Jason Momoa, Aktor Macho yang Tak Hanya Jadi Aquaman Saja. Penampilan Polos Tanpa Kumisnya Bikin Pangling!

11 months ago
Sumber gambar: allure.com

Jason Momoa.

Beberapa tahun yang lalu nama aktor ini mungkin tidak seheboh atau populer seperti aktor-aktor Hollywood lainnya. Dan itu wajar saja. Karena awal-awal karir Momoa kebanyakan berada di televisi.

Pria dengan nama lengkap Joseph Jason Namakaeha Momoa ini lahir pada tanggal 1 Agustus 1979. Merasa heran dengan nama yang dia sandang? Itu bukan hal aneh. Jason lahir di Honolulu, Hawaii. Ayah Jason merupakan warga asli Hawaii sementara ibunya campuran antara ras Jerman, Irlandia serta Native American (yang dulu populer disebut sebagai “Indian” akibat salah kaprahnya Christopher Colombus).

Jason kecil dibesarkan oleh ibunya di Iowa State hingga masa kuliah di bagian biologi kelautan sebelum kemudian kembali ke Hawaii untuk berkumpul dengan ayahnya. Jason dikenal sebagai petualang di era remaja dia, seperti pergi belajar melukis ke Paris hingga belajar soal Buddhist di Tibet. Gokil abis yah, bro sis?

Tapi wajah yang tampan serta khas itu membawanya ke karir showbiz.

Jason Momoa saat lebih muda. Sumber gambar: hawaiianjesus.com

Jason Momoa saat lebih muda. Sumber gambar: hawaiianjesus.com

Dimulai dari tahun 1998 saat dia menjadi model untuk desainer Takeo Kobayashi, di tahun berikutnya Jason memenangkan Hawaii’s Model of the Year. Jason ikut casting (dan lolos) serial TV Baywatch di usia 19 tahun. Sebagai keturunan orang Hawaii, tentu saja kemampuan berenang Jason termasuk cocok untuk serial ini. Itu pula nanti yang akan membawa Jason ke peran yang membuatnya dikenal sebagai superhero penguasa lautan.

Jason Momoa di serial TV Baywatch. Sumber gambar: elitedaily.com

Jason Momoa di serial TV Baywatch. Sumber gambar: elitedaily.com

Momoa mendapatkan peran penting sebagai Conan the Barbarian di film remake Conan yang dulu mempopulerkan Arnold Schwarzenneger di tahun 2011. Tapi sebelumnya dia berperan di serial TV Stargate: Atlantis dimana perannya termasuk yang populer di kalangan fans; terutama karena model rambut dreadlocks alias gimbal yang dia pakai selama syuting.

Arnold lebih berotot tapi wajar karena Arnold memang bodybuilder pada masanya. Sumber gambar: bostonherald.com

Arnold lebih berotot tapi wajar karena Arnold memang bodybuilder pada masanya. Sumber gambar: bostonherald.com

Peran lain yang membuat Jason Momoa terkenal sebagai aktor macho dan “laki banget” tentu saja peran sebagai Khal Drogo di serial TV Game of Thrones dari stasiun TV berbayar HBO. [Inilah Alasan Mengapa Serial TV Game of Thrones Sangat Populer di Pasaran]

Khal dan Khaleese Dothraki. Sumber gambar: glamour.com

Khal dan Khaleese Dothraki. Sumber gambar: glamour.com

Buat banyak orang, perannya sebagai pemimpin Dothraki, suku petarung pengembara mirip bangsa Mongol, sangat berkesan walau kesannya terlihat brutal. Siapa yang bisa lupa akan apa yang dilakukan Khal Drogo pada istrinya di malam pengantin mereka? Brutal. Tapi ya itulah akting, dan Jason Momoa berhasil menghidupkan sosok Drogo yang ganas tapi perlahan melembut karena istrinya, Daenarys Targaryen.

Liar dan brutal. Tapi perlahan berubah. Sumber gambar: gameofthrones.wikia.com

Liar dan brutal. Tapi perlahan berubah. Sumber gambar: gameofthrones.wikia.com

Tapi apa Jason Momoa yang asli seganas Khal Drogo? Sepertinya tidak juga.

