Karaoke: Hiburan Ciptaan Jepang Yang Mendunia. Begini Loh Sejarahnya!

11 months ago
Bernyanyi bareng dengan karaoke. Sumber gambar: allabout-japan.com

Kita semua doyan menyanyi.

Mau bukti? Bro sis pasti pernah nyanyi di kamar mandi. Iya ‘kan? Ayo ngaku hehehe. Atau kita bisa lihat ada begitu banyak kontes menyanyi di televisi. Mulai dari yang berskala internasional hingga lokal buatan Indonesia. Dari yang acaranya memang bertujuan mencari bakat-bakat penyanyi professional sampai yang bernyanyi untuk melunasi hutang (plus bonus mewek-mewek hingga menguras air mata penonton). Bahkan ada acara menyanyi di televisi Korea Selatan yang pesertanya dipakein topeng sehingga diharapkan fokus penonton hanya ke kualitas suara penyanyinya saja.

Bukan acara lawak. King of Masked Singer. Sumber gambar: koreaboo.com

Bukan acara lawak. King of Masked Singer. Sumber gambar: koreaboo.com

Intinya, manusia memang gemar menyanyi. Dan mungkin berdasarkan kenyataan itulah, mesin karaoke diciptakan?

Istilah “ カラオケ / karaoke ” berasal dan diciptakan oleh orang Jepang. Kata itu berasal dari dua kosa kata Jepang, yaitu “ 空 / kara / karappo ” yang berarti kosong, dengan “ オーケストラ / okesutura / orchestra “ alias orkestra (yang disingkat jadi “oke” | ini kebiasaan orang Jepang yang doyan menyingkatkan kata/kalimat).

Karappo Okesutura. Karaoke.

Karaoke mulai diperkenalkan di Kobe, Jepang sekitar tahun 1971 oleh seorang musisi Jepang bernama Daisuke Inoue. Inoue, yang seorang drummer, sering manggung di coffee house dimana tamu disana terkadang meminta rekaman aksi dia agar mereka dapat bernyanyi mengikuti irama rekaman Inoue jika dia sedang tidak berada di coffee shop. Menyadari potensi duit dari kondisi tersebut, Daisuke Inoue kemudian menciptakan semacam mesin tape recorder yang memuat hasil rekaman aksi drum-nya. Mesin tersebut bisa diaktifkan dengan menggunakan koin 100 Yen untuk satu lagu/session.

Daisuke Inoue di tahun 2002 dengan mesin karaoke ciptaannya tahun 1971. Sumber gambar: timeline.com

Daisuke Inoue di tahun 2002 dengan mesin karaoke ciptaannya tahun 1971. Sumber gambar: timeline.com

Saat itu uang 100 Yen bisa untuk membeli makan siang, tapi mesin Inoue (yang merupakan cikal bakal mesin karaoke modern) tetap laku keras. Konon Inoue tidak melakukan paten pada konsep mesin ciptaannya tersebut, sehingga orang/perusahaan lain yang kemudian mengembangkan konsep rekaman yang dia gunakan. Perusahaan tersebut adalah Clarion, yang merupakan perusahaan produsen perangkat audio. Clarion pula yang merilis mesin karaoke komersial pertama yang menyempurnakan mesin 100 Yen Daisuke Inoue.

Sistem Karaoke buatan Clarion. Sumber gambar: tyeonej.com

Sistem Karaoke buatan Clarion. Sumber gambar: tyeonej.com

Seiring waktu mesin dan bisnis karaoke semakin berkembang.

Mesin karaoke modern mampu menyajikan hal-hal audio (serta visual) yang lebih baik. Seperti adanya tampilan video klip pada lagu, atau suara penyanyi asli yang bisa disesuaikan besar/kecilnya agar penyanyi karaoke dapat merasakan sensasi seakan-akan sedang menyanyi duet dengan penyanyi lagu itu sendiri.

Mesin karaoke di Jepang juga memiliki konsep skor alias penilaian atas effort penyanyi. Jadi jika penyanyi karaoke-nya tampil bagus, skor tinggi akan dia dapatkan dan tertampil di layar. Hal ini dapat menambah keseruan saat sedang beramai-ramai dengan teman di karaoke box.

