Jak-Japan Matsuri 2017 Kurang Persiapan

2 months ago
(CIAYO Pictures)

By Chika

Jak-Japan Matsuri 2017 telah selesai diselenggarakan. Acara yang telah diadakan untuk ke-9 kalinya ini bertempat di Lapangan Wisma Aldiron, Jakarta. Berbeda dari tahun – tahun sebelumnya, usut punya usut nih bro sis, ternyata acara ini berpindah tempat bukan karena kemauan panitia.

Sebelumnya, acara ini pernah diadakan di MONAS dan GBK Senayan. Tapi karena kebijakan PEMDA Jakarta, MONAS sudah tidak bisa dijadikan lokasi untuk acara, sehingga pindahlah ke GBK Senayan. Tapi tahun ini GBK Senayan sudah memfokuskan diri untuk perhelatan Asian Games 2018, jadi udah gak bisa deh diadakan di situ lagi.

Suasana Jak-Japan Matsuri 2017 (CIAYO Pictures)

Suasana Jak-Japan Matsuri 2017 (CIAYO Pictures)

Tapi memang secara tempat, Lapangan Wisma Aldiron ini lebih luas daaaan OUTDOOR. Saat datang ke sana, kesan pertama yang bisa diambil yaitu PANAS. Teriknya Jakarta sukses bikin para pengujung berteduh di bawah tenda tempat makan. Iya, Panitia Jak-Japan Matsuri memang menyediakan tenda khusus buat pengunjung yang mau duduk beralaskan rumput sambil menikmati jajanan yang ada di stand.

Gak usah membayangkan tenda mewah layaknya tenda untuk backstage para bintang tamu, hanya tenda panjang biasa tanpa pelindung di sisi – sisinya.

Tenda tempat ngadem (CIAYO Pictures)

Tenda tempat ngadem (CIAYO Pictures)

Sayangnya, Jak-Japan Matsuri 2017 bisa dibilang mengalami sedikit kegagalan. Gimana tidak, di hari pertama pengunjung yang sedang menonton pertunjukkan di main stage tiba – tiba diminta untuk mundur sebanyak 10 meter (Gak yakin 10 meter atau gak, tapi yang jelas petugas keamanannya meneriakkan seperti itu). Gak hanya itu, untuk mengatasi pengunjung yang banyak, petugas keamanan pun mendorong mundur pengunjung yang ada menggunakan tali.

Penjagaan oleh Petugas Keamanan (CIAYO Pictures)

Penjagaan oleh Petugas Keamanan (CIAYO Pictures)

Hal yang kurang bagus untuk acara sekelas Jak-Japan Matsuri 2017. Untungnya pertunjukan MIKOSHI bisa membuat pengunjung terhibur. Tapi gak sampai di situ, di hari kedua justru terjadi hal yang kurang mengenakkan loh bro sis.

Saat ENJUKU tampil, tiba-tiba hujan deras disertai angin mengguyur Lapangan Wisma Aldiron. Sontak semua pengunjung berlarian ke booth-booth ataupun tenda terdekat untuk melindungi diri. Ironisnya, tamu kehormatan dari Jak-Japan Matsuri tetap tenang duduk di kursi VIP. Wah, agak jomplang ya antara pengunjung dan tamu kehormatan. Kalau diinget bikin miris, hehe.

(CIAYO Pictures)

(CIAYO Pictures)

Oh iya, sekadar informasi buat bro sis yang gak tau sama ENJUKU. ENJUKU atau Teater Enjuku adalah teater musikal berbahasa Jepang yang beranggotakan mahasiswa – mahasiswi Indonesia. Setiap tahunnya, ENJUKU selalu melakukan pementasan utama, dua kali dalam satu tahun yaitu di Indonesia dan Jepang.

Lagi – lagi, pengunjung yang sedah berteduh di tenda khusus beristirahat tadi, dikagetkan dengan air yang menetes dari atas. Yap, tendanya bocor bro sis! Tambahan minus nih buat para panitianya. Sudah tendanya tidak ada sisi – sisinya (jadi pengunjung tetap terkena cipratan) ada juga beberapa kabel listrik dan stop kontak yang kehujanan dan sukses membuat para pengunjung yang sedang berteduh ketakutan. Ya jelas lah, gak lucu kan kalau satu tenda kesetrum bareng – bareng hehehe. Untung saja ada salah satu pengunjung yang bersedia mematikan listrik tenda.

