Jepang Kewalahan Menghadapi Situs Komik Bajakan

5 months ago
Sumber: wired.com

Di Jepang, kalau kamu ingin membaca komik secara digital, berarti kamu harus subscribe dan membayarnya secara legal. Begitu juga dengan menonton anime. Masyarakat di Jepang dikenal dengan kepribadian yang patuh dengan peraturan hukum. Tapi apakah sekarang masih sama?

Perkembangan teknologi mengubah banyak hal, salah satunya adalah kemudahan dalam mengakses apapun di internet. Sayangnya, gak semua akses yang dilakukan adalah legal. Website penyedia konten ini biasa dikenal sebagai pirate sites atau situs bajakan. Akses situs bajakan ternyata gak hanya dibuka oleh penggemar manga internasional aja, tapi juga masyarakat Jepang. Akibatnya, Japan Cartoonists Association (Nihon Manga Kyokai) perlu bertindak.

Sumber: asia.nikkei.com

Sumber: asia.nikkei.com

Situs bajakan ini menawarkan konten gratis untuk orang yang mau membaca komik. Komik yang ditampilkan pun ialah komik yang biasanya sudah di scan, lalu di terjemahkan ke bahasa inggris (untuk penggemar internasional). Konten gratis yang disediakan ini gak meminta persetujuan dari pemegang hak cipta yaitu kreator dan penerbit terlebih dahulu.

Bersamaan dengan semakin berkembangnya teknologi smartphone, semua orang jadi lebih suka untuk membaca komik dalam bentuk e-comic lewat handphone. Hal ini juga menjadi alasan dari tingginya penghasilan yang didapat dari penjualan konten e-comic yang sayangnya, juga menambah jumlah kehadiran website illegal. Bisa dibayangkan efek buruk yang muncul dari situs pembajakan ini untuk Jepang. Sementara Jepang sendiri memperoleh pendapatan yang sangat tinggi hasil dari penjualan komik dan anime.

Sumber: www.lingualift.com

Sumber: www.lingualift.com

Website illegal ini banyak diakses oleh anak muda atau remaja dibandingkan oleh orang dewasa. Hal ini menjadi concern besar bagi Japan Cartoonist Association, sampai mereka merilis pernyataan yang meminta orang-orang untuk berhenti mengakses situs bajakan.

Dalam pernyataannya, mereka menjelaskan “bahwa penting bagi kreator dan audience untuk benar-benar terkoneksi dalam perputaran hubungan ini. Sayangnya, akhir-akhir ini kami sebagai kreator merasa sudah dikeluarkan dari perputarannya. Faktanya, posisi kreator sudah diambil oleh situs pembajakan yang tidak memiliki hubungan sama sekali dengan usaha yang dikeluarkan dalam membuat karya dan meraih keuntungan sendiri.

Sumber: quora.com

Sumber: quora.com

Banyak kreator komik muda yang menampilkan karya mereka pertama kali dalam situs komik yang menjual e-comic secara berbayar dan legal. Kreator komik ini banyak menggantungkan harapan mereka dari rating pembaca dan jumlah audiens.

Sumber: wowjapan.asia

Sumber: wowjapan.asia

Makanya, organisasi J.C.A benar-benar serius dalam mengungkap pemikiran mereka terhadap situs illegal yang mulai banyak berkembang juga di Jepang. Organisasi ini berharap agar semua pembaca bisa menghargai karya kreator komik lebih baik lagi. Semua kreator pasti senang kalau tahu komik mereka banyak dibaca oleh penggemar. Hanya saja, mereka juga tidak bisa melanjutkan karya mereka kalau nggak mendapat kompensasi yang cukup, kan? Hal ini juga bisa dijadikan pengingat buat diri kita sebagai audiens dan penggemar komik.

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Film pertempuran Jaegers versus Kaiju tahun depan. Sumber gambar: youtube.com

Next Year! Pacific Rim Uprising Akan Memiliki Robot Dan Jagoan Baru

Timeline film Pacific Rim pertama berakhir tahun 2025, sementara timeline Pacific Rim: Uprising ini adalah sepuluh tahun.. more

Sumber: http://people.com

Selain Jumanji, Ini Dia 10 Film Wajib Tonton yang Dibintangi The Rock

Lewat film “Jumanji: Welcome to the Jungle”, nama Dwayne Johnson atau yang lebih dikenal dengan sebutan “The Rock.. more

Joged Bumbung, Warisan Budaya yang Dicap Negatif. Mengapa Bisa Demikian?

Pernah dengar Joged Bumbung? Mengapa orang tua yang seharusnya mengawasi anak-anaknya, malah membiarkan anaknya ikut men.. more

00-d-playstation-vita

Sony Hentikan Produksi Cartridge Game PSVita

Dengan menurunnya produksi game Playstation Vita, Sony memutuskan untuk tidak membuat cartridge game PS Vita dan fokus k.. more

Despicable Me 3 (Sumber: Universal Pictures)

DESPICABLE ME 3: Banyak Kejutannya!

Kegagalannya menangkap Balthazar Bratt, villain baru Despicable Me menyebabkan Gru (Steve Carell) dan Lucy (Kristen Wiig.. more