Kappa: Siluman Air dari Jepang yang Mendunia, Nyata atau Tidak?

1 year ago
Sumber: fandompost.com

Pernah dengar legenda dari Jepang tentang makhluk siluman bernama Kappa? Kappa memiliki arti river child yang berasal dari kata “kawa” yaitu sungai dan “wappa” yang berarti anak. Kappa digambarkan menyerupai manusia dengan tinggi seukuran anak kecil dan memiliki warna kulit hijau kekuningan yang bersisik. Kappa juga digambarkan mempunyai tempurung seperti kura-kura.

Menurut legenda, Kappa tinggal di dekat sungai dan danau di daerah Jepang. Makanan seperti mentimun, buah melon, atau labu-labuan adalah makanan kesukaan Kappa. Cerita mengenai Kappa sudah hadir sejak zaman Edo. Oleh karena itu, gak heran kita biasanya menemukan illustrasi mengenai Kappa dengan background suasana tradisional Jepang .Kappa juga termasuk sebagai makhluk yokai atau siluman yang paling populer di Jepang dan dipercayai masih menjadi legenda yang hidup sampai saat ini.

Sumber: wikipedia.com

Sumber: wikipedia.com

Menurut kepercayaan Shinto,Kappa adalah roh air yang menjaga sungai dan danau. Meskipun termasuk roh penjaga air, Kappa juga dikenal sebagai monster yang jahat yang suka menyakiti manusia pada zaman dulu. Ada penjelasan yang agak ‘aneh’ tentang mengapa Kappa suka mengganggu manusia.

Legenda bercerita bahwa manusia mempunyai Shirikodama yang berarti “bola kecil dekat anus”. Kabarnya, Shirikodama (hati/liver manusia) ini merupakan makanan kesukaan Kappa. Karena itu orang yang ‘dimakan’ oleh Kappa, memiliki ciri-ciri bokong yang rusak atau gak sempurna.

sumber: pinterest.com

sumber: pinterest.com

Kappa juga punya kelemahan, yaitu bentuk kepalanya yang seperti mangkuk. Kappa adalah siluman air, yang membuat Ia sulit untuk hidup di darat. Kepala yang berbentuk mangkuk yang dimiliki Kappa membuat kepalanya berisikan air saat Ia keluar dari sungai. Air inilah yang membuat Kappa bisa bertahan di darat.

Kalau seorang manusia bertemu dengan Kappa lalu membungkukan badan, diceritakan Kappa akan balas membungkuk ke orang itu. Inilah yang menjadi kelemahannya. Karena pada saat membungkuk, air yang ada di atas kepala Kappa akan jatuh dan Kappa yang gak bisa hidup tanpa air akan segera pergi ke dalam sungai.

Sumber: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

Dikenal sebagai makhluk mythology atau legenda, ternyata ada yang pernah menemukan tangan Kappa loh! Kerangka tangan besar yang entah berasal dari makhluk apa ini, disimpan oleh keluarga Miyakonijo Shimazu sejak 1818. Kerangka yang sudah diawetkan ini terlihat sama persis dengan ciri-ciri tubuh Kappa. Beberapa orang percaya, kalau Kappa beneran hidup di Jepang pada ribuan tahun lalu.

Sumber: ancient-origins.net

Sumber: ancient-origins.net

Meskipun udah ditemukan beberapa mummy atau kerangka yang disebut sebagai kerangka dari Kappa, ilmuan belum bisa menemukan fakta kalau Kappa ini benar-benar ada. Ada yang mengatakan kalau kerangka yang ditemukan bisa jadi dari binatang lain. Menurut bro sis gimana? Apakah kalian percaya bahwa Kappa beneran ada?

 

 

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Yogadanu: Di Balik Kesuksesan Soekirman, Mbok De dan Galaxin

Ga cuma pinter bikin cerita, tapi pria kelahiran Bogor ini memang pandai dalam mengelola Intellectual Property... more

Pinterest.com

7 Film Ini Punya Plot Twist yang Bakal Bikin Kamu Tercengang Di Akhir Film!

Bagi penikmat film, plot twist seperti ini bisa dibilang sebagai sensasi tersendiri. Bagaimana kita dibawa oleh alur cer.. more

Youtube.com

Two Lights, Film Pendek Tentang Keindahan Non-Visual

Untuk kesekian kalinya dunia teknologi kembali hadir untuk membantu kehidupan manusia jadi semakin membaik. Sebuah film .. more

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Kamu Datang ke BEKRAF Game Prime

BEKRAF Game Prime  kembali lagi tahun ini! Buat Kamu-kamu yang hobi nge-game, bisa nih datang ke acara ini... more

film 2019

Film 2019 Yang Harus Kamu Tunggu Kehadirannya

Tahun 2019 segera tiba. Banyak film blockbuster yang tengah disiapkan penayangannya. Apa saja film 2019 yang patut kamu .. more