Kehancuran Xandar Pasca ‘Avengers ; Infinity War’, Bisakah Kita Melihat Nova Prime di MCU?

6 months ago

Kita mungkin nggak lihat gimana Xandar dihancurin oleh Thanos di bagian awal Infinity War. Tapi dari suara komunikasi tentara Xandar yang terdengar, kita bisa tahu pasti bahwa Thanos dan Black Order-nya merusak Xandar demi mendapatkan power stone sebagai batu pertamanya. Lalu adegan langsung masuk ke kapal Asgardian di mana kita melihat Thor, Loki dan Hulk yang disekap.

Mungkin untuk yang belum pernah baca komik Marvel, nggak akan tahu siapa Nova Prime yang dimaksud ini. Tapi sebagian fans boleh jadi bertanya-tanya, “Nah kalo Xandar sudah hancur, trus Nova Prime mana?”

Nova Prime simple-nya adalah prajurit Nova Corps dengan pangkat tertinggi, mirip-mirip sama Green Lantern di DC. Cuma bedanya, Prime cuma terdiri atas satu orang. Dan sejauh ini kita memang belum melihat kemunculan atau bahkan ‘hint’ akan keberadaan Nova Prime maupun Xandarian Worldmind di MCU, bahkan setelah Xandar dihancurkan.

Nova Corps di MCU. (Sumber: Marvel Wikia)

Nova Corps menjadi bagian yang sangat penting dalam Marvel. Ya sederhananya, kalau misal Guardians of The Galaxy nggak bisa terus mondar-mandir kesana kemari, tentunya akan ada Nova Corps yang terus patroli melindungi berbagai sektor di alam semesta Marvel. Dan salah satunya yang menjadi perwakilan dari bumi yaitu Richard Rider & Sam Alexander.

Sumber kekuatan utama dari Nova Corps ini adalah Nova-Force yang dimiliki oleh Xandarian Worldmind. Nova Prime, yang memegang pangkat tertinggi dari angkatan militer ini memegang kendali utama atas Xandarian Worldmind. Artinya, dia punya kontrol tak terbatas atas kekuatan Nova-Force, dan mendapat kekuatan tingkat tinggi seperti manipulasi energi, kendali gravitasi, dan membuat portal. Dibawah Nova Prime, ada Centurion, Denarian, Milennian, dan kemudian yang terendah yaitu Corpsman.

Petunjuk pangkat dari Nova Corps. (Sumber: Pinterest)

Nova Prime, Centurion dan Denarian, diberkahi dengan kekuatan yang hampir sama (terbang, superhuman strength, dan ketahanan super), tapi dengan tingkat yang berbeda –hanya Prime yang bisa memanipulasi energi. Sementara Milennian dan Corpsman hanya memiliki superhuman strength terbatas,

Tapi kayanya sih seperti yang kita sudah tahu, Nova Corps yang diperkenalkan di MCU jauh berbeda dari yang ada di komik. Tapi, berbeda juga bukan berarti konsep yang ditawarkan MCU tentang Nova Corps itu jelek.

Kalau misalnya MCU mau nampilin Nova Corps sebagai sebatas polisi galaksi biasa yang nggak punya kekuatan spesial, sejauh ini kita masih belum memiliki masalah apa-apa mengenai konsep itu. Toh juga pas di Guardians of The Galaxy yang pertama, kelemahan Nova Corps bisa mendukung plot biar Ronan bisa menekan Xandar & Guardians.

Nova Corps versi game Guardians of The Galaxy yang memiliki kostum sama persis seperti versi MCU. (Sumber: Youtube)

Bayangin aja kalau misalnya para Nova Corps ini punya kekuatan kaya yang di komiknya. Bisa-bisa sih belum nyentuh atmosfir Xandar, kapalnya Ronan udah hancur lebur duluan karena digrebek sama Centurion, atau bahkan sama Nova Prime sendiri.

Gak lupa juga di Infinity Wars. Kalau misal mereka terlalu kuat, nantinya malah film yang durasinya dua jam setengah itu habis tiga puluh menit sendiri buat ngejelasin sengitnya pertempuran Thanos dan Black Order melawan Nova Prime. Atau malah Thanos udah kalah duluan gara-gara Nova Prime ngeluarin tenaga penuh dan Thanos belum punya infinity stone sama sekali. Batal deh kalian nonton adegan pertempuran epik di Wakanda, jadi gak asik deh filmnya.

Nova Prime Richard Rider dan Nova Centurion. (Sumber: Inverse)

Di MCU kita bertemu dengan salah satu Denarian, yaitu Denarian Saal yang menjadi kapten dari armada Nova Corps. Tapi, kita sama sekali tidak melihat bagaimana Saal memiliki satu pun dari kekuatan yang seharusnya dimiliki seorang tentara kelas Denarian, baik terbang maupun super-strength.

Mengesampingkan perbedaan itu, tentunya absennya Nova Prime di MCU ini jadi pertanyaan paling utama. Kalau aja Nova Prime hadir, dan mungkin setidaknya para Nova Corps bener-bener pakai kekuatannya, power stone nggak akan didapetin Thanos –yang saat itu belum megang stone sama sekali- dengan mudah. Malah mungkin –seperti yang dijelaskan sebelumnya- Thanos udah kalah duluan, dan nggak akan sampai ke Bumi.

Irani Rael, komandan dari Nova Corps, beserta Nova Centurion. (Sumber: Wikia)

Atau mungkin Nova Prime seharusnya muncul pada saat scene kehancuran Xandar dan udah dibunuh sama Thanos? Well, sebelum ada konfirmasi dari Kevin Feige atau Russo Brothers, kita nggak akan benar-benar tahu soal misteri ini.

Dan kalian yang pengen lihat penampilan Nova Prime & Nova Corps,-nya menunjukkan kekuatan, gak perlu kecewa atau sedih. Karena di-komiknya, Nova Corps sudah berkali-kali dibangun ulang, total hingga empat kali. Apalagi rumornya MCU pengen ngangkat Secret Invasion ke layar lebar. Otomatis kalau cerita tersebut diangkat, kehadiran Nova Prime & Nova Corps akan memiliki andil penting. Jujur lah, siapa sih yang nggak mau lihat penampilan salah satu anggota Avengers paling keren ini?

About Author

Aldyfa Raihan

Aldyfa Raihan

Comments

Most
Popular

00 d infinity war

Review Avengers: Infinity War – Lubang Hitam Penuh Emosi

Avengers: Infinity War lebih dari sekedar film crossover superhero Marvel yang menegangkan dan menghibur; namun juga pen.. more

Si Nopal

Si Nopal: Karakter Chubby yang Bikin Geli

Hari ini rubrik Chit Chat akan membahas salah satu komikus yang lagi ngetrend di Instagram nih yaitu Si Nopal!.. more

Dimaz Sadewa Menguak Sejarah Batavia Lewat Komik

Sempet kepikiran nggak, kalau latar belakang sejarah dan hal-hal serius juga bisa diangkat jadi cerita yang menarik. Dim.. more

sonymobile.co.jp

Xperia Ear Hadir dengan Voice Assistant dari Karakter Anime

Sony Xperia Ear sudah merilis plugin dengan suara tokoh anime Megumi Kato sebagai personal assistant. Dengan plugin Megu.. more

00-comiconnect-bts

CIAYO COMICONNECT Tour 2018 Dari Mata Para Crew

CIAYO COMICONNECT Tour 2018 telah berakhir. Dalam acara yang berlangsung sehari ini, ada berbulan-bulan cerita di balik .. more