7 Karakter Metal Gear Solid yang Paling Berkesan Bagi Gamer

3 months ago
00-d-metal-gear-solid

Sudah 31 tahun Metal Gear Solid hadir di dunia game dan sebagai awal perjalanan legenda sang maestro Hideo Kojima . Metal Gear Pertama kali muncul dengan genre game yang berbeda dengan game lain pada zamannya. Tidak hanya itu story yang diberikan Kojima untuk para gamer selalu identik dengan sejarah perang, militer, politik, meme, dan organisasi yang selalu memantau dan berusaha mengontrol negara. Meskipun cerita ini merupakan fiksi, tapi beberapa bagian dari cerita yang dibuat Kojima memang benar ada dan nyata.

Dibalik kesuksesan seri game Metal Gear, pasti akan ada momen-momen paling dikenang para gamer saat memainkannya, dimulai dari karakter, gameplay, lagu, dan story yang sering membuat campur aduk perasaan orang. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas 7 karakter Metal Gear Series yang akan selalu dikenang para gamer termasuk saya sendiri. Sebagai pengingat, artikel ini kemungkinan akan mengandung SPOILER dalam seri game Metal Gear.

Baca Juga: Death Stranding, A Hideo Kojima Game yang Masih Belum Jelas Maksudnya

Inilah 7 Karakter Metal Gear Solid yang Paling Berkesan

7. Venom Snake

“V has come to” (Sumber: Wired.it)

“V has come to” (Sumber: Wired.it)

Venom Snake adalah karakter utama dari Metal Gear Solid 5: The Phantom Pain. Perjalanan Venom Snake sangat berat dan hidup dalam perasaan dendam setelah hancurnya Mother Base saat diserang oleh organisasi Cipher yang memburunya sejak Metal Gear Solid: Peace Walker. Dalam Metal Gear Solid 5: The Phantom Pain, Venom Snake memiliki kharisma tinggi sehingga banyak prajurit yang menghormati dia dan rela mengorbankan nyawa mereka. Para gamer termasuk saya sendiri akan selalu mengingat Venom Snake sebagai cerminan gamer dan juga sebagai pria yang memegang gelar Big Boss dalam seri Metal Gear.

6. Raiden

Raiden di Metal Gear Rising (Sumber: Reddit)

Raiden di Metal Gear Rising (Sumber: Reddit)

Raiden adalah karakter utama di game Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty dan Metal Gear Rising: Revengeance, serta muncul sebagai karakter pendukung di Metal Gear Solid 4: Guns of The Patriots. Meskipun di Metal Gear Solid 4: Guns of The Patriots dan Metal Gear Rising: Revengeance dia sudah menjadi cyborg bersenjatakan katana, gamer akan lenih terngiang dengan sosoknya di Metal Gear Solid2.

Kemunculan Raiden di Metal Gear Solid 2 sempat mengundang kekecewaan karena mengambil alih peran karakter utama Solid Snake. Melihat kekesalan gamer terhadap Raiden, Hideo Kojima memunculkan sosok Raiden di Metal Gear Solid 3: Snake Eater yang dengan kocaknya mencoba untuk mengambil kursi peran utama dari Snake.

5. Psycho Mantis

Psycho Mantis adalah boss fight paling ikonik dalam sejarah dunia game (Sumber: Youtube)

Psycho Mantis adalah boss fight paling ikonik dalam sejarah dunia game (Sumber: Youtube)

Psycho Mantis adalah karakter antagonis yang muncul di seri Metal Gear Solid. Siapa yang tidak lupa dengan kemampuan dia membaca semua gerakan gamer dan tentu saja isi game yang ada di dalam memory card?

