Jak-Japan Matsuri 2017 Bertabur Kejutan

2 months ago
CIAYO Pictures

By Chika

Bro sis suka anime? Manga? Cosplay? Semua tentang Jepang? Kalau gitu pasti tahu dong sama acara Jak-Japan Matsuri 2017. Siapa yang kemarin datang ke acara Jak Japan Matsuri 2017? Gimana kesan pesannya? Seru gak? Memang perhelatan Jak-Japan Matsuri 2017 telah selesai diselenggarakan. Tapi pasti masih membekas di hati para pengunjung. Acara yang diadakan selama dua hari berturut – turut dari tanggal 9 sampai 10 September 2017 ini, berlokasi di Lapangan Wisma Aldiron, Jakarta.

Suasana Lapangan Aldiron (CIAYO Pictures)

Suasana Lapangan Aldiron (CIAYO Pictures)

Dimulai dari pukul 11 siang, acara ini sukses dipadati pengunjung loh! Berbagai macam pertunjukan dihadirkan, seperti Oo-Edo Sukeroku-Ryu Taiko, Historia Band, Cikarang KEION, Amakusa, Ogawa Daisuke dan masih banyak lagi. Walaupun terdengar seperti acara “jejepangan”, tapi ada penampilan budaya Indonesia juga, loh. Seperti penampilan dari Lenong Betawi dan DKI Jakarta Cultural Performance.

Historia Band (CIAYO Pictures)

Historia Band (CIAYO Pictures)

Orkes Tiup Jepang Jakarta (CIAYO Pictures)

Orkes Tiup Jepang Jakarta (CIAYO Pictures)

CIKARANG KEION, band yang berisi sekumpulan orang Jepang (CIAYO Pictures)

CIKARANG KEION, band yang berisi sekumpulan orang Jepang (CIAYO Pictures)

Yah, gak aneh sih.  Soalnya tema acara ini adalah “Indonesia & Japan Always Together”, jadi acara ini sebagai jembatan dan bukti persahabatan antar dua negara. Harapannya sih Indonesia dan Jepang selalu menyatukan tenaga untuk mengatasi semua tantangan. Wah, keren ya bro sis.

Menurut Sekretaris Jenderal Komite Jak-Japan Matsuri, Takeyama Kenichi, pihak penyelenggara sendiri tadinya sedikit gak tenang loh bro sis. Soalnya lokasi acara ini adalah lokasi baru dan mereka kurang begitu familiar. Sempat ada kekhawatiran kalau pengunjungnya akan sepi, tapi untungnya tetap ramai pengunjung.

 Takeyama Kenichi, Sekretris Jenderal Komite Jak-Japan Matsuri (CIAYO Pictures)

Takeyama Kenichi, Sekretaris Jenderal Komite Jak-Japan Matsuri (CIAYO Pictures)

Buat bro sis yang udah langganan datang ke Jak-Japan Matsuri, mungkin sudah tahu ya kalau sebelumnya lokasi acara pernah berada di MONAS dan juga GBK Senayan. Sayangya, Gelora Bung Karno sedang dipersiapkan untuk Asian Games 2018. Tapi sepertinya antusiasme pengunjung tetap tinggi ya.

Buktinya data dari pihak panitia penyelanggara Jak-Japan Matsuri 2017, total pengunjung sekitar 17.000 orang. Walaupun memang tidak sebanyak Jak-Japan Matsuri 2013 yang mencapai 40.000 pengunjung. Kebetulan saat itu merupakan perayaan ke-55 tahun hubungan diplomatik antara Jepang dan Indonesia. Acara saat itu juga dimeriahkan dengan kehadiran Presiden RI Joko Widodo yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Berbagai macam stand (CIAYO Pictures)

Berbagai macam stand (CIAYO Pictures)

Berbagai penampilan kebudayaan, baik Jepang maupun Indonesia ditampilkan. Gak hanya itu, Jak-Japan Matsuri 2017 juga menghadirkan 108 stand yang turut mendukung keberlangsungan acara dengan didominasi oleh stand makanan dan minuman baik khas Indonesia maupun Jepang. Buat bro sis yang suka sama takoyaki, di sana udah kayak surganya takoyaki. Liat ke kiri, belakang, depan, kanan, banyak sekali stand yang menjual makanan tersebut. Tentunya dengan beraneka ragam harga dan rasa. Gak ketinggalan juga stand yang menjual barang – barang khas Jepang.

Booth Penjual Pedang (CIAYO Pictures)

Booth Penjual Pedang (CIAYO Pictures)

Ada juga pertunjukan yang menarik perhatian para pengunjung. Gimana engga, pengunjung yang sedang menonton pertunjukkan atau menikmati suasana di Jak-Japan Matsuri diminta mundur oleh para petugas keamanan demi keberlangsuangan penampilan tersebut. MIKOSHI, tandu yang dihias dengan megah seperti sebuah yagura, ada juga yang menyebut dengan kuil portabel. Konon katanya Mikoshi ini digunakan untuk membawa objek pemujaan atau roh dari persemayaman permanen ke tempat peristirahatan sementara (otabisho) selama berlangsungnya matsuri, dengan maksud untuk menenangkan mereka.

