[UPDATE] Kebakaran Kyoto Animation: Beberapa Hal Yang Harus Kamu Tahu

7 months ago
kebakaran kyoto animation

UPDATE: Pemadam Kebakaran Kyoto memastikan 33 orang tewas dalam insiden kebakaran Kyoto Animation. Identitas korban masih belum diketahui. Berita asli bisa dibaca di bawah.


Nama Kyoto Animation mungkin lebih akrab di telinga fans anime dan Jejepangan. Namun hari ini, seluruh masyarakat dunia akan sering mendengar namanya karena alasan yang salah. Kebakaran Kyoto Animation yang terjadi pagi ini di salah satu kantor studio animasi tersebut memakan sejumlah korban, dan diduga terjadi secara sengaja.

Kebakaran Kyoto Animation, terlihat dari kejauhan. Sumber: CNA
Kebakaran Kyoto Animation, terlihat dari kejauhan. Sumber: CNA

Dilaporkan bahwa beberapa staf Kyoto Animation ditemukan tewas dan puluhan lainnya terluka akibat kebakaran yang terjadi di studio milik perusahaan animasi tersebut. Kepolisian Kyoto menyebutkan bahwa kebakaran Kyoto Animation terjadi pada Kamis pagi tanggal 18 Juli 2019 sekitar pukul 10:30 waktu setempat, setelah seorang tersangka masuk ke dalam kantor dan menuang cairan yang memicu terjadinya kebakaran.

“Seorang pria menuangkan cairan yang diduga bensin dan kemudian membakarnya,” ujar juru bicara kepolisian Tokyo. Polisi berhasil menangkap pelaku berusia 41 tahun tersebut, yang diidentifikasi bukan merupakan pegawai atau mantan pegawai Kyoto Animation. Belum diketahui seberapa besar kerugian Kyoto Animation, namun salah satu proyeknya yaitu film terbaru dari anime Free ditunda penayangannya.

Baca Juga: Kimono Bikin Kim Kardashian Ditegur Wali Kota Kyoto

Pemadam kebakaran berjibaku meredakan api yang menjalar. Sumber: Evening Standard
Pemadam kebakaran berjibaku meredakan api yang menjalar. Sumber: Evening Standard

Satoshi Fujiwara dari departemen pemadam kebakaran Kyoto menyebutkan ada 1 korban tewas, 11 korban tanpa tanda vital, dan 35 korban luka; sebagian di antaranya dalam kondisi kritis. 48 mobil pemadam kebakaran diluncurkan untuk memadamkan api yang berhasil mereda pukul 3:19 waktu setempat.

Ucapan belasungkawa datang dari kalangan industri anime dalam dan luar Jepang. Sentai Filmworks, distributor anime di Amerika Serikat, membuka penggalangan dana untuk Kyoto Animation. Halaman GoFundMe tersebut menargetkan sumbangan sebesar 500 juta USD. Layanan streaming anime Crunchyroll; distributor Funimation; e-commerce J-List; editor media Anime News Network Mike Toole; Youtuber ProZD, Anime Man; dan masih banyak lagi turut menyampaikan ungkapan duka cita.

Beberapa karakter populer dari anime Kyoto Animation. Sumber: Gamer
Beberapa karakter populer dari anime Kyoto Animation. Sumber: Gamer

Kyoto Animation merupakan studio animasi yang didirikan tahun 1981 oleh mantan pegawai studio Mushi Pro. Pada awalnya mereka merupakan studio kontraktor yang mengerjakan berbagai anime untuk studio lain, namun di tahun 2003 mereka mulai menciptakan anime sendiri dimulai dari sekuel spinoff serial anime Full Metal Panic, yaitu FMP Fumoffu.

Karya-karya Kyoto Animation dianggap memiliki kualitas tinggi dan acap kali mengangkat standar baru dalam industri anime. Beberapa anime breakthrough rilisan Kyoto Animation adalah seri Suzumiya Haruhi, Clannad, Lucky Star, K-ON, Free, Hibike Euphonium, dan Violet Evergarden.

Suzumiya Haruhi menjadi salah satu anime Kyoto Animation terpopuler di tahun 2000-an. Sumber: CGMagazine
Suzumiya Haruhi menjadi salah satu anime Kyoto Animation terpopuler di tahun 2000-an. Sumber: CGMagazine

Selain anime, Kyoto Animation juga memiliki label percetakan dan sering kali memproduksi anime dari novel terbitannya. Contohnya adalah Chuunibyo Demo Koi ga Shitai, Kyokai no Kanata, dan Musaigen Phantom World.

Segenap tim CIAYO Blog turut berduka cita atas musibah kebakaran Kyoto Animation. Semoga semua pihak diberikan ketabahan dan bisa kembali beraktivitas seperti biasanya.

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Death Stranding, A Hideo Kojima Game yang Masih Belum Jelas Maksudnya

Death Stranding adalah game Hideo Kojima (dibaca: A Hideo Kojima Game) yang dibuat setelah keluar dari Konami. Pada pena.. more

00-museum-anime-toei

Mengintip Keseruan di Museum Anime Toei

Di museum anime Toei, kamu bisa mengenal lebih dalam perkembangan industri anime dari masa ke masa, lewat sejarah studio.. more

Glass - review

Unbreakable, Split & Glass : Tanda Kembalinya Sang Mantan Legenda?

Glass, sekuel film psychological "Split" dan "Unbreakable" yang akan mempertemukan tokoh - tokoh yang mempunyai alter eg.. more

Smartphone adalah bagian kehidupan harian. Sumber gambar: cnet.com

Alasan Kenapa Android Menguasai Pasar Smartphone Dunia

Hampir dari kita semua pasti rata-rata pengguna smartphone (baik berbasis iOS, Android, dll) dalam genggaman. Mungkin 99.. more

Sumber: Kerrang

Selain Paramore, Musisi-Musisi ini juga Pernah Batal Konser di Indonesia loh!

Lumayan banyak juga musisi-musisi top dunia yang pernah membatalkan konsernya di Indonesia karena alasan tertentu... more