Jason Momoa menikah dengan aktris Lisa Bonet. Yang sempat nonton serial TV “The Cosby Show” dulu di TVRI pasti ingat Lisa Bonet. Lisa dan Jason dikenalkan oleh teman mereka dan mereka sempat pacaran lama sebelum menikah. Dari hubungan tersebut lahir putri mereka bernama Lola Iolani Momoa dan seorang putra yang diberi nama khas Hawaii, yakni Nakoa-Wolf Manakauapo Namakaeha Momoa (buset panjang bener nama anakmu, Jason….). Menurut ibunya Jason, nama tersebut punya arti khusus. Nakoa berarti “warrior/petarung”. Mana artinya “spirit/kekuatan jiwa”. Sementara Kaua (“hujan”) dan Po (“gelap”) mewakili kondisi cuaca saat bayi laki-laki itu dilahirkan. Dan Namakaeha merupakan nama yang Jason dapatkan juga dari ayahnya. Fun fact: Lisa Bonet dulu adalah istri dari rocker gaek Lenny Kravitz, dimana mereka punya satu putri bernama Zoe Kravitz.

Keluarga Jason Momoa. Sumber gambar: eonline.com

Keluarga Jason Momoa. Sumber gambar: eonline.com

Peran Aquaman yang didapatkan oleh Momoa dikonfirmasi pada Oktober 2014. Saat wartawan menanyakan kesiapan dia menjadi Raja Atlantis dan mengubah citra culun yang sebelumnya disandang Aquaman [Citra Aquaman Lebih Bersinar di Film Justice League, Yes or No?]. Momoa menjawab kalau dia tentu saja siap memberikan citra baru untuk karakter Aquaman seperti harapan para fans. Dan saat pertanyaan lain muncul “apakah persiapan itu termasuk kemampuan berenang?”, Jason Momoa menyeringai sambil berkata “Kemampuan berenang? Bro, aku ini orang Hawaii. Menurutmu bagaimana?”. Sebuah kepercayaan diri yang tinggi untuk memerankan karakter superhero yang identik sebagai penguasa lautan.

Hilang sudah citra culun Aquaman. Sumber gambar: comicbook.com

Hilang sudah citra culun Aquaman. Sumber gambar: comicbook.com

Dengan tongkrongan macho dan bodyshape yang mendukung peran sebagai lelaki jagoan, Jason Momoa memang ideal memerankan karakter pria macho dan manly di film bioskop maupun serial televisi yang dia bintangi. Dan saat ini fans sudah menantii film solo Aquaman yang akan ditayangkan Desember 2018 nanti. Fun fact: hanya film Aquaman yang berasal dari DCEU untuk tahun ini, sementara film dari MCU jauh lebih banyak.

Apa bro sis juga menantikan akting Jason Momoa sebagai Aquaman? Atau mungkin tertarik melihat-lihat portfolio film yang sudah dibintangi Jason Momoa, baik di televisi maupun bioskop? Jika punya opini mengenai film maupun sosok Jason Momoa, bro sis bisa menuliskannya di bagian komentar ya!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Dirga Deka

Komikman, Pengisi Waktu Luang yang Sekarang Terkenal

Siapa yang gak tau sama “Komikman”? Di Instagram sendiri nama Komikman udah bukan hal asing. Komik strip terkenal in.. more

Sumber: faustusnotes.worpress

Di Jepang ada Festival Khusus Untuk Berterima Kasih Kepada Boneka loh!

Menjelang musim gugur di Jepang terdapat sebuah festival yang bertujuan untuk menghormati dan berterima kasih atas jasa .. more

Sumber: pinterest.com

Chronestesia: Mesin Waktu Dalam Otak Manusia

Film dan buku fiksi yang memakai tema balik ke masa lalu atau tokoh yang punya kekuatan teleporter bisa pergi ke suatu m.. more

Sumber: gameranx.com

Pokemon GO Adalah Sebuah Penistaan

Yang saya maksud penistaan disini adalah.. more