James Bond Versi Roger Moore: Dari Yang Terjelek Sampai Terbaik

3 weeks ago
00-d-roger-moore-james-bond

Jika ditanya siapa aktor James Bond yang paling sukses, jawabannya mungkin beragam. Tapi menurut orang tua kita, mungkin jawabannya terbagi dua antara Sean Connery atau Roger Moore. Keduanya sama-sama sukses, namun Roger Moore adalah yang paling langgeng di masanya.

Sebagai James Bond, Roger Moore merupakan salah satu aktor agen rahasia 007 ikonik setelah Sean Connery, Pierce Brosnan, dan Daniel Craig. Ia juga merupakan aktor yang memegang peran James Bond paling lama, sebelum rekor tersebut dipecahkan Daniel Craig.

01 roger moore james bond

Sumber: Hello Magazine

Roger Moore menghembuskan nafas terakhir di usia 89 tahun pada tanggal 23 Mei 2017. Ia wafat setelah bertarung melawan kanker di tubuhnya. Ia juga dilaporkan menderita diabetes, serta di usia 5 tahun pernah terjangkit pneumonia. Berdasarkan surat wasiatnya, Roger Moore dimakamkan secara tertutup di Monako.

Berikut ini adalah 7 film James Bond yang ia bintangi, diurut dari yang terjelek hingga yang terbaik. Jika kamu tertarik mengikuti sejarah James Bond, terutama era Roger Moore, langsung saja disimak daftarnya berikut ini.

7. A View to a Kill

02-roger-moore-james-bond

Sumber: Eonline

Berawal dari sekedar menyelidiki kasus penipuan kuda pacuan, James Bond berhadapan dengan industrialis gila Max Zorin. Zorin yang memiliki industri IT ini berniat untuk menghancurkan Silicon Valley, pusat industri IT terbesar milik Amerika Serikat.

Film terakhir Roger Moore sebagai James Bond ini merupakan salah satu yang terburuk. Salah satu faktor utamanya adalah karena ia sudah terlalu tua. Tercatat, Moore berusia 57 tahun saat memproduksi A View to a Kill. Kamu bahkan nggak perlu tahu fakta itu begitu melihat keriput di wajah Moore. Selain karena Moore tidak begitu atraktif lagi, adegan aksi yang ia lakukan pun terlihat lebih lembek.

Ditanggapi soal hal tersebut, Moore bahkan setuju bahwa saat merekam adegan ia sudah “400 tahun terlalu tua” untuk memainkan peran Bond kembali. Bahkan ia sempat menganggap A View to a Kill sebagai film James Bond yang paling tidak ia sukai.

6. Moonraker

03-roger-moore-james-bond

Sumber: Alamy

James Bond era Roger Moore memang dikenal karena nuansa yang campy dan adegan aksi fantastis nan lebay. Namun, film Moonraker jadi satu film Bond terbaik yang mampu menjelaskan konsep tersebut. James Bond menyelidiki kasus pencurian pesawat ulang alik Moonraker. Penyelidikannya membawa Bond ke hadapan Hugo Drax selaku pemilik Moonraker. Ternyata, Drax menyembunyikan rencana genosida umat manusia, dimana Moonraker menjadi kunci dalam konspirasi tersebut.

Moonraker diproduksi lebih dulu dibanding For Your Eyes Only, untuk membuntuti kesuksesan Star Wars. Bagaimana nggak, Moonraker membawa James Bond ke luar angkasa! Bayangkan belasan satelit pemusnah masal di orbit bumi, serta kekacauan perang laser antara James Bond, pasukan Drax dan astronot marinir Amerika Serikat di luar angkasa. Dalam Moonraker pula kita bisa melihat Jaws, musuh bebuyutan Bond, bekerja sama dengan sang agen MI7.

Banyak kritikus yang menganggap Moonraker sebagai salah satu film Bond terlemah karena terlalu fantastis dan terlalu sci-fi. Namun, adegan aksi dan set pieces yang disajikan sudah sangat menghibur. Roger Moore juga tampil prima dalam film ini, baik secara fisik maupun psikis.

5. Octopussy

04-roger-moore-james-bond

Sumber: Cinema.de

Kali ini, James Bond ditugaskan untuk menyelidiki kasus pencurian perhiasan dan artifak oleh seorang jendral Soviet. Petunjuk yang ditemukan Bond mengarah pada pangeran Afghanistan bernama Kamal Khan dan rekannya, Octopussy. Bond harus berhati-hati karena ia berhadapan dengan konspirasi Soviet untuk memperluah pengaruhnya di sisi barat Eropa.

Layaknya film-film James Bond era Roger Moore, Octopussy merupakan film James Bond yang menghibur. Di saat bersamaan, Octopussy juga merupakan film dengan momen terbodoh yang pernah ada. Dalam film ini, James Bond mengenakan kostum badut, kostum gorila, dan berayun layaknya Tarzan (tak lupa dengan lolongan khasnya!).

Karakter Octopussy yang awalnya terlihat sebagai penjahat, ternyata didapuk sebagai seorang Bond Girl, sidekick perempuan di tiap film James Bond. Karenanya, Octopussy dianggap sebagai salah satu Bond Girl terburuk.

4. The Man with the Golden Gun

05-roger-moore-james-bond

Sumber: 007

MI6 mendapat kiriman peluru emas dengan ukiran angka 007. Konon ini adalah ulah dari Francisco Scaramanga, pembunuh yang memiliki pistol emas dan senang mengintimidasi targetnya. MI6 kemudian membeba tugaskan James Bond demi keselamatannya, namun ia memilih untuk mencari Scaramanga sendiri.

