

wayang avengers civil war

Sumber: Is Yuniarto

Wayang Avengers Terbang ke Singapura!

Keunikan dari karya Is ini membuatnya mendapatkan kesempatan yang tidak terduga. Ia mendapat kehormatan untuk terbang ke Singapura dan menemui para staf dan pemain film Avengers: Infinity War. Di sana memang tengah diadakan acara red carpet untuk mempromosikan film superhero crossover yang konon adalah yang terbesar di dunia.

Baca Juga: Mengupas Official Trailer Avengers: Infinity War Lebih Dalam

Dalam sesi teleconference di XXI Plaza Senayan, terlihat Is berpartisipasi bersama para kru Avengers: Infinity War. Mereka adalah sutradara Joe Russo, aktor Benedict Cumberbatch, serta aktris Karen Gillan. Is menyerahkan hadiah wayang Avengers dan poster bertema sama kepada ketiganya.

wayang avengers foto

Sumber: Marvel Indonesia

Joe Russo mendapatkan poster Infinity War dengan karakter yang digambar dalam versi wayang. Judul Infinity War dalam poster diterjemahkan dalam bahasa Sanskrit menjadi Ananta Yudha. Sementara itu, Cumberbatch dan Gillan mendapatkan wayang kulit dari karakter yang mereka mainkan, yakni Dr. Stephen Strange dan Nebula.

“Hari ini merupakan perayaan yang begitu besar bagi saya, sebagai penggemar Marvel, dan juga seorang seniman. Momen ini akan selalu terkenang dalam hidup saya,” ungkap Is dalam rilis pers. “Karakter dan cerita Marvel telah menginspirasi saya sejak lama untuk membuat ulang figur superhero dalam medium wayang kulit, dan saya begitu bangga karena dapat memberikan karya ini secara langsung kepada Benedict, Karen dan juga Joe Russo.”

“Wayang kulit adalah salah satu jenis seni yang paling berharga di Indonesia dan upaya saya untuk mengambil inspirasi superhero terkenal, serta menjadikannya dalam bentuk wayang kulit adalah cara saya untuk menggabungkan seni tradisional dan juga budaya modern. Saya harap melalui acara hari ini, karya saya dapat lebih jauh mengenalkan seni asal Indonesia ke ranah global,” tambah Is.

wayang avengers marvel

Sumber: Marvel Indonesia

Lalu, bagaimana dengan reaksi dari para penerima hadiah? Cumberbatch mengakui bahwa wayang Avengers karya Is sangat bagus. “Aku akan memajang ini di kamarku,” tambah Gillan. Ketiganya pun terlihat antusias saat Is menjelaskan tentang apa itu wayang kulit. Cumberbatch bahkan mencondongkan badannya saat mengetahui wayang kulit merupakan warisan budaya yang telah diakui UNESCO.

wayang avengers infinity war

Sumber: Marvel Indonesia

Cumberbatch dan Gillan memang pantas merasa takjub. Wayang Avengers yang diciptakan Is memang memiliki detil yang sangat tinggi. Setiap elemen dari desain superhero yang ada, direka ulang seakurat mungkin tanpa menghilangkan ciri khas wayangnya. Kamu bisa melihat desain yang indah dari bentuk guratan di kepala Nebula, jubah Doctor Strange, hingga rumitnya bentuk armor Iron Man Mark 48.

Sedikit disayangkan karena Is Yuniarto tidak bisa menyerahkan wayang kulit Iron Man kepada Robert Downey Jr. yang tidak hadir dalam teleconference tersebut. Namun, momen ini tetap bakal menjadi salah satu hari bersejarah bagi Is. Tak hanya ia mendapatkan pengakuan atas karya-karya kreatifnya, namun ia juga mendapatkan kesempatan untuk mengenalkan wayang kulit ke seluruh dunia, terutama kepada generasi muda.

“Saya ingin memperkenalkan kembali wayang pada generasi muda, terutama pada para penggemar Marvel,” itulah harapan dari sang komikus Is Yuniarto yang tidak melupakan akar budayanya.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

header alex desktop

Who Killed Captain Alex – Bukti Kalau Film Asyik Bisa Dibuat Dengan Dana Terbatas

Who Killed Captain Alex dibuat dengan budget kurang dari 3 juta Rupiah di Uganda. Meski kualitasnya di bawah rata-rata, .. more

(thoughtco.com)

Extraordinary Love

Extraordinary love terjadi sama berbagai macam orang. Ada yang kisah cintanya manis banget, tapi ada juga yang bikin mir.. more

00-d-border-break

Model Plastik Robot Raksasa Akan Dibangun Di Tokyo

Untuk mempromosikan game Border Break, Sega dan Kotobukiya akan merakit model kit robot raksasa ukuran skala 1/1... more

brightside.me

Komik Strip Lucu 2017, Kesukaan Kamu Yang Mana?

Perkembangan Komik di Indonesia semakin pesat. Perkembangan komik ini juga didukung oleh munculnya komik strip di berbag.. more