Kami Mencoba Semua Game Tabrak Tiang Listrik Di Google Play! Mana Yang Terbaik?

8 months ago
Sumber: Meka Medina

Drama penangkapan ketua DPR Setya Novanto memancing reaksi beragam dari netizen. Salah satunya adalah mengubah musibah tabrakan Setya Novanto menjadi video game!

Hampir seminggu rasanya kita disajikan sebuah drama live action yang benar-benar membuat penontonnya di seluruh Indonesia gemas sendiri. Bagaimana tidak, perburuan dramatis ketua DPR Setya Novanto yang diduga terlibat dalam mega korupsi E-KTP dimulai pada hari Rabu lalu. Namun saat Komisi Pemberantasan Korupsi mendatangi rumahnya, mereka tidak menemukan sosok Setnov di sana.

Esoknya di hari Kamis, perburuan Setnov berujung pada sebuah twist yang patut mendapat pujian dari M. Night Shyamalan (American Film Director). Dalam perjalanannya memenuhi panggilan KPK, mobil yang ditumpangi Setya Novanto menabrak sebuah tiang listrik di daerah Permata Hijau. Beliau kemudian dilarikan ke RS Mitra Permata Hijau, sebelum akhirnya dirujuk ke RS Cipto Mangunkusumo pada hari Sabtu. Minggu malam kemarin, dikonfirmasikan bahwa Setnov sudah cukup sehat sehingga ia dipindahkan ke rumah tahanan KPK.

Setya Novanto dipindahkan ke mobil tahanan, Minggu malam lalu. (Sumber: Rappler)

Setya Novanto dipindahkan ke mobil tahanan, Minggu malam lalu. (Sumber: Rappler)

Nah, saya di sini bukan ingin membahas soal kasus Setnov, karena memang bukan tempatnya. Namun yang menarik dan patut dibahas adalah fenomena yang diakibatkan oleh kasus Setnov. Kita sendiri tahu, masyarakat Indonesia sangat gemar dengan hal-hal viral. Tak terkecuali dengan kasus Setya Novanto ini.

Netizen yang “kelewat kreatif” dengan cepat menyalurkan hasrat mereka untuk berkarya, demi menanggapi fenomena yang mengemuka. Entah berapa banyak meme yang sudah beredar di jagat internet, membahas tentang insiden tabrakan Setnov itu. Ada yang mengomentari mobilnya lah, benjolnya Setnov lah, tiang listriknya lah.

Ngomong-ngomong soal tiang listrik, inilah sang tokoh utama yang menjadi perbincangan banyak netizen. Walaupun ditabrak mobil sehingga konon Setnov menderita gegar otak, tiang listrik (atau tiang lampu?) ini tidak bergeming saat dihantam mobil SUV itu. Saat ini tiang listrik tersebut menjadi atraksi wisata masyarakat sekitar. Banyak orang yang berfoto di samping tiang listrik serta karangan bunga yang ditaruh seseorang di sana.

Warga berbondong-bondong foto dengan tiang listrik perkasa di Permata Hijau. (Sumber: Tempo)

Warga berbondong-bondong foto dengan tiang listrik perkasa di Permata Hijau. (Sumber: Tempo)

Kreativitas netizen menanggapi fenomena tiang listrik ini patut diacungi jempol. Masih ingat dengan fenomena tahu bulat atau klakson telolet yang dengan cepat dibuat gamenya? Kali ini juga bermunculan berbagai macam game bertema tiang listrik di internet. Tak tanggung-tanggung, hanya butuh waktu satu hari sampai game tersebut terbit secara resmi!

Kini pertanyaannya hanya satu: dari semua game tiang listrik ini, manakah yang paling keren?

Untuk menjawabnya, saya memberanikan diri untuk mencoba game-game tiang listrik ini dan juga memberikan ulasannya. Langsung saja saya buka Google Play dan menemukan beberapa game sejenis dalam kata kunci “tiang listrik.” Saya akan menguji empat game di peringkat teratas untuk melihat game tiang listrik yang terbaik.

