Kejutan di Gala Event Final Fantasy 30th Anniversary Exhibition

6 months ago
Sumber gambar: otakumode.com

Serial RPG terpopuler sejagat (walau arguably untuk beberapa gamers) “Final Fantasy” baru saja merayakan ulang tahun mereka ke 30.

Usia tersebut jelas menunjukkan banyak hal. Seperti misalnya kematangan brand. Tidak banyak serial game, khususnya RPG, yang mampu bertahan dan tetap populer selama 30 tahun beredar. Sejak lahir di console Famicom dari Nintendo tahun 1987 hingga hari ini, serial Final Fantasy sudah terjual lebih dari 110 juta unit. Sebuah angka yang menggembirakan Square Enix tentunya, sebagai developer dan publisher RPG keren ini.

Ada banyak jumlah games bertitel “Final Fantasy”. Secara garis besar digolongkan pada dua segment: yaitu canonical (ditandai dengan nomer urut; terbaru ada di nomer XV) dan spin-off, yang berupa sempalan dari game Final Fantasy seperti “World of Final Fantasy” atau “Dissidia: Final Fantasy”.

Spin-off game Final Fantasy. Sumber gambar: square-enix.com

Spin-off game Final Fantasy. Sumber gambar: square-enix.com

Mana yang terbaik dari mereka semua? Itu adalah pertanyaan abadi yang tanpa jawaban, walau saya pribadi menganggap Final Fantasy VII merupakan yang paling fenomenal dibandingkan Final Fantasy lainnya [Final Fantasy VII Bukan Final Fantasy yang Terbaik Tapi Fenomenal]. Ada banyak alasan untuk itu, menurut saya, walau saya tentunya menghormati jika bro sis punya pendapat berbeda hehehe.

Buat saya, Final Fantasy VII adalah masterpiece. Sumber gambar: bleedingcool.com

Buat saya, Final Fantasy VII adalah masterpiece. Sumber gambar: bleedingcool.com

Square Enix sebagai pemegang merk Final Fantasy tentu ingin agar brand ini tetap dalam kondisi prima. Tertinggi. Selalu dalam topik pembicaraan. Agar sales-nya tetap tinggi sesuai harapan mereka. Karena itulah mereka selalu memperlakukan brand Final Fantasy dengan serius. Seperti contohnya saat merk kesayangan dunia ini berulang tahun ke 30.

Memperingati 30 tahun lahirnya Final Fantasy. Sumber gambar: jw-webmagazine.com

Memperingati 30 tahun lahirnya Final Fantasy. Sumber gambar: jw-webmagazine.com

Square Enix mengadakan sebuah eksibisi alias pertunjukan bertajuk lengkap “Final Fantasy 30th Anniversary Exhibition: Memories of You”. Eksibisi ini dilakukan di Mori Arts Center yang terletak di Roppongi Hills, Tokyo Jepang. Walaupun banyak yang merasa kalau sebuah eksibisi tidak akan cukup atau memadai untuk menampung dan menceritakan ulang seluruh sejarah Final Fantasy, namun eksibisi ini tetap merupakan sebuah pertunjukan yang informatif serta menghibur terutama buat fans setia Final Fantasy.

Eksibisi Final Fantasy. Sumber gambar: roppongihills.com.e.nt.hp.transfer.com

Eksibisi Final Fantasy. Sumber gambar: roppongihills.com.e.nt.hp.transfer.com

Saat datang ke lokasi eksibisi, pengunjung akan dipinjamkan “Audio Guide” berbentuk iPhone (dan memang berupa iPhone) yang juga akan berfungsi sebagai ‘pengendali magic’ selama pengunjung berada di wilayah area eksibisi. Pengunjung akan dipandu ke ruangan gelap dan proyeksi grafis Bahamut, monster terkenal dari serial Final Fantasy, akan muncul dan mempesona siapapun yang melihatnya.

Audio Guide (yang sebenarnya hanyalah iPhone dengan app khusus). Sumber gambar: aramajapan.com

Audio Guide (yang sebenarnya hanyalah iPhone dengan app khusus). Sumber gambar: aramajapan.com

Pengunjung juga akan merasakan sensasi berada di dalam airship dan kemudian akan menjalankan peran sebagai Warrior of Light. ‘Bersenjatakan’ Crystal (yang ada di iPhone/Audio Guide), pengunjung akan berusaha mengalahkan monster yang mereka lihat di dalam ruangan tersebut.

