Istilah Komik Dari Berbagai Belahan Dunia

3 years ago

Pasti bro sis pernah denger istilah komik yang macem-macem dan aneh-aneh dari berbagai bahasa di dunia. Padahal artinya sama aja loh.. Yang bedain cuma penamaan dan sejarah di balik itu. Pernah denger yang namanya Manhua? Mungkin bro sis udah pernah denger, tapi pasti masih banyak yang belom tahu juga kan? Sekarang kita bakal bahas satu-satu istilah dari berbagai belahan dunia yah.

Sumber: catatanwisata.files.wordpress.com

Sumber: catatanwisata.files.wordpress.com

  1. Manga

Kalau yang satu ini pasti Kamu udah bisa nebak, istilah satu ini berasal dari Jepang yah guys.. Arti dari manga sendiri bisa merujuk ke animasi dan komik. Di kamus Bahasa Inggris, manga juga berarti komik Jepang. Manga biasanya dibaca dari kanan ke kiri. wah info baru nih untuk yang mau baca manga versi asli.

"Many Ways of Doing Business" by Lu Shaofei (Sumber: nickstember.com)

“Many Ways of Doing Business” by Lu Shaofei (Sumber: nickstember.com)

  1. Manhua

Istilah yang satu ini berasal dari Cina. Orang-orang Cina menyebut komik dengan istilah manhua. Baca manhua biasanya dari kiri ke kanan, atau atas dan bawah.

The first woodcut manhwa, published in 1908 (Sumber: en.wikipedia.org)

The first woodcut manhwa, published in 1908 (Sumber: en.wikipedia.org)

  1. Manhwa

Untuk yang satu ini mungkin udah ga terlalu asing buat kamu yang sering nonton drama Korea atau ngefans banget sama Korea-Koreaan, karena istilah yang satu ini berasal dari Korea. Nah apa sih yang ngebedain dari komik yang lain? Pastinya dari cerita dan style, karena hal tersebut dipengaruhi unsur budaya dan tren yang sedang berkembang di tempat tersebut.

Les Pieds Nickeles (Sumber: en.wikipedia.org)

Les Pieds Nickeles (Sumber: en.wikipedia.org)

  1. Bande Dessinée

Yang satu ini sama kaya kita nyebutin pemeran dari film Dr.Strange, ribet! Benedict Cumberbatch. Nahkan ribet bacanya hehe.. Istilah yang satu ini sebenarnya berasal dari Belgia, namun sangat berkembang di Prancis dan meraih sukses yang luar biasa. Beberapa penulis seperti: André Franquin : (Spirou et Fantasio; Marsupilami; Gaston Lagaffe), Morris : (Lucky Luke; Peyo), Jean Graton : (Michel Vaillant) sempat menjadi bintangnya komik Eropa pada saat itu.

Komik Put On

Komik Put On

  1. Komik

Inilah istilah di Indonesia yang sering kita gunakan. Komik adalah turunan kata dari Bahasa Inggris yaitu comic. Di Indonesia, komik mulai eksis sejak kehadiran komik strip Put On pada harian Sin Po sekitar tahun 30an. Hingga hari ini, para komikus Indonesia bergantian lahir dan mengisi jagad perkomikan tanah air.

CIAYO Comics

CIAYO Comics

  1. Komik Digital / Komik Webtoon

Pasti udah nggak asing buat kamu yang punya hape pintar, karena kebanyakan webtoon atau komik digital ini sering dibaca sama kamu yang lagi nunggu sesuatu. Contohnya nunggu bis, nunggu kelas pas kuliah, atau lagi nunggu pacar dandan. Sekarang udah banyak platform komik Indonesia untuk baca komik digital Indonesia. Salah satunya CIAYO Comics. Di sini kamu bisa langsung baca komik webtoon Indonesia yang kamu mau sesuai dengan genre yang kamu suka, kayak horor, komik drama, slice of life dan masih banyak lagi.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Preview Anime Musim Panas 2018: Kyoto Teramachi Sanjo no Holmes

Dalam anime, cerita bertema detektif terkenal seperti Conan, Kindaichi, ataupun grup detektif yang ada di Dan Detective .. more

10 perusahaan game menjadi peserta Archipelageek Goes to Gamescom 2019. Mereka akan terbang ke Cologne Jerman pada 20-24 Agustus 2019.

Mengenal 10 Perusahaan Game Indonesia Yang Bakal Tampil di Gamescom 2019

10 perusahaan game menjadi peserta Archipelageek Goes to Gamescom 2019. Mereka akan terbang ke Cologne Jerman pada 20-24.. more

mortal kombat 11

Mortal Kombat 11 Ditarik Dari Indonesia. Kenapa Bisa?

Mulai dari kekerasan hingga simbol komunis. Kami mencari tahu alasan kenapa Mortal Kombat 11 ditarik peredarannya di Ind.. more

irena-d

Irena’s Shadow: Ketika Cerita Horor Bergabung Dengan Art Yang Cantik

Selama ini Arga tak terlalu ambil pusing dengan masa lalunya, sampai ia bertemu dengan Irena yang misterius. Ikuti kelan.. more

Sumber gambar: iromegane.com

Mamemaki Setsubun, Ritual Pengusir Setan dan Kesialan Sebelum Musim Semi Tiba di Jepang

Setsubun akan memiliki apa yang dinamakan “Mamemaki”. Ritual ini hampir mirip seperti ritual “Melempar Jumrah” d.. more