Jakarta Biennale, Pameran Seni yang Instagram-able Abis!

1 year ago
Sumber: jakartabiennale.net

Satu lagi acara pameran seni hadir di Jakarta. Bro sis yang artsy dan suka fotografi banget, pasti tau deh sama acara ini. Jakarta Biennale! Jakarta Biennale ini merupakan acara seni kontemporer akbar yang diadakan selama dua tahun sekali. Bro sis yang belum tau, acara ini pertama kali diadakan di tahun 1974 dengan nama Pameran Besar Seni Lukis Indonesia.

Nama “Biennale” sendiri mulai digunakan pada tahun 1982, yang masih berlanjut hingga sekarang. Lalu Seni Lukis yang menjadi primadona di pameran ini, diganti menjadi Seni Rupa pada tahun 1993. Jadi semakin beragam, deh karya-karya yang ditampilkan.

Sumber: jakartabiennale.net

Sumber: jakartabiennale.net

Sedikit cerita, ternyata Jakarta Biennale ini juga ikut kena imbas dari pasca Orde Baru. Pasca Orde Baru pameran Biennale ini sempat tidak diadakan hampir selama 8 tahun. Kemudian pada tahun 2006 dengan nama Jakarta Biennale, perhelatan akbar ini kembali diadakan dengan skala global, yang mengundang tidak hanya seniman domestik, tapi juga seniman Intenasional. Pastinya semakin bagus dan beragam lagi jenis karya seni yang ditampilkan.

Sumber: jakartabiennale.net

Sumber: jakartabiennale.net

Nah, di tahun 2017, Jakarta Biennale, menggandeng Melati Suryodarmo sebagai art director, dan 4 kurator yang dipilih melalui open call dengan mengangkat tema “Jiwa”. Jiwa sendiri dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai jiwa, kehidupan atau energi. Konsepnya sendiri adalah untuk memberikan penonton kesempatan untuk merasakan jiwa seni dengan mengeksplorasi kisah hidup dari tokoh –tokoh berpengaruh yang sudah berkontribusi terhadap seni di Indonesia dalam sejarah baru-baru ini.

Ya memang sih, mengenal jauh sejarah seni sangat penting saat ini. Apalagi untuk memahami makna dari “jiwa” itu sendiri dalam praktik seni modern. “Jiwa” bisa juga berhubungan dengan konsep sistem kepercayaan di masa lalu. Seperti yang kita tau, sekarang sistem kepercayaan justru dimainkan dalam dunia politik untuk “menyelamatkan diri”, sehingga makna dari “jiwa” sendiri hilang. Diharapkan penampilan “jiwa” dalam berbagai bentuk akan memberi pengunjung kesempatan untuk merenungkan pemikiran yang akan menantang batas perspektif mereka.

Instagram: @jakartabiennale

Instagram: @jakartabiennale

Acara yang didukung oleh berbagai kementrian, lembaga internasional dan kedutaan besar ini mengajak 51 artist dari 18 negara. Sebut saja Republik Ceko, Belgia, Prancis, Belanda, Inggris, Polandia, Swiss, Jerman, Argentina, Meksiko, Afrika, dan beberapa negara di Asia. Gak cuma pameran seni aja, Jakarta Biennale juga menghadirkan simposium seni yang berjudul “Simposium Jiwa”. Kegiatan ini merupakan forum diskusi yang berkaitan dengan jiwa antara filsuf, para ahli dan seniman.

Sumber: Jakartabiennale.net

Sumber: Jakartabiennale.net

Ada juga loh, kompetisi vlog dan blog yang terbuka untuk publik. Selain untuk mengajak pengunjung berpatisipasi dalam acara ini, kompetisi ini juga dibuat untuk untuk meningkatkan awareness pada “Jiwa”.  Sayangnya kompetisi ini udah resmi ditutup tadi malam. Tepatnya pukul 23.59. Hem, sayang banget ya.

Instagram: @jakartabiennale

Instagram: @jakartabiennale

Pembukaan Jakarta Biennale sudah berlangsung pada tanggal 4 November, yang kemudian disusul dengan berbagai acara seperti pameran seni, performance arts, dan simposium. Mulai tanggal 5 November hingga 10 Desember, acara ini diadakan di empat lokasi, yaitu Gudang Sarinah Ekosistem, Museum Sejarah Jakarta, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Institut Français d’Indonésie, Thamrin.

Cocok banget kan buat jadi foto hits di Instagram? (Instagram: @jakartabiennale)

Cocok banget kan buat jadi foto hits di Instagram? (Instagram: @jakartabiennale)

Sayangnya di acara yang bagus ini, ditemukan coret-coretan yang gak seharusnya, yaitu di dinding dekat pintu masuk. Entah itu memang konsepnya atau gimana.  Overall, acara ini pas banget buat generasi millennial. Jakarta Biennale gak hanya menyuguhkan sebuah pameran seni yang dapat dilihat, namun juga dapat dirasakan. Jadi pegunjung bisa nikmatin seninya lebih dalam lagi. Apalagi buat bro sis yang suka seni dan fotografi. Tempatnya Instagram-able banget.

Semoga pengunjung yang datang bisa lebih menghargai karya yang ada, ya. Nah, tunggu apalagi? Acara ini dibuka mulai pukul 11.00 – 19.00 WIB. Buruan datang sebelum ditutup. Jangan sampai nyesel gak kebagian eksis di salah satu pameran seni paling hits ini. Psst, bro sis bisa datang tanpa dipungut biaya alias gratis-tis-tis.

About Author

Chika

Chika

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

00-d-simulcast-streaming

Simulcast dan Streaming: Apa Bedanya?

Meski sama-sama tayang di internet, ada beberapa perbedaan antara sistem streaming dan simulcast. Apa saja perbedaan mas.. more

Yuk, Dukung Game Asal Indonesia Memenangkan International Mobile Gaming Awards Southeast Asia 2017!

Ajang penghargaan mobile gaming terbaik kawasan Asia Tenggara ini sudah mengumumkan nama-nama nominasinya pada 5 Septemb.. more

PENGUMUMAN: Pemenang CIAYO Comics One Shot Challenge Vol. 1

Setelah melewati seleksi ketat dan berbagai penilaian dari juri-juri handal dan berpengalaman di bidang komik, CIAYO Com.. more

ThunderCats Terbaru Menimbulkan Reaksi Negatif Dari Fans Lama

Thundercats akan dibuat ulang. Apakah sambutan para penggemar akan masih tetap sama seperti dahulu?.. more

Dua nama besar game genre FPS saat ini. Sumber gambar: youtube.com

Call Of Duty & Battlefield: Game Simulasi Militer Terpopuler

Jadi game FPS mana yang lebih bagus? CoD atau BF?.. more