Ber-karaoke dengan semangat kompetisi. Sumber gambar: times.siori.in

Ber-karaoke dengan semangat kompetisi. Sumber gambar: times.siori.in

Tak hanya ada di KTV (sebutan untuk karaoke parlor alias tempat bisnis karaoke), mesin karaoke rumahan juga populer di pasaran. Tapi mungkin menyanyi di karaoke box seperti KTV akan lebih seru karena ruangan menyanyi di karaoke box di desain untuk meredam suara sehingga suasananya akan lebih terasa layaknya sedang menyanyi secara professional. Ditambah lagi dengan efek lampu-lampu dan tata suara speaker yang berkelas, menyanyi akan terasa lebih seru ketimbang menyanyi karaoke di rumah. Walaupun tentu itu semua soal selera pribadi juga.

Seru-seruan karaoke di rumah. Sumber gambar: karaokeonlinetips.wordpress.com

Seru-seruan karaoke di rumah. Sumber gambar: karaokeonlinetips.wordpress.com

Selain Clarion, Pioneer merupakan perusahaan elektronik yang menggarap bisnis mesin karaoke. Bahkan bisa dibilang kalau Pioneer mendominasi di bisnis ini.

Karaoke System buatan Pioneer. Sumber gambar: facebook.com/bmax.karaoke

Karaoke System buatan Pioneer. Sumber gambar: facebook.com/bmax.karaoke

Geliat karaoke juga merambah ke dunia video game.

Game PlayStation 2 berjudul “Karaoke Revolution” menggebrak pasar game dan penggemar karaoke sekaligus pada tahun 2003. Game buatan Harmonix dan dipasarkan oleh Konami tersebut sukses di pasaran dan memberikan jalan untuk sekuel-sekuel berikutnya. Karaoke Revolution juga menginspirasi game-game sejenis yang lahir belakangan, seperti SingStar atau Disney Sing It.

Game karaoke untuk PlayStation 2. Sumber gambar: amazon.com

Game karaoke untuk PlayStation 2. Sumber gambar: amazon.com

Penyanyi professional seperti Adam Levine juga pernah terlihat ber-karaoke dengan mengejutkan. Adam Levine muncul di sebuah karaoke bar di Los Angeles dengan menyamar sehingga tidak dikenali, sampai dia menyanyikan lagu Maroon 5 “She Will Be Loved” dan membuat heboh seisi ruangan.

Adam Levine juga merupakan juri acara kontes menyanyi “The Voice”. Sumber gambar: gettyimages.com

Adam Levine juga merupakan juri acara kontes menyanyi “The Voice”. Sumber gambar: gettyimages.com

Bernyanyi memang menyenangkan. Dengan diiringi musik dari mesin karaoke, menyanyi jadi serasa “serius” seperti seorang penyanyi professional. Rasanya tentu menyenangkan. Dan itulah tujuan sebuah karaoke.

Bro sis doyan karaoke juga? Nyanyi di rumah atau di KTV? Bro sis boleh komen kalau ada pengalaman serunya saat ber-karaoke.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

00-d-harukana-receive

Anime Harukana Receive Tampilkan Asyiknya Voli Pantai

Haruka dan Kanata membentuk tim voli pantai meski keduanya berbeda dari penampilan dan sifat. Ikuti perjuangan mereka di.. more

Sumber : CIAYO Comics

Wendigo, Perjalanan Reuni yang Berakhir Bencana

Gimana rasanya kalau perjalanan bareng teman-teman malah menjadi menyeramkan? Kayak di komik Wendigo ini. .. more

00-d-tekad

TEKAD: Agen Rahasia Menyusup Ke Sekolah Berandal

Dalam komik TEKAD, demi mewujudkan keinginannya untuk naik jabatan, seorang agen rahasia bernama Fahri menjalankan misi .. more

Komik Aso (Sumber: CIAYO Comics)

Belajar Berdamai dengan Masa Lalu Bersama Aso

Masa lalu dipandang dengan berbagai cara oleh manusia. Ada yang memandangnya sebagai sebuah mesin waktu dan berharap bis.. more

Sumber: Kotaku.com

Speedrunners, Komunitas Gamer yang Menamatkan Game Secara Kilat

Pernah gak kamu berpikir saat memainkan sebuah game dan ingin menyelesaikan game tersebut dengan cepat tanpa memikirkan .. more