Jangan ditanya tentang panitia dan petugas keamanan. Boro – boro mau minta tolong panitia atau petugas keamanan, mereka aja lagi berteduh entah ke mana. Semua menyelamatkan diri sendiri.

Setelah hujan deras yang disertai angin selesai, semua pengunjung kembali ke depan main stage. Ada juga yang pergi ke stand makanan dan minuman. Mungkin untuk melepas lapar dan dahaga setelah berjuang melawan hujan kali ya. Tapi yang disayangkan, hampir semua booth stand makanan dan minuman itu tetap mematikan lampu. Mereka takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Beberapa panitia pun hanya berlalu-lalang dan para petugas keamanan justru terlihat beistirahat di beberapa tempat.

Acara ditunda beberapa jam (CIAYO Pictures)

Acara ditunda beberapa jam (CIAYO Pictures)

Setelah menunggu sekitar 15 menit, panitia pun mengumumkan bahwa acara ditunda selama 1 jam untuk mengecek tempat dan peralatan. Itu pun dengan kondisi jika tidak hujan kembali. Jika ada, kemungkinan acara kemarin bisa aja batal.

Salah satu penonton mengatakan, mereka terpaksa tetap menunggu demi dapat melihat artis kesayangan. Menurutnya, sudah terlanjur berbasah – basahan dan sayang sekali jika pulang tanpa melihat artis kesayangan.

Pengunjung rela menunggu demi menonton idola (CIAYO Pictures)

Pengunjung rela menunggu demi menonton idola (CIAYO Pictures)

Yah, tapi sampai 1 jam, acara tidak kunjung dimulai kembali. Para pengunjung pun mulai resah. Wota (sebutan fans JKT48) pun mulai berteriak – teriak meminta acara dimulai. Eits tapi jangan salah, ENJUKU dan Ogawa Daisuke membuat penampilan dadakan di tengah kerumunan pengunjung yang sedang menunggu. Selain menghibur dan mengisi kekosongan waktu, penampilan ini juga menjadi seperti suara bentuk protes para pengunjung pada panitia.

(CIAYO Pictures)

(CIAYO Pictures)

Akhirnya sekitar pukul setengah 9, acara pun dimulai dan kembali berlanjut. Sayang, beberapa penampilan yang sudah terjadwal terpaksa berubah. Seperti gagalnya penampilan ENJUKU, Kuriya Makoto & Friends, Kolaborasi MIKOSHI, Japanesia dan Ogawa Daisuke di Main Stage.

(CIAYO Pictures)

(CIAYO Pictures)

Wah, sayang banget yah. Kurangnya persiapan bisa membuat acara sebesar ini jadi agak mengecewakan. Semoga aja tahun depan bisa lebih baik lagi. Soalnya denger-denger acaranya akan diadakan di tempat yang sama. Gak mungkin kan kayak gitu lagi, apalagi memperingati 60 tahun persahabatan Indonesia-Jepang dan 10 tahunnya Jak-Japan Matsuri. Eh, tapi siapa nih yang udah gak sabar untuk datang ke Jak-Japan Matsuri tahun depan?

About Author

Chika21

Chika21

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

(gameranx.com)

Bakalan Keren Kalo Karakter-Karakter Ini Jadi DLC di TEKKEN 7!

Sebelumnya, udah pernah dibahas di sini kalo kemunculan Akuma, Eliza, dan Geese Howard membuka kemungkinan untuk TEKKEN.. more

Marvel’s The Defenders. Sumber gambar: inquisitr.com

Marvel’s The Defenders vs Marvel’s The Avengers

Teman-teman yang doyan baca komik Amrik atau nonton film Hollywood sepertinya sudah mengenal nama “The Avengers”. Se.. more

(Sumber: tvshow.me)

Indonesia Diserbu Promosi Film Terbaru Spiderman Homecoming!

Perilisan film terbaru Marvel, Spiderman Homecoming tentunya tidak disia-siakan oleh perusahaan-perusahaan dengan produk.. more

(ablcinema.net)

5 Serial Superhero Terpopuler di Tahun 90-an

Berbicara mengenai generasi 90-an, kegiatan menonton televisi masih menjadi hiburan terfavorit. Kebahagiaan terbesar ana.. more

Destinasi Liburan Ala Jepang di Indonesia, Memangnya Ada?

Nah, buat kamu yang suka dengan negara Jepang, kamu juga bisa banyak menemukan pernak pernik event Jejepangan di Indones.. more