(CIAYO Pictures)

(CIAYO Pictures)

Lucunya, pembawa MIKOSHI ini ada juga yang anak – anak loh. Dan mereka semua merupakan anak Jepang. Jadi kebayang dong gimana mereka membawa tandu sambil kepanasan. Apalagi melihat pipi mereka yang berubah kemerahan. Gemeees banget!

Anak – anak Jepang yang membawa tandu (CIAYO Pictures)

Anak – anak Jepang yang membawa tandu (CIAYO Pictures)

Selain MIKOSHI, ada juga pertunjukkan budaya Indonesia yang dibawakan oleh orang – orang Jepang.

Anak – anak Jepang (CIAYO Pictures)

Anak – anak Jepang (CIAYO Pictures)

Special performance dari ENKA Girls juga sukses mencuri perhatian para pengunjung loh, itu girlband yang berisikan orang – orang Jepang. Walaupun terbilang masih baru, tapi usaha dan promosi mereka sangat bagus loh. Oh iya, Jak-Japan Matsuri juga menghadirkan  bintang tamu dari Indonesia yang gak melulu bernuansa Jepang. Ada Tompi, GAC dan Tulus!

ENKA Girls (CIAYO Pictures)

ENKA Girls (CIAYO Pictures)

GAC (CIAYO Pictures)

GAC (CIAYO Pictures)

Psst, ada kejutan special loh di penutupan acara Jak-Japan Matsuri. Kedubes Jepang mengumumkan akan diadakannya parade untuk memperingati perayaan 60 tahun hubungan diplomatik antara Jepang dan Indonesia, serta 10 tahun acara Jak-Japan Matsuri. Mereka memperkenalkan duta persahabatan Indonesia – Jepang, seperti Haruka eks JKT48, aktris Yuki Kato, Tulus, sampai pemain PERSIB berdarah Jepang, Shohei Matsunaga. Selain itu ada juga pendukung acara Jak-Japan Matsuri yaitu ENJUKU dan JKT48! Jadi gak sabar ya bro sis.

(CIAYO Pictures)

(CIAYO Pictures)

Oh iya bro sis, Tulus juga memberikan kejutan kepada para pengunjung dengan menyanyikan lagu Sepatu versi Bahasa Jepang barengan sama sang penerjemah, Hiroaki Kato. Duh, semakin memanaskan panggung deh. Dan pastinya acara terakhir dan dinanti – nanti. Ya, penampilan dari JKT48. Dari hari pertama, penampilan mereka gak pernah sepi pengunjung. Justru semakin bertambah. Para fans setia banget ya kayaknya.

Tulus & Hiroaki Kato (CIAYO Pictures)

Tulus & Hiroaki Kato (CIAYO Pictures)

Walaupun sempat ada insiden yang membuat pengunjung resah di hari kedua, tapi sepertinya antusiasme pengunjung tetap tinggi . Jadi gimana? Tertarik untuk datang ke Jak-Japan Matsuri tahun depan?

About Author

Chika21

Chika21

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

(from : youtube.com)

Otaku VS Weeaboo

Bro and sis, seperti yang kita tahu bahwa sekarang ini perkembangan grup-grup atau komunitas penggemar kultur Jepang ber.. more

Keluarga Naruto (pinterest.com)

Inilah Alasan Kenapa Naruto Tidak Menikah Dengan Sakura

Pada ending manga "Naruto", Naruto menikah dengan Hinata, tapi taukah apa alasan dibalik pernikahan mereka?.. more

Boruto, (Sumber: hulu.com)

Teori-Teori Internet Seputar “Kematian” Naruto di Boruto: Naruto Next Generation

Komik saga karangan Masashi Kishimoto, Naruto, berakhir tahun 2014 di 72 tankobon/volume. “Fourth Great Ninja War”, .. more

Battlefield 1: In The Name Of Tsar (Sumber: IGN)

E3: Update Tiga Game EA di E3 2017

Hi bro sis, dateng lagi nih kabar terbaru dari E3 2017. Kali ini update-nya khusus dateng dari EA. Dalam konferensi pers.. more

Logo internasional game sepakbola ciptaan Konami Jepang. Sumber gambar: game-debate.com

Winning Eleven/Pro Evolution Soccer: Game Wajib Sejuta Umat Gamers PS Indonesia

Rasanya tidak akan ada yang komplain jika dikatakan kalau game sepakbola Winning Eleven/WE (atau dalam judul internasion.. more