Persiapkan Crystal-mu! Sumber gambar: otakumode.com

Persiapkan Crystal-mu! Sumber gambar: otakumode.com

Tema dan musik yang mengalun akan berubah-ubah sesuai lokasi yang didatangi oleh pengunjung. Jika memasuki wilayah Final Fantasy VI, secara otomatis pengunjung akan melihat berbagai display serta mendengar musik tema serta audio yang berasal dari game tersebut. Tampilan yang akan terlihat termasuk concept arts, screen capture memorable dari game, serta tentu tak lupa berbagai replika dari senjata-senjata dan armor yang dipakai karakter dari game Final Fantasy. Jadi disini bro sis bakal menemukan replika Gunblade yang dipakai oleh Squall Leonhart di game “Final Fantasy VIII” saat berada di area eksibisi Final Fantasy VIII. Seru ‘kan?

Spesial untuk Final Fantasy VII, X dan XV karena dianggap sebagai Final Fantasy terpopuler, lapak mereka di eksibisi ini lebih luas jika dibandingkan Final Fantasy lainnya. Ruangan mereka penuh dengan display yang menggambarkan berbagai adegan di game sementara Audio Guide yang berada di tangan pengunjung memainkan klip-klip suara dari game. Seperti misalnya di area Final Fantasy XV, dimana terlihat ada Noctis sebagai karakter utama di game tersebut, memberikan tampilan ‘animated’ lengkap dengan narasi.

Ada Tidus. Ada Noctis dengan Lunafreya. Sumber gambar: aramajapan.com

Ada Tidus. Ada Noctis dengan Lunafreya. Sumber gambar: aramajapan.com

Yang lebih spesial sepertinya di lapak Final Fantasy VII. Karena selain menampilkan hal-hal memorable yang sudah familiar untuk fans, area Final Fantasy VII juga menampilkan berbagai ‘concept arts’ untuk game Remake Final Fantasy VII. Ini sebuah kejutan untuk para fans karena sebelumnya informasi apapun soal Remake Final Fantasy VII selalu ditutup rapat oleh Square Enix. Tapi kini fans dapat ‘mencicipi’ sedikit apa yang akan mereka dapatkan nanti di full game Remake Final Fantasy VII dengan mengunjungi eksibisi ini.

Sumber gambar: siliconera.com

Sumber gambar: siliconera.com

Sumber gambar: siliconera.com

Sumber gambar: siliconera.com

Sumber gambar: gematsu.com

Sumber gambar: gematsu.com

Sumber gambar: aramajapan.com

Sumber gambar: aramajapan.com

Tiket masuk mungkin terasa sedikit kemahalan untuk yang bukan fans berat Final Fantasy (2.500 Yen atau sekitar US$ 23 / Rp. 310.000,-). Eksibisi ini resmi dibuka untuk umum pada tanggal 22 Januari 2018 dan akan berakhir 28 Februari 2018. Buat bro sis fans berat Final Fantasy dan punya rencana ke Tokyo, ini kesempatan langka. Jangan dilewatkan! Have fun.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

(virtualrealityreporter.com)

9 Pesan EXTRAORDINARY yang Bisa Kamu Dapatkan dari Berbagai Kisah Horror

Cerita-cerita bergenre horror, entah itu film, komik, ataupun buku cerita tentu saja dibuat dengan tujuan untuk menghibu.. more

00-d-game-prime-awards-2018

Ini Dia Para Pemenang BEKRAF Game Prime Awards 2018!

Berbagai game hadir memukau di Game Prime 2018, namun hanya beberapa yang pantas meraih apresiasi tertinggi. Inilah para.. more

Sumber gambar: Marvel Comics

Thor Odinson Akan Kembali Jadi “God of Thunder” di Komik Terbaru Marvel

Thor adalah IP lama dari Marvel Comics. Mayoritas orang mungkin baru mengenal karakter ini dari film “Thor” (2011) y.. more

CIAYO Comics

Mengenal Oryza, Sosok Wanita Tangguh di Balik Consilium

Bro sis pasti udah gak asing sama film “Transformers” kan? Apalagi untuk penggemar adegan action atau genre sci−fi.. more

Dua rival sistem operasi mobile saat ini. Sumber gambar: curzonhomecinema.com

Mengapa Fans Apple Sangat Loyal?

Mengapa mereka seloyal itu? Apa yang membuat mereka rela melakukan hal yang banyak dicibir orang di luar fans produk App.. more