Catatan: Semua game diuji cobakan di perangkat yang sama, Xiaomi Redmi 4X dengan OS Android Marshmallow.

Tiang Listrik

Sumber: Meka Medina

Sumber: Meka Medina

Developer: Noobzilla
Versi Android: 4.0
Rilis: 17 November 2017 (H+1 insiden tabrakan)
Link: https://play.google.com/store/apps/details?id=games.noobzilla.tianglistrik

Cara Main: Tap layar di lajur jalan untuk menabrak tiang listrik yang bergerak. Posisikan titik peluncuran dengan gerakan tiang listrik agar mobil tidak meleset.

Game tiang listrik ini adalah yang paling pertama muncul dan diperbincangkan netizen. Bayangkan, hanya satu hari saja selepas Setnov tabrakan, developer Noobzilla berhasil menciptakan sebuah game yang mengangkat peristiwa tersebut!

Seperti yang sudah disebutkan di atas, memainkan game ini hanya semudah sekali tap layar smartphone saja. Namun satu tap itu haruslah diperhitungkan dengan matang. Kamu harus memperkirakan gerakan tiang listrik, kecepatan laju mobil, serta posisi untuk meluncurkan mobil. Jika satu perhitungan saja salah, maka mobil akan meleset jauh.

Sumber: Dok. Pribadi

Sumber: Dok. Pribadi

Yang lebih membuat kesal, tiang listrik yang bergerak kiri-kanan itu bisa mengubah arah gerakannya sendiri! Tiang listrik akan sering berpindah arah jika ia hendak bertabrakan dengan tepi bemper mobil, sehingga kamu harus benar-benar membidik agar mobil tepat menabrak tiang di tengah.

Kamu hanya diberikan tiga kesempatan untuk menabrakkan mobil. Jika berhasil menabrak, maka nyawa akan di-reset kembali dan kamu kembali diberi tiga kesempatan. Game ini sangat singkat dan cepat, sehingga saya kesulitan untuk mendapatkan screenshot yang cakep. Mohon berpuas diri dengan bukti kegagalan saya saja. Serius, game ini susah banget.

Tiang Listrik

Sumber: Dok. Pribadi

Sumber: Dok. Pribadi

Developer: Hodiau Games
Versi Android: 4.1
Rilis: 18 November 2017 (H+2 insiden tabrakan)
Link: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.hodiaugames.tianglistrik

Cara Main: Tabrak semua tiang listrik secara berurutan. Hindari mobil polisi dan ambulans. Tap layar untuk berpindah lajur.

Game yang judulnya sama-sama Tiang Tistrik ini dibuat oleh Hodiau Games satu hari selepas game milik Noobzilla terbit. Prinsip permainannya berbeda dengan game sebelumnya, di mana kamu mengendalikan mobil yang sama untuk menghindari mobil lainnya dan menabrakkan diri ke tiang.

Sumber: Dok. Pribadi

Sumber: Dok. Pribadi

Jika berbicara soal desain game, mungkin akan cukup mengingatkan dengan game balapan yang dimainkan di gimbot tetris 99 in 1. Bedanya, di sini kamu harus menabrak semua tiang listrik secara berurutan. Jika terlewat satu saja, maka permainan akan berakhir. Menabrak mobil polisi dan ambulan juga akan berujung ke game over untuk alasan yang sangat jelas.

Berpindah jalur hanya sesederhana tap di layar saja, dan mobil akan langsung melompat secara ajaib ke titik yang kamu inginkan. Secara teori tidak ada yang salah, namun akan jadi masalah jika persebaran rintangan dan tiang listrik benar-benar random. Sering kali tiang listrik muncul hanya beberapa milimeter di depan mobil polisi, dan tentu saja ini bisa berujung ke instant game over. Lajur yang bisa kamu lompati pun tidak ada batasan, jadi bakal ada margin of error yang cukup besar saat kamu hendak bergerak.

Tabrak Tiang Listriknya!