The Man with the Golden Gun menjadi film James Bond terakhir yang dipegang Guy Hamilton. Ia memasukkan banyak pengaruh ke dalam film ini, seperti masalah krisis energi dan juga film silat Asia. Lokasi film pun diambil di Asia seperti Thailand, Hongkong, dan Macau.

Beberapa kritikus menganggap film ini memiliki cerita yang lemah dan membosankan. Namun pujian juga dihaturkan kepada Christopher Lee yang memainkan sosok Scaramanga. Adegan kejar-kejaran mobil di sini pun dipuji karena menampilkan adegan lompatan yang membuat mobil Bond berputar 360 derajat di udara.

3. Live and Let Die

06-roger-moore-james-bond

Sumber: 007

Inilah film pertama Roger Moore sebagai James Bond, menggantikan Sean Connery. Di sini, James Bond menyelidiki kematian tiga agen rahasia yang terhubung dengan seorang raja narkoba bernama Mr. Big. Mr. Big ternyata adalah nama samaran dari Dr. Kananga, penguasa San Monique yang menjadi pusat perkebunan opium.

Live and Let Die punya keseimbangan antara realisme dan set piece fantastis. Film ini mampu menyajikan formula klasik James Bond dalam kemasan yang modern pada masanya. Selain itu, ada pula sisi mistik dimana James Bond harus bertarung melawan dukun voodoo/ahli nujum.

Ingatan akan Sean Connery dan George Lazenby masih melekat di kepala, sehingga penampilan Roger Moore mau tak mau dibandingkan dengan mereka. Dalam peran pertamanya, Moore sulit meyakinkan kritikus akan sosok baru James Bond yang lebih santai dan penggombal. Satu hal lain yang cukup mengganggu adalah Live and Let Die menjadi salah satu film James Bond yang paling rasis terhadap orang kulit hitam.

2. For Your Eyes Only

07-roger-moore-james-bond

Sumber: Iconic Alternatives

Jika Star Wars muncul lebih telat, mungkin For Your Eyes Only akan dibuat lebih dulu dibanding Moonraker. James Bond kali ini diminta untuk menemukan alat enkripsi milik Inggris agar tidak jatuh ke tangan penjahat. Ketakutan MI6 nampak beralasan, karena Soviet Juga berniat mencuri alat tersebut.

Jika Moonraker mewakili film era Roger Moore yang paling lebay, maka For Your Eyes Only menjadi film yang paling realistis. Tema yang disuguhkan lebih realistis dan gelap, berkisar tentang balas dendam serta konsekuensinya.

Kritikus mengklaim For Your Eyes Only sebagai film James Bond bernuansa klasik yang patut disejajarkan dengan film era Sean Connery. Roger Moore tampil tanpa neko-neko, dengan adegan aksi yang menegangkan.

1. The Spy Who Loved Me

08-roger-moore-james-bond

Sumber: 007

The Spy Who Loved Me menjadi film James Bond terbaik dalam era Roger Moore. Di film ini, James Bond menyelidiki kasus menghilangnya kapal selam milik Inggris dan Soviet. Dalam investigasinya, James Bond dibantu oleh agen Anya Amasova dari Soviet. Dalam sebuah plot twist, James Bond ternyata adalah pembunuh kekasih Anya!

The Spy Who Loved Me diterima positif karena menampilkan berbagai adegan yang terus membekas di bayangan penonton dan fans. Gadget milik Bond juga sangat canggih, seperti mobil Lotus Esprit yang bisa menyelam ke dalam laut dan disenjatai torpedo.

Interaksi karakter jauh lebih down to earth, namun tak melupakan esensi yang menjadikan film era Roger Moore menyenangkan. Set dan gimmick yang disajikan tetap terasa lebay, plus karakter Anya yang merupakan salah satu Bond Girl favorit. Jika kamu tertarik menonton film James Bond era Roger Moore, maka The Spy Who Loved Me jadi titik start yang cocok buat kamu.


Selepas pensiun dari film Bond, berbagai aktor datang mengisi sepatu sang agen rahasia. Timothy Dalton, Pierce Brosnan, dan Daniel Craig sudah merasakan bahayanya hidup seorang agen 007. Namun bagi sebagian orang, sosok Roger Moore tetaplah James Bond yang ideal.

Apa kamu setuju dengan daftar di atas? Jangan pupa share pendapatmu tentang film James Bond era Roger Moore terbaik di kolom komentar.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber: Okezone

JKT48: Seniman, Antara Karya dan Seniman itu Sendiri

“Kalau udah jadi orang terkenal, hidup lo bukan milik lo lagi. Hidup lo milik semua orang.” Begitu kata salah satu t.. more

https://www.facebook.com/inariipb/

Inari Matsuri, Event Jejepangan Anak IPB

Gak terasa Inari Matsuri (I-M@TS) semakin dekat! I-M@TS sendiri merupakan acara yang diadakan oleh IPB Nihon Arts and Cu.. more

sumber: www.youwereneverreallyhere.movie

You Were Never Really Here : Saat Keadilan Membuat Hidup Penuh Luka

Tema tentang keadilan saya rasa sudah sangat sering diangkat ke dalam film, namun membicarakan tentang keadilan sering k.. more