Apakah Jim Gordon Terancam Gantung Lencana Di Serial TV Gotham?

2 months ago
00-gotham-d

Masih terngiang jelas di ingatan, reaksi awal saya 3,5 tahun yang lalu, ketika pertama kali mengetahui, DC bersama Warner Bros Television dan FOX, akan memproduksi sekaligus merilis seri yang berdasarkan mitologi Batman ini.

Kala itu reaksi saya adalah excited campur was-was. Excited karena sebagai Batman fanboy saya akan disuguhkan konsep kisah Batman yang benar-benar fresh, namun di saat yang sama, juga merasa was-was kalau-kalau nantinya, premis / konsep segar ini, malah berujung mengecewakan.

Pasalnya, sebagai fanboy yang sejak kecil dibesarkan oleh adaptasi seri / film Batman yang fokus karakter utamanya adalah sosok Bruce Wayne, maka tidaklah heran ketika saya merasa agak “ganjil” mengetahui bahwa Komisaris Polisi kota Gotham, Jim Gordon, yang justru akan menjadi fokus karakter utamanya di seri ini.

Namun terlepas rasa was-was tersebut, saya tetap berpikir positif, “mungkin saja bagus”. Dan benar saja, ketika episode pertama musim perdananya ditayangkan pada tanggal 22 September 2014, saya langsung menyukai seri yang diemban oleh Bruno Heller ini.

01-gotham-gordon-wayne

Jim Gordon (Ben McKenzie) dan Bruce Wayne (David Mazouz). (Sumber: Scriptshadow)

Salah satu faktor utamanya dikarenakan kejeniusan Heller cs yang mampu menampilkan sebuah adaptasi yang terlihat dan terasa seperti kebanyakan seri-seri police procedural (CSI, NCIS, Criminal Minds), namun di saat yang sama, tidak menghilangkan sama sekali unsur mitologi Batmannya.

Belum lagi, di dua musim pertamanya, Heller benar-benar memfokuskan plotnya terhadap usaha Gordon (McKenzie) yang benar-benar ingin membantu Bruce (Mazouz) untuk memecahkan misteri kematian kedua orang tuanya, Thomas dan Martha Wayne.

Dan seperti kita tahu, kematian sosok terdekat Bruce tersebut, memanglah merupakan salah satu misteri terbesar yang sangat membuta kita penasaran selama bertahun-tahun (well, terkecuali bagi yang sudah membaca seluruh komik Batman).

Rasa ketertarikan saya pun semakin menggila, sosok villain bernama Jerome Valeska (Cameron Monaghan), juga ditampilkan di musim pertamanya.

02 gotham ras

Alexander Siddig sebagai Ra’s Al Ghul (Sumber: Comicbook)

Namun, memasuki musim ke-3, sayangnya rasa ketertarikan saya kian berkurang. Karena makin lama terasa seperti seri “semi Batman” ketimbang seri Gotham.

“Loh kan seri ini, memang berdasarkan Batman?” Memang betul, namun perlu diingat lagi bahwa cerita ini adalah mengenai kisah hidup Gordon jauh sebelum akhirnya menjadi sosok komisaris polisi ikonik di kota Gotham. Memang, fokus terhadap Gordon-nya masih dominan. Tapi, di saat yang sama, kian lama, seri ini kian mengarah juga terhadap perjalanan Bruce remaja untuk menjelma menjadi si manusia kelelawar.

Dan hal ini terbukti dengan plot pendukung seperti: Bruce yang diculik oleh organisasi rahasia pengawas kota Gotham, The Court of Owls, bertemu dengan calon mentor yang juga merangkap sebagai musuh bebuyutannya, Ra’s Al-Ghul (Siddig) dan, yang teranyar (baca: di musim 4), dirinya menjelma menjadi sosok vigilante pre-Batman.

Padahal seperti kita tahu, di komiknya seluruh peristiwa di atas, barulah terjadi ketika Bruce sudah benar-benar dewasa. Dan sekali lagi, tidak hanya hal ini terlihat sangat maksa dan sedikit mengacaukan fokus premis awal serinya, namun di saat yang sama, juga terlihat “merusak” seluruh mitologi yang telah kita ketahui selama bertahun-tahun.

03-gotham-smallville

Smallville. (Sumber: What’s On Netflix)

“Loh seri Smallville bukannya dulu juga seri semi-Superman ya?” Ya, memang seiring berjalannya musim, seri hit yang berdasarkan mitologi Superman ini, juga terasa seperti Gotham.

Tapi bedanya disini, dari awal, premis Smallville  memanglah mengenai kehidupan yang dijalani oleh sosok Clark Kent (Tom Welling) remaja di kampung halaman buminya, Smallville. Jadi ya fokus karakternya memang adalah Supes.

Terlepas seri ini juga menampilkan sosok-sosok villain ikonik Superman dan anggota-anggota Justice League muda, tidak seperti Gotham yang sekali lagi menampilkan sosok Bruce remaja yang sudah mengenakan kostumnya (walau ya bukan kostum Batman), Smallville di dalam perjalanan 10 musimnya, tidak pernah sekalipun menampilkan Clark mengenakan kostum Supermannya.

Bahkan di ending episode terakhirnya saja, seri ini hanya menampilkan Clark yang sedang bersiap untuk menampilkan kostum “S” nya itu. Kala itu hal ini cukup mengecewakan sebagian besar fans. Tapi, kalau kita telaah lagi, langkah tersebut sebenarnya merupakan langkah yang super jenius.

