Jakarta Games Week 2017: Jawaban Indonesia Untuk Komunitas FGC Dunia

4 months ago
Sumber: Jakarta Games Week

Sebagai bagian dari gamer yang antusias dengan FGC dan game fighting secara general, pasti kalian uda ga asing dengan berbagai turnamen FGC di luar negeri. Misalnya turnamen “EVO” (yang di-klaim sebagai turnamen FGC yang terbesar di dunia).

Maka bisa dibayangkan antusiasme gamer saat mengetahui kalau Indonesia akan menggelar turnamen yang serupa. Dan ga main-main, event ini sudah officially di-endorse oleh brand Triple A seperti Capcom (Capcom Pro Tour) & Bandai Namco Entertainment (Tekken World Tour). Event ini juga akan menampilkan deretan atlit e-sport FGC yang namanya sudah populer di dunia games.

Logo Capcom Pro Tour. Sumber gambar: capcomprotour.com

Logo Capcom Pro Tour. Sumber gambar: capcomprotour.com

Logo Bandai Namco Entertainment Tekken World Tour. Sumber gambar: Google Image Search

Logo Bandai Namco Entertainment Tekken World Tour. Sumber gambar: Google Image Search

Jakarta Games Week 2017 / JGW 2017. Menurut situs resminya (jakartagamefest.com), JGW 2017 merupakan bagian dari Jakarta Game Fest 2017 / JGF 2017 yang akan berfungsi sebagai pembuka event JGF 2017. Konsep utama dari event ini dibagi menjadi beberapa bagian: kompetisi game internasional, kompetisi game nasional, pameran game, dan area demo/testing game.

Poster Jakarta Games Week. Sumber gambar: jakartagamefest.com

Poster Jakarta Games Week. Sumber gambar: jakartagamefest.com

Ada beberapa highlight dari JGW ini (detilnya ada di website JGF), tapi artikel ini akan fokus di bagian “kompetisi game internasional”. Tiga kompetisi internasional yang akan digelar adalah Fighting Game, Pokemon Game, dan Soccer Game.

Abuget Cup 2017

Poster ABUGET CUP 2017. Sumber gambar: jakartagamefest.com

Poster ABUGET CUP 2017. Sumber gambar: jakartagamefest.com

Abuget Cup 2017 merupakan turnamen fighting game di Jakarta Games Week 2017. Abuget Cup 2017 kali ini akan dibanjiri atlet-atlet esports profesional dari wilayah Asia. Setelah tahun lalu sukses digelar, kali ini game Bandai Namco Entertainment “Tekken 7” akan menemani game Capcom “Street Fighter V” sebagai game utama yang akan dipertandingkan.

Tekken 7 Fated Retribution. Sumber gambar: keengamer.com

Tekken 7 Fated Retribution. Sumber gambar: keengamer.com

Street Fighter 5. Sumber gambar: screenshot youtube.com

Street Fighter 5. Sumber gambar: screenshot youtube.com

Selain dua judul utama tadi, game-game lain yang juga dipertandingkan adalah “The King Of Fighters 14” dari SNK, serta “Guilty Geard Xrd: REV 2” dan “Blazblue Central Fiction” (keduanya dari Arc System Works). Para pemenang dari turnamen ini akan mendapatkan kesempatan bertanding di level dunia, yaitu turnamen e-sport FGC terbesar sejagat: “EVO: Evolution Championship Series” yang digelar tahunan secara rutin di Las Vegas, Amerika Serikat sejak 2005.

The King Of Fighters 14. Sumber gambar: blog.us.playstation.com

The King Of Fighters 14. Sumber gambar: blog.us.playstation.com

Guilty Gear Xrd REV 2. Sumber gambar: psu.com

Guilty Gear Xrd REV 2. Sumber gambar: psu.com

Blazblue Central Fiction. Sumber gambar: twinfinite.net

Blazblue Central Fiction. Sumber gambar: twinfinite.net

Abuget Cup sangat mendapat atensi dari para pemain kompetitif FGC maupun pemegang merk ‘game apparel’ terkemuka loh. Hal ini sangat membanggakan, karena secara tidak langsung, Indonesia mulai dilirik sebagai kompetitif yang patut diperhitungkan oleh pasar produsen game FGC seperti Capcom & Namco.

