JKT48: Seniman, Antara Karya dan Seniman itu Sendiri

11 months ago
Sumber: Okezone

“Kalau udah jadi orang terkenal, hidup lo bukan milik lo lagi. Hidup lo milik semua orang.” Begitu kata salah satu teman saya. Tentu saja, ini juga berlaku kepada seniman-seniman yang terkenal. Seniman-seniman yang menjadi selebriti.

Seniman pertama yang akan saya bicarakan adalah Dian Sastrowardoyo. Aktris yang terkenal lewat perannya sebagai Cinta di Ada Apa Dengan Cinta. Wania yang masih satu ikatan darah dengan sastrawan Subagio Sastrowardoyo (beliau adalah kakak dari kakek Dian) ini, banyak dibicarakan publik di media sosial karena sikapnya yang dianggap sombong.

Hah? Dian Sastro? Sombong? Iya.

Dian Sastro (sumber: Tribunnews)

Dian Sastro (sumber: Tribunnews)

Penyebabnya adalah dia dicap tidak pernah menanggapi ajakan fans untuk berfoto jika sedang berada di tempat umum. Coba saja cari di Google dengan kata pencarian, “Dian Sastro sombong”. Pasti banyak hasil yang akan ditemukan. Bahkan beberapa media mainstream pernah membuat artikel tentang hal ini.

Hal ini pun pernah diklarifikasi oleh Dian Sastro dalam sebuah video di Youtube yang berjudul “Suara dari Dian”.

Usut punya usut, video ini dibuat karena saat itu publik ramai membicarakan Dian Sastro yang menepis tangan fans dalam salah satu premier film. Yah, walaupun video ini juga dibuat untuk menjelaskan mengenai anggapan publik bahwa dirinya sombong.

Di video itu, Dian Sastro menjelaskan bahwa dulunya dia selalu menanggapi ajakan untuk berfoto dengan para penggemar disaat dia sedang bersama keluarganya. Tapi dia berhenti saat dia menyadari bahwa quality time bersama keluarganya jadi berkurang karena selalu menanggapi ajakan berfoto dari para fans, terutama quality time bersama anaknya. Sejak itulah, dia hanya menanggapi ajakan foto para penggemar jika sedang di lokasi syuting, atau jika sedang menghadiri premier film. Dia tidak lagi menanggapi ajakan  untuk berfoto jika diluar itu.

Ernest Prakasa, komika yang sekarang mulai menapaki karier sebagai penulis skenario juga sutradara pun, pernah mengatakan hal serupa di salah satu vlognya.

Ernest Prakasa dan Keluarga (sumber: Tribunnews)

Ernest Prakasa dan Keluarga (sumber: Tribunnews)

Di vlognya itu, dia mengatakan bahwa salah satu alasan banyak artis liburan ke luar negeri (terlepas dari kemampuan finansial yang mendukung), adalah karena disana mereka bebas dengan menjadi orang biasa.

Ernest yang sedang mengobrol dengan istrinya dalam vlog itu pun mengatakan bagaimana seringkali ia tertinggal di belakang saat sedang berjalan-jalan di mall karena banyak penggemar yang mengajak berfoto.

“Padahal aku masih artis nanggung, gimana kalau artis terkenal kayak Reza Rahadian, Nicholas Saputra?”, katanya sambil tertawa.

***

Hidup seniman terkenal seakan menjadi “hidup” banyak orang. Sehingga kadang orang tidak lagi fokus kepada karya-karyanya, melainkan fokus kepada seniman tersebut dan bahkan pada kehidupan pribadi mereka.

Hal itulah yang menjadi alasan Tere Liye, penulis terkenal yang buku-bukunya selalu laku keras, tidak pernah menuliskan biografi penulis di halaman belakang tiap bukunya. Seperti dikatakannya di salah satu seminar, dia melakukan itu agar para pembacanya fokus kepada karya-karyanya, bukan kepada dirinya.

Tere Liye (sumber: Pepnews)

Tere Liye (sumber: Pepnews)

Tapi sebaliknya, ada yang justru yang mengeksploitasi bagian itu. JKT48. Ya, tentu saja JKT48 tetap menghasilkan karya-karya seperti Fortune Cookies dan Heavy Rotation. Tapi bukan itu yang menjadi fokus JKT48, fokus JKT48 adalah mengeksploitasi seniman-seniman mereka sendiri: para gadis-gadis manis, para idol yang tergabung dalam JKT48.

