Apa Jadinya Kalau Jason Momoa Berperan Sebagai Lobo?

4 months ago
00-jason-momoa-lobo

Saat ini nama Jason Momoa dan Aquaman merupakan tema pembicaraan yang sedang hot di kalangan penggemar komik dan film (superheroes) dunia.

Dan keduanya memang layak jadi bahan pembicaraan. Jason Momoa secara gemilang berhasil menghidupkan peran sosok jagoan superhero DC Comics yang dulu, secara tradisional, tidak terlalu mengilap reputasinya. Tidak seperti Superman, Batman, Wonder Woman, dan bahkan The Flash. Aquaman was a joke. Aquaman dulu lebih sebagai sosok komedik di antara para superhero DC Comics lain. Sebagian besar alasan karena kemampuan yang dianggap tidak keren karena hanya berlaku di air / lautan saja.

Film solo Aquaman (setelah sebelumnya ‘pemanasan’ di film “Batman v Superman: Dawn of Justice serta “Justice League”) dengan pemeran utama Jason Momoa mengubah citra Aquaman dengan sempurna. Dari jagoan nggak diperhitungkan sebagai sosok penting menjadi superhero yang membuat semua orang, fans komik atau tidak, terpesona.

Film Aquaman (Sumber: Cleveland)

Film Aquaman (Sumber: Cleveland)

Baca juga: Jason Momoa, Aktor Macho yang Tak Hanya Jadi Aquaman Saja. Penampilan Polos Tanpa Kumisnya Bikin Pangling!

Jason Momoa mungkin sudah ditakdirkan untuk menghidupkan sosok fiksi fantasi menjadi nyata dengan citra macho, gahar dan ‘laki banget’ ?

Ini sudah terlihat di peran-peran yang dia lakukan sebelumnya; seperti Ronon Dex di serial TV “Stargate Atlantis” atau di serial TV yang arguably melambungkan nama dan citra Jason Momoa sebagai total badass: “Game of Thrones”.

Peran Momoa sebagai Khal Drogo sangat memorable walau hanya untuk satu season. Yang nge-fans Jason Momoa sebelum film Aquaman bisa jadi mulai nge-fans dia saat berperan di Game of Thrones itu.

Jason Momoa sebagai Khal Drogo (Sumber: Joe.ie)

Jason Momoa sebagai Khal Drogo (Sumber: Joe.ie)

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Serial TV Game Of Thrones Sangat Populer. Penasaran?

Nah… Karena kemampuan Jason Momoa membangun citra macho itulah, muncul pemikiran dan opini di kalangan penggemar komik (terutama komik DC Comics) kalau sebenarnya Jason Momoa akan lebih ideal berperan sebagai “Lobo” ketimbang “Aquaman”.

Mengapa begitu? Siapa Lobo ini?

Lobo. Karakter komik DC Comics (Sumber: Den Of Geek)

Lobo. Karakter komik DC Comics (Sumber: Den Of Geek)

Lobo merupakan karakter DC Comics ciptaan Roger Slifer & Keith Giffen yang muncul perdana di serial “Omega Men #3” bulan Juni tahun 1983. Karakter ini diciptakan sebagai bandit/supervillain alias antagonis. Dia adalah alien dari planet Czarnia dengan penampilan sangar dan profesi sebagai pemburu buronan berhadiah yang beroperasi antar planet.

Dengan body gede, rambut gondrong serta penampilan sangar, Lobo mulai merambah dunia komik DC di era ‘80an. Namun sayang penulisan cerita untuk karakter ini tidak mampu menghidupkan Lobo agar menarik sehingga ‘karir’ nya sempat meredup. Namun tidak terlalu lama, karena kemudian ia mengalami kondisi ‘rebranding’ menjadi tokoh antihero: alias bukan antagonis namun juga bukan tokoh baik/protagonis.

Debut Lobo ada di komik ini (Sumber: eBay)

Debut Lobo ada di komik ini (Sumber: eBay)

Menjadikan Lobo sebagai karakter antihero merupakan keputusan tepat karena kemudian di era ‘90an karakter ini semakin dikenal dan sering menjadi cameo atau melakukan cross-over dengan karakter komik DC lain.