Sumber: Dok. Pribadi

Sumber: Dok. Pribadi

Developer: Arbre Casual
Versi Android: 4.1
Rilis: 18 November 2017 (H+2 insiden tabrakan)
Link: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tabrak.tiang.listrik.arbre

Cara Main: Tahan dan swipe mobil untuk menggerakkannya. Tabrak tiang listrik dan hindari bakpao di jalan.

Game Tabrak Tiang Listriknya ini diproduksi oleh Arbre Casual, dan memiliki permainan dan kontrol yang lebih simpel dari game Tiang Listrik sebelumnya. Kamu hanya perlu menekan mobil di layar, lalu men-swipenya untuk menggerakkan mobil itu.

Sumber: Dok. Pribadi

Sumber: Dok. Pribadi

Walaupun tidak ada hal yang spesial dalam game ini, tapi tidak ada keluhan dari segi kontrol ataupun tingkat kesulitan. Pengendalian yang mudah dan responsif membuat game ini mudah dikuasai tanpa bantuan atau proses coba-coba. Seiring game berjalan, kecepatan mobil semakin kencang dan rintangan bakpao pun semakin banyak. Tingkat kesulitannya bertahap dan mampu menantang kemampuan bermainmu.

Tabrak Tiang Listrik

Sumber: Dok. Pribadi

Sumber: Dok. Pribadi

Developer: Era Digital Inovasi
Versi Android: 4.1
Rilis: 17 November 2017 (H+1 insiden tabrakan)
Link: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.edi.tabraktiang

Cara Main: Miringkan ponsel untuk menggerakkan mobil.

Apa kamu pikir hanya Noobzilla yang pertama kali membuat game tiang listrik? Di hari yang sama, Era Digital Inovasi juga merilis game Tabrak Tiang Listrik. Bisa tebak permainannya seperti apa? Ya! Menabrakkan tiang listrik!

Sumber: Dok. pribadi

Sumber: Dok. pribadi

Prinsip permainannya masih sama dengan dua game sebelumnya. Namun perbedaannya, kamu mengendalikan mobil dengan sensor gyro di ponsel! Miringkan ke kiri untuk belok kiri, ke kanan untuk belok ke kanan. Kontrol beloknya agak berat sehingga memberikan kesan realistik seperti mengendalikan mobil betulan. Kamu bisa mengatur gerakan tangan untuk mengubah kecepatan berbelok.

Seiring kecepatan mobil bertambah, berbelok membutuhkan strategi dan timing yang tepat. Tiang listrik, mobil penghalang, semuanya ditebar secara strategis untuk memberikanmu tantangan yang lebih sulit. Timing untuk berbelok harus kamu pikirkan, begitu pula gerakan tangan untuk mengatur beloknya. Tiang listrik pun bakal bergerak liar, jadi hal itu perlu kamu masukkan ke dalam perhitungan.

Siapa Yang Lebih Baik?

Dengan membanjirnya game-game yang diangkat dari fenomena viral ini, Google Play makin sesak dengan berbagai game setengah jadi. Betulin bug-nya bisa kapan-kapan, yang penting uang dari iklan masuk dulu. Begitu pikir para developer yang ingin mengkapitalisasi keuntungan dari kesempitan ini.

Tapi mudah saja bagi kita untuk menyeleksi mana game sejenis ini yang diproduksi dengan sepenuh hati. Kamu dapat memperhatikan berbagai macam hal mulai dari sisi grafis hingga kontrol dan mekanika gamenya. Selain itu, review pengguna juga akan sangat berguna menjadi bahan pertimbangan.

Jadi, kita sampai kembali ke pertanyaan kita di awal. Dari semua game tiang listrik ini, manakah yang paling keren? Mari kita urutkan dari yang terburuk hingga yang terbaik.

