Jurassic World Fallen Kingdom: Sebuah Awal Menuju Ide Cerita Berikutnya

2 months ago

Sulit untuk mengabaikan adegan pembuka dari Jurassic World Fallen Kingdom. Sebab adegan pembuka ini bisa dikatakan sebagai adegan yang sangat bagus dengan penataan atmosfer mencekam khas film horror dan sekaligus menegangkan bagai film aksi berbahaya. J.A. Bayona selaku sutradara sengaja memulai Jurassic World Fallen Kingdom dengan memacu adrenalin penonton, seolah ia menyiratkan bahwa adegan selanjutnya akan jauh lebih besar, dari apa yang dilihat di bagian pembuka tadi.

Jurassic World Fallen Kingdom mengambil cerita tiga tahun setelah kejadian dalam pristiwa Jurassic World (2015). Dinosaurus telah ditinggalkan di Isla Nubler, namun Isla Nublar sedang berada dalam keadaan keritis sebab gunung berapi terbesar di pulau itu akan segera meletus. Seperti sejarah yang terjadi pada punahnya Dinosaurus, Kepunahan Dinosaurus pun akan terancam lagi.

Membawa Dinosaurus keluar dari pulaunya kepada kehidupan manusia merupakan ide terbalik dari sekian banyak film Jurassic. Ketika manusia dibawa berkunjung ke dunia Dinosaurus saja kekacauan luar biasa bisa terjadi, apalagi jika keadaan malah diputar sebaliknya. Ide membawa Dinosaurus keluar pulau memang terdengar seperti ide besar yang belum pernah dilakukan sebelumnya, namun apakah ide besar ini benar-benar menjadikan setting cerita jadi sangat besar?

Adegan pembuka yang menegangkan. Sumber: geektyrant.com

Kombinasi yang dilakukan oleh J.A. Bayona besarsama Oscar Faura sebagai cinematography berpadu halus dengan musik yang digubah oleh Muchael Giacchino. Saya tidak heran jika adegan-adegan mengerikan dengan tampilan yang sangat bagus itu hadir layaknya film horror berkelas, sebab Oscar Faura punya catatan bagus dalam keterlibatannya di film horror. Demikian juga halnya dengan J.A. Bayona yang juga punya pengalaman bagus dalam genre itu. Menonton Jurassic World Fallen Kingdom, seperti melihat dua kombinasi dari film J.A. Bayona berjudul The Impossible (2012) dan The Orphanage (2007); Sebuah bencana besar yang berpadu dengan rumah megah penuh kengerian.

Owen Grady (Chris Pratt) kembali lagi hadir dengan gayanya yang kocak dan khas. Hubungan menjengkelkan Owen bersama Claire Dearing (Bryce Dallas Howard) kembali lagi dalam sebuah reuni tak terencana yang sekali lagi menjadikan Dinosaurus sebagai alasan untuk mereka bersama. Walau sepanjang film kedekatan hubungan mereka harus kalah bersaing dengan keterikatan Owen pada Dinosaurus. Entah memang tak ada waktu untuk menggali hubungan kedua karakter ini sehingga semua ikatan yang mereka miliki sejak film sebelumnya malah jadi melonggar dan tidak seberkesan dulu.

Detik-detik isla Nubler Runtuh. sumber: www.forbes.com

Detik-detik isla Nubler Runtuh. sumber: www.forbes.com

Dua karakter lainnya yang membawa suasan baru dalam Jurassic World Fallen Kingdom, adalah sosok Frankin Webb (Justice Smith) dan Zia Rodriguez (Daniella Pineda). Dua rekan baru Owen dan Claire ini punya karakteristik yang menghibur, berkali-kali mengundang tawa bagi penonton, terutama karakter Frankin Webb. Frankin merupakan anak muda ahli komputer yang penakut, tingkahnya yang sering panik membuat adegan-adegan menegangkan berkali-kali terasa lebih menyegarkan. Sedangkan untuk karakter Zia Rodriguez sendiri, tampil cukup meyakinkan diawal ketika ia diperlihatkan sebagai sosok yang sangat terpesona pada Dinosaurus, namun harus semakin melemah seiring kurangnya ia mendapatkan peranan yang bisa menyentuh penonton lebih jauh.

Kembali lagi pada pertanyaan, apakah ide memindahkan Dinosaurus keluar dari pulau dan membawanya pada manusia akan membuat setting cerita menjadi sangat besar? Harapan-harapan semacam itu tidak benar-benar bisa direalisasikan dengan sangat nyata. Daripada memilih dunia luar yang sebenarnya. J.A. Bayona lebih memilih sebuah rumah megah layak kastil tua sebagai setting utama film ini, ia coba meyakinkan penonton bahwa di situlah pada mulanya sejarah Dinosaurus dalam seri Jurassic di mulai.

Di sinilah Dinosaurus bermulai. sumber: variety.com

Saya tidak bisa bilang bahwa Jurassic World Fallen Kingdom jauh lebih megah dari film sebelumnya. Memang di awal-awal Jurassic World Fallen Kingdom terlihat begitu meyakinkan, namun ketika setting beralih pada rumah besar di luar pulau, hal-hal besar itu terasa mengerucut. Saya lebih menyukai rimbun hutan yang terbuka sebab ancaman terasa lebih besar dari setiap penjuru daripada sebuah rumah besar yang berkali-kali menghadirkan berbagai kengerian lewat adegan bayangan yang membuat penonton suka berasumsi. Ini tidak buruk, namun tidak bisa dikatan lebih bagus daripada film sebelumnya.

