Kenalan dengan Senran Kagura, Game Ninja Seksi yang Populer!

8 months ago
Sumber gambar: xseedgames.com

Ninja.

Kosa kata ini seperti sudah punya makna tersendiri buat fans J-Pop culture. Yaitu seorang jagoan bertopeng/kedok yang lihai ilmu beladiri. Walau definisi itu lebih ke ‘oversimplification’ alias menggampangkan makna, tapi memang ada benarnya sedikit. Namun tentu saja pengertian ‘ninja’ lebih kompleks daripada itu.

Gambaran standar seorang ninja. Sumber gambar: youngsamurai.wikia.com

Gambaran standar seorang ninja. Sumber gambar: youngsamurai.wikia.com

Ninja 忍者 atau juga disebut sebagai Shinobi 忍び pada prinsipnya adalah seorang agen rahasia pada masa feodal Jepang. Sebagai agen rahasia yang biasanya dimiliki daimyo (tuan tanah atau pejabat daerah) tugas mereka berkisar di area yang “kotor”. Itu meliputi pembunuhan, mata-mata, sabotase, penyusupan, hingga perang gerilya. Karena ‘job description’ mereka itulah maka kelas ninja sering dianggap lebih rendah ketimbang kelas Samurai, yang juga dipekerjakan oleh daimyo. Samurai lebih mengedepankan kehormatan dalam pertempuran. Berbeda dengan ninja yang lebih mementingkan selesainya tugas; apapun caranya. Cara tidak terhormat sekalipun.

Samurai dengan yoroi/armor. Sumber gambar: Getty Images

Samurai dengan yoroi/armor. Sumber gambar: Getty Images

Profesi ini mulai dikenal di era Sengoku atau abad ke-15 walau sejatinya ninja/shinobi diprediksi sudah ada mulai abad ke-12. Tapi sayangnya di era Meiji  profesi gelap ini mulai diarahkan menjadi sebuah kisah folklore atau legenda rakyat yang dilebih-lebihkan seperti kemampuan mereka mengendalikan elemen alam, menghilang atau berjalan di atas air. Lama kelamaan itu mengaburkan ‘keaslian’ fungsi ninja di era sebelum Meiji.

Ninja & Samurai tergusur di era Restorasi Meiji. Sumber gambar: facinghistory.org

Ninja & Samurai tergusur di era Restorasi Meiji. Sumber gambar: facinghistory.org

Dan sampai sekarang citra ninja/shinobi, terutama di pop culture, adalah hasil dari era Meiji tersebut. Mulai dari manga (seperti Naruto) hingga video game (seperti Shinobi; game buatan Sega). Dan Senran Kagura, IP tentang ninja, merupakan produk terbaru imajinasi tentang ninja di pop culture Jepang.

Senran Kagura 2: Deep Crimson. Sumber gambar: youtube.com

Senran Kagura 2: Deep Crimson. Sumber gambar: youtube.com

Senran Kagura 閃乱カグラ adalah IP dari Tamsoft & Marvelous Entertainment Jepang. Franchise ini bercerita tentang sekelompok shinobi/ninja perempuan. Ninja-ninja ini (lazimnya ninja perempuan disebut dengan sebutan ‘Kunoichi’) berada di dalam akademi rahasia. Senran Kagura pertama kali terbit dalam format video game untuk Nintendo 3DS. Itu terjadi di tahun 2011 bulan September di Jepang dengan judul game “Senran Kagura: Shoujo-tachi no Shinei 閃乱カグラ -少女達の真影 / Senran Kagura: Skirting Shadows”.

Game pertama dari franchise Senran Kagura. Sumber gambar: play-asia.com

Game pertama dari franchise Senran Kagura. Sumber gambar: play-asia.com

Shoujo-tachi no Shinei / Skirting Shadows mengambil genre side scrolling. Di game ini juga diperkenalkan “Hanzou Academy 国立半蔵学院 ” sebagai sekolah para ninja yang jadi tokoh dalam game: Asuka, Ikaruga, Katsuragi, Yagyuu, dan Hibari. Mereka akan melawan kelompok ninja dari “Homura Crimson Squad 焔紅蓮隊 ” yang dikenal dengan konsep ‘kegelapan’ mereka; berbanding terbalik dengan Hanzou yang mengusung konsep ‘cahaya’.

