Kamen Rider Zero-One: Start Mantap Era Baru Kamen Rider

2 months ago
Aruto yang ingin jadi pelawak malah dipaksa menjadi direktur Hiden Intelligence serta pahlawan pembela kebenaran Kamen Rider Zero-One!

Dengan dimulainya era Reiwa di Jepang menggantikan era Heisei, itu artinya berakhir pula serial Kamen Rider dari era tersebut. Dengan 20 judul Kamen Rider yang sudah rilis, mungkin memang sudah waktunya Kamen Rider kembali dengan semangat era baru. Maka setelah Kamen Rider Zi-O tamat, kini muncul Kamen Rider Zero-One sebagai titik start serial Kamen Rider era Reiwa.

Kamen Rider yang satu ini mengangkat motif teknologi serta binatang sebagai gimmick-nya. Tapi, Kamen Rider tidak hanya sekedar mengandalkan gimmick saja untuk menggaet perhatian penonton. Desain Kamen Ridernya yang keren serta cerita yang engaging jadi daya tarik utama serial ini.

Direktur Kamen Rider?!

Kamen Rider Zero-One. Sumber: Mangadex
Kamen Rider Zero-One. Sumber: Mangadex

Kisah Kamen Rider Zero One dimulai dari kemunculan HumaGear, android yang ditugaskan untuk membantu pekerjaan manusia. Namun sebuah insiden yang bernama Daybreak membuat para HumaGear mengamuk. Meski demikian, HumaGear yang diproduksi perusahaan Hiden Intelligence masih terus digunakan hingga hari ini.

Hiden Aruto merupakan cucu dari almarhum Hiden Korenosuke, pendiri dan direktur Hiden Intelligence. Aruto tidak tertarik bekerja di Hiden Intelligence, dan memilih menjadi komedian meskipun guyonannya tidak lucu. Namun takdir berkata lain, karena surat wasiat sang kakek menyebut Aruto sebagai penerusnya.

Hiden Aruto. Sumber: Mangadex
Hiden Aruto. Sumber: Mangadex

Aruto awalnya menolak posisi tersebut, namun berubah pikiran setelah menyaksikan langsung kekacauan yang ditimbulkan HumaGear yang disabotase kelompok teroris MetsubouJinrai.net. Di saat genting tersebut, akhirnya Aruto menggunakan wewenang tertingginya sebagai direktur Hiden Intelligence: berubah menjadi Kamen Rider Zero-One untuk mencari tahu dalang di balik mengamuknya para HumaGear.

MetsubouJinrai.net bukan hanya satu-satunya ancaman yang harus dihadapi Aruto. Selain harus menjalankan perusahaan Hiden Intelligence dan terlibat dalam tarik ulur politiknya, Aruto juga bakal dipusingkan dengan keterlibatan pasukan AIMS dalam insiden HumaGear. Pasukan yang dipimpin Fuwa Isamu dan Yaiba Yua ini ditugaskan menghancurkan setiap HumaGear yang mengamuk tanpa terkecuali. Mereka juga bisa berubah menjadi Kamen Rider Vulcan dan Kamen Rider Valkyrie!

Baca Juga: Reiwa: Era Baru Jepang dan Dampaknya Pada Kamen Rider

Konsep Baru di Era Baru

“Hanya ada satu orang yang bisa mengalahkanmu, dan orang itu adalah aku!” Sumber: Kamen Rider Wiki
“Hanya ada satu orang yang bisa mengalahkanmu, dan orang itu adalah aku!” Sumber: Kamen Rider Wiki

Saat ini Kamen Rider Zero-One sudah tayang sebanyak empat episode. Reaksi penonton bisa dipastikan cukup positif dari sisi konsep serta ceritanya.

Pertama, Kamen Rider Zero-One memiliki desain kostum yang keren. Motif binatang dan serangga bisa diadaptasikan ke dalam estetika modern dan military-look sehingga kostum-kostum di serial ini terlihat fungsional namun penampilannya juga tidak malu-maluin.

Hal lain yang membuat penonton tertarik adalah Zero-One Driver sebagai alat perubahan Aruto menjadi Kamen Rider Zero-One. Alat ini mengeluarkan bunyi-bunyian slogan keren, musik menarik, serta ada juga sentuhan artifisial text-to-speech. Sedikit trivia, bunyi-bunyian dalam Zero-One Driver ini digarap oleh Monkey Majik, band veteran yang anggotanya berasal dari Kanada dan Jepang.

Aruto sedang melawak. Sumber: The Glorio Blog
Aruto sedang melawak. Sumber: The Glorio Blog

Sepanjang episode, cerita yang dituturkan pun cukup rapi. Selain itu, karakterisasi tokohnya pun baik dan mudah disukai penonton. Meskipun memiliki jiwa komedian (garing), Aruto tahu kapan saatnya melawak dan kapan saatnya serius. Motivasinya terarah dan ia pun nampak cakap mengerjakan tugasnya sebagai direktur dan juga Kamen Rider.

Dilaporkan Mainichi Web, di Jepang sendiri Kamen Rider Zero-One sudah menjadi idola anak-anak dengan cepat. Mereka ingin menjadi direktur seperti Aruto, dan bahkan juga ingin memiliki robot seperti Izu yang menjadi sekretaris Aruto. Meskipun sebenarnya pola ini bisa ditemukan di seri-seri Kamen Rider sebelumnya, hal ini menjadi bukti bahwa Kamen Rider Zero-One sudah ada di jalan yang tepat sebagai inspirasi anak-anak.

Dengan runtime-nya yang masih lama, bisakah Kamen Rider Zero-One menjadi salah satu seri Kamen Rider terbaik dan juga awal yang baik bagi era Reiwa? Mari kita nantikan.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00 d hadiah CIAYO Comics Challenge Vol. 3

Ini Dia Hadiah CIAYO Comics Challenge Vol. 3 Untuk Para Pemenang!

Author komik bersaing memperebutkan hadiah CIAYO Comics Challenge Vol. 3! Ada laptop, tablet, konsol game, bahkan motor?.. more

Indonesia Comic Com 2017

Indonesia Comic Con 2017: Event Yang Tidak Hanya Soal Komik (Seperti Namanya)

Indonesia Comic Con kembali digelar! Mendengar kata “Comic Con”, tentu yang kebayang oleh bro sis adalah sebuah “c.. more

00-pekan-sinema-jepang-2018

Pekan Sinema Jepang 2018 Jakarta Tampilkan Film Jepang Berkualitas dalam Berbagai Genre

Film Jepang kembali menghiasi layar bioskop Indonesia lewat Pekan Sinepa Jepang 2018. Film Jepang apa saja yang menarik .. more

(CIAYO Pictures)

Jak-Japan Matsuri 2017 Kurang Persiapan

Jak-Japan Matsuri 2017 telah selesai diselenggarakan. Acara yang telah diadakan untuk ke-9 kalinya ini bertempat di Lapa.. more

Sumber: games.ciayo.com

CIAYO Games Merilis CHIPS: Monster Tap

CIAYO Games merilis game baru bernama CHIPS: Monster Tap... more