JKT48 Bubar? GM Melody Rombak JKT48 Seperti AKB0048

5 months ago
00-d-jkt48

Paska pengangkatannya sebagai General Manager JKT48 yang baru, Melody Nurramdhani langsung membuat gebrakan radikal dalam struktur internal sister group-nya AKB48 ini. Tak tanggung-tanggung, Melody yang merupakan salah satu member inti dari grup idol ini menyatakan bahwa JKT48 bubar secara resmi!

Tenang, bubar di sini bukan benar-benar bubar menghilang. Maksud Melody, yang bubar adalah sistem lama JKT48. “Memang hal itu dirasakan, apa JKT48 bubar aja?” ungkap Melody di teater JKT48.

01-jkt48

Sumber: JawaPos

Ada alasan mengapa Melody memutuskan untuk merombak struktur kerja JKT48. Menurut Melody, JKT48 harus bangkit kembali jika ingin menjadi grup idol nasional. Ia ingin sekali mengulangi masa keemasan JKT48 di awal berdirinya hingga tahun 2014. “Tapi kami tetap fighting. Reboost untuk membangun kejayaan itu,” tambah Melody.

Reboost” menjadi slogan yang digelorakan Melody untuk wajah baru JKT48 ini. JKT48 kini tidak menjadi sekedar “grup idol yang bisa ditemui fans,” melainkan “grup idol yang datang menemui fans.” JKT48 akan proaktif mengunjungi fans di penjuru daerah Indonesia. Melody menambahkan, JKT48 bakal mengusung konsep sirkus dengan segala aktivitas khasnya, seperti handshake dan foto bersama.

02-jkt48

Sumber: JKT48

“Selama ini ada banyak suara dari seluruh Indonesia. Kenapa fans di luar kota selalu dianaktirikan. Melalui project ini, kami ingin melebarkan sayap ke seluruh Indonesia,” jelas Melody.

Lalu bagaimana dengan teater JKT48 di FX Sudirman? Home base JKT48 ini masih akan beroperasi dan kini akan menjalani proses renovasi di bulan Ramadhan ini. Harapannya selepas Idul Fitri, proses renovasi akan selesai.

03 jkt48 bubar

Sumber: Duniaku

Melody juga melakukan penataan pada tiga tim dalam JKT48, sehingga semua tim memiliki anggota pas 16 orang. Jika digabungkan, anggota inti JKT48 jadi genap berjumlah 48 orang. Sementara itu, member yang tersisihkan dan para kenkyusei (trainee) akan dimasukkan ke dalam JKT48 Academy yang bakal berjalan mulai 15 April ini.

JKT48 Academy jadi tempat bagi para member JKT48 untuk belajar dan berlatih. Bakal ada dua kelas di sini, yaitu A dan B. Kelas B akan fokus belajar, sementara kelas A bakal jadi backup untuk anggota inti JKT48. Secara rutin, bakal ada rotasi antara anggota inti JKT48 dengan JKT48 Academy.

“Setiap handshake event (biasanya tiga atau empat bulan sekali), akan diumumkan perubahan tim. Tujuannya untuk mewujudkan rasa persaingan dari member,” terang Devi Kinal Putri, ketua tim J yang ditunjuk sebagai “kepala sekolah” JKT48 Academy.

04-jkt48

Sumber: Radar Semarang

Jadi apa artinya perubahan struktural JKT48 ini buat para fans? Nggak ada, sih. Walau “JKT48 bubar,” Kamu masih bisa menonton JKT48 ke teater, dan bagi yang berada di daerah juga bakalan bisa menonton JKT48. Experience antara “teater” dan “sirkus” JKT48 ini dijamin nggak bakal berbeda jauh. Fans juga dapat bernapas lega karena konsep baru yang disuguhkan GM Melody, yakni “grup idol yang datang menemui fans,” juga merupakan konsep yang pernah digunakan AKB48… di masa depan.

05-jkt48

Sumber: AKB0048 Wikia

Di tahun 2012 lalu, studio anime Satelight memproduksi anime AKB0048. Dikepalai sang maestro anime mecha Shoji Kawamori, AKB0048 menuturkan bagaimana jadinya jika grup AKB48 muncul dalam dunia futuristik bernuansa distopia.

Diceritakan, manusia sudah mengungsi ke planet-planet akibat pencemaran bumi yang semakin parah. Pemerintah menguasai planet-planet dengan tangan besi. Mereka melarang segala bentuk hiburan yang bisa “menggoyahkan hati” manusia.

Di masa ini, AKB48 yang lama sudah tidak ada lagi. Namun, grup idol baru yang membawa spirit AKB48 dibentuk dengan nama AKB0048. AKB0048 merupakan grup idol yang mendatangi planet-planet untuk mengadakan konser gerilya. Mereka tampil di pesawat induk yang tidak hanya dilengkapi panggung dan hologram raksasa, namun juga robot dan persenjataan mutakhir untuk menghalau perlawanan pasukan pemerintah.

06-jkt48

Sumber: Pop Anime Music

Memang ekstrim, tapi kalau dipikirkan lagi, premis dari AKB0048 tidak begitu berbeda dengan JKT48 di bawah kepemimpinan GM Melody. Keduanya sama-sama mengadakan konser secara nomaden, sama-sama punya base camp sendiri, dna bahkan GM mereka pun dulunya juga adalah member sendiri. Bedanya, anggota JKT48 nggak disiapkan untuk jadi pasukan separatis, hehe.

Saat mendengar GM Melody yang kini mencanangkan JKT48 sebagai “grup idol yang datang menemui fans,” fans keras tentu bakal dibawa pikirannya ke AKB0048. Jadi nggak usah khawatir JKT48 baru ini bakal jadi beda, karena toh konsep baru yang mereka bawakan juga masih bau-bau AKB48 juga, walaupun sebatas dalam anime.

Tapi coba bayangin JKT48 nyanyi di panggung sambil bersilat ala Power Rangers melawan pasukan kroco. Mungkin bakal lebih memberikan gairah?

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00-d-FateGrand-Order-Fes-2018

Meriahnya Fate/Grand Order Fes 2018 3rd Anniversary

Fate/Grand Order Fes 2018 membawa berbagai update baru untuk gamenya, seperti servant baru Scathatch=Skadi yang sangat k.. more

Faza Meonk: Saya Tidak Punya Role Model Khusus

Rubrik Chit Chat kali ini kita kedatangan Faza Meonk! Bro sis punya role model nggak?.. more

Sumber: youtube.com

Ready Player One, Film dengan Nuansa Pop Culture yang Kental

Sudah nonton film pop culture yang satu ini? Kalau belum, intip dulu aja reviewnya!.. more

(pixabay.com)

Lowongan Kerja Remote atau Magang Jadi Jurnalis dan Blogger!

Buat yang suka menulis tentang pop culture (komik, game, film animasi), dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya, K.. more

Sumber gambar: sonicstadium.org

Denuvo: Pelindung Game PC Dari Pembajakan Yang Selalu Kalah Melawan Cracker

Sampai kemudian sebuah program ‘anti piracy’ bernama Denuvo muncul... more