Kappa: Siluman Air dari Jepang yang Mendunia, Nyata atau Tidak?

1 year ago
Sumber: fandompost.com

Pernah dengar legenda dari Jepang tentang makhluk siluman bernama Kappa? Kappa memiliki arti river child yang berasal dari kata “kawa” yaitu sungai dan “wappa” yang berarti anak. Kappa digambarkan menyerupai manusia dengan tinggi seukuran anak kecil dan memiliki warna kulit hijau kekuningan yang bersisik. Kappa juga digambarkan mempunyai tempurung seperti kura-kura.

Menurut legenda, Kappa tinggal di dekat sungai dan danau di daerah Jepang. Makanan seperti mentimun, buah melon, atau labu-labuan adalah makanan kesukaan Kappa. Cerita mengenai Kappa sudah hadir sejak zaman Edo. Oleh karena itu, gak heran kita biasanya menemukan illustrasi mengenai Kappa dengan background suasana tradisional Jepang .Kappa juga termasuk sebagai makhluk yokai atau siluman yang paling populer di Jepang dan dipercayai masih menjadi legenda yang hidup sampai saat ini.

Sumber: wikipedia.com

Sumber: wikipedia.com

Menurut kepercayaan Shinto,Kappa adalah roh air yang menjaga sungai dan danau. Meskipun termasuk roh penjaga air, Kappa juga dikenal sebagai monster yang jahat yang suka menyakiti manusia pada zaman dulu. Ada penjelasan yang agak ‘aneh’ tentang mengapa Kappa suka mengganggu manusia.

Legenda bercerita bahwa manusia mempunyai Shirikodama yang berarti “bola kecil dekat anus”. Kabarnya, Shirikodama (hati/liver manusia) ini merupakan makanan kesukaan Kappa. Karena itu orang yang ‘dimakan’ oleh Kappa, memiliki ciri-ciri bokong yang rusak atau gak sempurna.

sumber: pinterest.com

sumber: pinterest.com

Kappa juga punya kelemahan, yaitu bentuk kepalanya yang seperti mangkuk. Kappa adalah siluman air, yang membuat Ia sulit untuk hidup di darat. Kepala yang berbentuk mangkuk yang dimiliki Kappa membuat kepalanya berisikan air saat Ia keluar dari sungai. Air inilah yang membuat Kappa bisa bertahan di darat.

Kalau seorang manusia bertemu dengan Kappa lalu membungkukan badan, diceritakan Kappa akan balas membungkuk ke orang itu. Inilah yang menjadi kelemahannya. Karena pada saat membungkuk, air yang ada di atas kepala Kappa akan jatuh dan Kappa yang gak bisa hidup tanpa air akan segera pergi ke dalam sungai.

Sumber: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

Dikenal sebagai makhluk mythology atau legenda, ternyata ada yang pernah menemukan tangan Kappa loh! Kerangka tangan besar yang entah berasal dari makhluk apa ini, disimpan oleh keluarga Miyakonijo Shimazu sejak 1818. Kerangka yang sudah diawetkan ini terlihat sama persis dengan ciri-ciri tubuh Kappa. Beberapa orang percaya, kalau Kappa beneran hidup di Jepang pada ribuan tahun lalu.

Sumber: ancient-origins.net

Sumber: ancient-origins.net

Meskipun udah ditemukan beberapa mummy atau kerangka yang disebut sebagai kerangka dari Kappa, ilmuan belum bisa menemukan fakta kalau Kappa ini benar-benar ada. Ada yang mengatakan kalau kerangka yang ditemukan bisa jadi dari binatang lain. Menurut bro sis gimana? Apakah kalian percaya bahwa Kappa beneran ada?

 

 

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

www.desktoppapers.co

Bocoran Film Animasi yang Akan Hadir di Tahun 2018

Beberapa film animasi yang sedang kita tunggu-tunggu kehadirannya bakal segera tayang di tahun 2018, loh! Penasaran ada .. more

Sumber: CIAYO Comics

Know Your Judges #6: Imansyah Lubis

Juri CIAYO Comics Challenge Vol. 3 Imansyah Lubis adalah tokoh di balik industri komik, serta film Gundala! Apa Rediscov.. more

demitlove

Demitlove: Ajak Chat Hantu CIAYO Comics di Hari Valentine!

Chatting dengan karakter CIAYO Comics udah biasa. Di hari Valentine ini kamu bisa chatting sama hantu CIAYO Comics! Bera.. more

00-d-high-score-girl

High Score Girl, Anime yang Mengulik Video Game Era 90an

Dalam anime High Score Girl, dua anak dengan kehidupan berbeda, bertemu di arcade dan berbagi kesenangan yang sama: vide.. more

(Facebook Monopolis Board Game Store)

Main Board Game Bisa Nular? Masa Sih?

Hobi main board game bisa nular, bahkan bisa ngebentuk komunitas. Emang iya?.. more