Jumanji: Welcome to the Jungle – Sekuel Jumanji Yang Tidak Diperlukan?

7 months ago
Sekuel dari film klasik Robin Williams. Sumber gambar: wallpapermade.com

Bro sis pernah dong, nonton film Jumanji?

Film klasik tahun 1995 ini lumayan fenomenal pada masanya. Disutradarai oleh Joe Johnston, sutradara kawakan yang sudah menyutradarai banyak film box office seperti Honey I Shrunk The Kids, The Rocketeer, Jurassic Park III hingga Captain America: The First Avenger dan dibintangi oleh aktor komedian terkemuka, mendiang Robin Williams, film Jumanji sukses di bioskop dunia. Efek komputer/CGI dari film yang di adaptasi dari buku cerita anak-anak berjudul sama karangan Chris Van Allsburg ini ditangani oleh perusahaan kampiun dalam urusan special effect film, Industrial Light & Magic. Nama ini sudah jadi jaminan mutu untuk soal efek khusus yang mempesona dalam film.

Poster film Jumanji (1995). Sumber gambar: fanpop.com

Poster film Jumanji (1995). Sumber gambar: fanpop.com

Kisah di film Jumanji ini bercerita tentang Alan Parrish, yang terjebak di dalam papan permainan mistis bernama Jumanji saat bermain bersama teman baiknya Sarah Whittle. Alan terjebak saat bermain Jumanji tersebut di tahun 1969. Dia terkurung selama 26 tahun, sampai pada suatu hari sepasang saudara bernama Judy dan Peter Shepherd menemukan papan permainan mistis itu. Mereka berdua memainkannya, dan mengakibatkan Alan, yang dulu terseret ke dalam papan Jumanji tersebut, bisa keluar.

Cerita kemudian bergulir di usaha mereka untuk menyelesaikan permainan Jumanji agar semua kembali seperti semula.

Untuk ukuran film tahun 1995, efek CGI ini keren. Sumber gambar: avaxhome.unblocker.xyz

Untuk ukuran film tahun 1995, efek CGI ini keren. Sumber gambar: avaxhome.unblocker.xyz

Film Jumanji, walau tidak terlalu disukai oleh kritikus film dunia saat itu, terbukti merupakan film box office yang menghasilkan profit tinggi. Dengan modal hanya sekitar $ 65 juta, film komedi aksi keluarga ini mampu meraih keuntungan sampai $ 262,7 juta! Sebuah hasil fantastis. Film ini merupakan salah satu film komedi Robin Williams yang cukup terkenal, selain misalnya Mrs. Doubtfire atau Aladdin (animasi Disney dimana dia berperan sebagai Genie). Film ini juga tergolong sebagai salah satu film adaptasi buku yang sukses pada masanya, dan bahkan mungkin sudah termasuk kategori film cult alias film yang memiliki posisi penting di kalangan fans film. Film jenis ini biasanya “untouchable” alias tidak akan boleh di ganggu oleh apapun. Termasuk remake/sequel. Apalagi bintang utamanya, Robin Williams, sudah meninggal dunia (dengan tragis). Hal itu menambah alasan nostalgia pada film ini.

Ayo tebak, siapa aktris itu? Wajahnya familiar, lho… Sumber gambar: indiewire.com

Ayo tebak, siapa aktris itu? Wajahnya familiar, lho… Sumber gambar: indiewire.com

Jadi publik tentu sedikit heran saat film “Jumanji: Welcome to the Jungle” diumumkan.

Menjadi sekuel dari film yang sukses akan menyulitkan. Sumber gambar: facebook.com/JumanjiMovie

Menjadi sekuel dari film yang sukses akan menyulitkan. Sumber gambar: facebook.com/JumanjiMovie

Film yang direncanakan rilis Desember 2017 ini disutradarai oleh Jake Kasdan berdasarkan cerita buatan Chris McKenna, yang punya track record lumayan bagus di film Spider-Man: Homecoming, Captain America: The Winter Soldier dan The Lego Batman Movie.

Pemilihan pemain di film ini termasuk pintar, dengan menggunakan aktor dan aktris terkenal yang punya pengalaman di film komedi aksi.

Sebut saja seperti The Rock Dwayne Johnson. Siapa juga yang enggak kenal sama mantan pegulat professional WWE ini ‘kan? Selepas WWE, Johnson semakin sering berperan di film Hollywood. Ada juga aktor komedian Kevin Hart, yang pernah bekerja sama dengan The Rock di film komedi lain berjudul “Central Intelligence” di tahun 2016 kemarin. Juga ada Jack Black, aktor komedi plus rocker ini memang sudah dikenal dalam banyak film komedi. Sementara untuk aktris pendukung ada Karen Gillan. Karen Gillan pernah berperan sebagai Nebula di film Marvel’s Guardian of the Galaxy. Bro sis mungkin tidak mengenali dia karena makeup dan special effect di karakter itu. Gillan juga dikenal lewat perannya di tv series Inggris kenamaan, Doctor Who.

Cast dari Jumanji: Welcome to the Jungle. Sumber gambar: screenrant.com

Cast dari Jumanji: Welcome to the Jungle. Sumber gambar: screenrant.com

Film Jumanji: Welcome to the Jungle rencananya akan dirilis sebagai film menyambut musim Natal, yakni tanggal 20 Desember 2017. Tapi beberapa orang (mostly kritikus film yang mendapat kesempatan dari studio untuk menonton film ini lebih dulu) sudah menyatakan kepuasan mereka akan film Jumanji: Welcome to the Jungle.

Hal itu merupakan sesuatu yang, terus terang, tidak terduga karena sebelumnya film ini dianggap sebagai sebuah film yang tidak perlu untuk dibuat karena akan merusak citra film Jumanji dari Robin Williams sebelumnya. Tapi sepertinya ‘embargo’ tersebut bisa jadi akan lenyap karena review positif dari mereka-mereka yang sudah melihat film ini.

Apakah Jumanji: Welcome to the Jungle memang sebuah film yang bagus (atau malah lebih bagus dari versi original?) atau tidak, hanya bisa diketahui saat film ini dirilis di bioskop-bioskop seluruh dunia nanti. Kita tunggu saja ya, bro sis!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Membalut Karakter (IP) Ke Dalam Kuliner

Di dalam bidang ekonomi kreatif, subsektor industri kuliner (makanan dan minuman) menempati posisi pertama dalam hal pen.. more

Game klasik sepanjang masa. Sumber gambar: nintendo.co.uk

Game 3D Super Mario: Dari Era Super Mario 64 Sampai Super Mario Odyssey

Game 3D terkini Mario akan dirilis Oktober 2017 ini untuk console hybrid Nintendo yang sedang populer, yaitu Nintendo Sw.. more

(from : instagram @komiksoekirman)

Soekirman Recehan : Komik Seorang Tukang Parkir yang Super Gaul

Kalau kalian aktif di media sosial, pasti kalian tahu banget sama salah satu komik strip paling lucu ini, yaitu Soekirma.. more

Sumber: twitter.com/nbsalert

Men Without Women: Pentingkah Perempuan di Mata Murakami?

Bukan hal yang mengagetkan jika Haruki Murakami banyak menggali kesendirian, kesepian, dan kesuraman hidup, sebab biasan.. more

Kolaborasi Square Enix dan Marvel Avengers (thenextweb.com)

Square Enix dan Marvel Akan Berkolaborasi Membuat Game

Kabarnya Square Enix, produsen game Jepang, dan Marvel, produsen komik dan film Amerika, akan berkolaborasi untuk membua.. more