Hal itu  membuat audiens tidak lupa dan tetap merasa menyaksikan seri Smallville ketimbang “semi Superman.” Mungkin inilah yang tidak disadari atau sedikit dilupakan oleh Heller cs ketika memproduksi musim ketiga dan keempat seri Gordon sejauh ini.

04-gotham-bruce-selina

Bruce Wayne dan Selina Kyle (Camren Bicondova). (Sumber: Nerdist)

Kalau meihat di berbagai kolom komentar media sosial, lumayan banyak juga fans yang merasakan hal yang serupa. Bahkan, tidak sedikit juga yang sudah memutuskan berhenti menyaksikan seri ini. Nah, melihat fakta ini, pastinya kita langsung berasumsi bahwa tidak lama lagi, kita akan melihat Gordon gantung lencana AKA seri ini akan di-cancel.

Well, kemungkinan tersebut memang bisa saja terjad atau juga tidak. Memang, secara kualitas, seri ini sudah mulai agak maksa, sedikit kehilangan fokus dan ratingnya sendiri sudah semakin menurun. Tapi, perlu diingat bahwa selain penurunan ratingnya masih dalam cakupan “aman” (masih diatas 1,0), juga faktanya, seri ini hingga kini, masih lumayan banyak jumlah penontonnya.

Namun lagi-lagi, bukan berarti seri ini dalam 1-2 tahun ke depan tidak terancam pembatalan (cancelation) sama sekali. Kalau misalkan Heler cs tidak bisa mempertahankan fokus premisnya atau memberikan ruang improvement yang luar biasa, ya siap-siap saja kita untuk berpamitan dengan Gordon cs.

05-gotham-jerome

Cameron Monaghan sebagai Jerome Valeska. (Sumber: Screenertv)

Lalu kira-kira, bagaimana caranya agar Gotham bisa terus mempertahankan kualitas serta fokus premisnya agar bisa terus bertahan hingga beberapa tahun mendatang?

Ya tentunya, harus tetap diingat bahwa seri ini merupakan seri mengenai Jim Gordon muda. Terlepas ada sub-plot apapun (termasuk perjalanan Bruce menjadi Batman), tetap pusatkan semuanya di Gordon.

Selain itu, jangan terlalu banyak menampilkan sub-plot. Karena selama menyaksikan serinya sejauh ini, kita serasa menyaksikan 3-4 cerita berkelanjutan di setiap episodenya.

Boleh saja ada lebih dari 1 sub-plot. Tapi ingat, kalau kebanyakan, hal ini tentunya juga akan mengacaukan premis serinya. Dan yang paling penting, JANGAN SELALU MENGANDALKAN JEROME!

Setiap kali, rating bermasalah, Jerome kerap dimunculkan lagi dan lagi. Ya memang, karakter ini adalah karakter terfavorit di seri ini. Tapi untuk kesekian kalinya nih, saya mau nanya ke kalian, memangnya seri ini mengenai Jerome? Tidak bukan?

Lagipula, belum tentu juga Monaghan akan bisa terus tampil di seri ini. Bisa saja sewaktu-waktu dia akan memutuskan hengkang karena suatu hal atau kemungkinan terburuknya (mohon maaf), meninggal dunia. Hey, saya bukan nyumpahin. Tapi perjalanan kehidupan manusia nyatanya memang tidak bisa diterka bukan?

Nah sekarang, bagaimana pendapat kalian? Apakah kalian juga merasakan hal yang sama? Siapa karakter favorit kalian di seri ini? Jangan lupa tinggalkan di kolom komentar ya!

About Author

Marvciputra

Marvciputra

Entertainment Reviewer, WWE Lovers and Music-holic

Comments

Most
Popular

Grup band J-Rock paling kondang sejagat. Sumber gambar: larc-en-ciel.com

L’Arc~en~Ciel: Grup Band J-Rock Gaek Yang Tetap Bertahan

Seharusnya grup J-Rock legendaris seperti L’Arc~en~Ciel, alias “Laruku”, tidak memerlukan introduksi lagi... more

Penampilan AKB48 di MAMA 2017 Menunjukkan Perbedaan Antara Idol Jepang Dan Korea Selatan

“Idol Korea Selatan lebih cantik dan punya gerakan dansa lebih baik,” “Sekarang aku mengerti kenapa idol group Kor.. more

Ada Wong Resident Evil 6 (sumber: tokkoro)

Ada Wong, Si Seksi Penakluk Zombie & Leon Kennedy yang Juga Sukses Menaklukkan Hati Para Gamers

Mungkin, tidak pernah terbesit sama sekali di benak (alm) Noboru Sugimura kalau karakter Ada Wong yang diciptakannya, ba.. more

Sumber: CIAYO Comics

Keluarga Patromax, Lucunya keseharian Keluarga yang Gak Biasa

Satu lagi, komik bertemakan keluarga yang bisa bikin kamu ketawa!.. more

(ja-renders.deviantart.com)

Serunya Bunuh-Bunuhan Sama Zombie di The Last of Us

Setelah sukses dengan The Last Of Us Part 1 yang dirilis pada tahun 2013 silam, Playstation memperkenalkan kisah lanjuta.. more