Ketika Kak Seto Men-Sleding Pengunjung POPCON Asia 2018

3 months ago
00-d-kak-seto-popcon

“Gimana tanggapan Kak Seto dijadikan meme kids zaman now?”

Begitu Kak Seto naik ke panggung battle stage POPCON Asia 2018, pertanyaan tersebut langsung meluncur pertama kali dari MC. Para pengunjung pun memiliki pertanyaan yang sama di dalam benak mereka.

Contoh meme Kak Seto seperti ini nih. (Sumber: Tweeterino)

Sumber dari segala meme Kak Seto. Sumber: Tweeterino

Hampir setahun lalu, jagat internet dilanda berbagai meme yang melibatkan puluhan akun palsu Seto Mulyadi, seorang pemerhati anak dan ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia. Meme tersebut memperlihatkan Kak Seto yang tengah nyinyir di status dan komentar Facebook, Twitter, serta Youtube. “Ada-ada saja kids zaman now,” begitu tulis “Kak Seto.”

Dari kalimat “kids zaman now” itu, muncul lagi komentar-komentar “Kak Seto” lain. Sebagian besar menampilkan kalimat-kalimat kasar. Namun ada juga yang mencoba mengangkat fenomena bahwa di zaman medsos ini sulit sekali untuk menemukan akun medsos asli dari kreator Si Komo ini.

Kak Seto mengklarifikasi berbagai meme yang melibatkan dirinya. Sumber: CIAYO Pictures

Kak Seto mengklarifikasi berbagai meme yang melibatkan dirinya. Sumber: CIAYO Pictures

Tanggal 22 September 2018 lalu, Seto Mulyadi hadir di ICE BSD untuk menjawab pertanyaan tersebut. Seyogiyanya beliau juga sudah pernah mengklarifikasi keresahan masyarakat itu. Beliau tidak merasa risih akan hal tersebut, meskipun meme-meme kids zaman now ini terkesan menodai image-nya. ia menyebutkan bahwa meme tersebut merupakan bentuk penyaluran kreativitas anak muda.

Kak Seto tidak merasa marah meskipun digambarkan sebagai tukang sleding kepala anak dalam meme tersebut. Ia menyadari meme tersebut lahir sebagai bentuk kreativitas yang tertahan oleh kekangan orang tua dan sekolah. Beliau menganjurkan agar orang tua dan sekolah mengapresiasi minat dan kreativitas anak, apapun itu bentuknya.

Kak Seto juga menanggapi tentang fenomena medsos di Indonesia. Ia mengaku tak memiliki waktu untuk bermain media sosial karena harus keliling daerah memberikan penyuluhan dan memperhatikan kesejahteraan anak di seluruh Indonesia. Namun jika suatu waktu beliau punya waktu senggang, ia ingin mencoba bermedsos ria.

Baca Juga: [KLARIFIKASI] Ramai Dijadikan Meme, Akhirnya Kak Seto Angkat Bicara!

Dengan Ber-GEMBIRA, Kak Seto Hidup Sehat

Mendengarkan pertanyaan yang diajukan penonton. Sumber: CIAYO Pictures

Mendengarkan pertanyaan yang diajukan penonton. Sumber: CIAYO Pictures

Kak Seto juga sempat menceritakan kisah hidupnya serta kiat-kiat untuk hidup sehat dan bahagia. Ia mengisahkan bahwa masa kecilnya tergolong cukup sulit. Beliau mengumpulkan uang dengan menjadi tukang batu, berjualan di pasar, hingga menjadi pembantu rumah tangga. Bahkan ia juga sempat menjalani hidup anak jalanan dan tidur di emperan toko.

Namun mimpi Kak Seto untuk bersekolah setinggi mungkin dan menjadi seorang guru tak terbendung oleh situasi keuangan. Ia mengandalkan semangat dan disiplin sehingga bisa menjadi Kak Seto yang sekarang, seorang pengayom dan pelindung anak.

GEMBIRA jadi kunci kesehatan ketua umum LPAI ini. Sumber: CIAYO Pictures

GEMBIRA jadi kunci kesehatan ketua umum LPAI ini. Sumber: CIAYO Pictures

Di antara semua kualitas positif yang dimiliki Kak Seto, ia menekankan pentingnya GEMBIRA. GEMBIRA ini tidak hanya bersikap riang ceria saja, namun ada filosofi di balik kata tersebut. Beliau mengaku dengan berGEMBIRA, ia bisa hidup sehat, panjang umur, dan awet muda seperti sekarang.

Apa sih sebenarnya GEMBIRA itu? GEMBIRA ini menyimbolkan 7 kualitas hidup positif. Pertama adalah Gerakkan badan, alias olahraga yang tentu saja merupakan kunci mendapatkan tubuh yang sehat. Kemudian ada Emosional, yaitu memunculkan emosi-emosi yang positif dan seperlunya. Lalu Makan-makanan yang baik, seimbang 4 sehat 5 sempurna. Beribadah untuk meraih kesehatan spiritual. Istirahat untuk mengembalikan tenaga dan pikiran. Ramah dan bersikap baik pada sesama. Dan yang terakhir adalah Amanah, alias memenuhi janji dan kepercayaan dari diri sendiri maupun orang lain. Hmm, menarik, ya?

Kehadiran Seto Mulyadi di POPCON Asia 2018 memberikan kesegaran sendiri. Walau perannya tak kasat mata, beliau merupakan salah satu bagian dari perkembangan pop culture di Indonesia. Di masa-masa kita tumbuh besar menonton Satria Baja Hitam, Doraemon, dan acara anak lainnya, di situlah muncul seorang Seto Mulyadi yang terbuka dan menerima tumbuh kembang anak-anak seusia kita apapun keadaannya.

Dalam masa dimana banyak orang saling hujat dan saling hina, mungkin tips Kak Seto di atas bisa jadi salah satu solusi yang selama ini kita abaikan begitu saja. Nasihat-nasihatnya seakan benaran men-sleding pikiran dan mindset kita. Mulai saat ini, bagaimana kalau kita juga mencoba untuk berGEMBIRA setiap saat?

Baca komik online di CIAYO Comics

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00 arnold desktop

Hey Arnold: The Jungle Movie – Ending Bahagia Si Kepala Lonjong

Hey Arnold: The Jungle Movie nggak cuma sekedar kelanjutan dari kartun yang tamat 13 tahun lalu, namun juga memberikan s.. more

(Sumber gambar: NBCNews)

Steven Spielberg Buktikan Dirinya Masih Raja Box Office dengan “Ready Player One”

Steven Spielberg sang pembuat film Box Office. Apakah Ready Player One akan bernasib sama?.. more

Sumber gambar: littleanimeblog.com

Mengenal GeGeGe no Kitaro, Anime yang Akan Menggantikan Slot TV Dragon Ball Super

GeGeGe no Kitaro bukanlah IP kemarin sore. Serial anime ini sudah hadir sejak anime pertama kali dibuat dalam sejarah... more

(from : studiomdhr.com)

Kisah Sedih di Balik Kesuksesan Game Cuphead

Cuphead adalah permainan aksi lari dan penggunaan senjata pistol klasik yang sangat fokus pada pertempuran mengalahkan p.. more