Gameplay,

IP ini diciptakan oleh Kenichiro Takaki. Awal tujuan dia adalah menciptakan game yang mudah dimengerti tapi cukup kompleks dan detail untuk gamers yang mengapresiasi karakter wanita yang cakep di dalam video game. Saat Nintendo 3DS rilis, Takaki berencana menciptakan game yang dia rancang tadi untuk 3DS. Karena 3DS memiliki efek 3-Dimensi yang baru dan seru, Takaki lantas bereksperimen memanfaatkan teknologi 3D ini untuk membuat karakter di dalam game jadi ‘menonjol keluar’. Eksperimen ngawurnya berhasil menciptakan tampilan ‘character breast’ yang 3D sehingga terlihat ‘keluar dari layar’. Agak susah menuliskan efek ini dalam teks karena bro sis harus melihatnya sendiri untuk memahaminya.

Otak dibalik kesuksesan IP Senran Kagura. Sumber gambar: thevitalounge.net

Otak dibalik kesuksesan IP Senran Kagura. Sumber gambar: thevitalounge.net

Game simple yang sukses besar sejak pertama rilis. Sumber gambar: andriasang.com

Game simple yang sukses besar sejak pertama rilis. Sumber gambar: andriasang.com

Visi dan misi Kenichiro Takaki akan ‘game simple dan seksi’ terwujud di game Senran Kagura pertama: Senran Kagura Skirting Shadows. Dengan efek 3D yang fokus di ‘bagian tertentu’ dari karakter dalam game, serta efek eye candy lain seperti bisa sobeknya kostum karakter jika terkena serangan membuat game Senran Kagura menjadi bahan pembicaraan di kalangan gamers.

Efek visual yang mencuri perhatian. Sumber gambar: siliconera.com

Efek visual yang mencuri perhatian. Sumber gambar: siliconera.com

Walaupun game side scrolling biasanya ditanggapi dingin oleh pasar karena dianggap game simple dan ketinggalan jaman, tapi Senran Kagura mampu menonjol dengan fanservice yang ada di dalamnya. Senran Kagura malah kini menjadi franchise yang memberikan profit tinggi pada Marvelous Entertainment dan memiliki deretan produk seperti manga, TV anime, serta OVA selain produk utama yaitu video game (yang tidak hanya untuk Nintendo 3DS tapi juga Nintendo Switch, PlayStation 4, PlayStation Vita serta PC Windows). Rata-rata game Senran Kagura terjual laris di pasaran. Hingga Agustus 2017, game-game Senran Kagura sudah terjual lebih dari 1.65 juta unit di seluruh dunia. Lumayan laris ‘kan?

Bro sis yang ingin mencoba game Senran Kagura bisa memilih salah satu dari game yang tersedia saat ini. Bisa untuk platform manapun yang ada. Tapi untuk menikmati efek 3D dari Senran Kagura, bro sis harus memainkannya di Nintendo 3DS. Tag saya di komentar bro sis tentang game Senran Kagura ya!

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Jokowi dan “Geng” nya Bakal Muncul di Komik?

Kabar kemunculan komik ini juga diperkuat dari postingan facebook Borton Liew, CEO dari CIAYO Comics... more

Proteksi Bajakan Nintendo Switch Bobol!

Untuk sebagian orang, console game yang ter-proteksi adalah tantangan. Terutama mereka yang bergelut di bidang reversed-.. more

Anime Yuru Camp, Cerita Tentang Para Gadis yang suka Camping

Ceritanya juga ringan, membuat anime ini menjadi tontonan yang tepat untuk melepas penat... more

00-d-flavors-of-youth

Review Anime Flavors of Youth: Sajian Manis Dari Kreator Your Name

Film anime Netflix Flavors of Youth tampilkan 3 cerita pendek hasil kreasi studio dan animator terbaik dari Jepang dan C.. more

Sumber: grunge

10 Film yang Sering Dianggap Sebagai Film Terkutuk, Faktanya Bikin Merinding!

Siapa yang mengira kalau memerankan sosok pahlawan super pembela kebenaran, justru malah menjadi petaka bagi seluruh akt.. more