Dalam game Metal Gear Solid di Playstation, Psycho Mantis dapat membaca isi save memory card apa saja yang ada didalamnya, seperti Azure Dreams, Suikoden, Castlevania: Symphony of the Night, dan Vandal Hearts. Sedangkan untuk versi Metal Gear Solid: The Twin Snakes di Gamecube, Psycho Mantis juga bisa menyebut game yang ada di dalam save memory card, seperti Super Smash Bros. Melee, Eternal Darkness: Sanity’s Requiem, Super Mario Sunshine, dan The Legend of Zelda: The Wind Waker.

Psycho Mantis bisa "mematikan" layar TV dan mengubah tampilannya (Sumber: Metal Gear Wiki)

Psycho Mantis bisa “mematikan” layar TV dan mengubah tampilannya (Sumber: Metal Gear Wiki)

Jangan lupakan pula kemampuan Psycho Mantis yang bisa memadamkan tampilan layar TV gamer. Sampai saat ini masih banyak gamer mengingat momen itu.

4. Revolver Ocelot

You’re pretty good (Sumber: Gametyrant)

You’re pretty good (Sumber: Gametyrant)

Revolver Ocelot memiliki banyak peran di tiap seri Metal Gear. Salah satu ciri khas paling identik Ocelot adalah kebiasaan menunjukkan kelihaian memainkan pistolnya layaknya seorang koboi. Meskipun kelihatan sombong, Ocelot memiliki kemampuan menembak dengan akurasi yang sangat tinggi. Bukan itu saja, Ocelot memiliki rasa hormat yang besar kepada Big Boss. Bahkan hingga mati pun dia masih mengingat kata-kata dari Big Boss kepadanya, “You’re pretty good”.

Meskipun selalu menjadi antagonis di seri Metal Gear dan rival bagi Solid Snake, Ocelot memiliki misi dan tujuan yang sama dengan Big Boss. Bahkan, Ocelot tetap setia kepada Big Boss walaupun ia jatuh dalam keadaan koma. Demi mencapai tujuannya dia bahkan berpihak kepada organisasi musuh yang seharusnya ia lawan bersama Big Boss. Hingga saat terakhir Ocelot tetap menjadi karakter triple agent favorit para gamer.

3. Solid Snake

Solid Snake di Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty (Sumber: Metal Gear Wiki)

Solid Snake di Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty (Sumber: Metal Gear Wiki)

Solid Snake adalah salah satu karakter paling penting dalam seri Metal Gear. Dia adalah satu orang yang pertama menggunakan kotak kardus sebagai benda untuk menyelinap ke markas musuh. Setelah beberapa generasi game Metal Gear, Solid Snake menjadi karakter yang paling mencuri perhatian gamer. Bahkan ia pernah tampil dalam game lain seperti Super Smash Bros.

Beberapa developer game bahkan menghormati salah satu karakter Hideo Kojima ini dalam game mereka. Contohnya, game Ghost Recon Wildlands memberikan penghormatan terakhir pada sosok Solid Snake. Bisa dibilang Solid Snake telah menjadi legenda dunia game layaknya Hideo Kojima.

2. Naked Snake/Big Boss

Naked Snake/Big Boss di Metal Gear Solid 3: Snake Eater (Sumber: Gameranx)

Naked Snake/Big Boss di Metal Gear Solid 3: Snake Eater (Sumber: Gameranx)

Naked Snake yang dijuluki Big Boss adalah karakter penting dan sangat berpengaruh dalam cerita Metal Gear. Cerita masa lalu Big Boss lebih dramatis dibandingkan dengan Solid Snake yang merupakan kloning dirinya. Big Boss memiliki awal cerita yang menggambarkan seorang tentara yang masih belum mengerti prioritas antara misi, patriotisme dan perasaan terhadap mentornya, The Boss. Setelah insiden Metal Gear Solid: Snake Eater, Big Boss perlahan memahami apa yang diinginkan The Boss dan organisasi yang berusaha mengontrol dunia dibalik layar bersama pasukan militer yang dia miliki.

