Kehadiran Maid Café di Inari Matsuri IPB 2017

5 months ago
CIAYO Pictures

Ada satu hal yang menarik perhatian saat bro sis pertama kali masuk ke acara Inari Matsuri IPB 2017. Sebelum masuk ke venue, bro sis bisa lihat satu stand “aneh” yang ditutupi tirai. Eits, tapi ini bukan sekadar stand biasa, loh. Stand ini merupakan sebuah kafe. Tapi gak seperti kafe biasanya, kafe ini disebut sebagai “Maid Café”.

Kalau ke restoran atau kafe, biasanya kita akan ketemu sama pelayan yang akan melayani kita, terus menyampaikan pesanan ke chef. Tapi beda sama kafe yang satu ini. Mengusung tema “Maid”, Maid Cafe adalah subkategori restoran cosplay yang biasa kita temukan di Jepang.

Pelayan di “Maid Café” biasanya mengenakan kostum pelayan lucu ataupun agak seksi, dan memperlakukan pelanggan sebagai tuan di rumah pribadi, bukan sebagai pelanggan kafe. Pokoknya kalau udah dilayanin sama “maid”, bro sis udah gak berasa jomblo lagi, deh!

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Nah, di Inari Matsuri kemarin, ada “Dear Maid Butler Café”. Maid Café yang dibentuk di tahun 2013 ini, memiliki karakter maid (pelayan wanita) dan butler (pelayan pria) yang bermacam-macam. Pokoknya unik, deh.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Asal mula Dear Maid Butler Café sendiri karena melihat belum adanya konsep Maid Café di daerah Bogor. Berbeda dengan kafe kebanyakan, Dear Maid Butler Café gak punya tempat yang tetap. Yap, Dear Maid Butler Café gak bisa bro sis temuin di satu tempat. Biasanya kafe yang satu ini hanya ikut event-event Jejepangan, aja. Sama seperti di Inari Matsuri IPB 2017 ini.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Saat pertama kali masuk, bro sis mungkin akan ngerasain seperti “Oh, ini ya rasanya kafe di Jepang itu”. Dari mulai disambut, ditanya pesanan dan maid/butler yang ingin dipilih. Iya, Maid Café pada umumnya membebaskan bro sis untuk memilih “pelayan” yang kalian suka. Eits, tapi jangan salah. Kalau di negeri asalnya, kadang pelayan yang kita suka itu sudah dipesan duluan oleh orang lain. Akibatnya, kita harus nunggu atau malah gak kebagian dengan si “pelayan” yang diinginkan sama sekali.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Pokoknya berbeda deh dengan kafe yang ada di Indonesia. Mungkin hal ini juga yang bikin Maid Café menjadi sebuah tempat yang unik, ya. Di Jepang, Maid Café permanen pertama dibuat pada bulan Maret, 2001 dengan nama “Cure Maid Café”. Kafe ini didirikan di Akihabara, Tokyo, Jepang. Setelah itu, konsep Maid Café menjadi semakin populer. Hal ini juga menimbulkan persaingan yang kuat di antara sesama Maid Café. Bahkan mereka rela menggunakan beberapa taktik yang tidak biasa untuk menarik pelanggan.

Sampai saat ini, Maid Café sudah meluas ke luar negeri seperti China, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Australia, Hungaria, Republik Ceko, Prancis, Belanda, Meksiko, Kanada, Brasil, dan Amerika Serikat.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Dear Maid Butler Café sendiri punya 8 orang anggota yang terdiri dari maid dan butler. Ada juga koki khususnya, loh. Ada sang kepala pelayan, Dai; Yuri, maid yang bawel dan ceria; Shiru, si perfeksionis yang selalu mengomentari segala hal; Ai, maid yang memilki wajah serius dan pemarah, gak aneh soalnya Ai adalah adik dari Shiru; Haru yang manis dan ceria; Ron, pemain video games yang suka misterius; Kuro, si ice princess, Kyo, yang katanya pangeran dan terakhir, mama alias big sister, kakak dari Haru, yaitu Aki.

Selain punya karakter yang berbeda, maid dan butler yang ada juga punya cerita yang berbeda. Di Dear Maid Butler Café, bro sis gak bakal dilayanin semanis dan sepenurut maid dan butler di Maid Café lainnya. Kafe ini punya konsep story mode dear café. Ada 3 mode yaitu good, normal dan bad mode.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Walaupun keliatannya “berbeda”, tapi makanan di Dear Maid Butler Café ini tetep enak, loh! Gak kalah deh sama makanan di kafe lain. Soalnya mereka punya koki juga. Harganya pun terjangkau, tergantung si target market. Jadi gak usah khawatir katong bolong kalau ke sini.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Dear Maid Butler Café punya ikonik member alias maid yang punya banyak fans. Haru! Dengan wajah yang manis dan sifatnya yang ceria, Haru sanggup bikin para pengunjung tergila-gila. Gak heran pas Haru ada di atas panggung Inari Matsuri IPB 2017, semua meneriaki namanya.

Haru (sumber: CIAYO Pictures)

Haru (sumber: CIAYO Pictures)

Oh iya, bro sis yang penasaran mau coba Maid Café, di Jakarta juga ada, loh. Tapi kalau bro sis penasaran sama konsep Dear Maid Butler Café yang hadir di Inari Matsuri IPB ini, mending langsung kepoin Instagramnya di @dearmaidbutlercafe dan juga fanpage Facebooknya di DearMaidButlerCafe.

Gimana? Tertarik untuk mencoba?

About Author

Chika

Chika

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

UBL Manga Fest: Seminar Internasional Manga Pertama di Indonesia

Dunia kreatif memang tak akan pernah bisa redup dan tak akan pernah selesai dibicarakan. Kali ini Universitas Budi Luhur.. more

Sumber: Susilawatift08.blogspot.co.id

Gak Hanya Manusia, Hewan-Hewan di Kartun Ini Juga Bisa Jadi Sahabat, Loh!

Kalau di film-film biasanya diceritakan persahabatan antara manusia atau manusia dan robot. Tapi gimana dengan manusia d.. more

Steam, perusahan milik Valve (Sumber: legitreviews)

Steam Mulai Memalak Developer Game $100 Per Game

Steam mengumumkan di web resminya bahwa Steam Greenlight resmi digantikan dengan Steam Direct mulai 13 Juni 2017... more

Ngabuburit dengan 5 Board Game Seru di Bulan Puasa

Satu hal yang identik dengan bulan Ramadhan di Indonesia adalah ngabuburit, kegiatan yang kita lakukan sambil menunggu A.. more

00 film indonesia terlaris 2017 desktop

Ini Dia 10 Film Indonesia Terlaris Tahun 2017!

Film mana yang menjadi film Indonesia terlaris 2017? CIAYO Blog punya daftarnya yang disusun dari data statistik penonto.. more