Yang penting jalan, jadi, dan bisa langsung terbit buat diuangin. (Sumber: Dok. Pribadi)

Yang penting jalan, jadi, dan bisa langsung terbit buat diuangin. (Sumber: Dok. Pribadi)

Tiang Listrik karya Hodiau Game datang di posisi ke-4. Game yang menyajikan konsep permainan sederhana ini sayangnya tidak dimatangkan dari segi tingkat kesulitan maupun kontrol. Meskipun sudah terintegrasi dengan Google Play Games untuk mengadu skill di leaderboard, hal itu hanya sebatas pemanis yang tak mengubah apapun. Benar-benar definisi sebuah game yang diproduksi demi tren saja.

Barometer standar setiap game berbasis fenomene viral. (Sumber: Dok. Pribadi)

Barometer standar setiap game berbasis fenomena viral. (Sumber: Dok. Pribadi)

Tabrak Tiang Listriknya! dari Arbre Casual berhasil duduk di posisi 3. Semua yang ditampilkan game ini bisa dikatakan standar. Ia memiliki kontrol yang oke, tingkat kesulitan yang sesuai, serta grafik standar. Namun di luar itu, tak ada hal spesial yang disajikan oleh game ini. Sederhana, nyaman dimainkan, dan sebatas itu saja.

Gimmick kontrol yang unik menjadi nilai jual tersendiri. (Sumber: Dok. Pribadi)

Gimmick kontrol yang unik menjadi nilai jual tersendiri. (Sumber: Dok. Pribadi)

Posisi dua diraih oleh Tabrak Tiang Listrik dari Era Digital Informasi. Developer tahu jika konsep game yang mereka buat sudah sangat pasaran dan usang, jadi mereka menambahkan gimmick unik lewat skema kontrol yang berbeda dengan game lainnya. Hal ini membuat game Tabrak Tiang Listrik lebih unik dibanding game lainnya yang serupa.

Judulnya saja sudah menjelaskan tingkat kesulitannya. (Sumber: Dok. Pribadi)

Judulnya saja sudah menjelaskan tingkat kesulitannya. (Sumber: Dok. Pribadi)

Akhirnya, Tiang Listrik dari Noobzilla menjadi juara dari kumpulan game ini. Noobzilla berhasil meramu mekanika game yang sesuai dengan kejadian nyata. Tidak ada yang namanya menghindari mobil polisi, ambulans, atau bakpao. Ini hanya soal kamu dan tiang listrik yang harus kamu tabrak, mano-a-mano. Game ini juga tidak mengadopsi gaya game yang sudah ada, melainkan meramu sebuah permainan baru yang tidak hanya simpel, namun juga menantang dan butuh strategi. Memang benar, nabrak tiang listrik itu nggak gampang.

Nah, itu dia ulasan game tabrak tiang listrik pilihan penulis. Adakah di antara 4 game itu yang kamu mainkan? Apakah kami melewatkan game tabrak tiang listrik lain? Beri tahu kami di kolom komentar ya!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Sumber: Personal Editing

Kurang Motivasi untuk Berkarya? Deretan film tentang Author ini Pasti Bisa Menambah Motivasimu!

Jika kalian bekerja di bidang kreatif seperti illustrator, komikus, ataupun penulis, pasti pernah mengalami yang namanya.. more

(duniaku.net)

Hikayat Vandaria: Frameless, Sosok Menakutkan Yang Mirip Manusia

Frameless? Apa tuh? Kenapa tanpa bingkai? Emangnya jendela? Berbeda dari mereka yang sering mendalami hikayat Vandaria, .. more

Anime Matsuri X CIAYO Comics

CIAYO Comics, sebagai salah satu platform komik digital pun turut berpartisipasi di event Anime Matsuri kali ini. .. more

Sumber: youtube.com

Ready Player One, Film dengan Nuansa Pop Culture yang Kental

Sudah nonton film pop culture yang satu ini? Kalau belum, intip dulu aja reviewnya!.. more

Sumber: Paperhi

5 Musisi Ini Melebarkan Sayapnya ke Dunia Anime-Manga!

Kali ini, CIAYO Blog punya daftar beberapa musisi yang terlibat dalam berbagai proyek di luar bermusik. Lucunya, mereka .. more