Walau belum ada konfirmasi resmi di website JGF maupun dari para staff pengurus ABUGET CUP, namun dua nama atlit e-sport FGC kondang sudah digadang-gadang akan muncul di ABUGET CUP 2017 dan ikut meramaikan turnamen ini. Di berbagai forum FGC dan media sosial Indonesia sudah santer terdengar kalau “Daigo Umehara” dan “Tanukana” akan muncul di Jakarta Games Week 2017 dan bertanding  di ABUGET CUP 2017. Wow!

Siapakah Daigo Umehara “The Beast” dan Tanukana?

Buat para penggemar FGC, dua nama ini bukanlah nama sembarangan.

Daigo “The Beast” Umehara. Sumber gambar: redbull.com

Daigo “The Beast” Umehara. Sumber gambar: redbull.com

Daigo Umehara, alias “The Beast”, mulai menancapkan image kuat sebagai tokoh penting FGC sejak lama. Apalagi sejak di event EVO 2004, The Beast, dengan kondisi life bar tinggal 1 pixel dapat melakukan comeback mencengangkan. Momen populer tersebut mendapat julukan “EVO Moment #37”. Berikut videonya,

Sebagai atlit e-sport profesional, Daigo Umehara berada di bawah naungan sponsorship brand peripheral video games populer “Mad Catz”. Dia juga bertindak sebagai brand ambassador dari produk-produk Mad Catz.

Kana “Tanukana” Tani. Sumber gambar: famitsu.com

Kana “Tanukana” Tani. Sumber gambar: famitsu.com

Selanjutnya adalah Tanukana. Perempuan pro gamer Tekken ini berasal dari daerah Tokusima, Jepang. Ia mulai dikenal sejak bergabung di grup atlit e-sport professional “Cyclops Osaka”. Performanya yang extraordinary di MASTERCUP.8 akhir 2015 silam mulai melambungkan citra Tanukana sebagai gamer profesional ke level tinggi. Sebagai seorang gamer perempuam, tak heran kalau expose ke Tanukana cukup besar. Karena mau diakui atau tidak, gamer pro perempuan (di bagian FGC pula) masih sangat sedikit jumlahnya yang berprestasi. Dengan skill bermainnya yang tinggi di game “Tekken 7”, bisa dipastikan kalau kehadiran Tanukana di ABUGET CUP 2017 akan menampilkan sebuah kompetisi yang ketat serta seru.

Nah… Jika kamu berkesempatan untuk hadir di Jakarta Games Week 2017 Jakarta, selamat menikmati sebuah pertunjukan kompetisi kelas dunia yang di-endorse brand-brand Triple A dan diikuti oleh nama-nama tenar di dunia e-sport FGC. Dan jika kamu berkesempatan bertanding di ABUGET CUP 2017, tunjukkan kalau kita orang Indonesia juga potensial jadi yang teratas di Fighting Game Community kompetitif! Jakarta Games Week 2017 akan berlangsung pada tanggal 29-30 Juli 2017, di Neo Soho Mall Lt. 4.

 

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

(from : jurnalotaku.com)

3 Cosplayer Imut dari China Ini Bikin Heboh Comifuro 9

Bagi kalian nih guys, yang demen banget sama video game ataupun film bertema anime, pastinya udah gak asing lagi dong de.. more

Sumber: CIAYO Games

CIAYO Games Segera Rilis Game Perdananya

CIAYO Games yang merupakan divisi game dari CIAYO Comics akan segera merilis mobile game perdananya di Indonesia... more

(CIAYO Pictures)

[LIPUTAN] Kemeriahan Indonesia Comic Con 2017

Siapa yang tidak tahu Comic Con, pameran pop culture yang sudah dihelat di berbagai negara ini diselenggarakan juga di I.. more

Menanti Deretan Video Games Terbaik Yang Rilis 2017-2018

Bisnis video game selalu ramai dan bergairah. Game-game baru dan sekuel silih berganti datang menyapa gamers di seluruh .. more

Adegan percintaan di manga tipe shōjo (nicollzg.wordpress.com)

Ahli Statistik Manga Mengungkapkan Apa yang Didambakan Pembaca Manga Wanita

Apa sih yang disukai cewe pembaca manga? Midori Makita, analis manga, menjawabnya... more