Lobo cari ribut dengan Superman? Pernah!

(Sumber: Wikia)

(Sumber: Wikia)

Dia juga sempat pernah mendapatkan Red Lantern Ring, yang merupakan item supervillain serial “Green Lantern”.

(Sumber: Comicvine Gamespot)

(Sumber: Comicvine Gamespot)

Seperti kebiasaan komik-komik franchise Amerika, desain Lobo mengalami perubahan-perubahan sejak pertama muncul tahun 1983 namun secara prinsip desain karakternya tetap mengacu pada karakteristik macho, brute dengan citra badass alias jagoan sangar.

Kulit pucat seperti warna kapur papan tulis, ekspresi wajah bengis serta cerutu di bibir, Lobo merupakan personifikasi seorang karakter antihero yang sulit untuk dibenci walau jelas ngeselin.

Konsep desain Lobo dari Kenneth Rocafort (Sumber: Concept Art World)

Konsep desain Lobo dari Kenneth Rocafort (Sumber: Concept Art World)

Jadi saat Jason Momoa, yang secara default memiliki tongkrongan khas Lobo, ditunjuk sebagai Arthur Curry alias Aquaman, beberapa suara terdengar tidak terlalu menyetujui hal itu.

Memang Aquaman di versi modern (New 52 & Rebirth) memiliki desain lebih macho ketimbang versi-versi awal Aquaman yang klimis dan ‘culun’. Desain modern Aquaman matching dengan tongkrongan Jason Momoa secara default. Brewok, gondrong, dengan body segede gaban. Dan hasil akhir film Aquaman (termasuk di Batman v Superman & Justice League) membuktikan kalau penunjukan Jason Momoa sebagai Aquaman adalah keputusan tepat.

Aquaman versi komik & film (Sumber: What Culture)

Aquaman versi komik & film (Sumber: What Culture)

Baca juga: Citra Aquaman Lebih Bersinar Di Film Justice League? Yes or No?

Tapi bagaimana kalau seandainya dia ditunjuk memerankan Lobo ketimbang Aquaman?

Menurut saya hasilnya akan sama keren; walau itu tergantung skenario dan pengarahan yang diterima oleh Momoa. Film Aquaman keren karena ditangani dengan bagus oleh James Wan. Jika film Lobo dibuat, kita tidak tahu siapa yang akan ditunjuk oleh DC Comics/Warner Bros. sebagai sutradara.

Begitu pula dengan skenario yang akan digunakan. Apakah dari origins asli Lobo tahun 1983, atau interpretasi lebih modern dari karkater ini?

Saya tidak terlalu kuatir dengan akting Momoa jika berperan sebagai Lobo. Karena dia bukan sekedar aktor yang hanya berbekal body gede atau wajah ganteng. Berperan sebagai antihero seperti Lobo tidak akan jadi persoalan serius untuk Jason Momoa.

Tapi karena Momoa kini sudah identik, dan bahkan menurut saya sudah menciptakan sebuah “Gold Standard” untuk Aquaman (seperti yang sudah sukses dilakukan Robert Downey Jr. “Iron Man” atau Chris Hemsworth “Thor”), bakal sulit melihat film Aquaman jika bukan diperankan oleh Jason Momoa di masa depan nanti. Sehingga mustahil melihat dia berperan sebagai Lobo; walaupun peran itu dikatakan sangat cocok untuknya.

Baca Juga: Aquaman: Eksperimen Indah dan Mengerikan Dari James Wan

Sepertinya memang cocok? (Sumber: Comicvine Gamespot)

Sepertinya memang cocok? (Sumber: Comicvine Gamespot)

Akan sulit bagi Jason Momoa untuk sekaligus menciptakan citra dua karakter komik jagoan yang berasal dari sindikasi sama.