Seiring berjalannya waktu, Hideo Kojima telah menunjukkan karya terakhir dia dalam Metal Gear Solid 5: The Phantom Pain mengenai alasan kenapa Big Boss menjadi antagonis dalam Metal Gear dan Metal Gear 2: Solid Snake. Hal itu adalah perjuangan Big Boss dalam usaha menghancurkan organisasi yang mencoba mengontrol dunia dan meneruskan perjuangan The Boss untuk mencari kebebasan dan menyatukan negara.

1. The Boss

10 menit paling bersejarah dalam seri Metal Gear (Sumber: Metalgearinformer)

10 menit paling bersejarah dalam seri Metal Gear (Sumber: Metalgearinformer)

The Boss adalah karakter yang menjadi pusat perhatian oleh banyak karakter dalam seri Metal Gear, serta guru bagi Big Boss. Dia adalah karakter yang paling dihormati dalam seri Metal Gear. Demi membela negaranya, The Boss rela dicap menjadi pengkhianat oleh Amerika dan Big Boss. Hubungan The Boss dengan Big Boss mirip seperti hubungan ibu dan anak, walaupun Big Boss bukanlah anak kandung dari The Boss. Saya secara pribadi merasa tersentuh saat melihat adegan kematian The Boss, dan saat Big Boss memberikan penghormatan terakhir di kuburannya. Semua perjuangan, kesedihan dan idealisme The Boss menjadikan dia karakter paling dikenang dalam sejarah Metal Gear.

Momen dimana gamer akan ikut serta memberikan hormat terakhir untuk The Boss. (Sumber: Coub)

Momen dimana gamer akan ikut serta memberikan penghormatan terakhir untuk The Boss. (Sumber: Coub)


Bagaimana? Apakah kalian setuju dengan list karakter diatas? Atau kalian punya karakter yang paling dikenang selain dari list? Tapi yang pasti kalian pasti tidak ada yang menyebut karakter dari suatu game zombie dengan emblem Metal Gear. Dan terima kasih Hideo Kojima yang telah membuat game luar biasa ini kepada kita semua.

Mau cerita komik yang sama menegangkannya dengan Metal Gear Solid? CIAYO Comics punya banyak komik aksi dengan intrik menarik dan aksi yang bisa memacu jantung kamu! Penasaran? Klik banner di bawah ini untuk cari tahu!

Banner Komik Action

About Author

Faisal

Faisal

Mahasiswa semester akhir yang terjebak ke dalam jurang gacha mobage. Berpikir untuk pensi dari FGO, GBF dan sejenisnya, tapi Dev berkata lain. Koleksi SSR semakin banyak, jadi sayang akun nya kalo gak dimainkan...

Comments

Most
Popular

Pennywise. Sumber: mirror.co.uk

Film IT: Pennywise, Wujud Mimpi Buruk Tiap Anak

Sudah pernah baca novel fiksi karya Stephen King berjudul ‘It’ belum? Nah, Film It sudah dirilis di berbagai negara .. more

(hips.hearstapps.com)

Annabelle: Creation, Menyuguhkan Hal-Hal Ngeri Sekaligus Bikin Gemas

Bagi penyuka film horor, Annabelle pasti menjadi salah satu dari list film yang wajib ditonton. Tiga tahun setelah kesuk.. more

gintama desktop

Sukses di Film Perdana, Sekuel Gintama Siap Mengudara Tahun 2018

Ada yang masih ingat anime Gintama? Kabarnya anime yang sudah rilis Film Live Action-nya ini, akan segera ditayangkan se.. more

Komik Patah Hati, CIAYO Comics

Patah Hati Ternyata Bisa Dinikmati Loh!

Sesuai dengan judulnya, Komik Patah Hati aka KPH, merupakan komik dengan kumpulan cerita seputar patah hati. Meski banya.. more

instagram : zipcy

Illustrator Ini Menggambarkan Keintiman Sepasang Kekasih Lewat Karyanya

Yang Se Eun, seorang illustrator berumur 29 tahun asal Korea bakalan membuat kamu ngerasa pingin untuk jatuh cinta terus.. more