Berikut beberapa contohnya.

Pertama, ini yang paling kelihatan banget sih, handshake atau sesi bersalaman bersama idol. Handshake ini dilakukan di banyak kota-kota besar di Indonesia, dan selalu mempunyai antrian yang panjang.

Pernah melihat hal serupa dilakukan seniman atau artis lainnya? Pernah melihat sesi handshake bersama Reza Rahadian?

Kedua, voicenote ucapan selamat pagi dari idol. Teman saya yang wota (sebutan untuk penggemar JKT48) pernah memamerkan voicenote ucapan selamat pagi dari Nabilah JKT48. Dan rupanya setiap personil JKT48 saat itu mempunyai voicenote ucapan selamat pagi untuk penggemar mereka masing-masing.

Ketiga, kepribadian idol yang begitu ditonjolkan. Kepribadian setiap personil JKT48 begitu ditonjolkan; Nabilah yang tomboy, Melody yang dewasa, Haruka yang kekanak-kanakan, Ayana yang kalo nge-tweet pasti typo..

Hal ini, tentu saja bukan hanya berlaku terhadap JKT48, tapi grup-grup idol lainnya seperti AKB48, yang merupkana induk dari para grup idol yang berada di Jepang, BNK48 yang berada di Thailand, dan lain-lain.

***

Tidak ada yang salah dengan JKT48, bahkan apa yang mereka lakukan adalah hal yang cukup menarik. Saya sendiri, meskipun tidak ingin menyebut diri saya wota, merupakan penggemar personil JKT48, yaitu Ratu Vienny.

Vienny JKT48 (sumber: Hai Grid)

Vienny JKT48 (sumber: Hai Grid)

Hal itu karena Vienny adalah seorang kutu buku dan dari buku yang ia baca, saya menganggap kutu buku bukan cuman sebuah karakterisasi untuk dirinya (walaupun, ya, tetap saja cukup ditonjolkan). Kalau dia hanya sekedar penggemar buku-buku teenlit remaja sih, saya mungkin biasa saja. Tapi dia rupanya (sebagaimana yang saya perhatikan di Twitter dan Instagram Storynya) juga membaca buku-bukunya Soe Hok Gie, Eka Kurniawan, Pramoedya Ananta Toer..

Sumber: twitter.com

Sumber: twitter.com

Bukan sekedar diantara para personil JKT48, bahkan di antara perempuan-perempuan yang saya kenal, perempuan kutu buku dengan kegemaran buku seperti Vienny adalah perempuan yang langka.

Kok jadi salah fokus, ya? Yah, anggaplah yang tadi sekaligus untuk menutup artikel ini.

About Author

Muhammad Al Fatih Hadi

Muhammad Al Fatih Hadi

Mempunyai dua nama panggung yaitu Nocturne dan Buluidung. Book nerd, movie freak. Sedang merantau ke Al-Ain, Uni Emirat Arab, entah sebagai pelajar atau sebagai TKI. Jika tertarik menghubunginya, bisa lewat akun instagramnya @Fatihnokturnal14. Jika tidak tertarik, ya sudah.

Comments

Most
Popular

00-manga-2018

Ini 10 Manga Terlaris 2018! Ada Favoritmu di Sini?

Apa sih manga terlaris 2018? Mungkin kamu sudah bisa menebaknya, tapi seperti apa sih dampaknya untuk masa depan manga t.. more

Jurassic World Fallen Kingdom: Sebuah Awal Menuju Ide Cerita Berikutnya

Sulit untuk mengabaikan adegan pembuka dari Jurassic World Fallen Kingdom. Sebab adegan pembuka ini bisa dikatakan sebag.. more

00-d-my-tamagotchi-forever

Tamagotchi Hidup Kembali di Smartphone!

My Tamagotchi Forever adalah game mobile yang menyajikan sensasi permainan Tamagotchi di dalam smartphone, plus fitur ba.. more

Sumber: nerdist.com

Kim Possible Akan Segara Dibuatkan Live Action-nya!

Bagi kamu yang tahu dan suka dengan kartun ini, ada kabar terbaru yang mengatakan kalau serial kartun Kim Possible akan .. more

Game Spiderman PS4

Menyambut Game Spider-Man PS4, Ini Dia Game Spider-Man Jaman Dulu!

Game baru Spider-Man segera dirilis untuk PlayStation 4 secara ekslusif. Ini dia daftar game - game Spider-man jaman dul.. more