Aquaman dan Lobo adalah IP DC Comics. Jadi akan aneh jika Aquaman dan Lobo diperankan oleh aktor yang sama. Walaupun kasus seperti itu pernah dialami oleh Marvel untuk karakter “Human Torch” dan “Captain America”, yang mana pernah diperankan oleh aktor yang sama: Chris Evans. Tapi kini peran Human Torch ada di tangan Michael B. Jordan. Yang juga pernah berperan di film “Black Panther” sebagai Killmonger. Tapi perannya sebagai Killmonger sudah selesai. Dan (sepertinya) tidak mungkin kembali.

“Human Torch” Chris Evan x Human Torch Michael B. Jordan (Sumber: Reddit)

“Human Torch” Chris Evan x Human Torch Michael B. Jordan (Sumber: Reddit)

Baca juga: Artis Ini Gak Malu Ngaku Sebagai Otaku!

Tapi itu di Marvel. Sementara situasi yang sama belum tentu terjadi di DC Comics.

Jadi seberapa greget seandainya Jason Momoa berperan sebagai Lobo? Tentu akan greget banget. Saya yakin Momoa akan menghidupkan Lobo dengan keren di layar film. Tidak diragukan.

Namun saat ini Jason Momoa adalah Arthur Curry alias Aquaman. Raja Tujuh Samudera dari Atlantis. Dan dia melakukan pekerjaan itu dengan sangat baik. Sehingga bisa dipastikan kalau di film Aquaman berikutnya (atau film dimana Aquaman muncul) Jason Momoa akan mengulangi peran tersebut.

Sehingga sulit bagi Momoa untuk berperan ganda sebagai Lobo selagi publik masih menyukainya sebagai Aquaman.

Kalau begitu, siapa yang bisa cocok memerankan Lobo seandainya DC Comics & Warner Bros. tiba-tiba membuat film Lobo?

Salah satu teman media sosial saya mengatakan “Ron Perlman!”. Perlman sendiri bukan aktor asing di peran superhero/antihero karena pernah berperan sebagai “Hellboy”. Jika di dandani dengan make-up yang tepat, mungkin dia cocok berperan sebagai Lobo? Mungkin. Tapi andaikan bukan Josh Brolin, Ron Perlman kayaknya oke jika berperan menjadi Cable-nya “Deadpool” walau usianya tidak lagi muda.

Ron Perlman & Cable (Sumber: Screen Rant)

Ron Perlman & Cable (Sumber: Screen Rant)

Tapi tak hanya Ron Perlman. Bagaimana dengan aktor-aktor lain seperti di foto berikut?

(Sumber: Jolygram)

(Sumber: Jolygram)

Menurut kamu sendiri bagaimana? Suarakan pendapatmu!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Sumber : Steamcommunity.com

10 Game Pilihan Dibawah 100 Ribu Rupiah Selama Steam Winter Sale!!

Setiap akhir tahun, Steam sebagai digital game distributor terbesar selalu memberikan diskon besar-besaran pada hampir s.. more

Ajin

Review Film Live-Action Ajin-Demi Human: Aksi Berbalut Persepsi tentang Kebenaran

Ajin, adalah sebutan bagi para makhluk setengah manusia, atau bisa disebut juga Demi-Human. Ajin ditemukan 26 tahun lalu.. more

superherohype.com

Film Alita Hadir dengan Tokoh Menyerupai Karakter Anime

James Cameron, director film Avatar dengan Robert Rodriguez, director film Sin City, membuat film dengan genre sci-fi te.. more

00-d-film-monster-hunter

Milla Jovovich Kembali Bintangi Adaptasi Film Game Capcom, Monster Hunter

Setelah Resident Evil, pasangan suami-istri Paul W.S. Anderson dan Milla Jovovich akan kembali membuat film baru dari IP.. more

marvelcomicnews.com

Mengungkap Identitas Mutan yang Akan Muncul di ‘Deadpool 2’

Akhirnya trailer terakhir dari sekuel ‘Deadpool’ keluar juga! Trailer ini semakin menarik karena terlihatnya mutan-m.. more