Kata-kata Ini Gak Ada di Kamus Namun Memiliki Makna Yang Dalam

3 months ago
(Sumber: bleach.wikipedia.com)

Pernah mau ngungkapin perasaan tapi merasa gak ada kata yang tepat dalam kamus Bahasa Indonesia? Tenang! Gak cuma kamu aja kok yang pernah merasa begitu. Karena memang ga heran, kalau kadang kita memerlukan bahasa lain untuk menjelaskan suatu keadaan. Buat para pecinta K-Drama, pasti familiar dong dengan kata “Hwaiting/Fighting”? Padahal jika ditranslate ke bahasa Indonesia, “Hwaiting/Fighting” diartikan sebagai bertengkar. Namun, dalam bahasa korea, “Hwaiting/Fighting” diartikan menjadi kata penyemangat. Untuk menambah tabungan bahasa, yuk cek kosakata dari berbagai negara yang punya arti unik yuk. Siap-siap dibilang keren ya karena pake kata-kata ini! Hehe.

1. Ikigai (生き甲斐) – Jepang

Ikigai (Sumber: pinterest.com)

Ikigai (Sumber: pinterest.com)

Masyarakat Jepang percaya semua orang punya Ikigai dalam hidup orang masing-masing. Ikigai artinya ‘suatu alasan’. Alasan untuk bangun di pagi hari, alasan untuk tetap melakukan hal yang kamu kerjakan tiap harinya, alasan untuk mengerjakan tugas kamu atau bahkan hobby yang kamu lakukan. Apapun itu, Ikigai adalah kata yang menggambarkan alasan-alasan tersebut. Iki(生き) artinya ‘hidup’ dan Gai (甲斐) berarti ‘nilai atau guna’.

2. Ichi-go Ichi-e (一期一会) – Jepang

(Sumber: weheartit.com)

(Sumber: weheartit.com)

Frasa ini berasal dari ajaran agama Buddha,yang berarti ‘satu pertemuan dalam satu waktu’. Biasanya berhubungan dengan acara minum teh khas budaya Jepang. Dalam acara teh itu Ichigo ichie mengingatkan orang-orang kalau setiap pertemuan yang dilakukan adalah unik dan gak akan terjadi lagi peristiwa yang sama dalam hidup. Bahasa gaulnya adalah “YOLO”. Karena hidup hanya sekali dan setiap pertemuan itu unik, manusia gak boleh menyia-nyiakan waktunya. Makanya setiap detik dalam kehidupan harus dihargai ya!

3. Nunchi (눈치) – Korea

Ini skill yang wajib dipunyai sama semua orang! Maksud dari Nunchi adalah ‘peka’. Saat kamu bersikap sopan sama orang tua yang duduk di samping kamu, itu termasuk Nunchi. Atau saat orang lain bisa baca bahasa tubuh kamu, tanpa kamu ngomong sesuatu. Orang korea sering bilang “No눈치!” yang artinya “kamu ga peka ya!”.

4. L’appel du vide – Perancis

(Sumber: weheartit.com)

(Sumber: weheartit.com)

Kamu sedang berada di lantai tertinggi di sebuah gedung dan terbesit di pikiran apa yang bakal terjadi kalau kamu lompat. Ihh… serem. Tapi kurang lebih itulah arti dari L’appel du vide. Saat kamu berpikiran tentang sesuatu yang seharusnya kamu hindari dan sadar kalau hal itu gak boleh kamu lakukan. Atau bahkan gak masuk akal sama sekali kalau terjadi. Emosi yang gak stabil membuat seseorang membayangkan hal itu, makanya kita gak bisa selalu percaya dengan apa yang ada dipikiran kita begitu aja.

5. Koi no Yokan (恋の予感) – Jepang

Seperti ‘hampir’ jatuh cinta pada pandangan pertama. Misalkan kamu bertemu dengan orang baru dan dia terlihat baik dan menarik. Lalu kamu bisa membayangkan kalau suatu hari nanti pasti kamu bakal jatuh cinta sama orang ini. Memang kamu belum cinta sama orang itu sekarang dan belum merasakan apa-apa. Tapi kamu sudah yakin banget kalau akan suka dengan dia nantinya.

6. Saudade – Portugis

(Sumber: splitthemoon.com)

(Sumber: splitthemoon.com)

Arti dari Saudade sebenarnya lebih dalam artian ‘khayalan’. Saudade merujuk pada hal yang membuat kamu merasakan duka secara terus-menerus dari sesuatu yang hilang. Tapi hal yang sudah hilang ini bisa aja gak pernah ada dalam kehidupanmu karena cuma ada dalam khayalan. Contohnya: Kecil dulu kamu sering bayangin kalau bakal jadi pilot. Tapi karena sekarang udah gak lagi membayangkan hal itu, kamu jadi sedih dan merasa kehilangan separuh dari dirimu.

7. Pena ajena – Spanyol

Frasa Pena ajena dipakai saat seseorang merasa ikut malu ketika orang lain malu-maluin atau dipermalukan. Kalo ini jelas banget pas kamu ngerasa orang yang kamu kenal malu-maluin di publik, kamu jadi pingin pura-pura gak kenal. Semoga gak pernah punya temen yang malu-maluin yaa kalo lagi jalan bareng.

Demikian kata-kata yang bisa jadi kamu terapkan di kehidupan sehari-hari. Lumayan kan bisa nambah-nambah kosakata. hehe. Dipelajari ya! siapa tau bisa bermanfaat. Adios!

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

Semakin minimnya angka kelahiran di Jepang (Sumber: Reuters.com)

Mengapa Angka Kelahiran Jepang Semakin Menurun Tiap Tahunnya?

Data pemerintah di tahun 2016 menunjukkan hanya  976,979 bayi yang lahir di Jepang, angka kelahiran yang kurang dari sa.. more

CNN

Budaya Menggunakan Handphone di Jepang

Ngomong-ngomong tentang smartphone, kamu tahu nggak tentang budaya menggunakan handphone di Jepang? Kalau kamu pergi ke .. more

(from : thefamicast.com)

Bersiaplah Menyambut Tokyo Game Show 2017

Cihuiii, Tokyo Game Show (TGS) 2017 bakalan digelar lagi nih guys. Acara game terbesar di Jepang ini bakalan resmi dibuk.. more

Konferensi pers World of Ghibli Jakarta. Photo by CIAYO Pictures

Q & A Studio Ghibli: Transfer Knowledge, Film Baru, Sampai Disney

Kami baru tahu kalau Toshio Suzuki ternyata savage juga. Buuurn!.. more

(pixabay.com)

Lowongan Kerja Remote atau Magang Jadi Jurnalis dan Blogger!

Buat yang suka menulis tentang pop culture (komik, game, film animasi), dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya, K.. more