Kapan Anime di Indonesia Muncul Pertama Kali?

4 months ago
anime indonesia

Berbicara mengenai Ponimu, tentu tidak bisa terlepas berbicara mengenai anime. Perusahaan yang bergerak dalam bidang lisensi anime ini didirikan oleh mereka yang juga sangat antusias dengan dunia anime Karena itulah Ponimu juga ingin mengajak kawan-kawan untuk mencoba mendukung industri anime dengan cara streaming legal berbayar.

Dalam kesempatan kali ini, Ponimu mengajak kawan-kawan untuk ikut berdiskusi mengenai awal mula kapan anime masuk ke Indonesia. Mungkin kawan-kawan belum tahu kalau anime sebenarnya sudah masuk ke negara kita sejak tahun 80-an, dan Doraemon bukanlah anime yang pertama tayang di Indonesia.

Anime dalam format VHS. Sumber: Aminoapp
Anime dalam format VHS. Sumber: Aminoapp

Anime masuk ke Indonesia pada awalnya lewat jaluh VHS, atau video tape. Video tape ini dulu diperjualbelikan atau disewakan kepada mereka yang ingin menontonnya. Salah satu anime yang pertama masuk dalam bentuk video tape adalah Dragon Ball.

Pada tahun 80-an, anime pertama kali tayang di TV Indonesia lewat saluran TVRI yang menampilkan Kum Kum, anime yang menampilkan keseharian anak-anak di zaman purba. Namun baru sampai awal tahun 90-an anime bisa menjadi hits di kalangan anak-anak lewat tayangan yang sudah kamu ketahui sejak lama, ya Doraemon.

Siapa sih yang nggak kenal Doraemon? Sumber: Comic Wonder
Siapa sih yang nggak kenal Doraemon? Sumber: Comic Wonder

Suksesnya Doraemon di RCTI juga membuka pintu bagi berbagai macam anime lain untuk mendapatkan perhatian dari penikmat anime. Anime lain seperti Macross, Dragon Ball, Chibi Maruko-chan, Yaiba, dan masih banyak lagi juga mendapatkan kesempatan untuk tampil di layar kaca.

Ingin baca lebih banyak lagi? Cek artikel asal mula munculnya anime di Indonesia lewat situs Ponimu.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Presiden Amerika Serikat fiktif dari game “Metal Wolf Chaos”. Sumber gambar: twitter.com/devolverdigital

Presiden Amerika Serikat Fiktif Dalam Pop Culture, Yang Mana Favoritmu?

Presiden Amerika Serikat sering digambarkan dalam pemberitaan sebagai karakter penting dunia... more

Sumber gambar: Kotaku

Saat Nintendo Mengabaikan Sumpah dan Akhirnya Merilis “Night Trap”

Melalui publisher ‘kecil-kecil cabe rawit’ Limited Run Games & Screaming Villains, “Night Trap: 25th Anniversary E.. more

Alti Firmansyah, Srikandi Indonesia yang Mendunia

Profesi komikus di luar negeri bisa dibilang cukup menjanjikan dan bisa dijadiin pijakan untuk hidup secara layak. Nah, .. more

Rekomendasi Komik Bulan Ramadan

Rekomendasi Komik Webtoon yang Siap Menemani Kamu di Bulan Ramadan

Gak kerasa, puasa sudah memasuki minggu keduanya. Di bulan Ramadan ini, kadang kita selalu merasa ngantuk dan cepat lapa.. more

Sumber: time.com

Pokeland: Game Pokemon untuk Smartphone

Pokeland, game terbaru The Pokemon Company untuk smartphone. .. more