Dinosaurus jenis baru pun kembali hadir. Lebih ganas, lebih canggih, dan lebih mengerikan. Akan tetapi keganasan yang dimilikinya tetap saja tidak bisa menyaingi kepopuleran T-Rex. Pada nyatanya kemunculan T-Rex jauh lebih dinantikan oleh penonton sebab T-Rex punya sejarah yang panjang atas keganasannya. Hal menarik lainnya yang tidak bisa diabaikan untuk dibahas adalah munculnya Indonesia dalam sebuah lelang besar terhadap Dinosaurus. Yeah, kita semua tahu bahwa Indonesia memang sedang menjadi pasar yang sangat bagus saat ini, film-film Hollywood memang sedang gencar mengaitkan apa pun dengan Indonesia, bahkan untuk film-film besar pun Indonesia sangat sering mendapatkan pemutaran film lebih awal dari negara lain.

Di sinilah Dinosaurus bermulai. sumber: variety.com

Banyak hal minor yang dimiliki oleh Jurassic World Fallen Kingdom, hal-hal kecil yang terkadang cukup menjengkelkan. Mulai dari penggunaan kode pintu, beberapa alasan yang sengaja dilakukan untuk mengarahkan adegan pada sesuatu yang menyeramkan, hingga sebuah lift barang yang bisa diaksis menuju ruang paling rahasia sekali pun. Saya rasa hal-hal kecil ini sangat mengganggu. Walau secara keseluruhan Jurassic World Fallen Kingdom tetap saja masih menghibur.

Kemunculan Jeff Goldblum sebagai Ian Malcolm dan James Cromwell sebagai Benjamin Lockwood memang sempat memunculkan banyak nostalgia pada film Jurassic klasik namun kehadiran dua karakter ini tidak terlalu dimanfaatkan dengan maksimal. Ian Malcolm yang tampil singkat sebagai narator penuntun tampil tanpa bertatap muka langsung dengan para Dinosaurus, sedangkan Benjamin Lockwood hanya dijadikan karakter alasan agar para Dinosaurus punya tempat baru selain di Isla Nubler.

Ian Malcolm muncul lagi dengan narasi menarik. sumber: bloody-disgusting.com

Mencapai akhir film, Jurassic World Fallen Kingdom menjadi semacam pembuka baru untuk menuju pertualangan besar lainnya yang mungkin akan berlanjut ke seri berikutnya. Dan jika benar hal ini akan terjadi, maka film selanjutnya jelas akan menjadi bencana besar yang jauh lebih dasyat sebab para Dinosaurus tidak lagi punya batasan untuk bergerak. Dan harapan bahwa Ian Malcom akan kembali memegang senjata sepertinya benar-benar akan terwujud. Bisa dikatakan bahwa Jurassic World Fallen Kingdom merupakan sebuah prolog baru yang dihadirkan untuk menuju ide cerita selanjutnya.

Jurassic World Fallen Kingdom sedang tayang di bioskop saat ini, walau di Amerika pemutarannya baru saja dimulai sejak 22 Juni 2018. Apakah kalian sudah menonton film ini, atau kalian lebih tertarik pada dua film lain yang juga sedang tayang di bioskop saat ini; Ocean’s 8 dan Incredibles 2? Memang ada banyak film pilihan yang bagus dan Jurassic World Fallen Kingdom, juga cukup sayang untuk dilewatkan tentunya!

About Author

Loganue Saputra Jr.

Loganue Saputra Jr.

Alfian Noor atau yang memiliki nama pena Loganue Saputra Jr. penulis novel Bersamamu dalam Batas Waktu (2014), selain suka menulis fiksi, ia juga memiliki hobi bermain video game, melukis, serta menonton film. Saat ini tinggal di Samarinda Kalimantan Timur dan aktif di Instagram @alpiannoor

Comments

Most
Popular

Sumber: Forbes

Rampage: Film Terbaru The Rock Punya Satu Masalah Kecil

Rampage, film adaptasi video game klasik dari Midway yang dibintang oleh The Rock, ternyata punya masalah kecil. .. more

Sumber: alchetron.com

Gaya Tidak Biasa Saharil Hasrin Sanin Lewat Ilustrasi Sederhana Hingga Karya Sastra di Malaysia

Menjumpai karya Saharil Hasrin Sanin di Indonesia memang seperti menemukan sebuah mata air berbeda di dalam sebuah sunga.. more

8 Anime Modern yang Layak Tayang di Stasuin TV Indonesia. Mana pilihanmu?

Sejarah penayangan anime di Indonesia sudah sangat lama berlangsung. Mulai dari Dragon Ball, Doraemon, Sailor Moon, Chib.. more

Yasmine Putri

Yasmine Putri: Be Flexible but Always Stay Professional

Rubrik Chit Chat kali ini menghadirkan salah satu artist profesional dalam negeri yaitu Yasmine Putri. .. more

00-d-film-boba-fett

Boba Fett Jadi Karakter Star Wars Selanjutnya Yang Dapat Film Sendiri

Setelah Rogue One dan Solo, seri antologi Star Wars selanjutnya adlaah film Boba Fett. Seperti apa kisah sang bounty hun.. more